Penyebab Mobil Di Gas Malah Mati Pada Kijang Serta Cara Mengatasinya

Penyebab mobil di Gas malah mati pada Toyota Kijang karena beberapa faktor khususnya terjadi di mobil tua yang baru saja diservis. Jangan biarkan mesin mengalami gangguan seperti ini, agar tidak turun mesin total. Segera datang ke bengkel yang berpengalaman dalam mengatasi mesin mati saat di gas.

Pada umumnya mesin mati saat digas disebabkan oleh setelah angin dan BBM tidak sama. Jika mobil dilengkapi dengan fitur RPM pada spedometer, akan diketahui dari jarum RPM.

Mobil dengan bensin bahkan mati adalah salah satu hal yang tidak ingin dirasakan oleh siapa pun. Jika Anda pernah mengalami hal seperti ini, Anda pasti pernah merasa kesal atau panik. Sebenarnya saat kita menginjak pedal gas, kita membuka katup mesin agar lebih banyak udara yang bisa masuk.

Semakin banyak udara yang masuk ke silinder mesin, maka harus diimbangi juga dengan suplai bensin yang lebih banyak. Terkadang saat kita menghidupkan mesin, suplai bensin tetap stagnan sehingga pembakaran mesin akan terlewatkan.

Penyebab Mobil Di Gas Malah Mati Pada Kijang

Itulah salah satu alasan mengapa mobil dengan bahan bakar mati saat di injak pedal gas. Mobil yang tidak dirawat juga menjadi salah satu hal yang membuat mobil mati saat di gas.

- Advertisement -

Penyebab mobil brebet sering terjadi pada sistem injeksi jika sistem injeksi yang masuk angin. Ada juga penyebab lain yang akan dijelaskan dibawah ini.

Cara Mengatasi Mesin Mati Saat Injak Pedal Gas

a. Pompa Bahan Bakar Lemah

Pompa bahan bakar adalah komponen yang memompa bensin dari tangki ke saluran injeksi bahan bakar. Pompa bahan bakar juga berfungsi untuk mengatur tekanan bahan bakar pada sistem injeksi.

Penyebab Mobil Di Gas Malah Mati Pada Kijang
Mesin Kijang

Namun jika fuel pump memiliki fungsi mall maka tekanan pada fuel pump akan tetap stagnan sehingga akan terjadi kekurangan bensin saat mesin digas. Akibatnya mesin mobil akan brebet dan pada akhirnya mobil akan mati.

b. Busi Lemah

Busi yang lemah menjadi salah satu penyebab mobil yang di gas bukannya mati. Karena busi berfungsi sebagai pemantik api agar campuran udara dan bensin yang sudah menjadi gas dapat terbakar sempurna. Cara kerja busi akan menjadi busi pada akhir langkah kompresi mesin.

Hasilnya adalah pembakaran yang menghasilkan energi pemuaian, energi tersebut digunakan untuk menggerakkan piston dan energi keluaran mesin. Sebenarnya api busi kecil masih mampu memicu pembakaran dengan intensitas rendah.

Namun, saat mesin mobil digas, intensitas pembakaran menjadi lebih banyak, sehingga busi tidak bisa lagi. Dan hasilnya mesin akan lemas saat akan digas.

c. Kerusakan Komponen Pengapian

Terjadinya kerusakan pada salah satu komponen pengapian dapat disebabkan oleh kondisi yang aus.

d. Masalah Sistem FEI

Sistem ini sangat membantu bagi pengguna mobil, namun masalah sering terjadi pada bagian sistem injeksi ini. Masalah yang sering terjadi adalah pada bagian kelistrikan. Masalahnya bisa termasuk sensor injeksi yang salah, ECU yang rusak, atau bisa juga injektor yang rusak.

Cara Memperbaiki Mesin Brebet Saat di Gas

Selain mesin mati saat digas biasanya diawali dengan mesin brebet atau ndut ndutan, penyebanya seperti ini:

a. Bahan Bakar Mobil Tidak Cocok

Bahan bakar yang tidak memenuhi spesifikasi mobil menjadi masalah yang sering terjadi. Karena mobil injeksi tinggi tidak cocok dengan mobil oktan rendah. Oleh karena itu Anda harus mengganti mobil Anda dengan bahan bakar yang sesuai.

- Advertisement -

b. Sensor rusak

Setiap sensor bekerja dengan mengirimkan sinyal ke ECU yang kemudian memprosesnya menjadi sistem kerja otomatis. Jika ada sensor yang rusak, maka semua bagian mesin akan terpengaruh. Sensor yang salah dapat menyebabkan perhitungan ECU menjadi tidak akurat.

c Filter Kotor

Mobil yang mengeluarkan darah pada rpm rendah kemungkinan disebabkan oleh filter bahan bakar yang kotor. Jika kotor maka aliran bensin ke seluruh komponen mesin akan tersumbat sehingga mobil menjadi berantakan. Oleh karena itu Anda harus rajin membersihkan atau mengganti filter jika filter kotor atau rusak.

Kompos gas mobil juga merupakan salah satu masalah yang terkadang terjadi pada mobil. Situasi ini terutama sulit ketika Anda berada di jalur cepat yang mengharuskan setiap mobil berada dalam kecepatan tinggi.

Selain itu, penguraian gas mobil tentunya sangat berisiko membahayakan keselamatan Anda saat berkendara. Ada beberapa penyebab seperti masalah pada Injektor Listrik, Busi Kotor, Mesin Overheat, dan Filter Udara Kotor.

Nah dari pembahasan diatas diharapkan pengguna mobil lebih baik lagi dalam merawat dan membersihkan serta mengecek kondisi mobil sobat, agar tidak terjadi hal yang tidak diinginkan dan menjamin keselamatan setiap pengendara.

Demikian penyebab mobil di gas malah mati serta solusinya pada mesin kijang, penyebab diatas juga dapat terjadi pada mobil lainnya seperti Honda, Daihatsu, Isuzu Panther, dan KIA.

Leave A Reply