6 Tips Membeli Mobil Bekas Untuk Pemula Agar Tidak Salah Pilih (Kijang, Panther, Jazz, Ayla, Wuling, Avanza, Xenia, Grand Max)

Tips Membeli Mobil Bekas Untuk Pemula Agar Tidak Salah Pilih – Membeli mobil bekas seperti Kijang, Jazz, Panther, Ayla, Agya, dan mobil lainnya bagi sebagian orang adalah sebuah investasi walaupun itu mobil tua. Ada banyak pertimbangan seseorang untuk memutuskan membeli mobil bekas daripada membeli mobil baru. Yang paling populer adalah masalah harga dan kapasitas kantong.

Dalam setahun, setidaknya 40 juta mobil bekas berpindah tangan. Itu angka yang fantastis. Jadi pintar-pintarlah dalam memilih mobil bekas yang paling cocok untuk Anda. Mobil bekas memang murah, tapi banyak juga mobil bekas yang harganya tidak murah, atau kualitasnya sangat bagus.

Jika Anda tidak hati-hati, membeli mobil bekas bisa membuat frustrasi karena biaya perbaikannya mungkin lebih mahal dari yang Anda kira. Jadi, teliti sebelum membeli.

Apakah Anda berencana untuk membeli mobil? Hampir semua orang ingin membeli mobil baru, namun kondisi keuangan setiap keluarga berbeda-beda.

Tips Membeli Mobil Bekas Agar Tidak Salah Pilih

Tidak perlu berkecil hati, karena membeli mobil bekas tidak menjadi masalah, asalkan Anda mengetahui tips memilih dan membeli mobil bekas yang tepat agar Anda membeli barang yang berkualitas meski bekas.

- Advertisement -

Cek Jarak tempuh ( Spedometer )

Cek pencapaian kilometer di dashboard meter, lalu lihat juga tahun dan bulan pembelian mobil, lalu asumsikan rata-rata pemakaian harian mobil berjalan (100 kilometer) bisa langsung memperkirakan apa yang tertulis di meteran masih asli atau sudah diganti.

Tips Membeli Mobil Bekas
Mobil Bekas Kijang Innova

Jika mendapatkan informasi layanan service di bengkel resmi maka akan lebih mudah untuk mendapatkan data KM terbaru. Jika ada gantungan oli mesin, coba periksa KM terakhir untuk ganti oli mesin.

Memeriksa Bagian Mesin Mobil Bekas

Periksa apakah kompartemen mesin atas dan bawah bersih atau ada banyak debu & kebocoran oli. Periksa jumlah oli mesin dan kualitas oli mesin dengan merasakan adanya kelengketan dan bau.

Kemudian mesin dihidupkan dan mendengarkan untuk pertama kalinya jika ada suara yang tidak normal (Idling)
Naikkan rpm ke 3.000 lalu dengarkan lagi jika ada suara yang tidak normal atau menggelitik tek tek tek atau kasar.

Gas mesin tiba-tiba mencapai 5.000 rpm sesaat dan melepaskannya kembali ke posisi idle, periksa gas buang apakah gas buang berwarna putih atau bersih, juga dengarkan suara mesin. Jika gas buang berwarna putih dan terdapat suara tidak normal pada mesin, itu merupakan indikasi telah terjadi keausan atau kebocoran oli mesin (kondisi mesin kurang baik).

Test Drive Mobil Bekas

Apakah mesin mengeluarkan suara tidak normal (gelitik) berarti ruang bakar kotor dengan banyak kerak, dan membutuhkan biaya perawatan mesin tambahan.

Tenaga mesin terasa berat. Saat tes jalan, Anda juga bisa merasakan perpindahan gigi mudah atau sulit untuk masuk (1,2,3,4-5/R) Manual atau Matic.

Setelah Test Drive Mobil Bekas

Jangan nyalakan audio dll saat melakukan test drive, agar bisa merasakan kondisi mobil. Rasakan saat memulai jalan dari 0-15km/jam apakah ada hal-hal atau suara tidak normal.

Rasakan saat kecepatan 50-120km/jam, biasanya akan ada suara (ban, bantalan roda, gardan, transmisi) jika kondisi kurang bagus akan ada suara.

Saat kecepatan 120 km/jam di jalan raya, rasakan juga apakah mobil bergoyang atau berayun keras, jika merasa akan ada biaya tambahan untuk memperbaiki shock absorber atau ban.

Pilih kondisi jalan yang bervariasi antara aspal, beton, con block dan lubang sambil mendengarkan suara bagan bawah untuk memastikan kaki-kaki dalam kondisi baik.

Cek Riwayat Mobil Bekas

  • Pastikan huruf BPKB & STNK asli sesuai dengan nomor mesin dan sasis
  • Carilah mobil bekas yang memiliki riwayat perbaikan yang jelas
  • Carilah mobil bekas yang mulus atau original dan body belum kempes, kebanjiran, atau berkarat karena biaya perbaikan body lebih mahal dari pada komponen mobil lainnya
  • Temukan tempat terpercaya untuk jual beli mobil bekas
  • Carilah referensi dari teman atau saudara yang sumbernya jelas

- Advertisement -

Kesalahan yang Harus Dihindari Saat Beli Mobil Bekas

a. Tidak Tahu Sejarah Mobil

Penampilan fisik mulai dari cat hingga keaslian bodi penting untuk diperhatikan. Namun, hal yang jauh lebih penting untuk dilihat adalah sejarah mesin. Pastikan pemilik mobil lama rajin merawatnya, mulai dari mengganti oli, filter, hingga mengganti komponen yang rusak.

Seharusnya pembeli harus mengetahui riwayat mobil dengan bertanya langsung kepada penjual, kadang penjual juga merahasiakannya bahkan memang benar-benar tidak tahu. Setidaknya kita tahu dari kota mana kendaraan tersebut berasal seperti Jakarta yang sering orang beranggapan bekas banjir.

Mobil bekas Jakarta dikenal dengan harga murah oleh sebab itu orang beranggapan bekas banjir dan mesin yang bermasalah karena sering macet yang berakibat mesin panas padahal pabrik mobil telah mengantisipasi hal tersebut asalkan melakukan perawatan berkala.

Beda lagi dengan mobil bekas Surabaya walaupun sering macet namun jarang sekali banjir melebihi diatas kap mesin sehingga peminatnya masih banyak.

Mobil bekas Bandung paling banyak diminati daerah lain, kebanyakan mesin bagus body mobil kinclong dan harga murah. Kalian juga bisa mencari didaerah lain yang memiliki tingkat gengsi yang tinggi misal di kota besar seperti Medan, Malang, Bogor, Banten, Tangerang, Bondowoso, Jember, Sidoarjo, Jogjakarta, Solo, dan lainnya.

Mobil bekas OLX bukan nama kota maupun daerah akan tetapi marketplace juali beli online yang dulunya bernama tokobagus.

b. Hanya test drive

Kerusakan atau penyimpangan pada mesin mobil tidak akan terasa saat mobil dijalankan beberapa ratus meter. Masalah pada mesin atau komponen lainnya, baru akan terlihat saat mobil menempuh jarak beberapa puluh kilometer. Itulah mengapa test drive maksimum sangat penting.

c. Terburu-buru Ingin Membeli

Pembeli seringkali hanya menikmati emosi sesaat. Mereka umumnya langsung menentukan pilihan dan mengatakan oke ketika tampilan mobil yang mereka cari bagus, dan sepintas kondisi mesin tidak bermasalah.

d. Tidak Memikirkan Biaya Perawatan Dan Pajak

Membeli mobil bekas terkadang seperti membeli masalah orang lain. Apalagi jika mobil yang Anda beli sudah berusia di atas 5 tahun.

Agar tidak salah dalam memilih, selain tips membeli mobil bekas yang sudah dijelaskan di atas, sebaiknya mengajak orang yang mengerti seluk beluk mesin mobil, agar mobil yang Anda pilih berkualitas baik. padahal itu mobil bekas.

- Advertisement -

Demikian tips membeli mobil bekas dan hal-hal yang harus dihindari saat bertemu penjual mobil. L:akukan perawatan mobil setelah kendaraan berada di tangan Anda.

Leave A Reply