Ultimate magazine theme for WordPress.

4 Ciri Ball Joint Panther Rusak Dan Solusinya

0 10,177

Ciri Ball Joint Panther Rusak – Salah satu komponen penting yang terdapat pada toe mobil yang berfungsi sebagai penghubung dan pengikat antara knuckle atau gardan dengan as atas dan bawah adalah ball joint. Dengan ball joint memudahkan roda bergerak ke kiri dan ke kanan tanpa hambatan apapun, termasuk setir yang berat.

Ball joint merupakan komponen yang mudah rusak jika kita tidak pandai merawatnya, seperti rutin melakukan spooring balancing, memberikan pelumasan pada ball joint, dan menghindari jalan bergelombang yang tidak rata.

Karena jika kondisi ball joint tidak terjaga dan akhirnya rusak maka kenyamanan berkendara akan terganggu, misalnya setir mobil menjadi berat, maka pada saat berbelok akan terdengar suara seperti gesekan. besi di atas besi. , dan yang paling merugikan adalah bisa membuat ban menjadi aus bergelombang di bagian pinggirnya. tapak ban.

Nah untuk mencegah hal tersebut terjadi, selain melakukan perawatan rutin, Anda juga perlu sesekali memeriksa ball joint tersebut, baik di tukang reparasi understeel maupun Anda bisa mencobanya sendiri di rumah. Jika diindikasikan rusak, maka segera perbaiki, atau ganti dengan part baru jika ternyata ball joint tidak bisa diperbaiki.

Ciri Ball Joint Panther Rusak

Tidak semua pemilik mobil panther memiliki dana yang cukup untuk merawat mobil lamanya. Pasalnya, perawatan mobil Panther tergolong mahal dan sangat wajar mengingat mobil ini masih jadul.

Bisa bilang hampir tidak ada perbaikan dari IAMI terkait suku cadang Isuzu. Berbeda dengan mobil merek sebelah yang model bodinya hampir setiap tahun berganti, bahkan hampir setiap saat ada masalah tertentu pada bagian-bagiannya sebagai perbaikan berkala.

Servis Ball Joint Atau Beli Baru?

Karena keterbatasan dana yang ada, banyak pemilik panther ketika mengalami kerusakan understeel selalu menanyakan berapa biaya service dengan harapan jika biaya service jauh lebih murah.

Salah satu yang sering ditanyakan adalah mengenai kerusakan ball joint, seringkali pemilik Panther menanyakan apakah ball joint yang rusak tersebut dapat diperbaiki atau di service ulang.

Walaupun sebenarnya bisa di service ulang, saran saya sebaiknya diganti dengan ball joint yang baru mengingat keamanan ball joint setelah di service kurang baik.

4 Ciri Ball Joint Panther Rusak Dan Solusinya

Ball joint yang diperbaiki biasanya tidak lama digunakan dan akan rusak kembali, bisa rusak kembali dalam hitungan bulan, minggu atau bahkan hitungan hari. Belum lagi jika ball joint tersebut berisiko putus di tengah jalan yang bisa mengakibatkan kecelakaan.

Harga servis ball joint biasanya berkisar antara 50 sampai 100 ribu, sedangkan harga baru sekitar 300 sampai 350 ribu rupiah sudah termasuk biaya pemasangan.

Dari segi irit dan terjamin ketahanannya, sebenarnya lebih murah dan lebih tahan lama dibandingkan ball joint baru, karena anda tidak perlu bolak balik service ball joint dan anda terbebas dari resiko ball joint putus ( karena Anda menggunakan yang baru).

Coba bayangkan kalau harga service ball joint sekitar 100.000, setelah 1 bulan pemakaian ball joint rusak lagi dan di service lagi, mendingan pake yang baru aja :D.

Namun keputusan akhir tetap ada di tangan Anda. Apakah Anda ingin memperbaiki ball joint atau menggantinya dengan part baru, terserah kalian.

Oh iya, pastikan pakai ball joint genuine alias asli, karena ball joint aftermarket dengan pentil umumnya keras dan bikin setir jadi susah belok.

Pengecekan ball joint bisa dilakukan dengan dua cara, yang pertama mengecek kerusakan secara visual, dan yang kedua mengecek secara teknis. Untuk mempersingkat waktu bagi anda yang ingin check in dengan cara kedua, silahkan baca postingan kami yang lain melalui link dibawah ini.

Tanda Ball Joint Mobil Panther yang rusak

Munculnya suara mencicit seperti besi bergesekan dengan besi saat mobil berbelok. Bunyi glodak glodak timbul pada roda depan kendaraan saat melintasi jalan yang tidak rata. Keausan ban tidak merata, keausan bergelombang di tepi bagian dalam ban. Penutup karet robek atau butt ball joint.

Perlu anda ketahui produk dari pabrik isuzu memang terbilang awet namun anda perlu mengeceknya berulang-ulang mengingat ball joint merupakan bagian menahan beban dan laju mobil.

Leave A Reply