cara memperbaiki lampu sein mobil mati total Dan Lampu Sein Tidak Berkedip, Hanya 10 Menit teratasi (Toyota, Daihatsu, Suzuki, Honda, Mitsubishi, KIA)

Cara Memperbaiki Lampu Sein Mobil Mati Total Dan Lampu Sein Tidak Berkedip (Toyota, Daihatsu, Suzuki, Honda, Mitsubishi, KIA) – Lampu sein merupakan komponen penting selain mesin untuk kendaraan bermotor, baik sepeda motor maupun mobil. Komponen ini termasuk dalam sistem penerangan pada mobil, saat lampu sein berubah warna menjadi kuning.

Sinyal belok disebabkan oleh komponen flasher yang hanya akan menyala ketika kontak dalam posisi On. Bagi Anda para pengendara mobil, sebaiknya mengetahui apa saja fungsi dari lampu-lampu tersebut dan cara mengatasinya saat benar-benar mati.

Lampu sein pada roda empat sangat berguna ketika kita mengendarai kendaraan sebagai kode atau tanda kita ingin belok kiri atau belok kanan.

Jika ada kerusakan, penyebab lampu sein mobil mati total, mungkin sobat sudah tahu apa itu sekring mobil. Bagaimana cara memperbaiki lampu sein mobil matot atau mati sebelah?

Cara Memperbaiki Lampu Sein Mobil Mati Total Dan Lampu Sein Tidak Berkedip

Namun ada kalanya lampu sein sepeda motor tidak menyala, untuk itu melalui tulisan atau artikel pada artikel kali ini akan menceritakan tentang penyebab lampu sein sepeda motor tidak menyala dan beberapa kelemahan yang telah dilakukan terkait dengan kelemahan yang membuat lampu sein sepeda motor tidak menyala.

- Advertisement -

Menyala bahkan lampu sein tidak berkedip, dan tentunya dengan penjelasan lengkap step by step proses pemeriksaan yang benar sehingga memudahkan anda untuk berbagi atau bisa dikatakan memberikan kesimpulan tentang peralatan apa saja yang rusak penyebab lampu sein motor yang disebutkan di atas untuk tidak menyala.

Fungsi Lampu Sein Pada Mobil

Setiap mobil akan dilengkapi dengan empat lampu sein yang terletak di kanan kiri mobil, depan dan belakang. Di bagian depan biasanya lampu sein berada di atas lampu utama mobil, tapi sekarang biasanya ada tambahan lampu sein di kaca spion.

Saat dinyalakan lampu sein akan menyala bersamaan di sebelah kanan atau kiri saja. Fungsi utama dari lampu sein adalah untuk memberi sinyal pada mobil untuk berbelok. Saat ingin belok kanan, Anda harus menyalakan lampu sein ke kanan, bukan sebaliknya.

Cara Memperbaiki Lampu Sein Mobil

Tujuan utama mengapa Anda harus menyalakan lampu ini adalah untuk memberi sinyal kepada pengemudi lain. Lampu sein depan akan memberikan sinyal kepada pengemudi dari arah berlawanan.

Sedangkan lampu sein di bagian belakang memberikan informasi kepada pengemudi di belakang mobil untuk berjalan perlahan dan tidak menyalip ke arah yang diinginkan mobil untuk berbelok. Oleh karena itu, lampu sein mobil berperan penting dalam mencegah terjadinya kecelakaan saat hendak berbelok.

Ternyata fungsi lampu sein tidak sebatas rambu belok. Masih ada fungsi lain yang harus dipahami pengemudi agar tidak salah membaca rambu saat di jalan.

Memberi Sinyal untuk Mengubah Jalur

Fungsi lain yang pertama adalah untuk memberi sinyal kepada pengemudi lain bahwa Anda berencana untuk pindah jalur. Banyak jalan yang pasti akan dilalui, salah satunya adalah jalan tol yang memiliki banyak lajur.

Saat ingin berpindah jalur karena ada arah lain, sebaiknya nyalakan lampu sein mobil terlebih dahulu. Sebagai pengemudi, Anda harus memiliki etika yang baik, dengan menyalakan lampu sein sebelum berpindah jalur.

Ini berarti Anda ingin memberi tahu pengemudi lain di belakang mobil untuk tidak menyalip saat Anda mengubah jalur.

Selain itu, Anda juga akan memberikan sinyal kepada pengemudi di depan untuk bisa menjaga kecepatan dan tidak berbelok ke jalur yang Anda tuju. Sehingga jalur transisi bisa berjalan lebih lancar.

Sinyal untuk Menyalip

Seperti halnya berpindah jalur, Anda harus menyalakan lampu sein saat ingin menyalip mobil di depan. Entah itu karena mobil berjalan terlalu lambat atau penyebab lainnya.

Menyalakan lampu sein akan memberi sinyal bahwa Anda akan menyalip dan melaju lebih cepat dari mobil di depan. Sehingga mobil di depan dapat mengetahui dan mempertahankan kecepatan atau bahkan menurunkannya.

Ini juga merupakan sinyal bagi pengemudi lain untuk memberi Anda kesempatan untuk menyalip tanpa hambatan.

Memberi Sinyal Kendaraan dari Arah Berlawanan

- Advertisement -

Pernahkah Anda melihat mobil di depan berbelok ke kanan tetapi tidak menyalip? Hal ini dikarenakan fungsi lampu sein tidak hanya untuk menyalip, berpindah jalur atau berbelok.

Pasalnya, ada kendaraan dari arah berlawanan. Mobil akan menyalakan lampu sein ketika ada truk, bus atau konvoi yang datang dari arah berlawanan.

Jadi mereka akan berjalan lebih lambat dan menjadi sinyal bagi Anda untuk tidak menyalip dari arah itu. Dengan begitu tidak akan terjadi kecelakaan karena jalanan yang cukup padat membuat setiap pengendara harus berjalan lebih pelan.

Mengetahui kapan harus menyalakan lampu sein Anda adalah bagian dari etika mengemudi. Anda yang baru belajar mengemudi harus mengetahui ini dan menaatinya.

Penyebab dan Cara Memperbaiki Lampu Sein Mati

Saat lampu sein mati harus segera diperbaiki karena fungsinya sangat vital. Banyak pengemudi terlambat mengetahui bahwa lampu sein mobil mati. Alhasil, saat hendak memberi sinyal, pengendara lain malah tidak tahu.

Ada banyak penyebab mengapa lampu sein hanya menyala atau mati total. Jika Anda mengetahuinya, Anda perlu memperbaiki lampu sesegera mungkin.

Berikut ini adalah beberapa penyebab dan cara memperbaiki lampu sein mobil mati total.

Lampu Rusak

Penyebab pertama lampu sein mobil mati total adalah bohlam lampu yang rusak. Bisa dibilang penyebab ini sangat umum, apalagi jika sebelumnya Anda tidak menggunakan bohlam yang berkualitas.

Lamanya Anda menggunakan bohlam dan cara Anda mengendarainya dapat menyebabkan bohlam putus. Selain putus bohlam juga bisa pecah karena panas yang berlebihan atau karena benturan.

Anda akan secara visual melihat kabel di dalam bohlam terlepas atau terputus. Bola lampu yang rusak tidak diperbaiki seolah-olah disambungkan kembali. Satu-satunya cara untuk memperbaikinya adalah dengan mengganti yang baru.

Skering Putus (Fuse)

Saat dicek kondisi bohlam ternyata tidak ada yang putus, maka penyebabnya mungkin sekring putus. Cara mengeceknya adalah dengan mencabut sekring mobil yang bertuliskan turn lamp.

Bagian ini adalah penghubung antara sekring dan lampu sein. Jadi jika dicabut maka Anda dapat mengetahui apakah koneksi terputus. Jika rusak harus diganti dengan yang baru.

- Advertisement -

Ada juga opsi untuk menghubungkan pin sekering dengan kabel tembaga. Hanya saja koneksi ini dibuat saat Anda dalam keadaan darurat. Misalnya, bengkel terdekat tidak tersedia.

Aki Mobil Mati

Penyebab lampu sein mobil mati total selanjutnya adalah karena aki. Fungsi aki adalah menyimpan daya dan menyalurkannya ke lampu, termasuk lampu sein. Jika baterai tidak memiliki daya yang tersimpan untuk distribusi, lampu sein akan mati secara otomatis.

Tidak hanya lampu sein, komponen lain yang membutuhkan listrik juga tidak akan menyala. Ada beberapa cara yang bisa dilakukan jika aki menjadi penyebabnya. Yang pertama adalah mengisi aki untuk meningkatkan daya.

Cara kedua adalah dengan mengganti aki jika ternyata aki mobil sudah mati atau aus. Sehingga tidak bisa lagi digunakan untuk menyimpan daya.

Flasher Mati

Bisa juga karena komponen flasher yang berfungsi untuk mengubah lampu sein menjadi flash. Jika komponen flasher mati, lampu sein juga tidak menyala. Oleh karena itu, coba pastikan bahwa flasher adalah penyebabnya.

Jika flasher mati, maka Anda harus bisa menggantinya. Untungnya komponen ini dijual dengan harga yang tidak terlalu mahal.

Kabel Terputus

Penyebab terakhir adalah karena masalah kabel yang selalu menjadi kendala bagi saluran listrik. Saat kabel putus, listrik yang digunakan untuk menyalakan lampu sein tidak akan tersambung.

Anda perlu memeriksa kabel yang terhubung ke lampu sein masih bagus. Jika ada bagian yang rusak, harus segera diganti.

Jika Anda memiliki masalah lampu sein mobil, akan lebih baik jika Anda membawanya langsung ke bengkel resmi. Penyebabnya akan segera diidentifikasi oleh teknisi terlatih dan segera diperbaiki.

Lampu sein menyala dan tidak berkedip

Sesuai dengan judul di atas lampu sein tidak berkedip sebelah, penyebab lampu sein motor yang menyala tapi tidak berkedip tentunya tidak sulit lagi untuk mengetahui kerusakannya.

Karena sebenarnya sudah di uraikan beberapa hal di atas, tapi okelah penyebabnya adalah lampu sein menyala tapi tidak berkedip. Misalnya begini cara mengeceknya atau bisa juga dikatakan untuk mengetahui penyebabnya, antara lain:

  • Periksa bohlam lampu sein, rusak atau tidak karena itu salah satu dari sekian banyak penyebabnya
  • Lampu sein rusak (flasher)
  • Salah satu bohlam sein tidak sesuai watt

Yakinlah bahwa setelah mengetahui proses poin no. 1, tidak. 2 dan tidak. 3, saya yakin proses ini tidak akan sulit lagi atau bisa dikatakan mengetahui proses pemeriksaan pemicu lampu sein pada masing-masing sepeda motor. apapun jenisnya.

Cara memperbaiki lampu sein mobil tidak berkedip meski menyala alangkah sebaiknya dibawa ke bengkel khusus kelistrikan sehingga tidak ada kasus lampu sein mati dalam waktu dekat.

Lampu sein tidak nyala terkadang bikin kita was was ketika akan belok dan menyalip kendaraan di depannya. Maka dari itu segera atasi lampu kelap kelip ini.

Kenapa lampu sein mobil mati semua?

Pada kasus kerusakan Penyebab lampu sein mobil mati total, Mungkin teman-teman sudah tahu yang dinamakan sekring mobil. Sekring adalah salah satu penyebab lampu sein mobil tidak menyala, semua karna sekring pada jalurnya putus.

Kenapa lampu sein mobil nyala terus?

Salah satu penyebab lampu sein nyala semua bisa jadi adalah dudukan flasher dan cop (konektor) yang rusak.

Kenapa lampu sein tiba tiba mati?

Hal pertama yang bisa kalian cek jika lampu sein tibatiba mati adalah kondisi bohlam lampu sein.

Jika lampu tanda belok hidup tetapi tidak mau berkedip apa yang perlu di periksa atau di ganti?

Jika lampu sein tetap menyala namun tidak dapat berkedip langkah yang harus anda lakukan adalah : Periksa sambungan kabel atau kondisi aki. Sebab jika tegangan arus yang masuk berkurang akan mengakibatkan sein tak mau berkedip.

Kenapa reting tidak berkedip?

Kalau tegangan berkurang drastis, segera di-charge atau kalau sudah tidak memungkinkan ya harus ganti aki. Kemungkinan lain penyebab lampu riting gak berkedip, yaitu sikring putus. Akibatnya, suplai listrik untuk menyalakan lampu retingterputus.

Leave A Reply