Syarat Perpanjang STNK Motor di Bondowoso Tahun 2020 Melalui Online dan Offline

- Advertisement -

Semua kendaraan bermotor wajib dikenai pajak sesuai dengan aturan undang-undang lalu lintas dan pemilik motor wajib perpanjang STNK motornya setiap tahunnya.

STNK merupakan salah satu dokumen yang wajib di bawa ketika mengendarai kendaraan selain SIM (surat izin mengemudi), maka dari itu pemilik motor wajib memperpanjang tahunan dan 5 tahunan.

Syarat perpanjangan STNK motor semua daerah sama, tidak ada bedanya, jadi kamu bisa menyiapkan persyaratan ini dimana kamu berada saat membaca informasi ini.

Untuk biaya perpanjangan motor sama jika tahun, merk, dan jenis kendaraanya sama setiap daerah.

Dengan bayar pajak kendaraan bermotor, kamu akan merasakan manfaatnya dan tidak hanya kamu saja tetapi orang lain juga akan merasakan manfaatnya.

Jika kamu hendak membayar pajak STNK, kamu baca dulu info dibawah ini terkait dengan pajak motor.

- Advertisement -

Proses Perpanjang STNK Motor di Bondowoso

Jangan sampai lupa bayar pajak, jika terjadi keterlambatan kamu akan dikenai denda sesuai dengan aturan berlaku walaupun telat satu hari. Maka dari itu perlu dicatat bulan perpanjangan agar tidak lupa.

Apa itu STNK?

STNK merupakan kependekan dari surat tanda nomor kendaraan. Surat ini salah satu dokumen penting ketika hendak mengendarai kendaraan sesuai yang tertera.

STNK merupakan pengganti dari BPKB (Buku Pemilik Kendaraan Bermotor). BPKB disimpan di tempat menurut kamu aman dari pencuri dan serangga pemakan kertas.

Syarat Perpanjangan STNK Motor

Apa saja persyaratan yang harus dibawa saat perpanjangan?

  • STNK asli
  • KTP

Hanya dua syarat saja kamu sudah dapat memperpanjang, kenapa cuma dua saja?

STNK

Petugas wajib mencocokkan data kendaraan yang akan di perpanjang mulai dari nomer mesin, nomer kerangka, tahun pembuatan, dan nomer plat.

Jika telah cocokkan dengan database milik pihak Samsat (Sistem manunggal satu atap). Samsat sendiri merupakan kantor yang bertugas mengurusi pajak kendaraan.

Samsat merupakan gabungan dari 3 instansi pemerintah yaitu Polri, Provinsi, dan Kabupaten. Maka dari itu sistem administrasinya dikatakan manunggal satu atap.

KTP

KTP (kartu tanda penduduk) diperlukan untuk mencocokkan nama yang tertera di STNK. Jika nama sama maka petugas akan menerimanya dan menginputnya ke database.

Apakah bisa perpanjangan STNK tanpa KTP?

Jika KTP rusak atau hilang, kamu masih bisa bayar pajak kendaraan tahunan, asalkan bayarnya melalui online seperti lewat minimarket Indomaret, Bank, dan Alfamart.

- Advertisement -

Untuk Jawa Timur, bisa bayar pajak melalui Indomart dan bank yang telah di intregasi. Untuk Jawa Barat bisa gunakan jasa Alfamart, Indomart, dan Bank.

Bayar Pajak STNK Online

Kamu bisa bayar pajak pada lokasi yang telah di tunjuk oleh samsat, saat ini samsat tak hanya menyiapkan mobil keliling dan kios center untuk mempermudah wajib pajak membayar paja tetap telah bekerjasama dengan pihak swasta.

Bayar pajak motor dapat dilakukan melaui offline dan online. Pembayaran melalui online untuk menghindari antrian panjang yang dapat menguras waktu.

Setelah bayar melalui online, apakah perlu stempel samsat?

STNK sah jika ada stempel dari pihak samsat sesuai aturan yang berlaku, kamu bisa datang langsung ke samsat atau mobil samsat keliling. Tetapi untu pembayaran pajak melalui online tidak perlu lagi.

Wajib pajak yang telah membayar pajak tahunan, akan dikirimi SMS yang berisikan link. Wajib pajak membuka link tersebut kemudian print sendiri atau datang ke samsat.

Setelah diprint akan terlihat tulisan paling bawah bahwa tanda pelunasan pembayaran dan pengesahan STNK.

Estimasi waktu bayar melalui online hanya 5 menit dibandingkan pergi ke samsat dengan antrian bersama mereka yang bayar pajak 5 tahunan bisa lebih dari 60 menit.

Jawa Barat

Provinsi Jawa Barat telah memmudahkan bayar pajak motor melalui online, wajib pajak bisa bayar di:

  • Indomart
  • Bank BRI, Mandiri, BCA, BNI, dan Jabar
  • Alfamart
  • Tokopedia
  • Bukalapak
  • Shopee

Jawa Timur

Bayar pajak via online juga bisa dilakukan di Jawa Timur di

  • Indomaret
  • Bank BNI, BRI, Jatim, Mandiri, dan BCA
  • ATM
  • Internet Banking
  • Marketplace : Bukalapak, Tokopedia, dan Shopee

- Advertisement -

Syarat Bayar Pajak Kendaraan Motor

Wajib pajak dapat membayar pajak motor jika :

  1. Tidak masuk dalam blokir ranmor atau blokir kepemilikan
  2. Wajib pajak memiliki nomer handphone aktif
  3. Memiliki rekening bank
  4. Berlaku bayar tahunan
  5. Tidak berlaku untuk bayar 5 tahunan (ganti plat)
  6. Bisa bayar jika masa berlaku tidak lebih dari 6 bulan dari jatuh tempo.
  7. Wajib pajak perseorangan bukan yayasan/usaha/sosial

Perlu diingat, bayar pajak STNK melalui online memang sangat mudah tetapi kamu tetap harus melakukan pengesahan ke samsat induk.

Bayar pajak saja tidak sah, jadi setelah kamu bayar via online kamu langsung ke petugas untuk distempel. Syarat yang dibawa adalah STNK asli, bukti pembayaran, dan KTP asli.

Dengan stempel itu, motor sah dikendarai dimana saja dan lolos dari tilang polisi.

Jadwal Samsat Keliling Bondowoso

  • Hari senin dan selasa di area pasar Maesan
  • Hari Rabu di area pasar Wringin
  • Hari Kamis area pasar Sumbersuko Curahdami dan pasar Pujer
  • Hari Jumat gardu atak Wonosari dan Tapen

Syarat Perpanjang Pajak Kendaraan di Samsat Keliling

  • KTP asli sesuai nama di STNK
  • STNK asli

Demikian tata cara dan syarat bayar perpanjangan STNK motor tahunan di Kabupaten Bondowoso. Jika kurang jelas, bisa ditanyakan pada kolom komentar.

Perpanjangan STNK Selama COVID

Untuk perpanjangan STNK selama PSBB (Pembatasan Sosial Berskala Besar) pihak kepolisian memberikan kemudahan melalui online. Untuk pergantian ganti plat 5 tahunan dapat dilakukan di samsat terdekat.

Informasi lebih lengkap perpanjang STNK bisa tanyakan ke samsat setempat.

- Advertisement -

Leave A Reply