Air Terjun Tancak Kembar Bondowoso Masih Alami Dan Mitos-Mitos Bikin Penasaran Wisatawan

- Advertisement -

Tak hanya air terjun Blawan yang ada di kabupaten Bondowoso, air terjun lain yang tak kalah indahnya adalah Air Terjun Tancak Kembar. Objek wisata alam ini terletak 24 km dari Bondowoso ke arah barat di Desa Andungsari, Kecamatan Pakem.

Air terjun kembar Tancak ini memiliki keindahan yang luar biasa, disini anda akan mendapatkan suasana ketenangan yang berasal dari sejuknya udara disekitarnya dan gemericik air yang dihasilkan dari dua air terjun kembar yang berdiri kokoh berdampingan di tengah rimbunnya pepohonan. Ketinggian air terjun ini mencapai kurang lebih 77 meter.

Dibalik keindahannya yang terselip kisah mistis, air terjun Tancak Kembar ini tidak hanya berfungsi sebagai objek wisata dan pengairan untuk pertanian.

Namun legenda setempat juga menyebutkan bahwa sisi kiri air terjun dijaga oleh laki-laki dan sisi kanan adalah perempuan.

Air Terjun Tancak Kembar Bondowoso

Dipercaya jika pengunjung membasuh muka di air terjun ini kulitnya akan tetap awet muda dan konon melimpahnya air terjun ini dapat menyembuhkan penyakit mata.

Air Terjun Tancak Kembar juga didukung dengan keberadaan pusat penelitian kopi arabika di sekitar tempat ini dengan luas 180 hektar.

- Advertisement -

Air Terjun Tancak Kembar Bondowoso
Air terjun tancak andungsari | Foto: bendebesah.com

Kawasan ini dikelola oleh Kementerian Pertanian. Untuk mencapai air terjun Tancak Kembar Wringin, Bondowoso memang agak sulit, karena jalanan yang berkelok dan menanjak menjadi sedikit penghambat perjalanan wisatawan.

Beberapa wisatawan datang ke objek wisata dengan tujuan untuk mendapatkan foto yang bagus sebagai bukti keberadaannya di media sosial.

Bahkan jika Anda ingin mengetahui lebih detail tentang setiap objek wisata yang Anda kunjungi, Anda akan mendapatkan banyak ilmu. Salah satunya adalah legenda yang berujung pada mitos yang melekat pada tempat tersebut.

Mitos Air Terjun Tancak Kembar

Serta mitos-mitos yang ada di tempat wisata berikut ini. Mungkin masih ada traveller yang belum tahu jika tempat wisata yang ramai dikunjungi wisatawan dan menjadi tempat populer ini ternyata memiliki mitos yang bikin pusing kepala.

Wisatawan penasaran dengan tempat wisata mana yang memiliki mitos dan mitos apa saja yang ada di sekitar tempat itu. Sejarah tancak kembar pun belum ada refrensi yang menguatkan sehingga menambah penasaran.

Demikian ulasan terkait wisata air terjun tancak kembar yang hingga saat ini masih belum terjamah banyak wisatawan luar kota.

- Advertisement -

Leave A Reply