6 Penyebab Mesin Mobil Bergetar Saat RPM Rendah / Lepas Kopling (Manual Dan Matic)

Penyebab Mesin Mobil Bergetar Saat Rpm Rendah / Lepas Kopling (Manual Dan Matic) – Pada Artikel yang anda baca kali ini dengan judul Penyebab Mobil Bergetar Saat Rpm Rendah, kami telah mempersiapkan artikel ini untuk semau jenis varian merk mobil seperti Toyota, Daihatsu, KIA, Mitsubishi, Honda, dan BMW.

Pada dasarnya mobil yang menggunakan mesin dengan sistem pembakaran dalam pasti bergetar selama mesin hidup. Apalagi saat mobil berjalan baik saat idle (rpm rendah) atau pada kecepatan dan akselerasi tinggi (rpm tinggi).

Namun, getaran yang dihasilkan umumnya tidak menyebar ke bodi mobil karena komponen mobil bertugas untuk meredamnya. Ini bisa terjadi pada mobil baru keluar dari pabrik, jika terasa bergetar hingga ke dalam kabin segera ke bengkel resmi mobil.

Saat mesin mobil berjalan pada kecepatan rendah atau dalam keadaan diam, getarannya lemah sehingga kenyamanan berkurang. Mari kita cari penyebab mobil bergetar di kecepatan rendah lebih teliti. Tidak perlu datang langsung ke bengkel. Karena mekanik juga bisa mengartikan sapaan.

Bahkan bisa jadi seorang mekanik bengkel mobil langsung mengetahui penyebabnya. Namun, setelah diperbaiki, getaran tetap tidak hilang. Jika demikian, tentu biaya Anda akan bertambah. Hal terbaik yang harus Anda lakukan adalah mencari penyebabnya dengan sangat hati-hati.

Penyebab Mesin Mobil Bergetar Saat RPM Rendah / Lepas Kopling

- Advertisement -

Paling sering terjadi saat RPM rendah mobil bergetar, terutama getaran yang terjadi pada setir. Kalaupun dibiarkan, getarannya akan semakin terasa hingga dashboard ikut bergetar. Namun, sangat jarang mobil bergetar saat mundur/atret. Lantas apa sebenarnya penyebab mobil bergetar, terutama saat putaran idle.

Anda dapat menemukan penyebabnya jika Anda melihat dengan sangat hati-hati. Perlu diketahui bahwa penyebab mobil bergetar saat diam ini memang cukup kompleks, sehingga harus dicari penyebabnya dengan kepala dingin dan jangan terburu-buru. Tentu semua itu berkaitan langsung dengan biaya perbaikan yang harus Anda keluarkan.

Getaran mesin mobil pada putaran rendah merupakan tanda adanya masalah pada komponen mobil. Seperti kita ketahui, rpm rendah mengacu pada putaran mesin yang berkisar antara 750-1500 rpm.

Penyebab Mesin Mobil Bergetar Saat RPM Rendah

Sebenarnya getaran mesin saat dihidupkan cukup normal karena ada beberapa partisi yang berfungsi untuk menahan getaran mesin. Namun, jika getarannya terasa di dalam kabin, membuat pengemudi dan penumpang tidak nyaman selama perjalanan.

Cara Mengatasi Mesin Bergetar Saat Lepas Kopling Atau RPM Rendah

Jika kondisi ini terjadi, segera cek di bengkel langganan. Siapa tahu ada komponen yang rusak dan perlu diganti. Berikut ini adalah beberapa penyebab mesin mobil bergetar di rpm rendah.

Kopling Rusak

Mesin mobil yang bergetar saat rpm rendah dapat disebabkan oleh kopling yang rusak. Namun, gejala ini biasanya hanya terasa saat melepas pedal kopling. Sedangkan pada kecepatan tinggi getaran tidak terasa.

Getaran tersebut terjadi karena permukaan kampas kopling, penutup kopling atau flywheel tidak rata, sehingga saat pedal kopling diangkat secara perlahan komponen-komponen tersebut berbenturan sehingga getaran dapat mencapai kabin.

Dudukan Mesin / Engine Mounting Rusak

Engine mounting merupakan komponen yang fungsinya meredam getaran saat mesin bekerja. Komponen ini terbuat dari karet. Saat engine mount rusak atau tidak kenyal lagi, fungsinya sebagai penahan getaran tidak maksimal.

Alhasil, getaran yang timbul dari mesin bisa dirasakan di dalam kabin pada rpm rendah. Jika pada kecepatan tinggi, getaran akan berkurang dengan sendirinya. Beberapa tanda engine mount perlu diganti adalah kehilangan elastisitas, retak, terlalu keras akibat panas mesin.

Drive shaft atau as roda rusak

As roda bisa menjadi salah satu penyebab mobil bergetar di rpm rendah. Gandar terbuat dari bantalan khusus dan batang besi yang kuat dan berfungsi untuk meneruskan putaran mesin ke roda.

Jika gardan rusak, misalnya bearing aus atau batang besi tidak seimbang, putaran yang dihasilkan juga tidak seimbang. Kondisi ini memicu getaran yang akan terasa di dalam kabin dan disertai dengan suara “klokok-klotok”.

Masalah dengan bagian dalam mesin

Komponen internal mesin juga bisa menjadi penyebab getaran mesin yang terasa tidak wajar. Mungkin ada komponen yang settingnya kurang tepat sehingga fungsinya tidak maksimal.

- Advertisement -

Misalnya, ada beberapa bagian silinder mesin yang kompresinya hilang. Kabel busi yang bocor atau koil yang lemah juga dapat memicu getaran pada rpm rendah.

Periksa juga bagian injektor mobil yang mungkin rusak atau tersumbat. Kondisi ini membuat semprotan bahan bakar yang masuk ke intake manifold terhalang. Alhasil, putaran mesin bisa naik dengan sendirinya dan muncul getaran yang tidak wajar.

Ban atau Velg Benjol / Tipis Sebelah

Kondisi ban atau velg roda mobil yang menggumpal atau tidak rata juga dapat menyebabkan mesin mobil bergetar saat dikendarai baik pada kecepatan rendah maupun tinggi.

Segera cek kondisi ban atau velg apakah sudah bergelombang, ada benjolan atau bahkan sudah aus? Oleh karena itu, perawatan seperti spooring balancing harus dilakukan dengan interval minimal 20.000 km.

Propeller shaft dan cross joint bermasalah

Kondisi poros baling-baling dan sambungan silang yang kering, macet, aus atau bahkan miring dapat menimbulkan getaran pada kecepatan tertentu, termasuk pada rpm rendah. Kedua komponen ini saling berkaitan karena fungsinya sebagai penyeimbang putaran roda mobil.

Jika ditemukan masalah pada kedua komponen ini, segera bawa ke bengkel langganan untuk diperbaiki.

Itulah beberapa penyebab mesin mobil bergetar terasa ke body. Melakukan perawatan mobil secara rutin merupakan salah satu solusi untuk mencegah hal tersebut terjadi.

Penyebab Setir Mobil Bergetar

Penyebab setir mobil goyang bisa terjadi dari hal yang sepele hingga kerusakan yang serius. Mesin mobil kasar dan bergetar sering terjadi pada mobil bekas generasi lama seperti beberapa mobil Toyota Kijang yang jarang melakukan perawatan servis berkala. Tidak hanya mobil bermesin bensin, tetapi juga mobil bermesin diesel.

Ketahui penyebab mesin mobil bergetar keras sebelum kerusakan berlanjut dan semakin parah. Pada kesempatan kali ini admin akan mencoba membuka info satu persatu tentang apa penyebab mobil bergetar saat idling / stasioner / idle. Bahkan penyebab mobil bergetar saat lepas kopling atau berlari kencang.

Penyebab Dashboard Bergetar

Penyebab dashboard dan stir kemudi bergetar sering terjadi saat mobil dalam keadaan idle atau diam. Gejala getaran pada roda kemudi paling sering disebabkan oleh putaran mesin yang tidak stabil akibat fan belt yang sudah tidak layak pakai lagi karena usia atau bahan fan belt yang kurang baik.

Itu sebabnya selalu ganti timing belt dengan yang asli. Banyak pendapat bahkan dari para ahli sekalipun bahwa fan belt harus diganti pada waktu tertentu. Memang seperti namanya, timing belt yang artinya harus diganti dalam jangka waktu tertentu. Lalu apakah harus seperti itu, ternyata tidak.

- Advertisement -

Karena semua itu berkaitan langsung dengan cara Anda mengemudikan mobil. Tentu umur timing belt jauh berbeda dengan pengendara mulus dengan mereka yang ugal-ugalan karena sering tancap gas. Yang pasti umur timing belt tergantung dari sifat pengendara itu sendiri. Selain itu, perawatan mobil juga dapat memperpanjang umur timing belt.

Namun, Anda juga bisa mengecek timing belt secara langsung, sehingga harus cepat diganti atau masih bisa digunakan dengan aman, meski dikatakan harus diganti.

Ciri Timing Belt Rusak

Berikut ciri-ciri timing belt yang aus dan harus segera diganti dengan yang baru:

  • Ketegangan timing belt sudah mulai berkurang, Anda bisa melakukan penyetelan kembali. Namun jika terus kendor maka densitas karet sudah berkurang dan gantilah.
  • Warna timing belt putih kering, biasanya seiring bertambahnya usia dan bisa pecah kapan saja
  • Permukaan timing belt retak, sehingga bisa pecah secara tidak terduga
  • Gigi karet timing belt terkelupas, rentan tergelincir

Namun ada kalanya mobil bergetar saat berjalan di jalan raya. Bahkan saat berkendara di jalan raya, getarannya bahkan lebih terasa. Bahkan saat idle, tidak ada getaran. Setelah dipercepat mulai bergetar. Semakin cepat Anda pergi, semakin banyak getaran yang akan Anda rasakan.

Mesin Mobil Matic Bergetar Saat RPM Rendah

Jika anda mengalami mesin mobil matic bergetar di posisi gigi D saat berhenti atau macet bahkan saat parkir, seperti yang saya alami pada matic, maka jangan panik karena bisa jadi disebabkan engine mount yang rusak.

Emon atau engine mounting adalah besi dengan bantalan karet yang berfungsi sebagai pegangan mesin pada body mobil dan juga sebagai penahan getaran.

Mobil matic baru pun tak luput dari penyakit mobil ini, sehingga bersiaplah menggantinya sebelum merusak komponen lainnya.

Oleh karena itu, ketika ada yang rusak, baik getas atau bahkan sobek, getaran mesin akan terasa di dalam kabin, terutama saat mobil berhenti di gigi D, tetapi saat N atau Netral, getaran biasanya hilang.

Mendeteksi Engine Mounting Rusak Penyebab Mesin Mobil Matic Bergetar Saat Berhenti di Gear D Untuk mengetahui apakah penyebab mesin mobil matic bergetar saat berhenti tapi hilang saat masuk gigi N, caranya adalah :

  • Letakkan di netral (N) lalu gas sampai RPM cukup tinggi (mesin akan mengaum jadi sebaiknya cari tempat yang cocok untuk melakukan ini) jika saat RPM tinggi di posisi netral mesin bergetar hebat maka bisa jadi bahwa engine mount rusak dan harus diganti.
  • Masuk gigi D lalu setelah mobil jalan, rem pelan-pelan sampai berhenti, biasanya jika emon rusak maka getaran akan lebih terasa dan mobil terasa sulit untuk direm dan ketika dalam posisi rem kemudian masuk ke netral bodi belakang mobil biasanya terlihat sedikit naik dan kemudian turun lagi.
  • Bongkar engine mounting, mungkin ini cara terakhir untuk mengetahui apakah benar mesin mobil matic bergetar hebat saat direm dengan kondisi di persneling. Tapi tentu saja kita harus membawanya ke bengkel untuk melakukannya.

Setelah dibongkar ternyata engine mount sebelah kiri kondisinya paling parah karena sobek, jadi jangan heran jika mobil bergetar seperti kap mesin tidak kencang saat macet.

Kesimpulannya, jika mobil matic bergetar saat masuk gigi d dalam kondisi berhenti atau macet di lampu merah, maka sebaiknya periksa dulu kondisi engine mounting karena bagian ini sering menyebabkan mesin mobil bergetar dan jika rusak, sebaiknya anda menggantinya menggunakan part original walaupun harganya cukup mahal tapi kualitas terjamin.

Demikian artikel Penyebab Mobil Bergetar Di RPM Rendah kali ini, mudah-mudahan bisa memberi manfaat dan wawasan untuk anda semua tentang Otomotif. Jika ada kata-kata yang salah atau hal-hal yang kurang berkenan dalam penyajian artikel, kami mohon maaf. Baiklah, sampai jumpa di postingan artikel lainnya.

- Advertisement -

Leave A Reply