Ultimate magazine theme for WordPress.

5 Penyebab Tie Rod Panther Rusak Dan Ini Cirinya

0 10,073

Penyebab Tie Rod Panther Rusak Dan Ini Cirinya – Banyak sekali kasus kecelakaan yang terjadi pada kendaraan akibat rusaknya tie rod. Lalu apa yang memicu tierod pecah seperti itu?

Patahnya tie rod dan ball joint disebabkan oleh komponen plastik yang aus pada seal. Celah antara bola dan hoshing juga melebar, memungkinkan bola langsung ditarik keluar saat dipukul keras.

Keausan tie rod terjadi karena pelumas di dalamnya sudah mengering. Gemuk yang kering biasanya diakibatkan oleh robeknya karet pelindung, sehingga memungkinkan air masuk dan menyebabkan karat. Sekarang karat ini akan memainkan peran utama dalam kerusakan.

Pada artikel journaluniversity.com akan dijelaskan penyebab, ciri, dan tierod asli apa palsu, maka dari itu baca artikel hingga selesai.

Penyebab Tie Rod Panther Rusak Dan Ini Solusinya

Banyak juga yang lebih memilih memperbaiki oblak/tie rod yang rusak daripada ahli tie rod dengan alasan lebih ekonomis, jadi lagi-lagi faktor ekonomi menjadi pondasi terkuat disini.

Jika jawabannya ya atau tidak, tentu bisa diperbaiki, namun biasanya tie rod yang sudah diperbaiki tidak bisa bertahan lama seperti tie rod baru dan original.

Tie Rod Panther Palsu Atau KW

Yang dimaksud dengan istilah barang imitasi atau suku cadang imitasi adalah suku cadang mobil yang dibuat oleh pabrikan tidak resmi yang mengacu pada kemiripan bentuk dan bentuk dengan aslinya namun tetap menggunakan merek dagang pabrikan.

Misalnya, tie rod mobil imitasi, bantalan mobil imitasi, bantalan rem imitasi dan sebagainya. Marang imitasi ini juga bisa disebut barang aftermarket, jadi bukan barang palsu ya?

Penyebab Tie Rod Panther Rusak Dan Ini Cirinya

Barang imitasi dan barang palsu adalah dua hal yang berbeda, jika produk imitasi hampir sama persis dan hanya terdapat sedikit perbedaan yang menandakan bahwa barang tersebut bukan buatan pabrik resmi.

Sedangkan yang dimaksud dengan barang palsu adalah niat untuk memproduksi dan merancang suku cadang yang sangat mirip dengan aslinya, bahkan label kemasannya pun sama dengan produk aslinya.

Nah, setelah mengetahui tentang barang imitasi dan barang palsu di atas, kali ini kita akan lebih fokus membahas baik atau tidaknya penggunaan part imitasi, contohnya tie rod imitasi pada mobil. Terutama mengenai baik atau buruknya jika kita menggunakan produk imitasi.

Perbedaan Tie Rod Panther Asli Dan Tie Rod Panther Palsu

Related Posts
1 of 12

Perbedaan produk asli dan imitasi terletak pada bahan yang digunakan dan teknologi pembuatannya. Produk original tentunya dibuat dengan bahan pilihan yang berkualitas dan menggunakan teknologi yang lebih canggih dibandingkan dengan produk aftermarket, sehingga hal ini membuat biaya produksi menjadi lebih mahal.

Berbeda halnya dengan produk aftermarket alias imitasi yang umumnya terbuat dari bahan yang kualitasnya bisa nomor dua atau nomor tiga, serta teknologi yang digunakan tidak secanggih pabrikan otomotif kelas atas, sehingga berdampak pada penjualan. harga.

Bagian imitasi lebih murah jika dibandingkan dengan produk asli. Belum lagi jika produk asli dibeli dan dipasang di bengkel resmi dikenakan PPN dan harganya dinaikkan, sehingga harganya pun lebih mahal.

Dan karena mahalnya harga suku cadang asli, banyak orang yang kemudian memilih produk imitasi dengan alasan menghemat pengeluaran.

Antisipasi Tie Rod Lepas

Untuk mengantisipasi hal tersebut, tentunya Anda harus rutin mengecek kondisi kaki-kaki mobil. Jika kondisi kaki mobil dianggap bermasalah sebaiknya diganti sedini mungkin, jangan ditanya apakah tie rod dengan kondisi ini masih bisa digunakan untuk jalan jauh atau tidak.

Cara memeriksa tie rod yang rusak

Anda bisa mengeceknya sendiri di rumah. Pemeriksaan ini dilakukan baik secara visual maupun fungsional.

Cek secara visual dengan melihat langsung kondisi part yang ada, misalnya bushing lengan atas terlihat putus atau tidak, karet pelindung tie rod robek atau tidak.

Pengecekan fungsinya untuk mendongkrak bagian depan mobil hingga ban terangkat penuh dari lantai. Kemudian goyangkan ban ke atas dan ke bawah dan ke kiri dan ke kanan. Jika Anda merasa ada yang kendor, sebaiknya segera ganti komponen yang sudah aus dengan yang baru.

Jika Anda terlalu malas untuk memeriksanya sendiri di rumah, Anda bisa meminta bengkel resmi atau bengkel understeel untuk mengecek kondisi kaki-kakinya.

Salah satu kerusakan yang terjadi pada sistem kemudi mobil yang dapat membuat berkendara menjadi tidak nyaman adalah kerusakan pada tie rod dan juga long tie rod, komponen yang langsung menghubungkan steering rack dengan roda mobil.

Jika komponen ini mengalami kerusakan, tentu banyak hal yang bisa diakibatkan dan sangat mengganggu kenyamanan Anda dalam berkendara, mulai dari yang terlihat sepele hingga yang fatal seperti lepasnya tie rod dan berujung pada kecelakaan.

Nah dibawah ini sudah kami rangkum apa saja yang bisa terjadi jika bagian tie rod dan long tie rod mengalami kerusakan.

Ciri Tie Rod Panther Rusak

1. Freeplay steering wheel / setir berasa banyak

Akibat rusaknya tie rod yang sudah aus atau lucu, setir jadi bebas jarak atau main bebas sehingga kalau mau belok harus putar setir lebih dari itu. sebaiknya. Selain itu, dengan banyaknya putaran setir mobil ini membuat Anda kesulitan untuk bermanuver.

2. Ban depan bergelombang dan aus

Kerusakan pada ban mobil khususnya pada bagian roda depan akan terjadi berupa keausan bergelombang pada bagian pinggir akibat posisi roda saat digerakkan menjadi off-center alias belok kanan dan kiri secara bersamaan. dengan kecepatan tinggi. Jika dibiarkan, ban keriting ini akan menimbulkan getaran bahkan suara mendengung dan memperpendek umur ban.

3. Saat mobil jalan lurus, setir kadang miring ke kiri, kadang miring ke kanan

Sesuai dengan penjelasan pada poin pertama di atas, karena banyaknya ejaan maka setir terkadang miring ke kanan, terkadang miring ke kiri saat mobil melaju lurus di jalan raya.

4. Setir terasa bergetar

Selain kondisi ban yang bergelombang atau velg penyok, tie rod yang rusak juga bisa menimbulkan getaran pada setir mobil.

Hal ini dikarenakan goncangan dari pergerakan ban keluar masuk akibat oblaknya long tie rod / tie rod akan menjalar ke setir mobil sehingga menimbulkan rasa tidak nyaman saat memegang setir, tangan bisa kesemutan dan kram di waktu singkat.

5. Tie rod terlepas dan terjadi kecelakaan

Kerusakan pada tie rod atau tie rod panjang yang parah dan tidak segera diganti juga dapat berakibat sangat fatal seperti terlepasnya tie rod yang sudah aus dari dudukannya, sehingga kecelakaan tidak dapat dihindari.

Oleh karena itu, sebaiknya jika tie rod atau long tie rod terdeteksi rusak, segera ganti agar berkendara aman, pikiran menjadi tenang dan nyaman.

Leave A Reply