Obyek Wisata Kawah Ijen Bondowoso dan Fenomena Unik Bluefire di Tahun 2020

Wisata kawah ijen Bondowoso merupakan tempat wisata bagus yang berada di area cagar alam dan gunung aktif. Setiap harinya selalu ada wisatawan yang mampir ingin melihat pesona keindahan danau diatas gunung.

Kabupaten Bondowoso walaupun tak dikenal banyak orang tetapi mempunyai wisata yang dapat menarik wisatawan luar negeri setiap harinya.

Obyek wisata ini sudah ada sejak dulu, namanya sudah melambung keluar provinsi bahkan benua amerika dan eropa.

Yang menjadi daya tarik turis asing berkunjung ke kawah adalah karena ingin melihat pemandangan bluefire yang hanya ada di dua negara yaitu Islandia dan Indonesia.

Gunung ijen meletus tercatat dalam sejarah pada tahun 1796, 1817, 1913, dan 1936. Peningkatan aktifitas gunung tercatat pada tahun 1918, 1921, 1923, 1927, 1933, 1941.

Gunung ini berada di ketinggian 2799 mdpl dengan luas area 2560 hektar termasuk luas hutan 92 hektar.

Wisata Kawah Ijen Bondowoso

Obyek ini menjadi perbincangan para traveller jika musim liburan tiba dan juga salah satu tempat wisata pilihan utama. Jangan heran jika berkunjung ke wisata ijen selalu dipenuhi wisatawan dalam perjalan mendaki.

Rata-rata mereka yang suka berkunjung ke kawah ijen adalah para petualang sejati, suka tantangan mendaki gunung.

Perjalanan mendaki gunung yang membutuhkan waktu kurang lebih 3 jam ini tak membuat semangat surut begitu saja.

Medan yang dilalui memang sangat mudah, sepanjang jalan sudah dibersihkan dan nyaman untuk pendaki pemula tetapi dengan tanjakan dengan kemiringan 30 derajat banyak juga wisatawan hampir menyerah.

Yakin, masih ingin berkunjung?

Jika masih yakin semangat ingin datang, itu berarti kamu termasuk pendaki sejati. Ada banyak pemandangan yang akan kamu dapatkan, tak hanya melihat pemandangan pegunungan saja, itu hal biasa sudah banyak di tempat lain.

Lokasi

Sebelum berangkat, kamu cek terlebih dahulu lokasi gunung ijen melalui gadget kesayangan agar dapat menghitung waktu berapa lama kamu memanfaatkan liburan.

Lokasi kawah ijen berada di kabupaten Bondowoso berdampingan dengan kabupaten Banyuwangi dan kabupaten Situbondo.

Jika kamu berasal dari luar provinsi, lebih baik mencari posisi alun-alun atau terminal Bondowoso karena akan lebih mudah menuju lokasi.

Rute

Ada dua penjelasan rute dalam artikel ini, rute menuju paltuding (parkiran) dan rute menuju kawah. Baca penjelasannya :

Rute Menuju Paltuding

Rute tempat wisata alam pada umumnya memang sulit, maka dari itu untuk mempermudah menuju lokasi wisatawan diharapkan menggunakan jasa travel & tour paket kawah ijen atau menggunkan angkutan umum namun sedikit lama menuju lokasi wisata.

Bagi yang menggunakan kendaraan pribadi, bisa mencari posisi alun-alun Bondowoso. Lalu menuju ke arah timur menuju Pasar kecamatan Wonosari kurang lebih jarak alun-alun ke wonosari sekitar 10 Km.

Setelah sampai pasar Wonosari, Sebelah timur pasar Wonosari ada pertigaan, pilih belok kanan (arah ke selatan) kemudian ikuti saja jalurnya sampai ketemu pasar Sukosari, jaraknya 10 Km berkelok-kelok.

Sesampai pasar Sukosari, kamu lanjutkan ikuti jalur aspal kurang lebih 20 km akan melewati dua portal penjagaan. Kamu isi buku tamu serta memberikan sejumlah uang seiklashnya, kamu bisa istirahat sebentar dan bertanya-tanya.

Jika sudah isi buku tamu, lanjutkan perjalanan menuju lokasi wisata afdeling Paltuding.

Dalam perjalanan menuju titik lokasi kawah ijen, banyak lokasi wisata yang bagus dan sempatkan berkunjung walau hanya sebentar namun lebih baik pulang dari wisata utama saja.

Parkir kendaraan kamu di tempat parkir paltuding, kamu juga bisa menyewa rumah singgah jika ingin beristirahat atau membangun tenda di area yang telah disiapkan.

Pintu gerbang utama cagar alam taman wisata kawah ijen terletak di paltuding dan juga pos perlindungan hutan dan pelestraian alam (PHPA).

Rute Pendakian

Rute menuju kawah membutuhkan estimasi waktu 2 -sampai 3 jam perjalanan menanjak dan 1 jam perjalanan turun ke lokasi danau kawah serta melihat bluefire.

Berbeda dengan estimasi waktu perjalanan kembali ke parkiran yang tidak membutuhkan waktu cepat hanya berselang 90 menit sudah sampai parkiran paltuding.

Tanjakan menuju puncak gunung ijen sekitar 20 sampai 30 derajat dengan panjang perjalanan sekitar 3 kilometer. Medannya tidak sulit, panitia penyelenggara telah membersihkan area perjalanan sehingga wisatawan dimudahkan.

Saat ini terdapat jasa ojek gerobak khusus untuk wisatawan yang lelah tenaga terkuras tapi masih ingin melihat indah kawah. Biaya ojek gerobak bisa kamu tawar sewajarnya.

Jalan berkelok-kelok dan menanjak membuat perjalanan semakin seru apalagi malam hari yang gelap.

Tiket Kawah Ijen

Harga tiket masuk kawah ijen sesaui aturan pariwisata Indonesia dan cagar alam hanya :

Wisatawan Lokal

  • Hari biasa Rp 5000
  • Hari libur Rp 7500

Wisatawan Luar Negeri

  • Hari biasa Rp 100.000
  • Hari libur Rp 150.000

Sangat murah sekali, kamu sudah dapat menikmati panorama alam yang asri, sejuk, dan adem.

Pemandangan

Tentukan waktu mendaki kamu, saran dari journal university lebih baik mulai mendaki pada tengah malam jam 00.00, loh kenapa? pemandangannya gak kelihatan, kan?

Ingat, obyek wisata tidak hanya menghadirkan pemandangan alam saja, tetapi fenomena Bluefire (api biru). Fenomena ini yang langka jarang orang yang bisa melihatnya secara dekat.

Pemandangan apa yang dapat di nikmati wisatawan?

Pegunungan

Dari pagi hingga sore hari wisatawan dapat melihat pegunungan sekitar yang indah. Hjaunya hutang yang luas sepanjang mata memandang dan juga pantulan cahaya matahari di langit.

Pemandangan pegunungan sudah hal biasa dilihat wisata lain, tapi masih ada lainnya.

Bunga

Disaat mendaki menuju puncak ijen, wisatawan akan melihat bunga cantik sepanjang perjalanan yang akan mekar di waktu tertentu.

Asap Belerang

Pemandangan kebulan asap belerang akan terlihat jika sampai puncak, asap ini berbahaya bagi wisatawan yang memiliki riwayat penyakit dalam. Penyakit dalam yang dimaksud adalah paru-paru, hati, dan jantung.

Urungkan niat kamu jika memiliki penyakit tersebut jika tak ingin penyakit kambuh.

Aroma asap belerang yang mengandung zat sulfur dapat diatas dengan memakai respirator (alat filter pernafasan). Penduduk setempat menyewakan alat ini dengan biaya Rp 15.000 sampai Rp 25.000 tergantung model respirator.

Jika tak menyewanya, kamu bisa gunakan sleyer atau kain yang dibasahi. Jika sleyer mulai mengering basahi dengan air lagi supaya dapat menyaring zat sulfur halus yang dibawa oleh asap.

Danau Kawah

Dari atas pucuk gunung ijen, wisatawan dapat melihat pemandangan kawah terluas nomer dua didunia. Luas kawah sekitar 45 hektar dengan garis tengah mencapai 950 meter dan memiliki kedalaman 176 meter.

Jika dilihat dari dekat terdapat gelembung-gelembung seperti air mendidih, wisatawan dapat melihat dengan jarak dua meter tapi dilarang memegang air tersebut.

Penambangan Belerang

Wisatawan dapat melihat secara langsung penambangan belerang dilakukan oleh penduduk setempat. Perjalanan turun dari puncak ke danau sangat berbahaya, jalan sempit banyak batu kerikil dan berlawan arah dengan pekerja angkut belerang.

Bluefire

Nah, ini yang ditunggu-tunggu karena tak semua wisatawan yang berkunjung dpaat menyaksikan langsung semburan api biru yang keluar dari dinding gunung.

Dindidng gunung ini menghasilkan cairan belerang, setelah belerang membeku petani mengangkutnya dan menjualnya.

Wisatawan yang berkunjung dimalam hari dapat menyaksikan kobaran bluefire. Untuk siang hari, kobaran masih ada tapi kecil tak terlihat berbeda dengan malam hari.

Waktu yang tepat melihat bluefire pada musim kemarau pada jam 02.00 WIB dini hari sampai jam 04.00 WIB (subuh).

Rencakan perjalanan menuju puncak pada pukul 12 malam waktu setempat, usahakan sampai di kawah pukul 2 dini hari agar tak tertinggalan.

Tips Mendaki Gunung Ijen

Ada 13 hal penting yang harus kamu sebelum berkunjung ke wisata kawah ijen :

  1. Gunakan jasa travel and tour paket wisata kawah ijen atau mengajak yang berpengalaman
  2. Jadwalkan waktu liburan selama 3 hari karena banyak wisata sekitar kawah (Air terjun blawan, kawah wurung, pemandian air panas, niaggara mini dan lainnya,
  3. Uang banyak
  4. makanan ringan dan minum (air mineral wajib)
  5. Senter
  6. Peralatan tenda (jika ingin berkemah)
  7. Tongkat
  8. Sepatu atau sandal gunung
  9. Badan sehat tidak punya riwayat penyakit ganas
  10. Berkelompok
  11. Kamera
  12. Respirator (filter pernafasan)

Dan satu lagi perlu kamu ketahui, sering kali aktifitas gunung naik, maka dari itu sebelum rencana matang, mohon cari tahu informasi jadwal penutupan lokasi wisata kawah ijen.

Tak akan kecewa jika berkunjung ke wisata Bondowoso, banyak wisata alam yang harus kamu kunjungi dan banyak penginapan dekat kawah ijen yang bisa kamu sewa dengan harga Rp 100.000 per kamar se malam.

Wisatawan juga dapat menikmati khas kopi Bondowoso yakni Arabika yang memiliki rasa mint / mentol asli dari biji bukan campuran. Rasa ini tak akan pernah kamu bisa rasakan di tempat lain, inilah ciri khas arabika Bondowoso.

Leave A Reply

Your email address will not be published.