3 Penyebab Suara Tek Tek di Mesin Mobil Kijang Dan Begini Cara Mengatasi Tanpa Biaya

Penyebab suara Tek Tek di Mesin Mobil Kijang yang sering terjadi karena telat ganti oli dan part aus namun bukan berarti itu hal yang utama. Ada beberapa faktor penyebab bunyi tek tek di mesin kijang terutama berbahan bakar bensin.

Di mesin saat ini semakin banyak katup yang digunakan. Nah sebenarnya jika sering mendengar suara tek tek pada mesin mobil biasanya disebabkan oleh celah klep yang kendor. Tentu saja ini karena ada spesifikasi yang tidak diikuti.

Di luar itu, keausan yang terjadi pada poros engkol atau biasa disebut camshaft bisa menjadi pemicunya. Dudukan camshaft yang aus di kepala silinder dapat memicu suara.

Sebenarnya dengan penggunaan mesin mobil, klep bisa kendor tanpa disadari. Masalah keausan yang muncul bisa sangat mengganggu. Oleh karena itu, disarankan agar Anda melakukan servis berkala sejak dini.

Penyebab Suara Tek Tek di Mesin Mobil Kijang

Jangan sampai mobil yang digunakan setiap hari terus menerus tidak mendapatkan perawatan yang optimal. Tentu saja, suara-suara aneh dari mesin mobil dan masalah lain dapat muncul jika Anda meninggalkan mobil tanpa pengawasan.

- Advertisement -

Perawatan mobil itu penting agar terhindar penggantian part dengan biaya yang lebih besar, setidaknya Anda sering ganti oli dengan merk / kualitas yang sama.

Cara Mengatasi Bunyi Tek Tek Pada Mesin Kijang

Saat Anda mulai mendengar suara tek tek di mesin mobil, jangan di biarkan. Anda harus segera memeriksa katup mobil. Solusi awal yang bisa Anda lakukan adalah dengan mereset celah klep itu sendiri.

Bagaimana jika mobil Anda masih memakai shim atau lifter? Biasanya suara ini muncul karena keausan pada bagian tersebut. Ujung valve yang bersentuhan langsung dengan shim juga bisa memicu masalah ini terjadi secara tiba-tiba.

Celah Katup bunyi Tek Tek

Celah katup yang mulai mengendur di mesin dengan pengangkat atau shim dapat diperbaiki dengan mudah. Anda tinggal mengembalikan celah klep sesuai standar. Tapi ingat, posisi pengangkat harus bisa kembali ke tempat semula dan tidak menggantinya dengan yang baru karena bisa saja ukurannya berbeda.

Suara Tek Tek di Mesin Mobil Kijang

Jika Anda tidak berani menyetel klep dari mesin mobil sendiri, jangan ragu untuk membawanya ke bengkel. Pemilihan bengkel untuk urusan mesin tidak boleh sembarangan. Anda harus memilih bengkel resmi yang terpercaya.

Bengkel Online

Untungnya sekarang ada bengkel online di kota besar seperti Surabaya, Jakarta, Jogjakarta, dan Malang. Bengkel Online pun tersebar di kota kecil seperti Bondowoso, Jember, Pacitan, Cimahi, Trenggalek, dan sekitarnya.

Anda juga bisa menghubungi bengkel resmi mobil Toyota di Indonesia, Auto2000 selalu siap memberikan pelayanan yang optimal. Masalah yang mendengar suara tek tek pada mesin mobil bisa teratasi dengan baik.

Demikian cara memperbaiki suara tek tek di mesin mobil kijang, semoga bermanfaat.

- Advertisement -

Leave A Reply