6 Bunyi Berisik Pada Kijang Serta Solusi Mengatasinya

Bunyi berisik pada Kijang terutama pada mobil tua diabawah tahun 2000 sudah biasa karena usia part yang telah menua atau aus maka dari itu dicari sumber bunyi. Misalnya bunyi tek tek pada mesin kijang dapat dipastikan bagian terpenting pada mesin kijang seperti klep.

Mendengar suara berisik pada mobil tentu menimbulkan rasa was-was. Pada dasarnya suara pada mobil yang bekerja dengan baik tidak akan menimbulkan suara yang tidak biasa. Jika Anda pernah mendengar suara itu, harus mencari tahu penyebabnya.

Mesin mobil memang merupakan bagian mobil yang paling rumit. Berbagai komponen yang saling bekerja sama untuk menggerakkan mobil membuat perlu dilakukan pengecekan secara berkala.

Sayangnya hal seperti itu tidak dilakukan oleh banyak pengendara. Bahkan mesin mobil yang tidak dirawat dengan baik tinggal menunggu masalah seperti suara tek tek pada mesin.

Banyak sumber bunyinya berisik di mobil, agar bisa segera mendapatkan solusi dari masalah ini, simak rangkuman lengkap penjelasannya di sini.

6 Bunyi Berisik Pada Kijang

- Advertisement -

Kondisi mobil bisa dilihat dari suara yang dihasilkan. Pada kebanyakan kasus bunyi tek tek tek tek saat mesin hidup disebabkan oleh celah klep yang kendor diluar spesifikasi yang diijinkan, selain itu keausan pada camshaft atau poros bubungan dan keausan pada dudukan camshaft pada kepala silinder juga memicu suara mesin kasar .

Jika suara mobil halus, maka kondisi mobil juga baik, begitu juga sebaliknya. Ketika suara mobil berisik, sudah pasti ada yang tidak beres dengan mobil Anda sehingga harus dicari penyebabnya. Dapat menyebar ke kerusakan fatal jika kebisingan diabaikan.

Bunyi Berisik Pada Kijang

Berikut adalah beberapa kebisingan di mobil Anda yang harus diwaspadai pada varian mobil Toyota Kijang Super, Grand Extra, Kapsul, Krista.

Mobil Berdengung Keras

Bila melihat ini, kemungkinan besar penyebabnya adalah fan belt yang terlalu kencang. Sabuk kipas harus segera diperbaiki karena dapat berdampak pada putusnya sabuk kipas. Jika sabuk kipas dilepas, pompa air dan alternator tidak akan bekerja.

Mobil akan panas karena sistem pendingin mesin tidak bekerja atau mesin mati karena tidak ada suplai daya ke baterai.

Mobil Bunyi Mencicit

Tidak hanya fan belt yang terlalu kencang bisa menyebabkan masalah pada mobil, tapi juga yang terlalu longgar juga bisa.

Sabuk kipas yang longgar ini dapat menyebabkan mobil mengeluarkan suara mencicit dari dalam kompartemen mesin mobil.

Sabuk kipas yang kendor juga tidak boleh dibiarkan begitu saja karena efeknya sama seperti jika sabuk kipas terlalu kencang.

Kaki Mobil Bunyi

Hal ini bisa Anda rasakan saat mobil berjalan atau melaju kencang. Segera cek kaki mobil di bengkel resmi Toyota. Biasanya ketika kaki mengeluarkan bunyi hal ini disebabkan oleh bantalan roda atau permukaan ban yang tidak rata.

Bentrokan Logam

Bunyi selanjutnya yang harus diwaspadai adalah bunyi di kaki mobil yang mirip dengan bunyi benturan logam. Hal ini akan tampak ketika Anda melewati jalan yang tidak mulus dan berlubang.

Jika Anda menemukan atau mendengar suara ini, silakan periksa bagian tie-rod atau end-rod. Dua komponen yang tidak tepat akan membuat suara muncul.

Mesin Kijang Kasar

Suara mesin yang kasar sering dikeluhkan saat menyalakan atau menyalakan AC. Tidak hanya kasar tetapi suara mesin mobil menjadi terlalu berisik atau bergemuruh.

- Advertisement -

Bila ini terjadi, kemungkinan besar penyebabnya adalah bantalan kompresor AC atau kebocoran pada bagian oli kompresor. Jangan abaikan jika hal ini terjadi karena dapat menyebabkan kerusakan serius pada kompresor AC.

Denting

Suara klakson akan ditemukan saat Anda menginjak gas, terutama mobil dengan tipe penggerak roda belakang. Bunyi denting merupakan tanda adanya masalah pada kopling yang disebabkan oleh sambungan silang yang kondisinya sudah rusak atau putus.

Tidak hanya kebisingan, masalah pada kopling akan menyebabkan mobil menjadi tidak nyaman karena tidak dapat meredam getaran. Bunyi mobil akan menyebabkan kenyamanan berkendara menjadi terganggu.

Jika Anda menemukan suara bising pada mobil Anda yang harus Anda waspadai seperti di atas, segera konsultasikan ke bengkel resmi kesayangan Anda dan gunakan asuransi mobil baru Anda.

Demikian penjelasan bunyi berisik pada kijang, semoga bermanfaat.

Leave A Reply