4 Penyebab Suara Mesin Kasar Pada Kijang, Begini Solusi Mengatasi Murah Tanpa Ke Bengkel

Banyak faktor penyebab Suara Mesin Kasar Pada Kijang, pemilik mobil toyota harus mencari sumbernya. Namun ada beberapa yang enggan mencari bunyi kasar tersebut sehingga langsung ke bengkel. Cara mengatasi bunyi kasar pada mesin kijang bisa kita servis sendiri dirumah.

Mendengar bunyi tek tek pada mesin mobil biasanya disebabkan oleh adanya celah pada katup mesin mobil. Dalam kebanyakan kasus, suara tek tek tek tek saat start disebabkan oleh celah penjepit mesin di luar spesifikasi yang ditentukan.

Bahkan disaat mesin panas pun bunyi tek tek tetap terdengar hingga kedalam kabin mobil. Semakin di gas tinggi suara tek tek semakin nyaring. Ini sering terjadi pada mesin kijang super, grand extra, dan kapsul.

Kebisingan di mesin merupakan indikasi bahwa ada sesuatu yang salah dengan mesin. Memang saat mesin bekerja mengeluarkan suara, namun jika suara terdengar tidak normal atau tidak seperti biasanya, itu tandanya ada masalah.

Suara Mesin Kasar Pada Kijang

Mesin mobil memang mengeluarkan suara saat bekerja. Namun beberapa suara bising di dalam mobil menandakan ada masalah yang menghantui Anda. Dan jika dibiarkan, masalah akan merembet ke komponen lain.

- Advertisement -

Penyebab Mesin Suara Kasar Pada kijang

Berikut beberapa suara abnormal yang sering terjadi pada mesin dan kemungkinan penyebabnya:

Jika mendengar suara ketukan pelan berupa suara tik-tik pada mesin dan suara tersebut semakin keras saat putaran mesin dinaikkan, maka kemungkinan suara tersebut berasal dari mekanisme katup yang disebabkan oleh tiga hal, yaitu:

  • Tekanan minyak rendah
  • Celah katup terlalu besar
  • Komponen gerak aus atau rusak

Oke langsung saja ke pembahasan pertama yaitu tekanan oli rendah. Anda harus memeriksa dipstick oli mesin untuk melihat apakah ada cukup oli. Jika masih kurang, maka tambahkan saja oli mesin hingga mencapai tanda FULL pada dipstick oli.

Lalu bagaimana jika kebisingan terus berlanjut?

Yang harus Anda lakukan selanjutnya adalah memeriksa tekanan oli mesin. Pembacaan tekanan oli yang rendah merupakan indikasi adanya masalah pada sistem sirkulasi pelumas sehingga oli tidak dapat mencapai komponen mekanisme katup yang terletak di bagian atas mesin.

Tekanan Oli Mesin Kijang Rendah

Tekanan oli yang rendah dapat disebabkan oleh:

  • Keausan dan kerusakan pompa oli mesin.
  • Filter oli tersumbat

Menggunakan oli yang lebih kental pada cuaca yang lebih dingin juga dapat menyebabkan oli mengalir lebih lambat ke mekanisme katup yang terletak di bagian atas mesin, sehingga menyebabkan kebisingan dan keausan komponen.

Suara Mesin Kasar Pada Valve Lifter

Pada mesin lama yang masih mengusung teknologi Overhead Cam (OHV), mungkin ada masalah. Pengangkat katup yang aus, bocor, atau kotor juga dapat menyebabkan kebisingan pada mekanisme katup.

Jika distribusi oli terhambat ke pengangkat katup (karena saluran oli tersumbat atau tekanan oli rendah), pengangkat katup tidak dapat mengangkat ke atas untuk menutup celah katup. Jika pengangkat katup tidak diangkat, celah katup akan menjadi terlalu besar, menyebabkan kebisingan.

Mesin Kasar Dari Cara Kerja Katup / Klep

Jika penyebab kebisingan pada mesin ditentukan bukan karena gangguan pada sirkulasi oli mesin, maka langkah selanjutnya adalah memeriksa celah katup mesin.

Suara Mesin Kasar Pada Kijang

Pada mesin mobil yang lebih tua, mekanisme katup memerlukan penyesuaian berkala. Jika celah antara rocker arm dan ujung katup terlalu besar, akan menimbulkan kebisingan pada mekanisme katup dan akan mempercepat keausan atau kerusakan pada komponen.

- Advertisement -

Untuk menyetel katup, diperlukan feeler gauge. Masukkan feeler gauge pada celah antara rocker arm dan ujung katup (atau antara bubungan dan ujung katup pada mesin poros bubungan di atas) dengan piston pada Titik Mati Atas (TDC).

Lihat instruksi dalam manual servis untuk prosedur pengukuran celah katup yang benar dan spesifikasi celah katup yang benar. Pastikan spesifikasi celah katup menyatakan apakah mesin dingin atau panas, karena ini akan membuat perbedaan besar.

Pada mesin yang sudah menggunakan hydraulic valve lifter, tekanan oli akan mengangkat valve lifter untuk menutup celah valve. Sistem ini menghasilkan suara yang lebih kecil.

Jadi jika Anda mendengar suara dari rocker arm, itu berarti ada sesuatu yang salah (bisa jadi lifter yang rusak atau komponen yang rusak) atau celah katup perlu disesuaikan.

Periksa kondisi komponen pada mekanisme katup. Keausan berlebihan pada rocker arm, cam follower atau batang katup akan meningkatkan jarak bebas katup dan menghasilkan kebisingan.

Bunyi Mesin Kasar Berasal Dari Bearing Crankshaft (Metal)

Munculnya suara ketukan seperti Tok..Tok..Tok.. yang cukup besar (rod knock) pada mesin merupakan indikasi kerusakan parah atau keausan pada bantalan poros engkol atau sering disebut road metal,” ujar Henry Hutabarat. , seorang pelatih di sebuah perusahaan konsultan. otomotif di Indonesia.

Jika road metal sudah aus atau terlalu longgar sehingga menimbulkan suara ketukan yang keras, maka harus segera diperbaiki, karena cepat atau lambat salah satu road metal akan mengalami kerusakan yang lebih parah. Road metal yang rusak parah dapat mengakibatkan salah satu dari kerusakan ini, yaitu:

  • Metal akan rusak dan membuat mesin macet
  • Logam jalan akan merusak poros engkol

Kedua hal di atas dapat menyebabkan kerusakan mesin yang parah sehingga memerlukan pembongkaran mesin total untuk memperbaikinya. Kebisingan pada mesin akibat road metal biasanya terjadi pada mobil yang memiliki jarak tempuh yang jauh dan tidak mengganti oli mesin dan filter oli mesin secara berkala.

Sebelum berangkat ke bengkel atau memvonis turun mesin, setidaknya pemilik mobil melakukan engine flush, ganti oli filter dan oli berkualitas.

Begini video suara mesin Toyota Kijang kasar bunyi tek tek

Demikian Penyebab MSuara Mesin Kasar Pada Kijang dan solusi mengatasi bunyi tek tek yang bersumber dari cinta mobil serta sumber lainnya.

- Advertisement -

Leave A Reply