Cara Stel Klep Kijang 5K Yang Benar Tanpa Ke Bengkel Dengan Cepat

Cara stel klep kijang 5k sesuai standar pabrik memang diperlukan namun jarang sekali bengkel memperhatikan cara ini karena keterbatasan alat dan tingkat ketelatenan melayani pelanggan.

Katup atau dalam bahasa inggris disebut valve dalam bahasa bengkel yaitu (valve) yang berfungsi untuk mengatur masuknya udara baru dan mengatur gas buang hasil pembakaran di mesin motor.

Tugas klep sendiri sangat berat dan vital karena jika terjadi gangguan atau kebocoran sekecil apapun pada klep akan menyebabkan tenaga mesin berkurang atau dengan istilah lain berantakan. Oleh karena itu, kenali valve/katup dan aksesorisnya.

Hal ini dikarenakan celah klep merupakan komponen yang sangat penting dalam mengatur sistem kerja mesin 4 tak. terkait dengan masalah ini ada beberapa alasan celah katup perlu disesuaikan.

Cara Stel Klep Kijang 5K Yang Benar

Mengacu pada adanya panas (ekspansi) maka rocker dan arm serta ujung batang katup harus memiliki celah katup. Jika celah katup terlalu longgar atau terlalu sempit, akan timbul masalah sebagai berikut:

- Advertisement -

  • Jika celah katup terlalu sempit, katup akan membuka lebih awal dan menutup perlahan, yang dapat mengakibatkan pengapian salah, atau pengapian terbalik.
  • Jika celah terlalu longgar, katup akan membuka terlalu lambat dan menutup terlalu cepat, yang dapat menyebabkan kebisingan dan getaran.

Tujuan Penyetelan Klep Kijang

Pertama, untuk memastikan asupan yang efisien dari campuran bahan bakar-udara ke dalam silinder untuk dibandingkan untuk pembakaran untuk mendapatkan daya dan output yang diinginkan.

Kedua, untuk memastikan pembuangan gas buang yang efisien untuk keluar dari silinder ke udara bebas melalui manifold buang. Ketiga, adalah memastikan kondisi intake dan exhaust di setiap silinder mendekati sama.

Cara Stel Klep Kijang 5K

Karena perannya yang penting, penyetelan celah klep harus benar, jika tidak maka akan menimbulkan masalah seperti di atas, dan tentunya umur mesin akan lebih pendek.

Langsung saja kita bahas cara menyetel celah katup. Sebelum itu, Anda harus menyiapkan peralatan yang akan digunakan:

Alat Stel Klep

  • kotak alat (minus/plus obeng, kunci ring)
  • kunci busi
  • kunci T 12
  • fuller gauge
  • majun
  • buku manual (jika ada)

Stel Klep Mesin Kijang 5k

Cara menyetel celah celah klep

sebelumnya perlu diketahui, bahwa tutorial ini dilakukan pada mesin TOYOTA KIJANG 5K dengan mekanisme katup seperti gambar di atas (OHV), dan FO 1-3-4-2. Namun anda tidak perlu khawatir jika mobil anda berbeda tipe, karena tutorial dibawah ini mengajarkan tentang konsep cara menyetel klep

Proses Stel Klep Mesin Kijang
  • siapkan mesin, peralatan dan bahan yang akan dibutuhkan
  • periksa oli mesin, air radiator dan bahan bakar
  • nyalakan mesin untuk pemanasan sekitar 5 menit
  • buka penutup kepala silinder

Cara Ukur Celah Katup Klep Kijang

  1. Putar katrol poros engkol menggunakan kunci ring atau shock agar tanda garpu pada katrol poros engkol sejajar dengan angka “0” pada penutup atau penutup timing mesin. Lihatlah gambar di bawah ini:
  2. Periksa apakah mesin berada pada posisi Top 1 pada akhir langkah kompresi atau Top 4 pada akhir langkah kompresi. Anda dapat memeriksa apakah mesin berada di posisi Top 1 atau Top 4 melalui pushrod, rocker arm atau rotor di distributor. Jika mesin berada pada posisi Top 1 pada akhir langkah kompresi, maka push rod dan rocker arm pada silinder 1 semuanya bebas, yang berarti baik katup masuk maupun katup buang dalam posisi tidak menekan (tidak membuka). ), tetapi untuk push rod dan rocker arm pada silinder 4 tidak bebas karena kedua klep pada silinder 4 ini berada pada tahap overlapping (posisi terbuka) atau jika dilihat dari rotor distributor maka rotor akan berhadapan dengan kabel busi tegangan tinggi no . 1 pada tutup distributor. Sedangkan jika mesin berada pada posisi Top 4 pada akhir langkah kompresi, maka push rod dan rocker arm pada silinder 4 dalam keadaan bebas, yang berarti baik katup masuk maupun katup buang dalam keadaan tidak menekan (tidak opening), tetapi untuk push rod dan rocker arm pada silinder. 1 tidak bebas karena kedua katup pada silinder 1 ini berada pada tahap overlap (posisi terbuka) atau jika dilihat dari rotor distributor, rotor akan berhadapan dengan kabel tegangan tinggi busi no 4 pada tutup distributor.
  3. Setelah mengetahui posisi atas mesin, lakukan penyetelan sesuai gambar di bawah ini:
  4. Sesuaikan celah katup dengan spesifikasi celah katup masuk 0,20 mm dan celah katup buang 0,30 mm.
  5. Atur celah katup baik pada posisi Top 1 maupun pada posisi Top 4 hingga semua katup sesuai dengan spesifikasinya. Indikator saat celah klep sesuai, jika celah klep dimasukkan feeler gauge mudah dimasukkan, sedangkan saat ditarik agak kencang atau terseret
  6. Pasang kembali penutup kepala silinder atau penutup katup.
  7. Nyalakan mesin, lalu dengarkan suara mesin dan bedakan suara sebelum dan sesudah disetel.

Demikian artikel singkat ini saya buat, semoga bermanfaat bagi anda yang mengalami masalah seperti artikel ini, saya ucapkan terima kasih.

- Advertisement -

Leave A Reply