Kopi Bondowoso Mendunia di 3 Benua, Merubah Kota Tape Menjadi Republik Kopi Dengan Citarasa Khasnya

Minuman berwarna hitam ini disukai banyak orang, hampir 80% orang didunia pernah minum kopi tapi apakah pernah minum kopi Bondowoso? Jika pernah meminumnya pasti dibenak kita merasakan nikmatnya kopi asli dari perkebunan Bondowoso.

Perkebunan kopi hampir 30% menguasai wilayah kabupaten Bondowoso, yang rata sebagai hutan dan persawahan. Sebagai salah satu penghasil kopi terbesar di Indonesia, Bondowoso tak ingin produktivitas tanaman kopi menurun begitu saja.

Pemerintah berupaya mengajak petani untuk beralih bercocok tanam dan mengelola kopi sendiri. Mereka yang tak mampu mengolah kopi sendiri, hasil panennya siap ditampung oleh PTPN XII.

Perkebunan kopi Jampit yang hingga saat ini selalu menyumbangkan biji kopi berkualitas ke negara-negara Eropa dan Amerika.

Permintaan kopi atas negaraluar semakin meningkat, ini kesempatan pemerintah Bondowoso melalui dinas terkait memanfaatkannya.

Harga jual kopi tergantung pada kualitas, kuantitas, dan jenis kopi itu sendiri. Harga kopi robusta berbeda dengan harga jual kopi arabika walaupun sama-sama kopi.

Permintaan kopi arabika Bondowoso semakin hari semakin banyak, ciri khas arabika Bondowoso menjadi faktor harga naik dibanding arabika dari kota lain.

Terbukti dengan adanya deklarasi Bondowoso republik kopi (BRK), permintaan pasar kopi semakin naik. Para pengusaha berlomba-lomba mendapatkan biji kopi berkualitas asli Bondowoso.

Kopi Bondowoso

Tak semua orang tahu kabupaten Bondowoso sebagai pengekspor kopi, biasanya orang hanya mengetahui nama-nama kopi yang telah booming seperti kopi gayo Aceh, kopi Lampung, kopi toraja, dan kopi flores.

Padahal kopi asli yang ditanam di lahan perkebunan Bondowoso rasanya luar biasa nikmatnya dan aromanya berbeda dengan yang lain.

Sebagai pecinta kopi, wajib membantu mempromosikannya apalagi telah banyak wisatawan datang ke Bondowoso.

Pengekspor kopi terbesar didunia masih dipegang oleh negara Brasil, tak hanya itu Brasil pun mampu mengolah citarasa kopinya disukai oleh semua negara.

Ada beberapa negara lainnya yang mampu bersaing dalam mengolah rasa seperti Vietnam dengan khas Vietnam drip , Italia dengan cappuccino, kolombia, Ethiopia, Honduras, dan India.

Jenis Kopi Bondowoso

Di Bondowoso hanya ada dua jenis kopi yang ditanam, oleh karena itu jangan tertipu dengan kopi jenis lain mengatasnamakan asli Bondowoso. Jenis-jenis kopi antaranya :

Kopi Arabika Bondowoso

Jenis kopi memiliki rasa yang manis dan asam alami namun khusus tanaman kopi yang ditanam di wilayah Bondowoso bagian timur mempunyai khas yang tak dimiliki kota lain.

Kopi arabika asli Bondowoso memiliki rasa mint alami yang keluar pada saat berada di mulut.

Nama ilmiah kopi arabika adalah coffea arabica dengan famili rubiaceae ordo Gentianales.

Kopi Robusta Bondowoso

Kopi jenis hampir sama dengan kota lian denga ciri khasnya pahit. Kopi arabika cocok diminum untuk mereka yang kerja berat seperti petani, tukang bangunan, dan lainnya.

Jika pernah minum kopi, manfaat apa yang kamu dapatkan?

Manfaat Minum Kopi

Banyak sekali manfaat minum kopi yang sudah diriset oleh dunia kedokteran. Kamu yang pernah minum kopi mungkin tak bisa merasakannya tapi kamu yakin kopi memiliki manfaat.

Seperti dilansir situs blog kopi filosofikopi.com, manfaat kopi antara lain :

Menghilangkan Rasa Ngantuk

Cukup mengkonsumsi secangkir kopi rasa ngantuk akan hilang seketika, tubuh terasa segar kembali. Kopi yang diminum harus dalam keadaan hangat, khasiatnya akan berkurang jika diminum dingin.

Menambah Daya Ingat

Sebagian orang percaya dengan mengkonsumsi kopi setiap hari akan menambah daya ingat. Kopi hangat yang diminum dengan santai, akan membantu ingatan yang lama kembali datang di memori otak kita.

Mencegah Diabetes

Rasa pahit yang terkandung dalam kopi dapat mencegah diabetes datang. Penyakit diabetes menyerang jika sering mengkonsumsi gula dan untuk mencegahnya kamu bisa minum kopi.

Meningkatkan Stamina

Waktu yang tepat minum kopi adalah pagi hari setelah jam 9 pagi namun sebagian orang mempercayai dengan minum kopi sebelum beraktifitas dapat menambah energi.

Dunia kedokteran menyarankan minum kopi setelah jam 9 pagi dan tidak bersamaan dengan makan gorengan karena berakibat tekanan darah meningkat.

Selain itu, ampas kopi juga bermanfaat di kehidupan kita. Khasiat ampas kopi yaitu :

  • Pengharum ruangan
  • Masker wajah
  • Lulur tubuh
  • Buat rambut berkilau
  • Membersihkan peralatan
  • Pupuk tanaman
  • Obat anti hama
  • Menghilangkan ketombe

Mulai hari ini, jangan dibuang ampas kopi. Kamu bisa memanfaatkan ampasnya sesuai kebutuhan.

Tempat Nongkrong di Bondowoso

Sebagai pengekspor kopi sudah seharusnya kabupaten yang mendapat julukan republik kopi ini memperhatikan para usaha kedai kopi (kafe). Dengan adanya deklarasi tersebut, kedai pinggiran jalan dari perkotaan hingga pedesaan dapat membantu mempromosikan kopi asli kepada wisatawan.

Rekomendasi tempat nongkrong yang asyik di Bondowoso, adalah :

Kampung Kopi

Tempatnya sangat strategis berada di tengah kota tepatnya di alun-alun kota Bondowoso depan monumen gerbong maut. Sepanjang jalur tersebut berjejeran kedai kopi yang siap melayani calon pelanggan.

Jam buka kampung kopi rutin di awal bulan minggu kedua selama tiga hari mulai hari Jumat, Sabtu, dan Minggu.

Menu yang disajikan pastinya minuman legend kopi dan minuman lainnya seperti jus, coklat, dan minuman instant lainnya. Salah satu tempat untuk nongkrong yang paling enak yaitu kampung kopi.

Jembatan Ki Ronggo

Di tempat ini dibangun khusus wisata kuliner akan tetapi tidak luput dengan yang namanya kopi sebagai pelengkap untuk nongkrong. Di jembatan Ki Ronggo, cocok sekali sebagai anak muda nongkrong instagramable.

Dengan background jembatan cantik dihiasi lampu warna warni menambah suasana nongkrong sedikit rimantis dan nyaman ditambah lagi bunyi aliran sungai di dekatnya.

Kampung Kopi Pelita

Disini berjejeran kedai kopi dengan bermacam-macam interior kedai dan juga barista-barista profesional. Di kampung ini memang dibuat khusus wilayah jual beli kopi baik berupa minuman maupun mentahan.

Kampung kopi pelita berada di jalan Pelita kelurahan Tamansari Bondowoso. Kamu bisa membeli kopi asli Bondowoso sebagai oleh-oleh.

Kopi Khas Bondowoso

Kabupaten Bondowoso memiliki perkebunan kopi yang cukup luas di lereng gunung Ijen dan gunung Argopuro. Ketinggian lereng mempengaruhi rasa dan aroma kopi itu sendiri walaupun begitu tak menghilangkan khas kopi.

Kopi yang ditanam di Bondowoso terdiri dari dua jenis yaitu Arabika dan Robusta. Ada sedikit perbedaan antara kopi arabika dan robusta yang harus kamu ketahui, apa bedanya?

Perbedaan Kopi Arabika dan Robusta

Jika dilihat kasat mata memang tidak nampak perbedaanya, tapi pecinta kopi pasti memahami kedua jenis ini. Pada umumnya perbedaan yang paling mencolok pada segi :

  • Rasa
  • Biji
  • Aroma
  • Kandungan
  • Pengemasan
  • Harga
  • Proses pencucian

memang cukup sulit untuk membedakan tapi akan terasa ketika bubuk kopi telah tercampur dengan air panas. Aroma aka terasa keluar dari cangkir dengan jarak cukup jauh.

Aroma khas arabika sedikit lemah dibandingkan robusta yang lebih tajam aroma sangrai. Tingkat penyangraian juga mempengaruhi aroma kopi yang dapat di kategorikan :

  • Gelap
  • Medium
  • Terang

Dari segi rasa akan mudah dikenali jika sampai dilidah kita, rasa arabika cenderung manis dan lebih bayak asam (kecut). Untuk rasa robusta cenderung pahit dan kurang manis.

Cara Membuat Kopi

Tak sulit untuk membuat secangkir kopi tapi untuk mencocokkan rasa dengan kriteria peminumnya yang cukup sulit. Seorang barista akan melihat karakter si peminumnya, tak asal membuatnya.

Namun, jika dirasa cukup untuk diri sendiri, kamu cumup menyiapkan bahan dibawah ini :

  • Bubuk Kopi
  • Gula
  • Air Panas
  • Cangkir
  • Sendok teh

Setelah bahan dan alat sudah siap, langsung menuju proses pembuatan kopi :

  • Siapkan cangkir
  • Masukkan bubuk kopi dengan takaran 2 – 3 sendok teh
  • Tambahkan gula 1-2 sendok teh (sesuai selera, boleh tanpa gula)
  • Masukkan air panas (bukan mendidih)
  • Lalu aduk bagian dasar kopi, bagian atas kopi tidak perlu diaduk

Gimana, cukup mudah kan?

Kebun Kopi Bondowoso

Hanya ada dua tempat kebun kopi yang cukup strategis dan masuk golongan syarat tumbuh tanaman kopi, antara nya:

Lereng Gunung Ijen

Lereng ini biasa disebut lereng gunung Ijen Raung karena wilayah berdampingan. Gunung ijen berada di wilayah timur Bondowoso berdekatan dengan kabupaten Banyuwangi.

Perkebunan kopi kawasan kaki gunung ijen cocok ditanami kopi Arabika, sesuai syarat tumbuh pohon kopi minimal ketinggian 1000 meter diatas permukaan laut (mdpl).

Untuk lereng dibawah 1000 Mdpl ditanami pohon kopi robusta dan sayuran seperti sawi, gobis, kentang, dan kul.

Ciri khas kopi Ijen dan Raung yang membuat permintaan pasar global meningkat, tak hanya asam tapi rasa mint alami yang akan terasa dimulut. Inilah yang membedakan kopi arabika asli Bondowoso dengan kota lain penghasil kopi.

Lereng Gunung Argopuro

Kopi yang ditanam di lereng gunung Argopuro cenderung ditanami kopi robusta karena tidak semua wilayahnya memnuhi syarat tumbuh kopi arabika.

Namun, bukan berarti kopi arabika asli kaki gunung argopura tidak laku terjual akan tetapi permintaan pasar cukup banyak sehingga harga mahal.

Kopi di kawasan gunung Argopuro sering disebut kopi Andungsari. Andungsari merupakan nama desa di kabupaten Bondowoso, sebutan nama desa agar mudah dikenali masyarakat luas.

Kelompok tani kopi di Bondowoso merasakan perubahan signifikan setelah diberi ilmu tentang kopi mulai cara penanaman hingan olahan kopi. Peningkatan produktivitas kopi dapat berdampak kepada perekonomian masyarakat sekitar.

Rasa Kopi Bondowoso

Untuk meningkat citarasa kopi dan persaingan dagang di dunia bisnis food & drink, proses pengolahan kopi lebih diperhatikan agar rasa yang dihasilkan lebih maksimal dan disukai banyak orang.

Aroma dan rasa faktor penentu harga kopi dipasaran. Citarasa kopi yang dapat dirasakan, antara lain :

  • Kopi Bulan Madu
  • Kopi Blue Mountain
  • Kopi Ijen Raung
  • Kopi Andungsari
  • Kopi Maesan

Itulah rasa kopi yang dapat kamu rasakan ketika membeli kopi khas Bondowoso. Cita rasa kopi yang nikmat membuat peminat kopi tak pernah surut.

Ketika kamu berwisata ke Bondowoso, jangan pernah lupa sruput kopi asli khas Bondowoso terutama kopi jenis arabika.

Leave A Reply

Your email address will not be published.