15 Wisata Kuliner Bondowoso Paling Unik dan Enak Jarang Orang Tahu

0 1,049

Kabupaten Bondowoso daerah yang terletak di tapal kuda ini memiliki banyak kuliner lezat sehingga tempat wisata kuliner Bondowoso dibangun bukan untuk tempat nongkrong tetapi bertujuan untuk melestarikan kuliner yang ada.

Makanan khas Bondowoso adalah tape, makanan ini disukai banyak orang karena rasanya khas manis alami tanpa pemanis buatan. Berbeda dengan tape buata kota lain yang butuh pemanis tambahan dan rasa kecut sangat nampak di mulut.

Tape juga salah satu kuliner di Bondowoso, setiap harinya tape di produksi dan di konsumsi oleh masyarakat sekitar. Dan banyak lagi kuliner di kota ini yang mungkin belum dikenal banyak orang.

Journal university merangkum food & drink tempat kuliner di Bondowoso yang mungkin dapat kamu cicipi pada saat berkunjung.

Rekomendasi Tempat Kuliner Bondowoso Paling Banyak Diminati dan Unik

Sebagai kota wisata alam, tak salah jika kab. Bondowoso membangun wisata kuliner dan masyarakat ikut melestarikan kuliner yang ada dengan memberikan bantuan dana.

Banyak tempat kuliner di sepanjang jalan raya, ini membuktikan masyarakat semangat dan peduli dengan kuliner. Dibawah ini merupakan tempat wisata kuliner yang harus kamu kunjungi :

Wisata Kuliner Jembatan Ki Ronggo

Tempat wisata kuliner ini baru di bangun tahun 2018, tujuannya sebagai wadah macam-macam kuliner agar para traveller dapat menikmati pada satu tempat.

Kamu bisa datang kapan saja untuk menikmatinya, tetapi jika kamu datang malam hari bukan hanya kulinernya yang dapat dinikmati tetapi suasana sunyi dan bunyi air sungai mengalir sekaligus dihiasi lampu indah jembatan Ki Ronggo.

Kuliner yang dapat kamu nikmati antaranya nasi goreng, bakso, pisang goreng, tape goreng, dan banyak lainnya. Untuk minuman bisa pesan air mineral, teh, kopi, susu jahe, kopi luwak, kopi arabika khas Bondowoso, dan minuman instant lainnya.

Lokasi kuliner Kironggo berada di utara stasiun radio Romantika tepatnya perbatasan kecamatan Bondowoso dan Tegalampel.

Nasi Macan Bu Banjir

Lokasi nasi macan Bu Banjir berada di pintu masuk pasar induk sebelah selatan. Ini lokasi yang sagat strategis buka 24 jam karena untuk memudahkan pedagang pasar mengisi perut.

Disekitar warung Bu Banjir juga terdapat warung lainnya yang tak kalah lezatnya dengan harga murah. Menu makanan yang dapat pesan antara lain :

  • Lalapan Ayam
  • Lalapan Gurame
  • Lalapan Lele
  • Lodeh
  • Sayur Bening
  • Lalapan Tahu Telur
  • Ikan Teri
  • Nasi Campur
  • Nasi Pecel

Untuk minuman kamu bisa pesan :

  • Teh Panas
  • Es Teh
  • Kopi Hitam
  • Kopi Sachet
  • Es Jeruk
  • Jeruk Panas
  • Wedhang Jahe
  • Josua
  • Soda Gembira

Harga makanan di Bu Banjir paling murah Rp 6000 per bungkus nasi telor, jika nambah lauk pauk akan akan berbeda harganya.

Nasi Buta

Dari namanya saja sedikit serem, jika kamu berkunjung ke Bondowoso, cobalah mampir ke warung nasi buta yang lokasi berada di kelurahan sekarputih paling timur perbatasan dengan desa pejaten.

Rute menuju warung nasi buta cukup sulit, sebaiknya bertanya kepada masyarakat sekitar jika telah sampai pada perbatasan desa pejaten dan sekarputih (Sekarwhite).

Menu makanan yang disajikan hanya menu biasa atau disebut nasi campur. Di warung nasi buta ini boleh disebut warung paling murah di Bondowoso.

Harganya cukup terangkau, hanya mengeluarjan uang Rp 7000 kamu sudah mendapatkan 1 nasi bungkus berisikan 2 tempe, 2 gorengan, 1 krupuk, sayur, dan nasi porsi 3 piring dijadikan satu bungkus.

Maka dari itu, warung ini warung termurah se Bondowoso. Jangan pernah pesan makanan jika hanya untuk dimakan sendiri, benar-benar porsi jumbo.

Rujak Jumbo Dinsos

Siapa yang yang belum pernah makanan rujak Jumbo yang lokasi di belakang Kantor Dinsos Bondowoso. Rujak ini sudah lama ada dan langganan para pejabat pemerintah setiap harinya.

Rujak dengan porsi jumbo jarang ada walaupun ada rasanya taka akan nyaman tapi berbeda dengan rujak jumbo gang dinsos yang rasanya dijamin enak.

Harga rujak jumbo Dinsos Rp 12.000 satu porsi besar. Menu rujak yang disediakan ada dua yakni Rujak pecel dan rujak buah.

Makanan Khas Bondowoso

Bukan hanya makanan khas saja, tapi sebagai oleh-oleh khas Bondowoso. Kurang puas jika pergi luar kota tidak membawa makanan khas. Apa saja makan khasnya Bondowoso?

Suwar Suwir

Ini merupakan salah satu makanan khas Bondowoso, suwar suwir. Di toko oleh-oleh Bondowoso banyak dijual suwar-suwir biasanya peletakannya berdampingan dengan tape Bondowoso.

Oleh-oleh khas Bondowoso ini banyak disukai orang tapi jarang dibeli karena sedikitnya yang memproduksi sehingga stok selalu kekurangan.

Suwar-suwir bahan dasar tape, pengolahannya sama dengan tape kuning biasanya namun pengemasannya dan penyajiannya yang berbeda.

Produsen suwar-suwir di Bondowoso yang pernah journal univeristy datangi adalah suwar-suwir 37 dan 31 yang lokasi di desa jeruk sosok-sok kecamatan Binakal.

Tape

Jika mendenegar kata tape sudah tak asing lagi ditelinga, hampir setiap pasar selalu menjual tape akan tetapi rasanya beda dengan tape asli Bondowoso yang bahan bakunya ditanam di tanah Bondowoso.

Singkong merupakan bahan dasar pembuatan tape, singkong ditanam dilahan yang sulit air. Singkong dipanen jika sudah berumur 6-8 bulan sejak tanam.

Akar singkong yang sudah mengembang besar segera dipanen agar tidak menjadi kayu. Akar singkong ini sebagai bahan utama tape, selain itu singkon dapat dijadikan kolak dan gorengan.

Cara membuat tape sangat mudah, singkong yang sudah dipanen langsung dikupas kulit luarnya lalu dicuci hingga bersih dari kotoran dan getah. Setelah dicuci, singkong bersih direbus hingga matang lalu dimasukkan kedalam wadah besek yang dilapisi daun pisang lalu ditaburi ragi hingga rata.

Pastikan ragi telah rata mengenai permukaan singkong, lalu tutup rapat hingga aroma tape keluar dengan sendirinya dari dalam besek. Jika aroma telah tercium, tape siap di makan.

Harga tape Bondowoso bervariasi tergantung berat yang di mulai dari Rp 15.000 per kilogram. Merk tape di Bondowoso yang sampai sekarang masih beredar yakni : tape 77, tape 37, tape 82 handayani, tape 33, tape poler, dan tape 66.

Tape Bakar

Cara pembuatan tape bakar tak jauh beda dengan tape kuning biasanya. Tape kuning yang sudah matang dibalut dengan daun pisang lalu bakar hingga aroma tape bakarnya keluar.

Sebagai makanan khas Bondowoso, tape bakar juga dapat dimakan kapan saja, lebih nyaman di makan pada suasana dingin yang dapat menghangatkan tubuh.

Rujak Gobet

Setiap sudut kota banyak yang menyediakan makanan rujak gobet. Bahan dasar rujak gobet berasal dari irisan singkong dicampur mentimun dan sayuran lainnya sedikit ditambahkan petis madura.

Gobet berasal dari gubhit (madura) yang artinya dicabik-cabik, dicubit, dicecar, dan sebagainya. Harga rujak gobetsangat murah dan memuaskan, hanya Rp 5000 per porsi kamu sudah menikmatinya.

Bakso Lumintu (Pak Kromo)

Depot bakso lumintu sudah lama berdiri di Bondowoso yang hingga kini masih eksis melayani masyarakat Bondowoso. Bakso Pak Kromo sudah dikenal rasa yang enak dan nikmat bikin ketagihan ingin kembali.

Lokasi bakso lumintu berada di selatan kantor pos Bondowoso atau depan kantor telkom lama.

Bakso Beranak

Popularitas kuliner bakso beranak mulai tahun tahun 2015, para dagang bakso berinovasi supaya pelanggan tidak bosan dan tetap menikmati dengan rasa khasnya.

Bakso pentol besar yang biasanya berisikan telur dan sayuran tetapi ini beda, bakso berisikan pentol kecil-kecil. Warung bakso beranaka yang populer hingga saat ini bakso Grujugan, Tenggarang, Kotakulon, dan Curahdami.

Kopi Bondowoso

Sebagai salah satu penghasil kopi terbesar di Indonesia, kopi Bondowoso di ekspor di berbagai belahan dunia terutama benua amerika dan eropa. Di asia, ekpsor kopi ke negara-negara timur tengah, China, Singapura, dan vietnam.

Kopi khas Bondowoso yang paling nampak pada jenis arabika, pada umumnya karakter arabika hanya manis dan kecut, tapi berbeda dengan arabika Bondowoso.

Kopi arabika yang ditanam di perkebunan lereng gunung ijen memiliki ciri khas mint, sehingga jika kamu mencicipi kopi arabika akan merasakan rasa mint tercampur manis kecut khas arabika.

Rasa mint pada arabika itu alami bukan buatan atau campuran bahan lainnya agar menambah citarasa kopi. Inilah yang membuat kopi arabika asli Bondowoso banyak peminatnya hingga mendunia.

Leave A Reply

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More