Jual Beli Mobil Bekas Surabaya Sidoarjo Paling Populer Dibawah 200Juta

- Advertisement -

Membeli mobil bekas Surabaya Sidoarjo adalah pilihan paling tepat ketika dana kita terbatas sedangkan kebutuhan akan mobil cukup mendesak.

Berbeda dengan membeli mobil baru, memilih mobil bekas membutuhkan ketelitian dan telaten. Akurasi disini adalah bagaimana kita jeli dan cermat dalam memilih mobil yang menjadi incaran kita.

Sedangkan kesabaran diperlukan mengingat kita harus telaten dalam berburu, melihat, dan membandingkan tujuan akhirnya adalah mendapatkan mobil yang dalam kondisi terbaik.

Kondisi dan harga biasanya berbanding lurus, namun jika beruntung kita sering mendapatkan mobil dalam kondisi bagus dengan harga paling murah.

Jual Beli Mobil Bekas Surabaya Sidoarjo

Di kota besar, mobil tak baret sedikit saja sudah dijual karena gaya hidupnya yang tinggi maka dari itu jangan heran sering terjadi jual beli mobil bekas.

- Advertisement -

Jangan khawatir jika Anda membeli mobil bekas di Surabaya, di kota pahlawan ini jarang terjadi banjir sehingga lebih aman untuk pemula yang belum mengerti tentang mobil.

Jual beli Mobil Bekas Surabaya Sidoarjo
Showroom Mobil Bekas di Surabaya | Foto: Net

Yang perlu diingat, kualitas mobil bekas berbeda-beda, meski merek dan tahun pembuatannya sama persis.

Mobil bekas area Surabaya dibawah 100 juta dan dibawah 200 juta mudah ditemukan apalagi yang dibawah 50 juta.

Ada beberapa merk mobil yang paling laris di kota Surabaya, yakni:

  1. Honda
  2. Suzuki
  3. Datsun
  4. Mitsubishi
  5. BMW
  6. Ford
  7. Toyota

Berikut beberapa hal yang perlu diperhatikan saat memilih mobil bekas.

Asal muasal mobil

Latar belakang pemilik mobil sebelumnya

Hal ini cukup penting mengingat kondisi mobil sangat bergantung pada pemiliknya. Jika dilihat pemiliknya rajin, rapi dan suka merawat mobilnya, kita bisa memberi nilai lebih.

Tangan yang mana

Kondisi mobil tangan pertama kebanyakan lebih baik daripada mobil kedua, ketiga dan seterusnya.

Asal Usul Mobil Dari Kota Mana

Asal muasal mobil juga mempengaruhi kondisinya. Misalnya mobilbekas asal Surabaya yang udara dan airnya korosif, membuat kondisi mobil terutama bagian bodi lebih keropos dibanding Mobilbekas asal Malang. Asal muasal mobil bisa kita lihat dari BPKB (Bukti Pemilik Kendaraan Bermotor)

Nama Pemilik Mobil Di BPKB

Jika atas nama penjual sendiri, kami dapat menanyakan apakah dia dapat meminjam KTP untuk pembayaran pajak. Ini juga bisa menambah nilai.

Bukan Mobil Curian

Pastikan bahwa mobil yang akan kita beli bukanlah mobil curian dan sebagainya. Untuk membuat kesepakatan lebih pasti, jika harga pas maka mobil akan dibawa ke SAMSAT untuk dilakukan pengecekan fisik, untuk membuktikan mobil tersebut tidak bermasalah secara hukum.

- Advertisement -

Jangan sungkan atau sungkan untuk bertanya kepada penjual tentang legalitas mobil yang Anda cari.

Kondisi fisik

Body Mobil

  • Pastikan tidak keropos, terutama bagian bawahnya.
  • Catnya masih asli atau tidak. Cat asli, meski pudar, memiliki nilai lebih tinggi dari cat glossy.
  • Ketuk semua bagian mobil. Tubuh tanpa dempul memiliki suara yang lebih keras.
  • Lihat kelurusan bodi mobil. Cover mesin harus lurus dan menutupi seluruh body mobil. Jika tidak, bisa jadi indikasi mobil mengalami kecelakaan.
  • Buka dan tutup semua pintu. Seperti halnya penutup mesin lainnya, pastikan semua pintu terbuka dan tertutup sepenuhnya.
  • Buka bagasi belakang. Saat membuka dan menutup penuh, kecil kemungkinan mobil akan tertabrak dari belakang hingga rusak parah.

Interior

Lihat apakah interior mobil dalam keadaan baik dan asli. Interior kabin asli atau yang dimodifikasi relatif bagi sebagian orang. Tapi bagi saya, saya lebih suka yang asli, meski sudah pudar.

Nyalakan mesin, dan coba semua panel dan instrumen. Lampu, rambu kiri kanan, hasard, wiper pastikan masih berfungsi dengan baik dan yang terpenting kondisi AC jika ada.

AC dalam kondisi prima akan langsung mendingin saat dihidupkan. Jangan pernah percaya, saat AC dihidupkan dan tidak bisa dingin, penjual bilang isi freon aja.

Kadar freon memang murah, tapi logikanya kalau AC-nya tidak bermasalah, kenapa Freon tidak diisi saat mobil diobral? Kemungkinan besar tidak hanya freon.

Jika memang berniat untuk pergi dengan mobil tersebut maka harus memotong sekitar 2-3 juta rupiah atau bahkan lebih (tergantung merk Ac atau merk mobilnya) dari harga mobil untuk ganti AC.

Suku Cadang Mesin

Periksa bagian bawah mesin apakah oli kering atau merembes. Adanya rembesan oli menandakan bahwa seal mesin sudah tidak bagus lagi.

Periksa rangka depan dan radiator untuk kesejajaran lurus atau sebelumnya. Ini bisa menjadi indikasi bahwa mobil tersebut mengalami tabrakan atau tidak.

Nyalakan mesin. Jika tidak ada kesulitan, mesin dalam keadaan baik. Namun perlu diingat, bisa jadi mesin dalam kondisi panas akan lebih mudah dihidupkan daripada dalam kondisi dingin.

Di sini dibutuhkan kejelian kita. Jika mesin baru hidup semalaman, periksa lubang knalpot di bagian belakang. Mesin yang sehat akan mengeluarkan asap berupa uap air, bahkan air yang menetes.

- Advertisement -

Mengendarai sebuah mobil. Periksa apakah semua perpindahan gigi normal. Begitu juga dengan fungsi rem.

Sekali lagi pastikan semua panel berfungsi. Jika Anda ragu tentang fungsi tombol atau sakelar di kabin, tanyakan kepada pemiliknya.

Untuk memeriksa fungsi rem tangan. Saat mobil berhenti, tarik rem tangan sepenuhnya. Lalu nyalakan mobil. Jika mesin berhenti, rem tangan masih berfungsi dengan baik. Ini sekaligus untuk memastikan kopling pada mesin masih bagus.

Demikian sedikit penjelasan tips jual beli mobil Surabaya Sidoarjo, masih banyak tips lainnya yang perlu Journal University Sampaikan di kemudian hari.

- Advertisement -

Leave A Reply