- Advertisement -

- Advertisement -

Fungsi Ball Joint Pada Kijang Dan Ciri Kerusakannya

- Advertisement -

Fungsi ball joint memang sangat penting untuk bagian-bagian kaki mobil yang terdapat pada sistem suspensi mobil, Lebih detail di bagian understeel.

Fungsi terpenting dari ball joint adalah untuk mengencangkan setir kemudi ke lengan termasuk lengan bawah dan lengan atas. Harga ball joint cukup murah dibandingkan dengan bahaya yang akan Anda hadapi ketika kendaraan melaju kencang.

Selain itu, ball joint juga merupakan sumbu putaran roda saat mobil berputar. Ketika ada beban secara vertikal atau lateral, ball joint juga memiliki fungsi untuk menerimanya.

Sesuai dengan namanya, ball joint memiliki bentuk seperti bola yang membuatnya lebih fleksibel dalam bergerak sesuai arah ban dan kondisi jalan.

Fungsi Ball Joint Pada Kijang

Inilah yang membuat komponen ini begitu penting untuk setiap kaki mobil. Tanpa ball joint yang berfungsi dengan baik, mobil Anda tidak akan dapat berfungsi secara normal.

Dengan posisinya yang penting, Anda harus menjaga ball joint dalam kondisi yang baik. Salah satu caranya adalah dengan memberikan pelumas agar tidak cepat aus.

- Advertisement -

Fungsi Ball Joint Pada Kijang

Pelumasan untuk komponen ini biasanya menggunakan gemuk dengan tipe dasar molibdenum disulfida. Selain itu, jangan lupa untuk menggantinya secara rutin agar tetap optimal.

Cara Cek Ball Joint Rusak

Melihat betapa pentingnya ball joint dalam performa sebuah mobil agar bisa terus digunakan setiap hari, maka Anda harus mengetahui cara mengecek kondisinya. Berikut langkah-langkah untuk mengecek kondisi ball joint:

Karena posisi ball joint di kaki, angkat bagian depan mobil menggunakan dongkrak. Jangan lupa untuk memasang jack stand sebagai pengaman.

Kemudian ambil sisi roda dan bagian bawah tas dan goyangkan masuk dan keluar. Jika roda tiba-tiba mengeluarkan suara aneh, ada dua kemungkinan penyebabnya, yaitu ball joint rusak atau bantalan roda dalam kondisi buruk.

Untuk lebih menentukan bagian mana yang rusak, mintalah bantuan untuk menekan pedal rem. Selanjutnya, goyangkan roda masuk dan keluar lagi.

Ciri Ball Joint Rusak

Jika Anda menginjak pedal rem tetapi roda tidak mengeluarkan suara aneh, maka bantalannya pasti rusak. Namun, jika roda terus mengeluarkan suara dan tidak senyaman biasanya, maka bisa dipastikan bahwa masalah ball joint adalah penyebabnya.

Ball joint yang rusak berpotensi membahayakan selama perjalanan. Untuk itu, segera ganti dengan yang baru. Ada dua pilihan untuk penggantian ball joint.

Anda dapat mengganti ball joint saja atau semuanya bersama-sama dengan lengan. Untuk memudahkan Anda dalam mengganti komponen mobil yang rusak seperti ball joint, maksimalkan pelayanan di bengkel resmi.

Demikian fungsi Ball Joint pada Kijang, kerusakannya dapat terjadi pada semua variasi mobil toyota termasuk kijang super, grand extra, krista, kapsul, dan Innova.

Leave A Reply