- Advertisement -

Ciri Kopi Arabika Bondowoso Yang Berkualitas Tinggi Dan Harga Kopi Bondowoso 1 Kg

Kopi arabika Bondowoso kian hari permintaan pasar semakin meningkat dan untungnya produktifitas perkebunan kopi semakin naik. Inilah faktor kopi asli Bondowoso diminati negara lain.

Masih banyak faktor lain yang membuat kopi Bondowoso dikenal banyak orang. Di JournalUniversity.com akan membahasnya secara secara detail dengan berbagai sumber.

Dengan ekspor kopi terbesar, kabupaten Bondowoso dikenal sebagai republik kopi. Kopi yang paling populer adalah kopi ijen raung dengan kualitas terbaik.

Kopi Arabika Bondowoso Mendunia

Tanaman kopi yang ditanam di kebun kopi memiliki citarasa alami tanpa harus menambahkan rasa buatan sehingga orang yang awal tidak menyukai aroma kopi menjadi menyukainya.

- Advertisement -

Perkebunan kopi di Bondowoso telah memenuhi syarat tumbuh baik itu jenis arabika dan robusta. Dua jenis kopi ini paling popoler dan disukai semua orang.

Budidaya Kopi

Syarat tumbuh kopi arabika merupakan salah satu syarat yang tidak boleh di tinggalkan karena ini berpengaruh pada kesuburan dan rasa.

Syarat Tumbuh Kopi Arabika

Syarat budidaya kopi arabika diantaranya :

  • Ketinggian 1000-2000 mdpl
  • Curah hujan 1200-2200 mm per tahunnya
  • Suhu 15-24 derajat celcius

Pastikan bibit kopi arabika berkualitas agar pertumbuhan kopi bisa dikendalikan dan panen raya. Arabika tak dapat tumbuh pada suhu mendaki titik beku 4 derajat celcius.

Dataran tinggi Bondowoso berada di lereng gunung Ijen dan lereng gunung Argopuro. Namun, kebun kopi paling banyak berada di kawasan gunung ijen daripada gunung Argopuro.

Kawasan lereng Ijen berada di ketinggian 900 – 2000 meter diatas permukaan laut (mdpl). Dengan ketinggian tersebut, kopi produk kebun Ijen kabupaten Bondowoso memiliki ciri khas dibanding kota lain.

Syarat Tumbuh Kopi Robusta

Kopi Arabika tak mebutuhkan syarat khusus untuk tumbuh dan berkembang tapi jika ingin panen raya, petani harus memperhatikan syarat tumbuhnya, yakni :

  • Ketinggian 200 – 900 mdpl
  • Curah hujan 2000 – 3000 mm per tahunnya
  • Suhu 21 – 25 derajat celcius

Kebun kopi robusta banyak ditemukan di pelosok desa, siapa pun dapat menanamnya sehingga stok robusta tak pernah kosong.

Ciri Kopi Arabika

Banyak faktor yang membuat kopi memiliki rasa yang berbeda setiap daerah. Dengan meningkatnya rasa akan mempengaruhi harga jual kopi itu sendiri.

Kesuburan tanah dan kelengkapan nutrisi sebagai faktor utama tanaman kopi dapat memberikan buah (ceri) yang berkualitas. Pohon kopi yang dirawat dengan benar akan menghasilkan citarasa luar biasa.

Ciri kopi arabika asli Bondowoso

  • Rasa asam yang lemah
  • Rasa manis yang lemah
  • Rasa mint yang jarang dimiliki daerah lain
  • Rasa coklat yang khas
  • Aroma kopi seperti jahe

- Advertisement -

Kopi Ijen Raung

Kopi yang ditanam di wilayah lereng gunung Ijen sering disebut kopi ijen raung. Letak kebun juga ada di wilayah lereng gunung Raung dengan ketinggian yang sama antara 1000 – 2000 mdpl.

Harga kopi ijen raung

Karena kopi di wilayah memiliki rasa khas, maka jangan heran jika kopi yang berasal dari ijen-raung sangat mahal. Daftar harga kopi ijen-raung per 1kg ditahun 2020 bersumber dari petani kopi :

  • Buah kopi Rp 30.000 – Rp 60.000
  • Biji kopi mentah Rp 45.000 – Rp 75.000
  • Biji kopi sangrai Rp 60.000 – Rp 100.000
  • Bubuk kopi Rp 80.000 – 130.000
  • Satu cangkir kopi arabika Rp 15.000 – Rp 30.000

Semakin bagus kualitasnya semakin mahal nilai jualnya, pastinya aroma dan rasa semakin nikmat di lidah si peminumnya.

Fermentasi Biji Kopi

Kopi yang memiliki kualitas yang kurang bagus, tidak dijual murah begitu saja. Petani kopi Bondowoso telah mendapat pendidikan cara mengolah biji kopi rasa biasa menjadi luar biasa.

Biji kopi yang baru dipanen langsung disortir sesuai kualitasnya, kualitas yang bagus boleh langsung dijual mahal namun untuk yang kurang bagus diperlukan proses panjang agar menajdi kopi berkualitas.

Setelah disortir kopi arabika di fermentasi sesuai kemampuan petani, ada 2 cara fermentasi yang dilakukan, antaranya :

Aerobic

Fermentasi aerobic dilakukan ketika tersedia oksigen. teknisnya adalah membiarkan buah kopi yang baru dipetik didalam wadah dan mikroorganisme bekerja sendiri.

Suhu dan waktu dipantau menggunakan alat yang telah dispakan untuk membantu petani dalam menganalis serta mengontrolnya.

Anaerobic

- Advertisement -

Fermentasi Anaerobic dilakukan ketika buah kopi dimasukkan ke dalam wadah berisikan air sebelum atau sesudah dikupas kemudian ditutup rapat agar oksigen tidak dapat masuk.

Perbedaan kopi Anaerobic dan aerobic jelas terlihat dari prosesnya, Anaerobic mudah dipantau karena mikroorganisme yang bekerja dapat ditentukan dibandingkan aerobic dengan wadah terbuka.

Citarasa Kopi Bondowoso

Persaingan bisnis dibidang food & drink semakin ketat, banyak jenis minuman baru bermunculan dan ini dapat mempengaruhi minuman kopi tersingkirkan.

Maka dari itu, petani kopi dan barista berusaha mengemablaikan nama baik kopi di kancah dunia dengan memperbarui citarasa tanpa merusak rasa aslinya.

Kopi-kopi yang dapat dibeli dengan berbagai rasa tambahan, ini dilakukan agar pemula tidak bosan dengan kopi. Uji citarasa kopi harus diterapkan sebelum dijual bebas dipasaran.

Komponen citarasa kopi

Untuk menghindari kaburnya pecinta kopi khususnya pemula, sebaiknya perhatikan komponen-komponen dibawah ini :

  1. Aroma
  2. Flavour
  3. Acidity
  4. After taste
  5. Body
  6. Balance
  7. Sweetnes
  8. Cleanup
  9. Uniformity
  10. Overal Defect

Uji citarasa juga harus sesuai tatacara, jangan khawatir banyak tatacara uji citarasa. Penguji harus mencatatnya dengan benar mulai dari waktu, takaran, dan peralatan.

Ingat, manfaat kopi tak hanya untuk tubuh bagian dalam tetapi ampas kopi juga bermanfaat untuk tubuh bagian luar seperti memperhalus kulit wajah, menyuburkan rambut, dan ampas juga bagus untuk tanaman sebagai pupuk.

Demikian sedikit ulasan kopi arabika Bondowoso yang paling disukai warga negara asing karena rasa khasnya berbeda dengan daerah lain.

- Advertisement -

Leave A Reply