- Advertisement -

Toyota: Harga, Kelebihan, dan Kekurangan Masing-Masing Series Di Tahun 2020

Siapa sih yang nggak tau mobil buatan negara Jepang ini? Toyota. Ya, mobil yang pertama kali diperkenalkan pada 1937 ini memiliki ruang tersendiri di hati masyarakat Indonesia. Bukan tanpa alasan, dinilai sebagai produk yang mampu mengakomodir kebutuhan masyarakat tanah air.

Performa Toyota sebagai mobil keluarga nomor satu sudah terbukti dan diakui secara luas terutama oleh masyarakat Indonesia. Tak heran, Toyota secara rutin memperbarui semua aspek mobil keluarga ini untuk mendukung dan memenuhi ekspektasi keluarga Indonesia yang dinamis.

Keunggulan Toyota akan menjadi pertimbangan konsumen ketika memutuskan untuk membeli mobil ini.

Apalagi setiap orang pasti dihadapkan pada kebutuhan dasar yang dicari pada mobil ini, seperti urusan kenyamanan dan performa.

Sejarah Toyota

Toyota Motor Corporation didirikan pada September 1933 sebagai divisi otomotif dari Pabrik Tenun Otomatis Toyoda. Divisi otomotif perusahaan kemudian berpisah pada 27 Agustus 1937 menjadi Toyota Motor Corporation seperti sekarang ini.

- Advertisement -

Berangkat dari industri tekstil, perusahaan yang memproduksi 1 mobil setiap 6 detik ini menggunakan nama Toyota karena lebih baik dilafalkan daripada menggunakan nama belakang pendirinya yaitu Toyoda. Berikut beberapa pencapaian menarik dalam perjalanan Toyota.

Mobil Toyota Alphard
Mobil toyota Alphard | Foto: Web Toyota

Toyota adalah produsen mobil terbesar di dunia dalam penjualan unit dan penjualan bersih. Pabrikan terbesar di Jepang memproduksi 8 hingga 8,5 juta unit mobil di seluruh dunia setiap tahun.

Dibandingkan dengan industri otomotif lain yang menggunakan nama pendirinya sebagai merek dagang seperti Honda yang didirikan oleh Soichiro Honda, Daimler-Benz (Gottlieb Daimler dan Karl Benz), Ford (Henry Ford), nama Toyoda tidak digunakan sebagai merek.

Karena dilandasi oleh pemikiran dan visi yang sederhana saat itu, penyebutan Toyoda kurang sedap didengar dan kurang dikenal sehingga digolongkan sebagai Toyota.

Sakichi Toyoda lahir pada bulan Februari 1867 di Shizuoka, Jepang. Pria ini dikenal sebagai penemu sejak masih remaja. Toyoda mengabdikan hidupnya mempelajari dan mengembangkan perakitan tekstil.

Pada usia 30 tahun, Toyoda menyelesaikan alat tenunnya. Hal ini membuatnya mendirikan cikal bakal jalur perakitan Toyota, Toyoda Automatic Loom Works, Ltd. pada November 1926.

Di sini paten mesin tekstil otomatis dijual ke Platt Brothers & Co., Ltd. dari Inggris, Inggris. Hasil penjualan paten ini akan digunakan sebagai modal untuk pengembangan divisi otomotif.

Mulai tahun 1933, saat Toyoda sedang membangun divisi otomotif, tim yang saat itu dikuasai oleh putranya Kiichiro Toyoda terus menghasilkan inovasi-inovasi terdepan pada masanya.

Mesin Tipe A berhasil diselesaikan pada tahun 1934. Setahun kemudian mesin ini ditanamkan dengan mobil penumpang prototipe pertama mereka, A1. Divisi otomotif Toyoda juga memproduksi truk model G1.

Pada 1990-an, Toyota semakin membuktikan bahwa mobil Jepang mampu bersaing dengan mobil Eropa dan Amerika.

Toyota Celica berhasil menjadi juara rally dunia, dan Toyota Camry menjadi mobil terlaris di Amerika. Pada 1999 Toyota mengakuisisi 51,19% saham Daihatsu dan pada 2001 Toyota membeli 50,11% saham Hino.

Kelebihan Dan Kekurangan Toyota

Sebelum membeli mobil baru maupun mobil bekas, diharapkan membaca artikel ini sampai selesai. Jangan sampai tertipu oleh ucapan sales mobil yang merayu Anda.

Toyota Corolla Cross

Toyota Corolla Cross resmi diluncurkan di Indonesia. Corolla Cross diluncurkan secara virtual melalui channel YouTube ToyotaIndonesia.

Mobil Toyota Corolla yang sebelumnya tampil dalam bentuk sedan, hatchback, bahkan station wagon, kini telah bertransformasi menjadi SUV dengan hadirnya Corolla Cross.

Menurut Marketing Director PT Toyota-Astra Motor Anton Jimmi Suwandy, Corolla Cross diluncurkan di Indonesia karena menjawab permintaan konsumen akan mobil nyaman dengan tampilan mirip SUV.

- Advertisement -

Kelebihan Toyota Corola Cross

Apa kelebihan, spesifikasi dan harga Toyota Corolla Cross yang baru diluncurkan? Simak ulasan mengenai kelebihan, harga dan spesifikasi lengkap Corolla Cross di bawah ini.

  1. Desain Macho Corolla Cross Corolla Cross memiliki tampilan yang cukup macho. Corolla Cross menampilkan kesan elegan, dinamis dan bertenaga yang juga menjadi ciri khas dari Corolla.
  2. Interior Corolla Cross yang Berkelas Interior Corolla Cross juga tidak kalah keren. Tak hanya itu, interior Corolla Cross juga memberikan kenyamanan bagi penghuninya.
  3. Spesifikasi lengkap Corolla Cross dikembangkan dengan platform terbaru Toyota yaitu New Global Architecture C-segment (TNGA-C). Platform tersebut diklaim membuat perjalanan nyaman dan tetap nyaman untuk dikendarai. Platform TNGA hadir dengan bodi dengan kekakuan tinggi dan sistem suspensi yang dirancang khusus untuk memberikan peredaman yang lembut dan nyaman. Mobil ini memiliki ground clearance 165 mm. Visibilitas keluar yang tinggi membuat pengendara All New Corolla Cross mudah dan percaya diri dalam memantau kondisi di sekitar mobil. Serta radius putar 5,2 meter yang memastikan pengemudi dapat bermanuver di ruang terbatas, seperti berbelok arah atau parkir dengan mudah dan cekatan.
  4. Fitur Keamanan Corolla Cross tetap mendapatkan fitur keselamatan yang canggih. All New Corolla Cross dilengkapi dengan paket fitur keselamatan pasif dan aktif terbaru. Di dalamnya terdapat rem ABS + EBD, sabuk pengaman 3 titik dengan pretensioner dan force limiter, 7-airbags, Hill Start Assist (HSA), Vehicle Stability Control (VSC), Emergency Brake Signal (EBS), sensor parkir depan dan belakang, kamera parkir di bagian belakang, plus immobilizer dan alarm. Khusus untuk All New Corolla Cross Hybrid mendapat fitur kenyamanan tambahan dengan posisi duduk elektrik 6 arah dan power back door yang dilengkapi sensor tendangan yang memudahkan untuk mengakses pintu bagasi.
  5. Harga Corolla Cross, menurut Anton, terutama yang sudah mengusung teknologi hybrid tetap ditawarkan dengan harga bersaing. Untuk Corolla Cross Hybrid bahkan merupakan mobil hybrid termurah dari jajaran mobil hybrid. Sebelumnya, Toyota memiliki mobil hybrid Camry HEV, Alphard HEV, Corolla Altis HEV, C-HR HEV, dan Prius PHEV. Mobil dengan teknologi hybrid, hybrid paling murah di jajaran Toyota dan juga di Indonesia. Tipe tertinggi harganya di bawah Rp 500 juta. Kira-kira Rp.497 juta OTR DKI Jakarta. Jenis bensin Rp. 457 juta untuk Jakarta. Harganya terjangkau, “kata Anton. Berikut harga Corolla Cross di Indonesia: – Corolla Cross 1,8 A / T Rp.457.800.000 – Corolla Cross 1.8 Hybrid A / T Rp497.800.000 ** Harga berlaku di jalan raya di Jakarta.

Kekurangan Toyota Corolla Cross

Untuk kekurangan Toyota Corolla Cross hanya mereka yang pernah mengendarainya.

Toyota All New Innova

Nah, untuk lebih jelasnya kali ini kita akan membahas 5 keunggulan All New Innova yang bisa bikin kamu ingin segera memilikinya.

Kelebihan Innova (All New Innova)

kelebihan Inova dibawah ini hanyalah refrensi buat Anda yang akan membeli produk dari Toyota, jadi kelebihan sesungguh ada pada pembeli itu sendiri dengan mebandingkan merk lain.

  • Kabin lebih mewah dan luas

Hadirnya warna silver pada dashboard All New Innova memberikan kesan mewah dan berkelas.

Sebagai mobil MPV berukuran sedang, penambahan ambient light berwarna biru pada interiornya membuat mobil ini sangat nyaman untuk dikendarai. Selain itu dari segi ukuran, kabin All New Innova 2016 lebih lebar dari pendahulunya.

  • Kenyamanan menjadi lebih baik

Keunggulan Innova selanjutnya adalah kenyamanan yang semakin baik.

Hal ini didukung dengan desain interior yang sangat bagus, nyaman dan elegan yang juga dilengkapi dengan fitur interior yang lengkap dan canggih. Pembaruan ini jelas memberikan kenyamanan lebih saat mengendarai Innova generasi terbaru ini.

- Advertisement -

  • Mesin hemat bahan bakar

Tidak hanya pada tampilan dan kabin, Toyota All New Innova juga dibekali mesin terbaru dengan teknologi mesin yang bandel dan sistem transmisi yang lebih baik. Modifikasi mesin yang telah dibekali teknologi Dual VVTi membuat mesin mobil ini semakin irit bahan bakar.

Dengan mesin dan transmisi yang lebih baik, keunggulan All New Innova menjanjikan tenaga dan performa yang lebih baik dibandingkan dengan Toyota Innova generasi sebelumnya.

  • Fitur multimedia lebih lengkap

Keunggulan lain yang menonjol dari All New Innova adalah fitur multimedia yang lebih lengkap dan canggih. Dengan fitur multimedia yang lengkap, wisatawan akan mendapatkan hiburan yang lebih baik dan berkualitas.

Semua kecanggihan fitur multimedia pada Toyota Innova generasi terbaru ini diciptakan untuk memenuhi ekspektasi pengguna dan semakin meningkatkan kenyamanan penumpang mobil dengan memutar musik atau video favoritnya di tingkat yang lebih baik lagi.

  • Tampilan yang lebih mewah dan modern

Jika membandingkan Toyota All New Innova dengan Kijang Innova pada generasi sebelumnya, maka All New Innova memiliki tampilan yang lebih mewah dan modern yang terinspirasi dari Toyota Fortuner 2016.

Dengan tambahan gril depan, wajah All New Innova terlihat semakin gagah dan garang di jalan. Sangat bagus.

Tidak berhenti sampai disitu, komponen lain seperti lampu depan, lampu belakang, dan bumper juga menambah kemewahan mobil keluarga ini yang semakin terlihat seperti mobil MPV premium.

Tak heran jika modifikasi All New Innova selalu dinantikan keluarga Indonesia setiap tahunnya.

Nah itulah ulasan tentang 5 keunggulan All New Innova. Jika Anda sedang mencari mobil keluarga yang memiliki teknologi canggih dan mesin yang bandel dengan konsumsi bahan bakar lebih irit, maka jangan ragu untuk menentukan keunggulan All New Innova!

Toyota All New Avanza

Produk Toyota satu ini sangat digemari semua orang, tak hanya pecinta mobil saja. Terbukti banyak pembeli lebih membilih Avanz dibandingkan merk lainnya yang selevel seperti Xenia.

Mobil Toyota Avanza
Mobil Avanza | Foto: Auto2000

- Advertisement -

Kelebihan Avanza

Kelebihan dan Kelemahan Perspektif Konsumen All New Avanza yakni:

  • Penjualan

Toyota All New Avanza dirilis sebagai upaya pabrikan untuk tetap berada di kelas Low MPV seiring dengan semakin ketatnya persaingan di segmen yang sedang naik daun ini. Berbekal nama besar dan pengalaman sebagai pionir di segmen Low MPV di Indonesia, meski kerap mendapat kritik, Avanza tetap mencatatkan penjualan yang fantastis. Bahkan dalam beberapa tahun terakhir mobil ini telah diekspor ke beberapa negara tetangga.

  • Irit

Meski merupakan MPV 7-seater, jelas soal lega dan nyaman tidak bisa dibandingkan dengan saudaranya Innova yang bermain di kelas Medium MPV. Namun, sebagai kendaraan yang berfungsi untuk mengangkut penumpang point-to-point All New Avanza tidak hanya layak tetapi juga praktis dan efisien. Praktis dan irit, mungkin itulah dua kata kunci sukses Avanza dan Xenia hingga saat ini.

  • Body

Jika dibandingkan dengan Toyota Avanza generasi pertama, tampilannya lebih berkesan dan menarik. Namun secara keseluruhan desain All New Avanza masih terlalu simpel apalagi jika dibandingkan dengan kompetitor di kelasnya saat ini seperti Suzuki Ertiga, Chevrolet Spin dan Honda Mobilio.

  • Interior Avanza

Pada interior All New Avanza suasananya masih sama, ada beberapa perubahan dibandingkan pendahulunya, namun estetika dan kenyamanan masih belum sesuai harapan. Di kelas ini, tolok ukur kualitas kabin baik dari segi estetika maupun kenyamanan tetap dipegang oleh Suzuk Ertiga, disusul oleh Chevrolet Spin.

  • Jok Avanza

Lagi-lagi, beberapa penyempurnaan seperti jok yang lebih nyaman dari pada Avanza gen.1, misalnya, perlu diapresiasi. Mungkin salah satu kelemahan All New Avanza yang sekaligus menjatuhkan ekspektasi sebagian besar calon konsumen adalah adanya jok baris ketiga yang masih menyediakan ruang kaki yang terbatas.

Jangankan Toyota All New Avanza standar, Avanza Veloz Luxury yang notabene merupakan tipe termahal, kondisinya tidak jauh beda. Berada di balik kemudi All New Avanza 1.5 tidak terasa memberikan kesan berbeda dengan generasi sebelumnya.

  • Mesin Avanza

Karakter mesinnya masih tetap sama, meski tentunya akan menyisakan pertanyaan kenapa mesin Avanza 15 disunat dari mesin sebelumnya dengan tenaga maksimal 109 PS dan torsi 141 Nm menjadi 102 PS dan 136 Nm.

- Advertisement -

Padahal di saat yang sama bobot All New Avanza mengalami peningkatan beberapa kg jika dibandingkan dengan pendahulunya. Mungkin satu-satunya alasan yang masuk akal adalah target pabrikan untuk menjaga konsumsi bahan bakar All New Avanza tetap irit.

  • Harga Avanza

Secara umum All New Avanza masih menjadi pemain utama di kelas Low MPV meski semua orang dihujat dan dikritik. Nama besar Toyota, harga jual kembali yang sudah teruji bertahun-tahun, pengalaman sebagai pionir dan juga fakta bahwa mobil ini merupakan satu-satunya Low MPV yang masih menggunakan sistem penggerak roda belakang adalah beberapa kelebihan dari All New. Avanza yang membuatnya mampu bertahan di tengah ketatnya persaingan akhir-akhir ini.

Toyota Agya

Mobil Agya merupakan salah satu mobil LCGC yang paling banyak diminati oleh pecinta Toyota.

Mobil Toyota Agya
Toyota Agya | Foto: Toyota Astra

Kelebihan Toyota Agya

Jika ingin mengetahui apa saja kelebihan, silahkan simak berita selengkapnya di bawah ini keunggulan Agya:

Bisa dibilang Agya tidak didesain sembarangan, namun waktu pengembangannya sudah berjalan selama 3 tahun, sehingga tidak perlu diragukan lagi keamanan dan kenyamanannya.

Agya dengan regulasi yang mengikat (LCGC) jadi ini menjadikan kedua mobil ini murah dan ramah lingkungan.

Mesin Agya menggunakan mesin 1000cc yang menghasilkan irit bahan bakar tentunya. Dan untuk jarak 30 km, Agya hanya membutuhkan 1 liter bensin.

Agya sudah menggunakan logo / emblem dengan nama asli indonesia yang artinya ayga cepat dan ayla yang artinya cahaya yang diambil dari bahasa sansekerta.

Dan logo Agya menggunakan lambang elang, sedangkan untuk Daihatsu Ayla menggunakan huruf A.

Harga Agya dengan harga yang sangat irit sehingga menjawab setiap pertanyaan masyarakat tentang mobil tersebut.

Kapasitas Agya memiliki kapasitas penumpang 5 orang dan juga untuk desain interior yang lega.

- Advertisement -

Proyek Agya merupakan proyek mobil nasional karena dengan persentase 84% konten Indonesia.

Kekurangan Toyota Agya

Untuk tipe Agya murah, fitur airbag dan AC masih belum tersedia.

Mobil Agya memiliki bobot yang sangat ringan dan tidak cocok untuk kecepatan tinggi apalagi untuk akselerasi yang cepat.

Untuk akselerasi Agya masih terasa lambat untuk mencapai kecepatan 100 / km.

Toyota Agya berukuran kecil pada CC yang menghasilkan tenaga tidak terlalu besar, hanya sekitar 65 ps.

Mungkin itu saja informasi mengenai kelebihan dan kekurangan Agya. Semoga berita di atas bermanfaat untuk anda.

Toyota Calya

Calya dan Daihatsu Sigra merupakan mobil fenomenal sekaligus memperluas pasar yang selama ini hanya ditempati oleh Datsun GO + Panca.

Keunggulan Toyota Calya

Apa kelebihan dan kekurangan review kami terhadap Calya yang diperkenalkan Selasa 3 Agustus lalu? Simak artikel ini, karena kami sudah merangkum kelebihan dan kekurangan Calya

  • Lega

Jika dibandingkan dengan Avanza, Honda Mobilio dan Suzuki Ertiga, mobil ini memang terasa sempit.

Namun jika dibandingkan dengan sekelasnya, mobil ini jauh lebih lega dibanding Datsun GO + Panca. Mulai dari jok baris kedua dan ketiga, kelegaan jauh dari pionir LCGC dengan jok tiga baris

  • Fitur Lengkap

Dengan banderol harga kurang dari 150 jutaan, varian tertinggi mobil ini memiliki fitur kenyamanan yang cukup lengkap.

Misalnya, dari power window di empat pintu yang dapat dikontrol semua dari pintu pengemudi (seperti Datsun GO terpisah), spion elektrik, 4 head unit speaker dengan konektivitas USB, AUX dan Bluetooth, MID, Eco Mode, Fog . Lampu belakang dan wiper.

  • Harga Rendah

Toyota Calya mulai dari Rp. 130 juta sampai dengan Rp. 149 juta, hampir lebih dari Rp. Selisih harga 60 jutaan dengan Avanza G AT.

Jadi jika Anda terlalu berat untuk membayar mobil dengan harga sekelas Avanza, mobil ini bisa menjadi penawar untuk dompet Anda.

  • Sirkulator Udara

Mungkin kalian lucu mendengar kata Fan yang sering kita ucapkan saat menjelaskan tentang Air Circulator.

Namun mobil ini belum dilengkapi AC double blower dan menggantinya dengan sirkulasi udara sehingga baris kedua dan ketiga tetap mendapatkan udara segar. Alasan Toyota tidak menyediakan double blower karena dikhawatirkan akan menurunkan performa mesin karena dibatasi 1.200 cc, setidaknya tenaganya lebih besar dari Datsun GO + Panca.

  • Praktis

Hal yang paling mengesankan dari mobil ini adalah kepraktisannya yang luar biasa, hal-hal kecil yang tidak mengurangi kepraktisan mobil ini.

Seperti one touch tumble, sliding middle seat, jok belakang yang mudah dilipat dan seat belt tengah yang bisa ditarik dengan mudah dari atas meski mengganggu tampilan jok belakang. Ini patut diacungi jempol.

  • Fitur Keamanan Yang Baik

Mobil ini memiliki harga yang murah, namun fitur keselamatan tidak begitu penting walaupun merupakan Toyota Fortuner. Yap, Calya sudah punya dua airbag, rem ABS, rem cakram depan, jok ISOFIX, side impact beam, immobilizer dan 7 seatbelt. Hanya 1 kantung udara yang hilang dari Fortuner, yang harganya 3-4 kali lebih mahal dari Calya.

  • Bagasi cukup luas dan mudah

Mengingat koper Datsun GO + Panca yang bisa dibilang tidak memiliki koper sama sekali, Calya justru sebaliknya cukup lega mampu menampung 3 galon dan 1 tas kecil sekaligus.

- Advertisement -

Jika kursinya dilipat, bisa sangat lega. Yang kami suka adalah handle pintu belakang yang biasanya tidak tersedia pada mobil murah.

Demikian penjelasan terkait mobil Toyota produk negara Jepang yang hingga saat ini masih disukai oleh masyarakat Indonesia. Jual beli mobil bekas di Indonesia sampai sekarang masih tinggi karena peminatnya masih banyak.

- Advertisement -

Leave A Reply