Cara Merawat Ayam Bangkok Yang Benar

0 159

Cara merawat ayam bangkok (BK) agar sehat selalu tidaklah sulit yang kita bayangkan. Ayam bangkok merupakan salah satu ayam yang banyak diminati para pecinta ayam.

Alasan orang memelihara ayam BK tak lain karena kegagahannya yang memiliki badan besar dan kaki yang kuat. Ayam jenis ini biasanya dibudidayakan sebagai ayam aduan.

Jika kamu tertarik memelihara BK, sebaiknya baca terlebih dahulu panduan lengkap merawat dan memelihara ayam aduan dari anakan hingga siap tarung.

Dengan begitu, kamu dapat menjualnya ketika sudah besar dan cara bertarungnya dapat diandalkan. Semakin bagus gaya bertarungnya dan menang semakin mahal harga jualnya.

Metode Merawat Ayam Bangkok

Untuk menghasilkan jenis ayam BK berkualitas, kamu harus mengikuti standard mengelola ayam. Semakin kamu memperhatikan ayam, semakin banyak manfaat yang akan kamu dapatkan, pundi-pundi uang akan selalu mengalir padamu.

Ayam bangkok berasal dari negara Thailand tepatnya di kota Bangkok, maka dari itu dinamakan ayam bangkok dengan sebutan ayam BK. Sama halnya ayam birma yang asalnya dari kota Birma negara Vietnam.

Walaupun sama-sama ayam aduan tetapi keduanya memiliki perbedaan jika dilihat secara detail. Namun perbedaan tersebut bukan jadi kendala jika gaya bertarungnya menarik untuk ditonton.

Baca dan pahami 5 metode ternak ayam BK :

Kandang Ayam Bangkok

Yan perlu diperhatikan pertama adalah kandang. Mempersiapkan kandang sesuai dengan ukuran badan adalah hal penting, ukuran kandang ayam anakan berbeda dengan ukurang kandang ayam dewasa.

Apabila ternak ayam ini, pisahkan induk ayam dengan anaknya sejak kecil, sebab perawatan anak ayam dan induk berbeda. Untuk itu, kamu harus menyiapkan type kandang ayam anakan agar anak ayam tumbuh dewasa dan mandiri.

Anak ayam yang baru netas dalam waktu 3 hari rentan tersrang penyakit yang berujung kematian. Maka dari itu dibutuhkan perawatan intensif agar tidak mati mendadak.

Dalam cara merawat ayam khususnya anak ayam, perlu menjaga temperatur kandang agar kandang tetap hangat dan kemungkinan anaka ayam mudah beradaptasi.

Selain memperhatikan suhu kandang, perhatikan pula sirkulasi udara pada kandang. Pergantian udara itu sangat penting demi kesehatan tubuh dan pernafasan ayam itu sendiri.

Kandang ayam yang baik merupaka kandang yang layak dijadikan tepat kelangsungan hidup sehingga memberika perlindungan dan kenyaman itu sendiri.

Kriteria Kandang Ayam

Dalam pembuatan kandang ayam pastinya membutuhkan lokasi yang ideal sebagai berikut :

  • Jarak kandang sekurang-kurang 5 meter dari rumah dan kandang ayam lainnya.
  • Untuk kontur tanah dibutuhkan kandang dengan kontur tanah datar sehingga mudah bersihkan bagian bawah kandang.
  • Sekitar kandang memiliki pepohonan yang dapat mengatur sirkulasi udara.
  • Kandang harus terkena paparan sinar matahari setidaknya 50% yang bertujuan untuk membasmi kuman yang tak terlihat sekaligus tempat berjemur ayam.
  • Saluran air lancar ketika hujan sehingga air tidak mengendap dibawah kandang yang akan menimbulkan penyakit.
  • Letakkan kandang di lingkungan rerumputan, hal ini dilakukan karena rumput sebagian pengganti makanan berserat.
  • Arah kandang sebaiknya mengarah pada sinar matahari, sehingga dapat mengurangi serangan penyakit.
  • Posisi kandang juga sejalur arah angin, yang bertujuan menghindari penyalit menular dari luar kandang.
  • Sebaiknya kandang ayam dibuat permanen dari bata dan semen. Jika dirasa tak memiliki banyak anggaran, kandang terbuat dari kawat dan bambu pun bisa dibuat asalkan kuat.

Tipe Kandang Ayam Bangkok

Model kandang ayam sesuaikan dengan ukuran ayam :

Kandang Postal

Kegunaan kandang postal untuk ayam yang baru saja menetas. Ukuran kandang anak ayam yang barumenetas panjang 1 meter, tinggi 1 meter, dan lembar 1 meter.

Kandang Umbaran Satuan

Kandang tipe umbaran satuan fungsinya untuk melatih ayam berjalan ditanah dan membentuk kaki yang bagus, biasanya digunakan sebagai tempat mengawinkan ayam.

Bagian alas ayam umbaran berupa tanah dan pasir bertujuan melatih kekuatan cengkraman ayam serta kuku yang kuat.

Ukuran kandang umbaran satuan panjang 2,5 meter, tinggi 1 meter, dan lebar kandang 1,5 meter.

Kandang Ayam Tidur

Tipe kandang jenis ini dikhususkan tempat tidur ayam dimalam hari, kandang tidur dibuat seperti rumah panggung dengan ketinggian kaki kandang minimal 1,5 meter dari tanah ke alas kandang.

Dibuat seperti rumah panggung bertujuan agar terhindar suhu temperatur tanah yang dingin di malam hari.

Dari 3 tipe kandang diatas, pastinya disipakan pula tempat makan dan minum ayam sewaktu-waktu ayam ingin mengisi perutnya. Wadah makan minum sebaiknya dibersihkan pagi dan sore aga terhindar dari kuman.

Pakan Ayam Bangkok

Pakan anak ayam yang baru menetas umur 1 – 3 hari sebaiknya diberi minum saja karena kebutuhan nutrisi dapat diambil dari sisa kuning telur pada bulu ayam.

Lewat dari umur tersebut diberi makan konsentrat (pur) sesuai usia dengan jumlah secukupnya. Untuk menghemat biaya pakan, pemeberian makanan pada ayama dapat dicampur dengan bekatul perbandingannya 4 : 1.

Adapun resep pakan dan jamu ayam bangkok aduan yang bersumber dari para peternak ayam aduan.

1. Resep Jamu Sebelum Diadu

Pemberian pakan dan jamu sebelum diadu bertujuan untuk memberikan energi tambahan pada ayam itu sendiri. Bahan yang perlu dipersiapkan untuk membuat jamu ayam aduan adalah :

  • 2 ruas jahe sukuran ibu jari
  • 5 helai daun jeruk
  • 2 ekor lele yang dipanggang
  • Lidah buaya 2 batang
  • Daging kambing 2 ons
  • Daun kacang
  • Garam
  • Kuning telur bebek 1 butir

Cara Membuat Jamu Ayam Aduan

Setelah bahan diatas disiapkan, lalu

  1. Potong jahe, daun kacang, lidah buaya, dan daun jeruk menjadi kecil
  2. Tumbuk bahan nomer satu hingga halus
  3. Tambahkan daging lele, daging kambing, dan kuning telur lalu tumbuk
  4. Jadikan satu sambil tumbuk hingga halus bahan nomer satu dan tiga
  5. Taburkan gula merah secukupnya merata
  6. Jemur hingga kering

Setelah bahan diatas dijemur sampai kering, tambahkan madu hingga mengental seperti dodol. Kemudian cetak adonan tersebut sebesar biji jagung, berikan pada ayam satu butir per harinya.

2. Pakan Jamu Ayam Bangkok Menambah Energi

Pakan jenis jamu khusus ayam BK bertujuan untuk menambah energi dan meningkatkan daya tahan tubuh terhadap serangan penyakit.

Cara Membuat Jamu Ayam BK

Siapkan resep jamu ayam BK

  • 5 helai daun jeruk perut
  • 5 buah cabai puyang
  • 1 sendok teh merica
  • Madu secukupnya
  • 1 ekor lele

Setelah bahan diatas disiapkan, tumbuk bahannya lalu masukkan ke perut lele yang sudah dibersihkan. Kemudian panggang hingga matang lalu oleskan madu.

Tumbuk dan buat adonan seperti biji jagung, berikan satu butir per harinya.

3. Jamu Ayam BK Setelah Diadu

Seusai berlaga, ayam BK sebaiknya diberi ramuan pemulihan tenaga dan menyembuhkan luka. Adapun resep dan cara membuat jamu ayam BK kembali pulih tenaganya setelah berlaga dengan menyiapkan bahan-bahannya.

Bahan :

  • Kencur basah 500 gr
  • Beras 500 gr
  • Madu
  • Gula Aren
  • 3 butir telur bebek

Untuk membuatnya sama dengan kita membuat beras kencur.

Suplemen Ayam Bangkok

Pemberian suplemen ini bagus untuk pertumbuhan dan perkembangan ayam. Biasanya ayam lebih cerdas, lincah, dan sehat jika sejak kecil diberikan supleman khusus ayam.

Kamu juga bisa membuat supleman ayam sendiri dengan campuran pur ayam sesuai umtu ditambahkan susu bayi dengan perbandingan 5 : 1 setiap kali kasih makan.

Pemberian pur dan susu bayi untuk usia ayam 1 – 4 bulan setelah lewat umur tersebut lebih baik cukup pur saja tanpa campuran susu. Ayam dewasa diberi pil jamu yang telah dibuat diatas sebelum dan sesudah bertarung.

Perawatan Intensif

Ayam BK jenis aduan sampai umur 6 bulan sebaiknya didalam kandang untuk menghindari kehilangan nutrisi karena aktifitas berlebihan. Pertumbuhan ayam akan lambat jikaterlalu sering diumbar luar kandang, sehingga ayam tak sesuai ekspektasi.

Itulah tahapan merawat hewan unggas jenis ayam Bangkok yang boleh kamu coba dirumah.

Cara Melatih Ayam Bangkok

Ayam bangkok remaja umur 7 bulan sudah mulai terlihat ciri khas dalam bertarung, disaat itulah kita harus melatihnya setiap hari pagi dan sore.

Melatih ayam BK agar gaya bertarungnya bagus bukanlah hal yang sulit jika memang benar-benar dirawat sejak kecil dengan baik dan pemberian supleman vitamin aduan.

Anak ayam bangkok super jarang kita temukan kecuali memang berasal dari indukan jantan (jago) dan betina yang super pula. Namun, semua akan sirna jika tak diberikan makanan bervitamin dan melatih fisiknya.

Lalu, bagaimana cara melatihnya?

  • Jemur ayam
  • Berikan makan sedikit sebelum dijemur
  • Siapkan minum disekitar tempat berjemur
  • Beri jamu ayam setiap harinya
  • Dekatkan dengan pejantan lainnya diberi pembatas ayam supaya tidak bertarung beneran (pagi dan sore)
  • Setiap minggu dilatih bertarung selama 10 menit dengan ayam lain (isolasi paruh dan jalu ayam)

Setelah dewasa umur 1 tahun, ayam siap diadu. Jangan lupa setiap laga diabadikan menggunakan video dan foto kemudian share di sosial media kamu yang bertujuan jika ada pecinta ayam BK berminat membeli ayam kamu.

Jual Beli Ayam Bangkok

Setiap kota dan kabupaten selalu ada transaksi jual beli ayam BK. Penjual mematok harga jual ayam diatas harga beli atau diatas modal selama ternak ayam.

Sedangkan pembeli mencari ayam yang sesuai kriteria sesuai seleranya masing-masing. Pada umumnya mereka mencari ayam juara dengan gaya bertarungnya enak dilihat.

Menurut mereka harga tak jadi masalah, murah mahal itu tergantung mereka punya uang atau tidak, yang terpenting penjual jujur dan kriteria sesuai selera apalagi pernah juara lebih dari 5 kali tanpa kalah.

Sebenarnya ayam betina bangkok lebih mahal harganya dibanding pejantan, hal itu disebabkan karena jarang sekali ayam betina jenis bangkok yang memiliki postur tubuh besar dan dapat mencetak ayam berkualitas.

Ciri Ayam Bangkok Yang Bagus

Ciri ayam aduan yang bagus ada dua kriteria, bagus secara eksternal dan internal. Jika dua kriteria tersebut dimiliki ayam aduan akan menjadi ayam bernilai tinggi.

Ciri ayam aduan yang bagus secara eksternal

Ciri-ciri ayam BK yang bagus secara fisik dapat dilihat sejak umur 2 minggu. Cirinya :

  • Tubuh besar dibanding saudaranya
  • Kaki besar dan cakar yang kuat
  • Badan tegak ketika berjalan dan diam
  • Ditakuti saudaranya
  • Agresif
  • Paruh besar dan panjang
  • Sisik kaki besar dan rapi
  • Lincah

Jika sejak kecil menemukan ayam dengan ciri diatas, sebaiknya perlu perawatan ekstra apalagi induk jantan pernah juara dan betina berbadan besar.

Ciri ayam aduan yang bagus secara internal

Ayam yang memiliki kriteria ini biasanya cenderung tenang dan lincah, gaya bertarung enak dilihat dapat membuat lawan menyerah sebelum bertarung.

Biasanya ayam yang memiliki ciri ini tidak suka bertarung, cenderung mengalah sehingga dianggap bukan petarung tapi ketika ayam dengan kriteria ini memiliki kriteria eksternal maka akan menjadi petarung sejati cepat mengalahkan lawan.

Ayam yang cerdas akan menghindar dengan cepat ketika ada serangan pukulan dari lawan dan segera memukul balik sampai lawan menyerah.

Pada saat musim hujan dengan cuaca dingin, berikan makan tape kuning satu sendok sebagai penghangat tubuh dan tutup bagian kandang terutama bagian arah angin masuk.

Demikian cara merawat dan melatih ayam aduan agar selalu menang setiap kompetisi. Dengan bisnis ayam aduan, stok kopi dirumah tidak akan kehabisan stok.

Leave A Reply

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More