Ultimate magazine theme for WordPress.

5 Cara Merawat Anak Ayam Kalkun Hingga Dewasa Gemuk Secara Alami

0 10,110

Cara Merawat Anak Ayam Kalkun Hingga Dewasa – Ayam kalkun merupakan jenis ayam yang memiliki ukuran dan bentuk yang unik, ayam kalkun memiliki tubuh yang besar.

Di Indonesia sampai artikel ini ditulis belum begitu populer, padahal dari segi ukuran dan berat dagingnya bagus buat bikin prospek. Di luar negeri, kalkun merupakan hewan yang cukup populer bahkan menjadi makanan favorit.

Nah bagi anda yang baru beternak kalkun, mungkin pertanyaan yang ingin anda lupakan adalah bagaimana cara membuat kalkun cepat besar. Ada beberapa cara beternak kalkun agar cepat besar.

Kalkun juga dikenal sebagai hewan omnivora alias pemakan segalanya, jadi beberapa makanan kalkun yang bisa Anda buat adalah dari berbagai campuran: tumbuhan seperti kangkung, enceng gondok, daun dan batang pisang, daun pepaya. Tetu dengan kadar yang sesuai.

Cara Merawat Anak Ayam Kalkun Hingga Dewasa

Mengenai bentuk makanannya, yang terbaik adalah menggantinya antara lunak dan kasar. Jangan memberinya makanan kasar sepanjang waktu, dan jangan memberinya makanan lunak setiap saat.

Cara Merawat Anak Ayam Kalkun Hingga Dewasa Gemuk Secara Alami

Cobalah peka terhadap tubuh makhluk hidup seperti nafsu makan. Makanan kasar membutuhkan waktu lebih lama untuk diproses dan diserap oleh tubuh tapi makanan tidak cepat basi tapi makanan lembek bisa mendonorkan cairan tubuh namun makanan makanan cepat basi jika tidak habis. Jadi cara terbaik adalah memberikan pengalih perhatian.

Penentuan Bibit Kalkun

Pemilihan bibit kalkun yang baik dan benar akan mempengaruhi keberhasilan dalam beternak kalkun. Saat membeli kalkun untuk dipelihara, pastikan ayam dalam keadaan sehat dan tidak ada cacat pada tubuhnya. Perhatikan juga bentuk tubuh kalkun. Usahakan memilih ayam yang memiliki tubuh tegap.

Pemilihan Lokasi Kandang Anakan Ayam Kalkun

Lokasi yang baik akan menjamin pertumbuhan dan keberlangsungan usaha peternakan kalkun anda, sebelum anda menentukan lokasi yang ideal untuk peternakan anda sebaiknya lakukan survey terkait keamanan, kenyamanan dan distribusi.

Pastikan peternakan Anda aman dari gangguan manusia, hewan, dan kemungkinan ancaman bencana alam akibat tanah longsor, banjir, angin, dan ancaman lain yang akan menghancurkan bisnis peternakan kalkun Anda.

Ada baiknya Anda memilih tempat yang mudah mendapatkan makanan tambahan, misalnya di sekitar pantai, danau, sungai, dan persawahan.

Jika memungkinkan, Anda bisa bekerja sama dengan pemilik perusahaan katering atau restoran. Anda harus mengambil sisa makanan yang biasanya masuk ke tempat sampah setiap hari untuk Anda olah menjadi pakan kalkun, dan jika memungkinkan, restoran atau catering Anda menawarkan untuk menyediakan kalkun dari peternakan.

Dengan begini Anda tidak kesulitan mendapatkan pakan tambahan dan tanaman yang sudah ada yang akan menampungnya tanpa harus repot mencari pembeli. Mudah kan? Makanya sering-sering cari info disini biar gak ketinggalan.

Membuat Kandang Ayam Kalkun

Kandang adalah rumah tempat anda tinggal dan tempat untuk melindungi diri anda dari berbagai gangguan dari luar, jika anda memiliki prinsip ‘rumahku adalah surgaku’, berikan prinsip ini kepada hewan peliharaan kesayangan anda.

Jadikan kandang yang ideal untuk kelangsungan hidup mereka walaupun pada akhirnya kamu akan memotong salah satunya lalu memakannya atau menjualnya, tapi selama kalkun dewasa masih bersamamu berikanlah yang terbaik untuknya.

Ukuran kandang harus sesuai dengan kondisi dan gaya hidup mereka, jika memungkinkan buatlah kandang sesuai dengan latar belakang kehidupan mereka agar populasi berkembang dengan sempurna yang nantinya akan menguntungkan anda, sistem kandang yang baik harus memiliki ruang untuk aktivitas mereka seperti istirahat, bermain dan kegiatan lain seperti tempat makan khusus yang selalu terjaga kebersihannya.

Jika memungkinkan arahkan posisi kandang ke arah timur agar sinar matahari pagi dapat masuk ke dalam kandang. Agar kandang tetap kering, Anda bisa menggunakan bekatul sebagai alas lantai dan membersihkannya seperlunya. Kandang harus mudah dibersihkan dari kotoran yang akan menimbulkan penyakit.

Jika anda orang kaya, sebaiknya anda menganggarkan biaya pembuatan lantai kandang dengan menggunakan lantai plester/semen.

Atur sistem kandang Anda agar nyaman bagi penghuni dan orang yang merawat ternak mulai dari pintu, ventilasi, dan lorong antara satu kandang dengan kandang lainnya. Pisahkan kalkun berdasarkan usia untuk mencegah kejahatan di antara mereka.

Jika ada jenis ayam yang benar-benar nakal sebaiknya dipisahkan dari yang lain. Pastikan area bertelur dan inkubasi aman dari gangguan ayam lain dan sesuaikan posisi area bertelur untuk memudahkan anda dalam mengecek perkembangan telur tanpa mengganggu ayam yang mengerami.

Makanan Anak ayam kalkun

Pemberian pakan yang tepat dan sesuai akan menunjang keberhasilan dalam beternak kalkun. Kita bisa menggunakan bran food yang dipadukan dengan vor, sayuran.

Untuk menambah nutrisi, sesekali kita bisa memberikan vitamin makanan yang banyak dijual di pet store. Pemberian pakan juga harus sesuai dengan umur dan kondisi fisik kalkun agar pakan di kandang selalu habis karena jika pakan tidak habis dan membusuk di kandang dapat menyebabkan bakteri yang dapat menyerang kalkun.

Tidak hanya makanan, minuman juga harus tersedia di dalam kandang. Cobalah untuk menempatkan makanan dan minuman kalkun berjauhan. Hal ini untuk menjaga kebersihan minuman agar tidak tercampur dengan makanan kalkun.

Vaksin Ayam kalkun

Untuk menjaga kesehatan kalkun, kita harus memberikan suplemen kalkun atau vitamin dan vaksin agar kalkun tidak mudah terserang penyakit. Pemberian vitamin dan vaksin dapat dilakukan setiap satu atau dua bulan sekali

80%
Awesome
  • Design
Leave A Reply