8 Cara Mengatasi Power Steering Berat Sesuai Penyebabnya Pada Mobil Kijang Super, Grand Extra, dan Krista

Penyebab dan Cara Mengatasi Power Steering Berat – Saat Anda merasakan setir terasa berat dan sulit untuk berbelok, tentu ada masalah serius di dalam mobil. Apalagi jika power steering yang berat disertai getaran atau suara, maka kondisi ini harus segera diperbaiki.

Pada dasarnya power steering harus bekerja dengan suara yang lembut atau senyap. Namun ketika Anda merasa kondisi Steering berat, maka segera periksa kondisi power steering. Masalah bisa timbul dari kondisi pompa power steering atau komponen lain dari sistem kemudi.

Pernahkah Anda mengalami masalah dengan sistem power steering mobil? Hal ini merupakan hal yang wajar terjadi, apalagi jika Anda berkendara di medan yang ekstrim.

Namun jika kondisi yang sama terjadi saat medan normal, itu tandanya ada masalah pada power steering mobil Anda. Masalah yang sering terjadi adalah power steering yang berat. Lalu, apa penyebabnya dan bagaimana cara mengatasinya?

Penyebab Dan Cara Mengatasi Power Steering Berat

Banyak yang belum tahu, apa saja penyebab Power Steering berat dan bagaimana cara mengatasinya. Penyebabnya tidak hanya RPM terlalu rendah sehingga oli tidak mengalir lancar. Simak beberapa penjelasan berikut ini.

- Advertisement -

Oli Power Steering Habis / Kering

Sistem power steering yang digunakan pada mobil saat ini adalah sistem hidrolik yang menggunakan cairan (oli) untuk menjalankannya. Dalam hal ini, jika oli memburuk karena waktu penggunaannya, kemampuannya untuk membayar dan mengirimkan daya akan berkurang.

servis power steering

Sehingga tenaga yang dihasilkan oleh pompa power steering tidak dapat sepenuhnya tersalurkan ke steering rack, sehingga membuat kemudi mobil menjadi berat. Untuk mengatasinya, Anda bisa mengecek kualitas oli power steering mobil. Jika warnanya hitam pekat, itu tandanya Anda harus segera menggantinya dengan oli baru.

Rak Steering Rusak

Masalah kedua yang dapat menyebabkan PS mobil berat adalah rak steering yang rusak. Steering rack sendiri berfungsi sebagai sistem tenaga untuk memudahkan pergerakan roda. Didalamnya sendiri terdapat komponen seperti seal, gear, dan pinion. Dengan adanya komponen ini maka steering rack sering mengalami kerusakan pada komponen seal.

Komponen seal yang rusak karena bocor akan menyebabkan power steering menjadi berat dan sulit untuk dikemudikan. Jika Anda mengalami masalah yang satu ini, solusinya cukup mudah. Anda perlu mengganti satu set rak steering. Karena mengganti seal yang bocor saja tidak cukup.

Tekanan Pompa Steering Lemah

Teman-teman WE+ perlu diketahui bahwa indikator berat atau tidaknya sebuah setir dapat dipengaruhi oleh tekanan hidrolik yang diberikan oleh pompa power steering. Letak pompa sendiri berada di bagian depan dan puli pompa dapat digerakkan oleh puli melalui mesin v belt.

Jika pompa power steering rusak, dipastikan tekanan hidrolik yang diberikan akan berkurang, sehingga power steering menjadi berat. Untuk mengatasinya, Anda hanya perlu mengganti pompa power steering dengan yang baru.

V-Belt Rusak atau Aus

Masalah yang menjadi penyebab utama kemudi mobil terasa berat adalah akibat putusnya V-Belt atau Van Belt. V-Belt sendiri merupakan penghubung antara puli pompa dengan puli mesin. Meski V-Belt terbuat dari karet yang lentur, ternyata V-Belt juga rawan pecah.

V-Belt yang rusak ini akan memicu pompa power steering berhenti bergerak. Bisa dibayangkan, jika pompa berhenti maka setir akan berat karena tidak mendapat tekanan hidrolik dari pompa. Untuk itu, Anda cukup mengganti V-Belt dengan yang baru. Jika pulley pada pompa atau mesin terlihat kotor dan terdapat tetesan oli, maka sebaiknya bersihkan terlebih dahulu sebelum mengganti V-Belt.

Kondisi Ban Kempes

Kawan perlu kalian ketahui bahwa tidak selamanya power steering yang berat hanya disebabkan oleh komponen power steering yang bermasalah. Padahal, kondisi ban yang tidak kempes atau istilah lainnya kempes juga bisa membuat power steering terasa berat.

Hal ini bisa terjadi karena permukaan ban yang semakin lebar dan tekanan yang diberikan ke roda semakin besar, sehingga membuat setir terasa sulit dan berat untuk dikendarai. Untuk itu, Anda bisa menambahkan udara pada ban mobil Anda.

Demikian Cara Mengatasi Power Steering Berat Sesuai Penyebabnya, serahkan masalah ini pada ahlinya.

Leave A Reply