Vacum Delco Kijang : Fungsi Dan Efek Samping Tanpa Vacuum

Apa Fungsi Dan Efek Samping Vacum Delco Kijang? Pertanyaan seperti ini selalu diulang-ulang karena setiap teknisi / mekanik bengkel mempunyai pandangan yang berbeda terkait menggunakan vakum delco dan tanpa vakum delco.

Kondisi mesin berbeda ketika kendaraan berjalan, seperti melalui medan yang menanjak, membawa beban berat, ngebut, apalagi menggunakan kijang tua sperti kijang kotak, kijang doyok, kijang buaya, kijang super, kijang grand extra, dan Kijang kapsul yang masih menggunakan karburator.

Dengan adanya perbedaan kondisi mesin kijang tersebut sehingga campuran udara dan bahan bakar akan berbeda, misalnya ketika mobil sedang mendaki atau membawa beban yang berat, campuran bensin akan lebih banyak dari udara, sehingga membutuhkan waktu rambat yang lebih lama dari aslinya 0,005 detik dalam kondisi mesin stasioner (kecepatan rendah/idle) dapat berubah menjadi 0,008 detik pada saat jalan menanjak atau membawa beban berat, sehingga diperlukan alat bantu pada saat penyalaan agar pada saat campuran bahan bakar dan bensin meledak sempurna pada suhu 10° setelah TMA.

Saat mesin berjalan dengan kecepatan tinggi, putaran mesin akan tinggi dan pengapian harus dimajukan agar campuran bahan bakar dan udara akan terus meledak pada 10° setelah TMA. Dan mesin akan tetap menghasilkan tenaga yang besar.

Vacum Delco Kijang : Fungsi Dan Efek Samping

Alat Pengapian Konvensional

- Advertisement -

  1. Advance Sentrifugal
  2. Advance Vakuum

Vacuum advancer adalah gerak maju pada saat penyalaan saat mesin dalam keadaan menanjak, memikul beban berat, atau saat berakselerasi, campuran bensin akan lebih kaya sehingga waktu tempuh saat penyalaan akan lebih lama.

Vacum Delco Kijang Super dan grand Extra
Vacuum Delco Pada Kijang Grand Extra

Dan saat pedal gas diinjak tiba-tiba menginjak diatas katup throttle karburator akan terjadi kevakuman, sehingga dibutuhkan alat pengapian depan yang bekerja saat campuran bahan bakar dan udara kaya dan bekerja berdasarkan kevakuman yang terjadi pada karburator

Cara kerja vacum Advancer

Diafragma pada vacuum advancer dihubungkan dengan selang ke karburator sehingga dapat bekerja maju saat pengapian didasarkan pada kevakuman yang terjadi pada karburator tepat di atas katup throttle.

Ketika terjadi kevakuman di atas katup throttle karburator maka diafragma pada alat ini akan tertarik karena kevakuman di dalam karburator dan diafragma akan menarik batang advancer, batang advancer dihubungkan dengan jok platina sehingga pada saat jok platina digeser beberapa derajat ke kiri sehingga tumit platina akan langsung ditekan oleh jok platina, kursi platina, pemegang platina, camlobe sehingga saat pengapian akan maju.

Apa fungsi vacuum advance?

Fungsi Vacuum Advancer sendiri adalah untuk memajukan timming pembakaran atau pengapian yang berpatokan pada beban mesin itu sendiri.

Bagaimana cara kerja dari vacuum advancer?

Vacuum advancer bekerja dengan memanfaatkan gaya kevakuman. Hal ini dimanfaatkan sebagai signal untuk menentukan timming pengapian mesin, sehingga bisa disimpulkan titik pengapian mesin pada vacuum advancer dipengaruhi oleh kevakuman intake manifold.

Apa yang terjadi jika waktu pengapian terlalu mundur?

Sama saja apabila saat pengapian terlalu mundur, maka tekanan maksimum tidak akan terjadi di beberapa derajat setelah TMA yang berakibat tidak didapatkan usaha yang efektif. Saat pengapian yang terlalu mundur, akan membuat langkah usaha kurang maksimal, mesin tidak ada power atau tenaga, dan pastinya boros bahan bakar.

Demikian fungsi dan efek menggunakan Vacum Delco Kijang, sekarang anda tahu efek pada mesin jika tidak menggunakannya.

Leave A Reply