- Advertisement -

5 Tips Pinjaman Online Yang Aman Dan Menguntungkan

Fintech atau lebih dikenal dengan nama pinjaman online merupakan salah satu inovasi di bidang financial technologi. Sesuai dengan namanya, Fintech menawarkan kemudahan bagi masyarakat untuk mendapatkan pinjaman uang secara lebih praktis, tidak perlu pergi ke kantor penyedia jasa pinjaman, tidak memberikan syarat yang rumit, dan yang disukai banyak orang adalah kecepatannya.

Bisa dibayangkan betapa rumitnya jika seseorang harus mengumpulkan setumpuk dokumen dan mengambilnya di kantor, lalu menunggu berhari-hari hingga pengajuan pinjamannya disetujui.

Ditambah lagi untuk kebutuhan pengobatan dirumah sakit yang sangat mendesak seperti operasi atau kebutuhan lainnya.

Pengajuan Fintech bagi masyarakat yang membutuhkan dana cepat menjadi solusi saat pandemi Covid-19 yang belum kita ketahui kapan akan berakhir.

Pandemi tersebut tentunya sangat mempengaruhi ketahanan finansial banyak orang dari berbagai latar belakang dan latar belakang ekonomi.

Tips Pinjaman Online Agar Menguntungkan Dan Aman

- Advertisement -

Layanan pinjaman online sangat membantu mereka yang membutuhkan dana cepat padahal pemerintah sangat menganjurkan penerapan protokol kesehatan yang ketat dan menjaga jarak.

Dengan meminjam, seseorang dapat mengajukan pinjaman dengan tetap di rumah, tidak perlu melakukan kontak fisik dengan siapa pun, dan bebas dari risiko tertular atau transmisi, semua proses dapat dilakukan secara online.

Tips Pinjaman Online
Uang Rp 100.000 | Foto: Pixabay

Namun banyaknya penyedia layanan dan aplikasi pinjol yang booming beberapa tahun terakhir ini di berbagai sisi membuat orang bingung. Beberapa orang lainnya bahkan apriori dan takut menggunakan jasa pinjaman sebagai solusi.

Seringkali kita mendengar tentang pinjaman online yang telah melanggar etika dan kebijakan lainnya agar nasabah tertarik serta perusahaan yang memberi pinjaman mendapat keuntungan yang besar secara ilegal.

Kali ini kami akan mencoba berbagi tips memilih layanan dan aplikasi pinjaman online terpercaya. Berikut tips yang bisa kami bagikan:

Periksa Sejak Kapan Penyedia Pinjaman Online Telah Beroperasi
Menurut kami usia seorang penyedia jasa adalah salah satu cara untuk mengukur kredibilitas suatu layanan pinjaman.

Semakin lama beroperasi, kemungkinan layanan tersebut sudah teruji handal dan mampu menjaga kepercayaan masyarakat dan stake holder.

Salah satu penyedia jasa pinjaman online tertua di Indonesia adalah Tunaiku. Aplikasi dan layanan pinjol ini telah beroperasi di Indonesia sejak tahun 2014. Artinya hingga saat ini penyedia layanan pinjol tersebut berusia 6 tahun.

Periksa siapa di belakang layanan pinjaman online

Siapapun, baik bank atau korporasi, dapat mendirikan penyedia layanan pinjaman online. Terkadang mereka menggunakan nama perusahaan besar agar pinjaman onlinenya cepat cair.

Beberapa pinjaman online abu-abu dan tidak resmi bahkan dimiliki oleh perorangan. Saran kami sebelum mengajukan pinjaman pastikan untuk mengetahui siapa pemilik jasa pinjaman.

Menurut kami, service provider yang dimiliki langsung oleh bank besar di Indonesia adalah provider yang patut kita percaya. Bank Amar, bank milik korporasi multi nasional, merupakan salah satu pionir pengajuan pinjaman online di Indonesia.

Cek apakah Sudah Terdaftar di OJK

Setiap bisnis dan jasa keuangan yang beroperasi di Indonesia harus terdaftar di Otoritas Jasa Keuangan (OJK). Jika ini tidak berarti layanan, termasuk pinjaman, adalah bisnis ilegal.

Layanan yang terdaftar di OJK tentunya akan mematuhi aturan dan regulasi yang berlaku di Indonesia. Diantaranya kepatuhan menjaga privasi nasabah, besarnya bunga pinjaman, pengenaan biaya lainnya, penggunaan jasa penagihan atau debt collector, dan lain-lain.

Fintech legal
Fintech legal | Foto: Pixabay

Periksa Keamanan Web Pinjaman Online

- Advertisement -

Pengajuan pinjaman online kemungkinan besar Anda akan mengisi data dan mengunggah sejumlah dokumen ke website mereka melalui internet. Untuk keamanan dan privasi data, pastikan layanan yang Anda pilih telah menggunakan halaman web yang aman. Pastikan web sudah menggunakan https atau ditandai dengan gembok di sisi kiri address bar.

Cek Keamanan Aplikasi Smartphone Pinjaman Online

Jika Anda mengajukan pinjaman online melalui aplikasi smartphone, sebelum menginstal pastikan membaca review pengguna aplikasi tersebut di Google Playstore atau Apple Appstore.

Baca dikolom komentar dari para nasabah, baik secara negatif maupun positif. Jangan tertipu dengan komentar positif buatan perusahaan tersebut, ini dibuat untuk mendongkrak peningkatan nasabah.

Cek Review Pengguna Fintech di Internet

Ini adalah kenyamanan era internet. Kami dapat dengan mudah menemukan komentar dan pendapat orang lain tentang suatu layanan dengan menggunakan mesin pencari.

Silahkan simak review yang ditulis oleh orang-orang di media online, di blog pribadi, di channel youtube, twitter, dan lain sebagainya.

Selain menulis review, umumnya orang akan berbagi tips memilih dan menggunakan jasa pinjaman agar lebih mudah, cepat, praktis, dan menguntungkan.

Meski prosesnya mudah, tanpa proses pengecekan BI tanpa syarat slip gaji, situs pinjaman langsung cair online ini membebankan bunga yang dihitung setiap hari.

Sehingga jika dihitung bulanan, bunganya melonjak hingga 20 persen per bulan. Apalagi jika dihitung per tahun (tahunan), tentunya akan lebih tinggi lagi.

Demikian tips pinjaman online, sebaiknya hindari pinjaman online cair langsung yang banyak ditemukan di internet dengan suku bunga harian dan setinggi langit.

- Advertisement -

Leave A Reply