Tabungan Jenius BTPN, Benarkah Penipuan?

- Advertisement -

Tabungan Jenius BTPN – Setiap keputusan yang diambil dalam hidup selalu terkait dengan konsekuensi finansial. Kondisi ini menunjukkan adanya keterikatan antara kehidupan dan keuangan yang kita sebut Life Finance.

Dalam upaya membantu Anda mengelola Life Finance, Jenius sebagai layanan perbankan terbaru dari BTPN berkomitmen untuk memberikan layanan khusus untuk Anda.

Jenius adalah Perbankan Reinvented.

Dengan Jenius, Anda memiliki kendali penuh dalam mengatur hidup dan keuangan Anda melalui smartphone dengan aman, mudah, dan cerdas. Sekarang Life Finance ada di ujung jari Anda.

Banyak hal baru yang hanya ada di Jenius.

Selain dengan mudah buka tabungan via smartphone, calon nasabah juga akan diberikan fitur baru mengelola Life Finance dengan kode $ Cashtag, eCard, Send It, Save It, Split Bill, Pay Me, dan lainnya.

Dengan Jenius, Anda dapat mengelola Life Finance dengan mudah, cerdas, dan aman.

- Advertisement -

Tabungan Jenius BTPN

Artikel kali ini akan mencoba membahas produk bank digital dari bank BTPN ini murni pengalaman dari CEO journal University telah memanfaatkan produk bank digital tersebut.

Topik pembahasan akan menyentuh poin-poin pembukaan akun, aktivasi akun, fitur-fitur yang disediakan aplikasi, suku bunga, fasilitas yang ada.

Pembukaan Akun Jenius

Pembukaan rekening di Jenius dapat dilakukan melalui aplikasi mobile (iOS, Android) atau mengunjungi service point Jenius atau mengunjungi cabang bank BTPN (BTPN purnabakti, Sinaya), kami akan fokus membuka rekening aplikasi.

Tabungan Jenius BTPN
Kartu Jenius m-card dan e-card | foto: jenius.com

Pada tahap awal, calon nasabah akan diminta untuk mengisi data diri seperti email, nomor HP (yang merupakan identitas username dan OTP), selanjutnya calon nasabah akan dimintai foto KTP, selfie dengan KTP dan NPWP (jika ada).

Aktivasi Akun

Aktivasi rekening giro di Jenius, sebagaimana diatur oleh OJK, dapat diaktifkan melalui mekanisme video call (yang dapat berubah kemudian seiring kemajuan teknologi, regulasi untuk biometrik sedang disusun).

Fitur Jenius

Jenius memiliki fitur yang cukup lengkap, fitur perbankan umumnya disediakan, seperti transfer, cek saldo, riwayat transaksi, dan beberapa fitur unik yang bisa saya soroti sebagai berikut:

Save It

Berisi jenis tabungan lain selain saldo utama, berikut diperkenalkan FlexiSaver, DreamSaver, dan MaxiSaver.

FlexiSaver

Rekening tabungan tambahan yang dapat digunakan untuk menyimpan uang selain saldo utama.

Sisihkan uangnya jika diperlukan, atau jika semuanya tersimpan di dalam Flexi Saver, tarik sejumlah uang yang diperlukan, agak repot jika langsung membutuhkannya, tapi menurut saya worth it, karena tidak buruk jika Anda membandingkan bunga 0,5% vs 4% pa

DreamSaver

- Advertisement -

sebuah rekening yang dapat dibuat untuk mencapai jumlah uang yang direncanakan, biasanya orang menggunakan ini untuk tabungan pendidikan, liburan, atau membeli barang, pelanggan dapat membuka lebih dari satu DreamSaver.

MaxiSaver

ini lebih tentang deposito, deposito berjangka, nasabah menabung sejumlah uang tertentu, minimal 10 juta, minimal 1 bulan disimpan, ada beberapa model setoran yang ditawarkan, ARO (saat setoran jatuh tempo, misal 1 bulan, uang dan bunga ditransfer ke saldo utama), AROP (setelah jatuh tempo, uang pokok dikembalikan ke deposito, sedangkan bunga yang diperoleh dikirim ke saldo utama), AROPI (ini favorit saya, uang dan bunga dimasukkan kembali ke deposito, dan terus bergulir, majemuk, berbunga)

Card Center

Disini bagian tengah dari kartu yang disediakan oleh Jenius, mCard adalah kartu utama, e-Card adalah kartu virtual yang biasa digunakan untuk transaksi online, dan xCard adalah kartu debit yang dapat digunakan selain mCard, maksimal xCard yang dapat digunakan. yang didapat adalah 3 kartu fisik.

Pinjaman (FlexiCash)

Ini adalah fitur pinjaman yang disediakan, jumlah pinjaman yang bisa dipinjam tergantung Jenius biasanya mulai dari 50 jutaan.

Awards

Jumlah transfer gratis ke bank lain yang biasanya dikenakan biaya oleh bank lain gratis 25 kali per bulan, dan diperbarui setiap bulan.

E-Wallet

Kumpulan E-Wallet yang saat ini banyak digunakan, GoPay, OVO, Dana yang bisa di top up langsung di aplikasi, transaksi top up ini akan mengurangi jumlah transfer gratis di fitur Awards.

Tagihan

Jenius menyediakan fitur untuk membayar tagihan telepon, PAM, listrik, kartu kredit dan lain-lain.

Split Bill

Fitur ini bisa digunakan untuk berbagi tagihan makan dengan teman, misalnya kita bisa mengatur jumlah uang yang kita tagihkan ke orang lain dengan menulis CashTag.

- Advertisement -

Keuntungan Buka Jenius

Bunga

Bunga yang ditawarkan cukup tinggi, dan itu tergantung dari jenis tabungannya, seperti disebutkan di atas, ada beberapa jenis tabungan di Jenius, begitu juga dengan kartu (lihat card center), dari link ini https: // www. jenius.com / rates-and-limit / dapat disederhanakan sebagai berikut, suku bunga dapat bergantung pada suku bunga acuan yang dikeluarkan oleh BI.

Transaksi

Transaksi menggunakan Jenius terkadang ada cashback yang pernah penulis dapatkan yaitu cashback untuk belanja online (pakai eCard), beli bensin (kartu), lumayan lah.

Dan juga akses layanan transaksi luar negeri misal paypal, netflix, spotify dan lain-lain, jadi cukup mudah untuk melakukan transaksi di luar Indonesia, kartunya juga bisa digunakan di Singapore MRT, atau Subway di New York (tergantung stasiun).

E-card dan X-card Jenius
card dan xcard | Foto: bendebesah.com

Review Jenius

Era digital telah mengubah kebiasaan masyarakat dari kehidupan tradisional ke kehidupan modern. Ini termasuk upaya memenuhi kebutuhan pinjaman uang yang kini semakin banyak dilakukan secara online.

Tidak kurang dari seratus perusahaan fintech peer to peer lending resmi terdaftar di OJK. Banyaknya fintech legal di Indonesia menunjukkan sedikit banyak antusiasme masyarakat dalam menggunakan teknologi sebagai sarana untuk mendapatkan pinjaman tunai.

Salah satu produk digital banking Bank BTPN yaitu Jenius juga menawarkan pinjaman online melalui fitur Flexi Cash. Fasilitas pinjaman dana siaga saat ini hanya diperuntukkan bagi nasabah terpilih yang memenuhi kualifikasi tertentu.

Jika pada awal peluncurannya dikenal sebagai digital banking, kini sudah banyak penyempurnaan. Peningkatan ini tidak hanya terlihat dari proses verifikasi online.

Namun banyak juga fitur tambahannya, salah satunya adalah pinjaman tunai Flexi Cash. Melalui fitur ini, nasabah terpilih dapat mengajukan pinjaman Jenius dengan mengaktifkannya terlebih dahulu.

Hingga saat ini, produk ini dikenal sebagai satu dari dua layanan perbankan digital yang memiliki 100% layanan online.

Saingannya, Digibank By DBS, pertama kali meluncurkan fasilitas Collateral Free Credit atau Digibank Personal Loan. Fitur ini memungkinkan nasabah untuk mengajukan pinjaman online tanpa jaminan.

Keunggulan Pinjaman Flexi Cash

  • Bebas biaya administrasi.
  • Bunga pinjaman kompetitif dan dibebankan berdasarkan jumlah yang ditarik.
  • Proses aktivasi mudah dan batas kredit dapat langsung digunakan.
  • Penarikan atau pencairan pinjaman dapat dilakukan secara fleksibel kapanpun dan dimanapun.
  • Proses pencairan dana pun mudah langsung melalui aplikasi Jenius tanpa ada dokumen tambahan.
  • Prosedur pembayaran cicilan dan pelunasan yang mudah dan bahkan pembayaran lebih awal dapat memangkas beban bunga.

Cara Pengajuan Flexi Cash

Buka aplikasi Jenius dan pilih menu di kiri atas lalu pilih fitur “Flexi Cash”. Pada tahap ini aplikasi akan meminta Anda untuk mencoba menghitung penawaran.

Cara Mencairkan Pinjaman Jenius

Pertama silahkan buka aplikasi Jenius kamu, lalu pilih menu “Flexi Cash”. Pada langkah ini Anda akan kembali menerima informasi tentang batas dana yang dapat ditarik.

Pilih menu “Tarik Flexi Cash”, pilih jumlah pinjaman dan isi rencana penggunaan dana kemudian pilih “Lanjutkan”.

Langkah selanjutnya, silahkan tentukan tenor atau jangka waktu kredit yang Anda inginkan. Pada tahap ini Anda juga bisa melihat berapa bunga pinjaman Flexi Cash Anda serta total pengembalian yang harus Anda bayarkan.

Pilih menu “Lanjutkan” untuk proses selanjutnya dan silakan lihat tanggal jatuh tempo pembayaran Anda. Jika Anda memilih tenor lebih dari 1 bulan, Anda bisa mengembalikan pinjaman sesuai dengan jadwal pembayaran yang tertera.

Pilih menu “Tarik” untuk melakukan pencairan pinjaman ke akun Jenius Anda.

Cara Pembayaran dan Pelunasan Pinjaman Flexi Cash

Sebenarnya pembayaran pinjaman akan otomatis didebet setiap bulan dari saldo akun aktif kamu. Namun jika Anda ingin mempercepat proses pembayaran, Anda dapat melakukannya dengan mudah dan cepat.

Prosedur pembayaran dipercepat dapat dilakukan dengan dua metode. Pertama adalah pembayaran sebagian, artinya Anda membayar cicilan dan kedua, dengan membayar seluruh pinjaman yang telah Anda cairkan.

Proses Pembayaran Parsial Anda dapat mengikuti langkah-langkah di bawah ini

  • Buka aplikasi Jenius lalu pilih fitur “Flexi Cash”. Pilih menu “Pinjaman” lalu pilih pinjaman yang ingin Anda percepat pembayarannya.
  • Pilih menu “Bayar Lebih Awal”, lanjutkan dengan memilih jumlah pembayaran lalu pilih menu “Lanjut”.
  • Lihat informasi yang menampilkan pokok pinjaman dan bunga pinjaman yang ingin Anda bayarkan, lalu pilih “Bayar Angsuran”.
  • Setelah cicilan sebagian berhasil dilakukan, harap dibaca dan diingat sisa jadwal pembayaran dan nominalnya. Pilih menu “OK” dan sebagian pinjaman Jenius Anda telah berhasil dibayarkan.

- Advertisement -

Proses pembayaran pinjaman Jenius secara penuh dapat dilakukan dengan beberapa langkah sebagai berikut

  • Buka aplikasi lalu pilih fitur “Flexi Cash”. Pilih menu “Pinjaman” lalu pilih pinjaman yang ingin Anda percepat pembayarannya.
  • Pilih menu “Bayar Lebih Awal”, lanjutkan dengan mengisi nominal pembayaran sesuai sisa pinjaman kemudian pilih menu “Lanjut”.
  • Lihat informasi yang menampilkan pokok pinjaman dan bunga pinjaman yang ingin Anda bayarkan dan pilih “Bayar Angsuran”.
  • Sukses, pinjaman Flexi Cash Anda sudah lunas.

Cara Mendapatkan Flexicash

Pinjaman online yang satu ini sangat dibutuhkan oleh nasabah terutama nasabah lama yang telah memiliki saldo bertahun-tahun. Flexicash tanpa jaminan apapun untuk meminjam uang namun jangan dianggap sepele karena ada kekuatan hukum.

Tidak ada cara mudah agar mendapatkan flexicash, hanya keberuntungan yang memihak yang akan mendapatkan fitur ini. Bagi mereka yang beruntung bisa mengajukan pinjaman, lama proses pengajuan hanya 1 hari kerja.

Keamanan Jenius

Terkait urusan keamanan, bank memastikan pembayaran QRIS dilengkapi dengan pengamanan berlapis berupa biometrik sidik jari atau sensor wajah dan PIN.

Pengguna juga dapat memanfaatkan otentikasi transaksi dengan mengatur batasan sesuai kebutuhan. Misalnya batas Rp. 100 ribu, pengguna akan dimintai password setiap kali ingin melakukan pembayaran.

Demikian artikel tentang produk dari BTPN sejak 2016 yakni Jenius. Dengan kehadiran produk ini, nasabah semakin mudah bertransaksi kapan saja dan dimana saja. Jadi, sudah jelas produk ini bukan penipuan yang ada hanyalah kesalahpahaman dan perubahan sistem.

- Advertisement -

Leave A Reply