Thermostat Kijang : Fungsi, Cara, Dan Efek Pasang Pada Super, Grand, Kapsul, Dan Innova

Apa itu Thermostat kijang? Apa fungsi Thermostat? Apa efek lepas Thermostat? Punya masalah dengan radiator atau thermostat mobil kijang Anda? Tenang, masalah akan selesai tanpa harus datang ke kantor pegadaian, koperasi, bank, dan showroom.

Ada banyak komponen mobil kijang yang mungkin belum Anda pahami selain sistem pendingin, salah satunya mungkin thermostat. Thermostat adalah membantu radiator untuk menjaga suhu mesin tetap ideal.

Untuk membangun sebuah unit mobil tidak hanya membutuhkan sasis, mesin atau suspensi. Namun, ada bagian lain yang juga kerap menjadi satu kesatuan untuk membuat mobil laik jalan.

Dari beberapa komponen kecil yang membuat mobil lebih nyaman dikendarai adalah termostat. Apakah Anda familiar dengan nama itu? Jika tidak, maka kita akan membahas fungsi termostat dan apa yang akan terjadi pada mobil jika bagian tersebut rusak.

Biasanya komponen ini berkaitan erat dengan sistem pendingin mesin. Pada dasarnya fungsi thermostat adalah untuk mengatur sirkulasi cairan pendingin mesin yang berasal dari radiator, sehingga dapat mencegah mobil dari panas berlebih.

Apa Itu Thermostat

- Advertisement -

Komponen ini berbentuk seperti segitiga di bagian atas dan persegi di bagian bawah. Selain itu, termostat juga dilengkapi dengan komponen pegas di dalamnya yang dapat memberikan fungsi maksimal dalam kinerjanya.

Berbicara soal dimensi memang tidak terlalu besar dan tidak terlalu kecil, namun jika komponen ini rusak pasti akan kesulitan. Jarang sekali pemilik mobil menggantinya padahal harga thermostat sendiri tidak mahal namun efeknya luar biasa.

Thermostat Kijang

Dari segi fungsi thermostat, selain untuk mengatur sirkulasi, komponen ini juga berfungsi untuk menjaga suhu mesin pada kondisi ideal.

Selain itu, mengenai letaknya, termostat biasanya menempel pada saluran air atau pendingin, di mana saluran air dari mesin diperuntukan untuk komponen radiator.

Bisa dibayangkan bagaimana jika komponen tersebut rusak? Akibatnya suhu mesin akan lebih panas karena tidak ada sistem pendingin dari bagian ini. Fungsi radiator juga akan terganggu karena komponen yang terhubung dengannya rusak.

Untuk menjaga komponen-komponen tersebut dalam kondisi prima, ada baiknya memperhatikan beberapa hal. Jika rusak, dijamin mobil tidak akan optimal untuk digunakan baik harian maupun luar kota.

Thermostat Mobil Rusak

Menurut Arif, kerusakan thermostat biasanya terjadi karena pemiliknya jarang melakukan perawatan. Biasanya karena pemilik malas melakukan perawatan dan menguras radiator, maka ada efek performa lainnya.

Ciri-ciri thermostat mobil yang rusak dapat ditunjukkan dengan suhu mobil yang tiba-tiba naik dari biasanya. Untuk normal, indikator suhu mesin biasanya berada di tengah.

Namun, jika Anda bergerak sedikit dari tengah ke arah huruf H (Panas), bisa dipastikan ada yang tidak beres dengan sektor pendinginan mesin.

Sementara itu, ciri lain termostat mobil yang rusak adalah penggunaan bahan bakar yang boros. Karena kinerja fungsi thermostat tidak maksimal, kinerja di ruang mesin juga akan ekstra.

“Mungkin banyak yang belum tahu. Kenapa kerusakan thermostat bisa bikin boros? Karena itu, dari suhu mesin yang terus menerus rendah, konsumsi bahan bakar akan meningkat untuk menunjang performa mesin,” tambah Arif.

Jadi saat suhu mesin selalu terlihat sejuk atau dingin pada indikatornya, namun di sisi lain Anda merasa konsumsi bahan bakar semakin boros karena mesin bekerja lebih keras.

Jadi bukan tidak mungkin, hal ini terjadi karena thermostat rusak dan tidak bisa membaca suhu mesin dengan benar. Harga thermostat mobil murah sekali, jangan ragu untuk memasangnya kembali asalkan thermostat asli bukan palsu.

Lepas Thermostat Sembarangan

Jika memang termostat mobil rusak dan tidak bisa diperbaiki, maka Anda juga harus menggantinya. Dalam penggantiannya, jangan menggunakan barang tiruan alias KW, karena akan mempengaruhi kinerja komponen tersebut.

Segera bawa mobil Anda ke bengkel resmi atau bengkel langganan untuk diperiksa. Dengan kondisi suhu mobil yang tidak teratur, maka performa mobil juga akan tergadaikan.

- Advertisement -

Lalu yang juga penting, ketika fungsi thermostat rusak, jangan pernah melepas sendiri part tersebut. Karena komponen ini merupakan salah satu hal yang harus dipasangkan agar dapat memberikan kenyamanan dalam berkendara.

Efek Tidak Pasang Thermostat

Jika Anda melepas thermostat mobil, ada beberapa kerugian yang akan Anda hadapi. Mulai dari tidak adanya alat yang bisa mengatur sirkulasi pendinginan mesin. Tentunya nantinya performa mesin akan lebih kencang, sehingga konsumsi bahan bakar akan lebih boros.

Efek selanjutnya adalah mesin cepat panas. Alasannya tidak ada efek pendinginan yang diberikan, karena termostat mobil terputus.

“Jika termostat dilepas, akan memakan waktu lebih lama untuk mencapai suhu ideal, karena tidak ada kapasitas pendinginan untuk komponen tersebut. Ya ujung-ujungnya overheat, mesin jadi lebih cepat panas,” kata Jones.

Selama mobil Anda memiliki garansi resmi, atau Anda sudah merasa tidak enak dengan mobil Anda, silakan kunjungi bengkel untuk segera diperiksa untuk memberikan kenyamanan dalam berkendara.

Tidak sedikit pemilik mobil yang sering mendengar istilah termostat namun masih belum mengetahui secara pasti fungsi komponen yang sebenarnya.

Melansir dari laman Suzuki Indonesia, Thermostat merupakan salah satu jenis komponen mobil yang termasuk dalam sistem pendingin. Fungsi termostat adalah untuk mengatur cairan pendingin pada mesin mobil. Sebagai sistem pendingin, fungsi termostat mampu mencegah terjadinya panas berlebih karena mampu menjaga kestabilan suhu mesin.

Efek Pasang Thermostat

Ukuran termostat yang kecil ternyata mampu memberikan dampak yang cukup besar pada mobil kesayangan Anda. Oleh karena itu, keberadaan fungsi termostat yang sangat penting akan menimbulkan efek buruk jika Anda melepasnya dari komponen mobil yang ada.

Termostat terdiri dari dua jenis katup logam otomatis dan memiliki fungsi yang berbeda. Katup buka tutup pada termostat dapat mengontrol air panas di ruang mesin dengan air dingin di radiator.

Fungsi thermostat yang mampu mengatur cairan pendingin yang mengalir dapat membuat mesin mobil anda memiliki tenaga yang besar. Dengan demikian, dapat dikatakan bahwa mobil yang dijalankan tanpa termostat akan kehilangan tenaga.

Cara Kerja Thermostat Mobil Kijang

Sama seperti komponen lain pada mobil, termostat juga memiliki fungsi dan cara kerja tersendiri. Sebagai pemilik mobil, Anda mungkin tidak sepenuhnya memahami cara kerja termostat di dalam mobil.

Pada dasarnya, cara kerja termostat adalah mengikuti komponen lain dalam sistem pendingin mobil Anda. Awalnya, pompa air akan memompa air ke arah mesin.

- Advertisement -

Setelah dipompa, air akan melalui water jacket atau aliran air yang mengelilingi mesin mobil. Air pendingin akan membuat suhu panas di mesin keluar melalui selang hingga masuk ke radiator.

Jika suhu mesin sudah mencapai 85 hingga 90 derajat Celcius, katup termostat akan terbuka.

Setelah suhu di dalam mesin mulai menurun, katup termostat akan menutup kembali. Katup termostat akan membuka dan menutup secara otomatis tanpa perlu dikendalikan.

Cara Pasang Thermostat Kijang 5K, 7K, Dan Kapsul Yang Benar

Thermostat merupakan bagian penting dari sistem pendingin mobil, oleh karena itu jika terjadi kerusakan pada termostat akan mempengaruhi seluruh rangkaian sistem pendingin. Jadi pemeriksaan pada thermostat harus dilakukan dengan benar untuk mengetahui apakah ada masalah atau tidak.

Jika masalahnya terletak pada termostat, maka penggantian komponen tersebut dapat dilakukan untuk mengatasi masalah panas berlebih pada mobil.

Langkah pertama yang harus Anda lakukan adalah mendapatkan akses ke bagian termostat. Ingatlah untuk menggunakan sarung tangan tebal saat melakukan proses ini.

Untuk mendapatkan akses termostat, Anda perlu membuka kap mesin dan mencari radiator, mengingat fungsi termostat mobil adalah untuk mengalihkan jalur air melalui radiator.

Anda dapat mengidentifikasi termostat dengan selang hitam pendek yang terlihat di radiator, selang akan dipasang ke penutup termostat.

Setelah Anda menemukannya, lepaskan media pendingin mesin dan lepaskan saluran air atau selang karet atas. Lepaskan penutup termostat dan keluarkan dari tempatnya untuk diganti dengan yang baru.

Pasang gasket baru pada termostat, lalu sejajarkan jiggle valve pada komponen dengan tanda di sisi kanan.

Anda dapat menggeser posisi jiggle valve 10 derajat ke kanan atau kiri tanda, lalu memasukkannya ke dalam wadah saluran. Kemudian pasang kembali outlet air atau selang karet atas.

Dengan begitu cara memasang termostat pada mobil sudah berhasil dilakukan dengan benar, dan termostat dapat bekerja untuk mengatasi panas berlebih pada mobil.

Sistem pendingin mesin mobil sangat penting, termasuk termostat.

Jika salah satu komponen mengalami masalah, maka seluruh sistem tidak akan bekerja maksimal untuk mendinginkan suhu mesin sehingga overheating tidak teratasi.

Demikian permasalahan Thermostat Kijang di Varian Super, Grand, Kapsul, dan Innova. Penjelasan digital thermostat akan dijelaskan dihalaman berikutnya.

- Advertisement -

Leave A Reply