9 Efek Tidak Pasang Thermostat Pada Mobil Kijang, Segera Pasang

Apa yang terjadi jika thermostat rusak? Pasti ada ketidakseimbangan dalam sistem. Efek tidak pasang thermostat akan langsung dirasakan oleh pengemudi tanpa harus menunggu lama.

Melepas thermostat bukanlah solusi agar mesin tidak panas berlebihan justru mesin tidak lama mencapai suhu yang ideal. Banyak orang salah menilai hal ini, dianggap thermostat tidak penting untuk cuaca di Indonesia.

Termostat berfungsi sebagai pengatur sirkulasi cairan pendingin mesin. Begitu mesin hidup saat masih dingin, thermostat menutup sehingga air pendingin tidak mengalir ke radiator dan hanya ada di mesin. Tujuannya agar mesin cepat mencapai suhu kerja optimal.

Namun, sebelum ada menghakimi mereka yang tidak memakai thermostat, setidaknya Anda harus tahu efek positifnya.

Efek Tidak Pasang Thermostat Pada Mobil Kijang

Air pendingin selalu bersirkulasi dari mesin ke radiator ke mesin lagi karena tidak ada perintah dari thermostat. Keuntungan.? Mesin tidak cepat panas. Tapi tahukah Anda dampak buruknya.?

Pertama, komponen mesin Anda cepat aus karena ekspansi yang tidak teratur. Kedua, mesin sulit mencapai suhu kerjanya dan bahkan tidak akan pernah mencapainya.

- Advertisement -

Tidak Pasang Thermostat Pada Mobil

Tidak hanya itu, motor Anda juga akan semakin boros bahan bakar, performa drop dan berbagai hal negatif lainnya.

Sedangkan dalam otomatologi, mesin yang baik digunakan adalah mesin yang telah mencapai temperatur kerjanya. Dimana semua komponen siap melakukan tugasnya. Intinya, mesin lebih baik jika panas asalkan panasnya tidak berlebihan. Kalaupun berlebihan pasti ada salah satu komponen yang bermasalah seperti thermostat rusak.

Lalu bisakah melepas thermostat dapat menghilangkan panas dan membuat mesin menjadi dingin? Tidak. Nyatanya itu hanya akan memperburuk keadaan. Dan sebuah pelajaran dapat dipetik jika melepas thermostat hanyalah tindakan yang sia-sia.

setiap komponen pada suatu kendaraan tentunya dibuat untuk suatu tujuan tertentu yang dapat bermanfaat bagi mobil itu sendiri, seperti salah satunya adalah komponen termostat yang di antara banyak orang bahkan di forum otomotif ada yang berpendapat bahwa melepas termostat itu baik karena itu membuat mesin mobil stabil. dingin.

Tapi tunggu dulu, pendapat seperti itu banyak beredar di masyarakat dan banyak juga yang melakukan itu, yaitu melepas thermostat agar mesin mobil ini tidak memiliki thermostat yang berfungsi untuk mengatur sirkulasi air pendingin mesin.

Bahaya Melepas Thermostat

Nah pada kesempatan kali ini penulis akan memberikan review mengenai kerugian yang akan anda dapatkan dari melepas thermostat ini dari mesin mobil. Kami tidak akan membahas kelebihannya karena sudah pasti melepas termostat ini tidak ada manfaatnya sama sekali.

  1. Mesin bergetar ketika karena suhu kerja tidak tercapai di awal
    Keberadaan termostat ini sangat vital mengingat termostat ini hampir mirip dengan kran otomatis yang akan membuka dan menutup sesuai dengan suhu air radiator. Katup termostat ini saat mesin masih dingin akan berada pada posisi tertutup, sehingga mesin mobil cepat mencapai temperatur kerja sehingga putaran mesin mesin mobil menjadi stabil, idle atau orang awam menyebutnya lambat. Tanpa thermostat ini saat pertama kali mesin dihidupkan akan sulit mencapai titik temperatur kerja sehingga mesin tidak melambat, dampaknya mesin mobil akan bergetar hebat di awal perjalanan, sehingga hal ini akan juga mengakibatkan konsumsi bahan bakar mobil menjadi boros.
  2. Mesin overheat saat digunakan untuk perjalanan jauh/macet macet
    Ketika Anda memutuskan untuk melepas termostat dari mesin, maka saat mobil distarter akan sulit mencapai suhu kerja dan membuat mesin mobil bergetar, rpm tidak stabil alias lamban.

Dan ketika mobil digunakan untuk perjalanan jauh, apalagi jika sering terjebak macet, pada saat itu semua air di cooling room dan juga di radiator menjadi panas semua, dan setelah semua air pendingin ini panas, otomatis membuat bagian terlemah dalam sistem. pendinginan akan meledak, dalam hal ini selang atau tabung radiator.

Ciri Ciri Mobil Tidak Pakai Thermostat

Dari mesin mobil tanpa termostat, Anda dapat melihat dua warna yang berbeda, yaitu warna merah yang menunjukkan suhu air panas, dan warna biru yang menunjukkan suhu air dingin.

Saat Anda melepas thermostat dari mesin mobil, maka saat mobil digunakan untuk perjalanan jauh dan terjebak macet, Anda bisa menemukan semua warna di atas berubah menjadi merah yang menandakan bahwa seluruh cairan pendingin panas sehingga menyebabkan panas berlebih.

Situasi ini akan jauh berbeda jika termostat dipasang di mobil dengan benar, nanti Anda akan mendapatkan dua air pendingin dalam keadaan yang berbeda, yang satu di mesin panas, sedangkan yang di gril radiator dingin.

Demikianlah Efek Tidak Pasang Thermostat Pada Mobil Kijang yang diambil dari berbagai sumber.

Comments are closed.