Kerusakan Pada Smartphone Poco F4, Ini Penyebab dan Cara Mengatasi Tanpa Ke Tukang Servis

Poco F4 atau Poco F4 GT Rusak? Ini Cara Mengatasinya – Dalam dua tahun terakhir, nama Xiaomi semakin populer di pasar smartphone global. Kepopuleran brand asal China ini tak lepas dari konsistensinya dalam memperkenalkan smartphone murah namun berkualitas.

Namun, merek Xiaomi versi Poco ini yang dijuluki “Apple from China” bukannya tanpa masalah. JalanTikus dalam sebuah artikel menyebutkan, berdasarkan survei, Xiaomi masuk dalam daftar lima besar merek paling bermasalah menurut konsumen.

Oleh karena itu, pada artikel kali ini mimin akan membahas solusi atau cara ampuh yang bisa kamu coba praktekkan agar masalah tersebut bisa teratasi dengan cepat, benar, dan tanpa mengeluarkan biaya sepeser pun.

Namun, sebelum mencoba langkah-langkah di bawah ini, Anda perlu memeriksa ulang ponsel Xiaomi Anda apakah ada kerusakan fisik, kemasukan air, atau sebagainya.

Karena jika nanti disebabkan oleh physical damage maka jika melakukan langkah-langkah di bawah ini akan sia-sia nantinya, maka dari itu sebaiknya periksa kembali body ponsel anda.

Kerusakan Pada Smartphone Poco F4 Android

Jika sudah dicek dan kondisinya masih bagus, maka lanjutkan dengan mengikuti cara yang ada di artikel ini, karena kemungkinan besar kerusakan yang terjadi karena disebabkan oleh ROM yang tidak stabil.

Bug Poco F4

Nah, di bawah ini akan kami uraikan beberapa masalah yang sering dijumpai pada smartphone Xiaomi dan cara mengatasi poco f4 GT dan Poco F4 rusak.

Pemberitahuan aktivasi kartu SIM

Tidak masalah, namun terkadang mengganggu saat muncul notifikasi “kartu SIM tidak diaktifkan”. Padahal sudah jelas kartu SIM kita aktif.

Jadi mengapa Anda suka menunjukkan kartu SIM aktivasi? Investigasi memiliki kalibrasi, ini karena Anda belum memverifikasi nomor yang Anda gunakan di MiTalk (Akun Saya).

Smartphone Poco F4

Untuk mengaktifkannya, buka https://i.mi.com. Kemudian masukkan nomor yang Anda daftarkan di Akun Saya dan tunggu SMS verifikasi yang masuk.

Boros baterai saat terhubung ke WiFi

Pernahkah Anda merasa baterai smartphone Xiaomi Anda habis saat terhubung ke WiFi? Padahal sinkronisasi email sudah dimatikan. Selain sinkronisasi email, Xiaomi juga melakukan pencadangan rutin di MiCloud. Sekarang saat mencadangkan ke MiCloud, baterai terbuang percuma.

Lalu bagaimana solusinya agar baterai tidak boros? Anda dapat dengan mudah keluar dari Akun Saya, sehingga tidak akan ada lagi proses pencadangan. Caranya masuk ke menu My Account, lalu pilih Sign Out.

Tidak ada pengaturan pemulihan

Keberadaan Recovery Setting di Android sangatlah penting. Pengaturan pemulihan ini dapat digunakan untuk pencadangan, penghapusan data yang mudah, dan pemutakhiran sistem.

Sayangnya, semua smartphone Xiaomi yang hadir di penghujung tahun 2015 dan hadir di tahun 2016 tidak dilengkapi dengan pengaturan recovery. Pasalnya, semua smartphone Xiaomi terbaru sudah dikunci Bootloadernya.

Untuk menginstal Pemulihan di Xiaomi, Anda harus membuka kunci Bootloader terlebih dahulu. Untuk membukanya secara resmi, Anda dapat membuat permintaan buka kunci bootloader terlebih dahulu melalui https://en.miui.com/unlock/ dan ikuti langkah-langkah di bawah ini.

Setelah bootloader berhasil dibuka kuncinya, Anda dapat menginstal pemulihan menggunakan perintah Adb. Setelah itu, Anda juga dapat melakukan root pada Android Anda dengan mudah. Anda bahkan dapat menginstal ROM khusus.

Google Asisten tidak berfungsi

Google Now adalah layanan asisten suara di platform Android. Tidak ada bedanya dengan Siri di iPhone. Untuk mengaktifkannya, pengguna dapat mengeluarkan perintah “Ok Google”.

Namun pada Xiaomi ternyata perintah “OK Google” tidak bisa digunakan secara default.

Jika Anda terbiasa menggunakan Google Now dan ingin mengaktifkan perintah suara “OK Google” dari layar mana pun, Anda dapat mengaktifkannya. Caranya adalah dengan masuk ke menu Security > Permissions. Di bagian Izin, temukan aplikasi Google dan periksa bagian Modifikasi pengaturan sistem.

Kontak WhatsApp tidak muncul

Jika ternyata kontak WhatsApp Anda tidak muncul di smartphone Xiaomi Anda, jangan panik. Ini terjadi karena Anda belum memberikan izin WhatsApp untuk mengakses informasi kontak Anda. Untuk mengatasinya, buka menu Security > Permissions, lalu cari WhatsApp. Jangan lupa untuk mencentang kotak Kontak.

Notifikasi Aplikasi tidak masuk dan ditutup

Seperti aplikasi lainnya, BlackBerry Messenger (BBM) adalah aplikasi obrolan yang harus tetap berjalan di latar belakang agar semua notifikasi tiba secara real time.

Namun karena manajemen aplikasi yang ketat di MIUI, Anda mungkin kesulitan menerima notifikasi BBM. Bahkan ada kalanya logo BBM tiba-tiba hilang.

Untuk mengatasi masalah BBM di Xioami, cukup buka Security > Permissions. Pilih Autostart dan aktifkan fitur autostart BBM. Cara ini juga berguna agar semua aplikasi bekerja dengan sempurna di MIUI.

Hamparan Ikon Aplikasi Tidak Ada

Tidak seperti ponsel Android lainnya, ikon overlay tidak bisa begitu saja muncul di Xiaomi karena keterbatasan sistem MIUI. Tapi ini bisa dibodohi.

Untuk memunculkan icon overlay pada smartphone Xiaomi Anda, caranya adalah dengan memberikan akses ke layar popup Windows. Anda dapat mengaktifkannya di menu Security > Permissions. Pada tab Permissions, berikan akses ke Windows Pop-up View.

Penyebab Smartphone Xiaomi Poco F4 Cepat Rusak

Perlu diketahui kebiasaan yang menyebabkan ponsel cepat rusak agar Anda bisa menghindarinya dan menjaga performa ponsel tetap prima.

HP sudah menjadi kebutuhan utama bagi banyak orang. Selain berfungsi sebagai alat komunikasi, smartphone sering digunakan untuk mengakses perangkat pendukung pekerjaan dan hiburan.

Namun, masih banyak pengguna ponsel yang memiliki kebiasaan yang justru menyebabkan ponsel cepat rusak.

Ponsel yang seharusnya masih bisa digunakan perlu diperbaiki atau bahkan diganti dengan yang baru. Seperti dilansir KOMPAS.com pada Rabu (25/5/2022), berikut 7 kebiasaan yang menyebabkan ponsel cepat rusak, dilansir dari Gadgets Now.

Menggunakan charger yang salah

Hampir semua ponsel memiliki desain baterai dan sistem pengisian yang berbeda. Jika pengguna tidak menggunakan charger atau charger yang tepat, kapasitas baterai HP bisa cepat rusak.

Oleh karena itu, gunakanlah charger original atau minimal charger yang memiliki output tegangan sesuai dengan kapasitas baterai.

Mengunduh aplikasi berbahaya

Penyebab kerusakan ponsel berikutnya adalah mengunduh dari aplikasi sembarangan, bukan dari toko aplikasi resmi seperti Google Play Store atau App Store.

Mengunduh non-aplikasi dari toko ini tidak disarankan karena dapat membuat HP terkena m4lw4r3, yang dapat mengganggu kinerja HP ​​atau mencuri data pribadi pengguna.

Tidak memperbaharui sistem keamanan

Kebiasaan tidak mengupdate sistem keamanan juga bisa menyebabkan ponsel cepat rusak. Pabrikan HP biasanya memberikan pembaruan sistem keamanan kepada penggunanya secara rutin.

Update ini berguna untuk melindungi pengguna dari aplikasi yang mengandung m4lw4r3 yang dapat mengganggu kinerja HP.

Tidak update sistem operasi dan aplikasi

Kebiasaan tidak update sistem operasi dan aplikasi juga bisa menyebabkan ponsel cepat rusak. Ibarat sistem keamanan, update versi dan aplikasi sistem operasi ditujukan untuk meningkatkan kinerja HP. Pembaruan sistem operasi dan versi aplikasi kerap menghadirkan sejumlah perbaikan, seperti memperbaiki sejumlah bug yang dapat mengganggu kinerja HP.

Rooting

Rooting atau membobol sistem operasi untuk mendapatkan akses penuh ke HP juga harus dihindari. Rooting biasanya digunakan untuk mengganti sistem operasi bawaan HP dengan sistem operasi yang dimodifikasi yang dibuat oleh pengembang pihak ketiga.

Meskipun Anda dapat mengoperasikan ponsel secara optimal sesuai keinginan, rooting dapat menyebabkan masalah yang sangat serius pada sistem keamanan.

Tidak menggunakan cover

Tidak menggunakan cover atau pelindung membuat HP lebih rentan rusak. Casing pada dasarnya didesain untuk memberikan perlindungan ekstra pada bodi HP, sehingga tidak akan pecah jika terjatuh.

Mengisi daya ponsel saat bermain game

Kebiasaan mengisi daya saat bermain game membuat ponsel Anda rentan rusak. Pasalnya, HP membutuhkan kerja tambahan untuk mengoperasikan sebuah game. Saat ponsel bekerja lebih banyak, suhu akan naik.

Jika gaming dan charging dilakukan bersamaan, panas akan meningkat drastis. Beberapa komponen HP bisa cepat rusak, terutama baterai, jika terus menerus terpapar panas ekstrim akibat aktivitas tersebut.

Tips Agar Xiaomi Anda Tetap Awet – Di era digital ini, kita akan selalu bersinggungan dengan teknologi, tak terkecuali smartphone.

Jika dulu smartphone hanya digunakan untuk berkirim pesan atau menelepon saja, kini digunakan untuk berbagai aktivitas seperti sosial media untuk menunjukkan eksistensi kita, streaming untuk media hiburan kita, dan gaming untuk menyalurkan hobi kita.

Dengan sering digunakan, Xiaomi Anda akan cepat rusak jika tidak dirawat atau digunakan dengan hati-hati.

Saya sendiri sudah menggunakan salah satu smartphone Xiaomi selama lebih dari 3 tahun dan sejauh ini tidak ada masalah atau kerusakan walaupun saya menggunakannya lebih ekstrim lagi dengan sering modding smartphone Xiaomi dengan berbagai custom ROM, porting ROM, dll.

Ada beberapa hal yang saya hindari saat menggunakan smartphone agar tahan lama dan ini juga berlaku untuk iphone. Demikian penjelasan kerusakan pada hp xiaomi tercanggih pada saat ini, kerusakan tersebut bukanlah kelemahan poco F4 karena masih banyak kelebihan Poco F4.

Leave A Reply