- Advertisement -

Jual Beli Mobil Bekas Bondowoso Jember Dan 12 Tips Membeli Mobil

Jual Beli Mobil bekas Bondowoso jember – Membeli mobil menjadi idaman banyak orang selain memudahkan transportasi sehari-hari namun terkadang juga menjadi nilai tambah bagi sebagian orang, selain dari faktor keselamatan dan keamanan mengendarai mobil pribadi dibandingkan dengan kendaraan lain seperti sepeda motor, sepeda, dan seterusnya.

Menggunakan mobil pribadi juga menjadi kenyamanan tersendiri karena bisa terlindung dari panas dan hujan, jadi bisa atur waktu tempuh sendiri.

Namun, tidak semua orang memiliki kesempatan atau keinginan untuk membeli mobil baru, banyak pertimbangan yang mungkin mereka pikirkan sehingga mereka memutuskan untuk membeli mobil bekas (mokas).

Diantaranya adalah faktor depresiasi harga mobil, penghematan anggaran, bukan prioritas utama, hingga keterbatasan dana. Tidak sedikit orang yang menganggap membeli mobil seken yang masih layak dikendarai.

10 Tips Membeli Mobil Bekas

Sayangnya, tidak semua orang bisa membeli mobil yang mereka inginkan. Harga sebuah mobil masih tinggi, jadi mereka tidak mampu membelinya. Namun bagi Anda yang memang ingin memiliki mobil, atasi masalah finansial ini dengan mencari dan membeli mobil bekas.

- Advertisement -

Mobil bekas? Bisakah kualitasnya dijamin? Sekalipun itu mobil second, jika bisa dengan cermat dan tepat memilih mobil, Anda bisa mendapatkan mobil yang bagus dan berkualitas.

Jual Beli Mobil Bekas Bondowoso Jember
Mobil bekas Bondowoso Jember | Foto: Facebook

Dari hal tersebut, sayangnya tidak semua orang bisa cermat dalam memilih mobil seken di Bondowoso dan Jember yang bagus dan berkualitas.

Bagi Anda yang memang berniat membeli dan mengincar mobil seken yang bagus dan berkualitas, bisa menerapkan trik dan cara berikut ini.

Baca Review Mobil

Periksa apakah mobil tersebut memiliki rekam jejak sebagai mobil yang andal. Sesuaikan dengan iklim dan kondisi jalan di Indonesia.

Anda bisa menemukan mobil bekas di Indonesia yang murah tapi tidak bisa diandalkan, atau cepat rusak.

Siapkan lebih banyak uang untuk membeli sesuatu yang lebih dapat diandalkan. Dengan membeli mobil yang lebih andal, Anda dapat meminimalisir kemungkinan keluar masuk garasi untuk memperbaiki mobil seken Anda.

Setiap merk mobil pasti memiliki kelebihan dan kekurangannya, misal mobil Jepang dan Eropa Amerika. PAda umunya mobil Jepang lebih mudah dijual kembali dibanding mobil Eropa Amerika.

Contoh mobil Jepang yang dijual di Indonesia yakni Honda, Mitsubishi, Toyota, Daihatsu, Suzuki, Mazda, Subaru, Isuzu, dan Nissan.

Contoh mobil Amerika Eropa yakni BMW, Audi, Pegeout, Porshe, Range, Lamborghini, Volkswagen, dan Ferarri.

Mobil besutan Amerika Eropa memang bagus untuk interior, body, dan mesin namun cat tak sekuat mobil jepang maka dari itu berhati-hatilah jika akan mencuci mobil.

Bahan Bakar

Mobil yang ditujukan untuk penggunaan sehari-hari biasanya lebih irit bahan bakar. Dibandingkan dengan mobil yang diproduksi untuk tujuan olahraga atau dikendarai di medan yang berat.

Tetap berpegang pada opsi mobil harian 4 pintu akan menghemat bahan bakar. Kemudian kelebihan sisa dana Anda bisa digunakan untuk membeli produk asuransi mobil.

Riwayat Mobil

Terdapat berbagai dealer atau penjual mobil seken yang menjual mobil tanpa memberikan informasi lengkap apakah mobil seken tersebut mengalami kecelakaan, banjir, atau kondisi buruk lainnya.

Menanyakan lebih banyak detail akan membantu Anda menghindari penyesalan nanti. Karena itu adalah hak Anda sebagai pembeli.

- Advertisement -

Informasi Harga Mobil Bekas Terbaru

Periksa iklan online, surat kabar lokal, dan situs web penjualan mobil untuk mengetahui nilai mobil bekas. Membaca harga jual terbaru dan review pengguna mobil sejenis bisa dijadikan panduan dalam melakukan negosiasi harga mobil bekas.

Ajak Mekanik Andalan Anda

Anda akan mengetahui jika mobil tersebut mengalami kecelakaan jika ada laporan riwayat servis yang diberikan oleh pemiliknya, namun seorang mekanik dapat mengetahui lebih detail apakah mobil bekas idaman Anda telah dirawat dengan baik.

Akan sangat mengecewakan jika Anda membayar sejumlah uang untuk sebuah mobil idaman, namun nantinya Anda menghabiskan puluhan hingga puluhan juta untuk perbaikan dan restorasi mobil bekas di Indonesia.

Lebih Cermat

Jangan gegabah dan terburu-buru saat melihat mobil bekas dijual murah. Usahakan untuk tidak keluar sendirian saat Anda bertemu dengan dealer mobil bekas.

Anda mungkin membutuhkan second opinion dari keluarga Anda, atau seseorang yang mengerti tentang mobil agar Anda tidak membuat pilihan yang salah.

Tes Drive

Buka kunci semua fitur yang melengkapi mobil. Termasuk AC (Air Conditioner), radio, kelistrikan, hingga fitur tambahan lainnya (jendela, spion, kunci, lampu utama, lampu sein, dll) yang melengkapinya.

Kendarai mobil di berbagai jenis jalan jika memungkinkan dan kendarai ke tempat parkir atau bukit yang kosong untuk menguji rem dan kopling. Tapi ingat, ini adalah mobil orang lain sebelum menjadi milik Anda, jadi hormatilah.

Perhatikan Kelistrikannya

Ini mungkin membutuhkan banyak uang untuk perbaikan. Cobalah cari mobil dengan usia yang lebih muda dan kelistrikan prima. Kecuali jika Anda berencana untuk merestorasi mobil klasik impian dan telah menyiapkan uang dalam jumlah besar.

Kondisi Mobil

Sementara mobil bekas dengan jarak tempuh lebih sedikit lebih baik dimiliki, kendaraan dengan jarak tempuh lebih jauh tidak buruk sama sekali.

- Advertisement -

Kondisi mobil lebih penting daripada jarak tempuh asalkan dirawat dengan baik.

Interior dan dasboard mobil bekas | Foto: Facebook

Hindari jual beli mobil bekas taksi, atau mobil bekas angkutan

Kendaraan ini secara fungsional dapat dikendarai setiap hari dalam jarak yang sangat jauh dan alat berat terkadang dipaksa bekerja sangat keras. Terkadang tidak dirawat dengan baik. Mobil semacam itu dulu dijual dengan harga sangat murah, tapi berisiko untuk dibeli.

Dokumen (Kelengkapan Surat)

Sertifikat kendaraan adalah hal krusial yang harus Anda perhatikan saat membeli mobil. Pastikan Anda mendapatkan BPKB dan STNK asli.

Perhatikan keaslian BPKB dan STNK mobil tersebut, karena saat ini banyak sekali surat berharga palsu yang beredar sehingga mobil curian tersebut laku dengan harga tinggi.

Anda harus memastikan bahwa mobil yang akan Anda beli memiliki BPKB dan STNK dengan nama asli pemiliknya. Dengan BPKB dan STNK yang asli dan lengkap, akan memudahkan Anda untuk mengganti nama dan urusan administrasi lainnya.

Garansi / Asuransi

Cara dan trik terakhir dalam memilih mobil bekas yang bagus dan berkualitas adalah dengan memperhatikan asuransi pada mobil tersebut. Jika mobil bekas yang akan Anda beli memiliki asuransi, tentunya ini akan lebih baik lagi.

Bagaimana dengan nama pemiliknya? Jangan khawatir, asuransi bisa dialihkan melalui proses pemindahan nama ke perusahaan asuransi yang menjamin kendaraan yang ingin Anda beli seperti Sinarmas, FIF, Adira, Auto2000 dan lainnya.

Jangan lupa persiapkan dokumen jual beli yang lengkap agar proses perubahan nama asuransi ini bisa berjalan dengan lancar.

Asuransi Mobil
Asuransi mobil | Foto: Pixabay

Riset Sebelum Membeli

Riset sebelum membeli merupakan hal yang wajib Anda lakukan sebelum membeli mobil bekas. Hal ini tentunya untuk menghindarkan Anda dari kerugian yang tidak perlu seperti kerusakan pada mobil bekas yang Anda beli hanya karena Anda tidak teliti memeriksa kondisi mobil sebelumnya.

- Advertisement -

Dengan menerapkan beberapa tips jual beli mobil bekas diatas, pembelian mobil apapun akan lebih menguntungkan untuk Anda gunakan untuk kebutuhan sehari-hari maupun untuk keperluan bisnis.

- Advertisement -

Leave A Reply