Penyebab Spam Score Naik Drastis Di Tahun 2020 Dan Cara Menurunkannya

- Advertisement -

Kabar tak sedap untuk para penulis blog ditahun 2020 yang tiba-tiba spam score (SS) naik drastis sehingga mereka kebingungan menurunkan dan sebagian merasa gagal dalam mengelola webiste.

Sebenarnya SS mendadak naik itu sudah hal biasa sejak mesin pencari meningkat algoritmanya demi terciptanya website yang berkualitas dan organik.

Meningkatnya SS dapat menurunkan kualitas search engine optimization (SEO), segera optimasi kembali SEO website kita secepat mungkin.

Disini akan dibuat contoh mesin pencari google karena sebagian blogger berangan-angan agar website masuk halaman satu (pageone) google dibandingkan mesin pencari raksasa lainnya seperti Bing, Yandex, Yahoo, Duckcukgo, dan Baidu.

Sejak tahun 2010 mesin pencari raksasa google telah mengumumkan kepada semua penulis blog dan pemilik web untuk mengelola dengan benar.

Dengan masuk pageone dipercaya akan meningkatkan pengunjung secara organik sehingga para blogger melakukan berbagai cara demi meningkatkan pengunjung.

- Advertisement -

Masih banyak yang melanggar algoritma google sehingga lambat laun mesin pencari yang berasal dari paman sam ini meningkatkan kewaspadaanya.

Penyebab Spam Score Naik Drastis

Banyak faktor yang menyebabkan SS tiba-tiba naik begitu saja, para blogger beropini bahwa backlink menjadi faktor utama SS padahal tak hanya backlink, ada faktor lain antaranya :

  1. Backlink
  2. Anchor text
  3. Konten
  4. Template
  5. Visitor

Dari 5 penyebab diatas masih banyak faktor lain, tapi admin journal mengambil informasi tersebut dari berbagai grup blogger dalam dan luar negeri.

Apa itu Spam Score?

Sebenarnya di algoritma google tidak ada kata spam score, ini hanya algoritma tool seo ahrefs dan moz dengan kriteria masing-masing yang dapat membantu terhindar dari penalty google.

Pada ahrefs domain dikatakan berkualitas jika domain authority (DA) mendekati angka 100% sedangkan di Moz disebut domain rank (DR).

Untuk penjelasan akan dijelaskan dibawah ini :

Backlink

Memang faktor utama SS adalah backlink dan ini tak dapat dihindari, apa alasannya?

Backlink (BL) merupakan cara cepat meningkatkan kualitas website namun jika salah menerapkan akan berakibat fatal berujung kena pinalti google yang berdampak menurunnya kualitas webiste.

Niat hati ingin mempromosikan website lain ke website kita namun akan jadi boomerang jika kita salah menerapkan.

Backlink ada dua yaitu

  • eksternal link
  • internal link

Eksternal link adalah link yang diambil dari website lain dan internal link adalah link yang berasal dari website kita sendiri.

Solusi

- Advertisement -

Agar terhindar dari pinalti google adalah dengan memilih website berkualitas lebih dari website kita, dengan begitu web yang akan dijadikan backlink harus aktif.

Fungsi backlink untuk mempromosikan website kita kepada mesin pencari sama hal kita sebagai mahluk sosial, kita tidak akan mudah sukses jika tidak dibantu oleh orang lain.

Maka dari itu orang lain yang mempromosikan kita harus benar-benar orang berpengaruh di lingkungan misalnya pejabat, kyai, guru, dan saudara.

Selain memilih website yang berkualitas, kita harus memperhatikan link yang kita masukkan jangan sampai salah.

Caranya bagaimana? kita pakai website filosofikopi.com sebagai contoh.

Misal link hidup filosofikopi.com

https://www.filosofikopi.com/2019/03/cara-membuat-kopi.html

Jika kita memasukkan link diatas sebagai eksternal link maka SS tidak akan naik tapi jika memasukkan link yang salah seperti

https://www.filosofikopi.com/2020/03/cara-membuat-kopi.html

Karena ketika klik link di atas akan menuju link error, SS akan naik. Namun itu terhitung rasio kesalahan.

Apabila website kita dijadikan eksternal link oleh website lain, apakah SS akan naik? Jawabannya adalah bisa jadi bisa tidak karena google memahami itu jika memang bukan kita yang melakukannnya.

Pada umumnya google akan menaikkan spam score apabila website tersebut berisikan webs ynag melanggar aturan misal web tentang p*rn0 dan kawan-kawan.

Solusinya dengan cara disavow melalui google search console (GSC) dan hindari :

  1. Jangan memasang eksternal link lebih dari 2
  2. Jangan memasang internal link lebih dari 2
  3. Jangan memasang dofollow 100%, harus ada nofollow.
  4. Jangan memasang link beda website dalam satu konten.

- Advertisement -

Coba, semoga berhasil.

Anchor Text

Perhatikan anchor text pada saat membuat eksternal dan internal link. Pilih anchor text sesuai dengan pembahasan link. Misal link :

” https://www.bendebesah.com/cara-mengoptimasi-seo-website “

Link diatas membahas tentang optimasi seo maka anchor text tidak jauh dari pembahasan misal :

  • seo
  • optimasi webiste
  • optimasi seo
  • website

Solusi

Bila jauh dari kata tersebut maka akan dianggap SS. Hindari hal seperti itu daripada berdampak buruk di kemudian hari.

Buat anchor text pendek maksimal 4 kata atau sesuai dengan keyword target utama.

Konten

Ingat konten adalah raja, ini sangat penting sekali sama halnya kita ingin jadi seorang penulis maka yang mempromosikan kita juga seorang penulis atau mereka yang memiliki skill penulisan.

Jika bukan maka akan ada keraguan pada pihak yang akan diajak kerjasama.

Solusi

Masih ada kaitannya dengan backlink dan anchor text, promosikan website sesuai dengan pembahasan, misal pembahasan tentang optimasi SEO maka eksternal internal link dan anchor text harus sesuai.

Buatlah konten yang berkualitas memberikan informasi tepat dan tidak dibuat-buat. Tidak perlu menggunkan bahasa baku seperti web berita, kita bisa menggunakan bahasa percakapan namun ejaan dan tulisan tidak disingkat.

Buat konten lebih dari minimal 300, standard 600 kata dengan kosakata unik. Ingat “kata” bukan karakter ya.

Template / Theme

template sangat berpengaruh sekali walaupun tidak seberapa dampaknya. pernah ditolak adsense google dengan keterangan :

  • Inventaris berharga
  • Pengunjung tidak valid
  • Alasan tidak jelas

Dari keterangan diatas pasti pernah mengalaminya dan bingung bagaimana cara mengatasinya.

Nah, itu mudah sekali bagai mereka yang pintar mengedit template tapi bagi pemula pastinya akan sedih.

Template juga pengaruh terhadap SS, kok bisa?

Terkadang menerapkan optimasi SEO pada template yang berlebihan akan berdampak buruk pada kesehatan website.

Solusi

Cara mengatasinya dengan memakai template / theme premium, untuk pengguna wordpress hindari penggunaan plugin SEO berlebihan.

Plugin satu dengan yang lain sering terjadi miss komunikasi sehingga kita harus baca aturan pakai plugin compatible dengan plugin apa saja.

Kecocokan antara kode script javascript dan html juga perlu diperhatikan, jangan sampai ada kode mati yang nampak.

Perbaiki navigasi jika perlu hindari pemasangan navigasi berlebihan dan diulang-ulang misal related pos di tengah artike dan dibawah artikel dengan pembahasan yang sama.

Visitor (Pengunjung)

- Advertisement -

Kemungkinan kecil penyebab spam score karena visitor tapi jangan diremehkan. Semakin banyak visitor semakin bangga jika itu visitor organik bukan non organik.

Yang dimaksud visitor non organik adalah visitor yang berasal dari ip dan device yang sama dalam waktu cepat. Ini berakibat SS naik drastis, tidak percaya? coba saja.

Solusi

Agar terhindar serangan visitor bertubi-tubi menggunakan cloudflare walaupun tak 100% setidaknya dapat mengurangi serangan tersebut.

Cari Keyword

Tool mencari keyword rekomendasi dari journal university :

  • Ahrefs (premium)
  • Moz (premium)
  • Uberguest (free)
  • Google planner (free)

Tips SEO

Bagi senior mungkin tidak berguna tetapi ini khusus blogger pemula yang ingin merasakan visitor naik. Rasanya akan percuma menulis jika tidak ada visitor dan masuk pageone dengan optimasi tanpa bantuan orang lain adalah kebanggaan luar biasa pada diri sendiri.

Tips menjadi penulis blog

  1. Buat konten sesuai passion dan kemampuan
  2. Hindari copy paste
  3. Hindari backlink
  4. Riset keyword
  5. Pilih keyword yang banyak dicari orang
  6. Pilih keyword dengan cost per click (CPC) tinggi
  7. Nama blog, domain, judul konten, dan kategori sinkron
  8. Promosikan menggunakan adwords
  9. Suruh orang lain untuk share ke sosial media
  10. Niatkan untuk berbagi ilmu
  11. Saling membantu sesama blogger
  12. Sedekah
  13. Berdoa

Journal university awalnya SS hanya 1% karena penasaran banyak blogger mengeluh, admin mencoba menaikkannya dengan membuat kesalahan seperti diatas dan ternyata SS naik ke 26%.

Dan saat artikel ini ditulis, admin telah memperbaiki backlink internal dan eksternal link. Akhirnya SS turun ke 17% yang sebelumnya 26%, butuh waktu berhari-hari untuk menurunkannya.

Nah, sekarang kalian sudah tahu penyebab spam score naik dan cara menurunkannya, baca dan pahami terms of Service (TOS) google, hindari kata-kata yang dilarangan oleh mesin pencari, semoga sukses.

- Advertisement -

Leave A Reply