Ultimate magazine theme for WordPress.

4 Penyebab Mesin Mobil Panther Brebet, Begini Solusinya

0 10,276

Penyebab Mesin Mobil Panther Brebet, Begini Solusinya – banyak masalah yang terjadi pada mobil dan disebabkan oleh beberapa hal yang sangat sepele.

Seperti yang sering terjadi pada mobil Isuzu Panther salah satunya adalah mesin mobil yang berdecit saat digas penuh alias saat diinjak, namun derit tersebut akan langsung hilang saat pedal gas dilepas.

Lalu apa penyebab mobil Isuzu Panther mogok saat pedal gas diinjak? Penyebab mesin mobil diesel Isuzu Panther berdecit dan gagap saat didorong adalah karena campuran bahan bakar dan oksigen yang tidak seimbang di ruang bakar sehingga menimbulkan knocking, atau yang biasa orang kenal dengan sebutan brebet ini.

Penyebab mesin diesel mendecit dengan kecepatan tinggi juga bermacam-macam, namun kasus yang paling sering terjadi adalah karena kurangnya perhatian pemilik terhadap perawatan mobil sehingga menimbulkan masalah tersebut.

Penyebab Mesin Mobil Panther Brebet, Begini Solusinya

Rata-rata mesin diesel sangat disarankan untuk mengganti filter bahan bakar setiap 5000km, atau setiap mengganti oli mesin pastikan juga mengganti filter solar. Atau mungkin jika Anda mengalami kesulitan keuangan, penggantian filter solar yang disarankan maksimal adalah per 10.000km.

Semakin cepat Anda mengganti filter solar tentunya semakin baik, karena filter solar yang penuh kotoran akan menghalangi aliran bahan bakar ke Bosch pump yang kemudian akan disemprotkan ke ruang bakar melalui injektor. Alhasil ya, proses pembakaran di ruang mesin menjadi tidak seimbang sehingga mesin jadi tak nyaman.

Penyebab Mesin Mobil Panther Brebet, Begini Solusinya

Jika ada diantara pembaca yang kebetulan sedang membaca artikel ini mengalami nasib serupa, jangan khawatir, cukup ganti filter solar dan juga kuras endapan kotoran di tangki bahan bakar, gejala mesin mobil berderak dan gagap saat solar akan habis akan terselesaikan.

Hal ini tidak hanya terjadi pada mobil Isuzu Panther, bahkan sebagian besar mobil bermesin diesel pun akan mengalami hal seperti ini, mengingat kualitas solar di negara ini sangat buruk.

Demikian semoga artikel diatas dapat menjawab permasalahan yang anda hadapi pada mobil diesel kesayangan anda.

Pengguna mobil bermesin diesel sering mengalami masalah pada mesinnya yang mogok pada kecepatan tertentu bahkan mesin sering mati. Hal ini disebabkan oleh berbagai faktor yang akan kami jelaskan di bawah ini.

Cara Mengatasi Mesin Diesel Brebet Pada Panther

Filter Solar Mobil Panther Kotor

Solar dikenal dengan kandungan kotorannya yang bisa dikatakan cukup kotor. Padahal, solar busuk ini sangat kotor sehingga jika dibiarkan akan terbentuk kerak, kotoran dan lumpur di dasarnya.

Nah fungsi dari filter solar adalah untuk menyaring kotoran seperti ini agar tidak masuk ke dalam injektor karena bisa menyebabkan injektor mampet.

Karena banyak kotoran yang terperangkap di dalam filter solar, tentunya suplai solar ke bospom yang kemudian disemprotkan melalui injektor akan berkurang, sehingga terjadilah mesin brebet.

Bospom dan Injektor Panther Kotor

Bospom berfungsi memompa bahan bakar dari tangki ke injektor, yang kemudian disemprotkan oleh injektor ke ruang bakar melalui pengasapan. Kalau bospomnya rusak alias mampet, ditambah injektor mampet, selain itu mesinnya cenderung brebet, bisa juga jadi timpang. Bospom ini jika di mesin bensin fungsinya sama dengan Karburator.

Filter Udara Panther Kotor

Dalam proses pembakaran mesin, selain suplai bahan bakar yang tepat, suplai udara juga harus sesuai takaran. Jika salah satunya tidak sesuai maka akan timbul masalah nantinya dan salah satunya adalah mesin menjadi kendor.

Ruang Mesin Panther Yang Kotor

Untuk mengatasi hal tersebut, yang perlu Anda lakukan hanyalah mengecek filter solar, jika ternyata sangat kotor sebaiknya Anda menggantinya. Jangan lupa juga bersihkan water separator dari endapan air dan kotoran, letak water separator ini dekat dengan posisi filter solar.

Langkah selanjutnya adalah menguras dan memeriksa bagian tangki bahan bakar, jika terdapat penumpukan kotoran sangat disarankan untuk dibersihkan. Biaya penurunan tangki biasanya berkisar antara 250 ribu hingga 500 ribu rupiah tergantung bengkel yang menyediakan jasa penurunan tangki.

Dengan menguras tangki, membersihkan separator air, mengganti filter solar atau membersihkan filter udara maka performa Isuzu Panther anda akan kembali tinggi lagi.

Leave A Reply