Cerita Mitos Bukit Piramid Bondowoso dan 5 Larangan Mendaki

0 1,012

Pendaki hilang di Bondowoso beberapa waktu yang lalu sempat mengegerkan dunia maya. Para pecinta alam di seluruh kota ikut turun tangan mencari pemuda diduga tergelincir jurang tebing bukit.

Namun sebagian orang beranggapan hal itu terjadi bukan karena tergelincir tetapi karena melanggar aturan wilayah perbukitan setempat. Banyak mitos yang diceritakan oleh masyarakat sekitar terkait dengan hal hilangnya pemuda tersebut.

Bagi traveller pemula pastinya ini akan membuatnya shock dan ketakutan namun untuk traveller senior yang memang hampir setiap saat berpetualang tengah hutan suatu hal yang menantang untuk ikut mencarinya.

Jika berbicara tentang mitos dan misteri memang Indonesia tempatnya, setiap wilayah memiliki mitos tersendiri dan kabarnya masih berlaku seperti halnya mitos bandung bondowoso yang mengutuk gadis yang membantu Roro Jonggrang tidak menikah hingga tua.

Bukit Piramid

Dari seginama saja persis dengan wisata peninggalan kerajaan fira’aun di negara Mesir. Bukit mirip dengan piramida Mesir namun sedikit memanjang dan tinggi.

Puncak piramid berada di ketinggian 1050 meter diatas permukaan laut (mdpl). Lokasi pintu masuk yang mudah di akses berada di desa Curahpoh kecamatan Curahdami.

Untuk menuju pintu masuk dari terminal Bondowoso butuh waktu 15 menit, bagi traveller yang tanpa membawa kendaraa sendiri diharapkan menggunakan jasa ojek online atau pangkalan karena kendaraan umum tidak ada akses menuju lokasi destinasi.

Wisata bukit piramid baru saja viral, sejak tahun 2016 bukit ini mulai ramai dikunjungi para traveller luar kota, biasanya hanya traveller dalam kota.

Bukit piramid merupakan salah kaki gunung Argopuro, letaknya tak jauh dari induknya. Di sebelahnya terdapat bukit Mahadewa dan Puncak P28 yang juga terdapat cerita mistis sejak zaman kolonial belanda.

Puncak piramid, konon jarang orang yang mendaki entah apa yang membuat para pendaki tidak menyukai padahal destinasinya sangat menantang sekali.

Jika hendak berkunjung ke bukit, jangan membawa anak kecil karena medan menuju puncak cukup berbahaya dengan jalur berbatu dan kanan kiri jurang yang tinggi.

Suhu menuju puncak bukit mencapai 27 derajat celsius, disarankan pendaki membawa air minum untuk mencegah dehidrasi.

Tiket

Sesuai aturan berlaku, tiket masuk wisata alam gratis jika tidak ada fasilitas memadai, kecuali memang inisitif desa setempat sekaligus biaya kebersihan dan keamanan kendaraan.

Perkemahan

Traveller juga diperbolehkan mendirikan camp/perkemahan ditempat yang telah disediakan panitia penyelenggara yang berasal dari penduduk setempat.

Dengan bermalam di perkemahan, kamu bisa menuju tempat lokasi puncak piramid pada saat matahari terbit.

Parkir

Tempat parkir sangat luas dan roda empat/mobil bisa masuk lokasi parkir kecuali bus. Parkir sangat aman, jangan khawatir kendaraan hilang karena dijaga ketat oleh panitia.

Sejarah

Dari refrensi buku cerita rakyat sejarah bukit Piramid, dulunya bukit ini sebagai tempat peristirahatan puteri kerajaan yang bernama Rengganis. Rengganis sendiri adalah puteri dari raja Datu Pradita dari kerajaan Brawijaya.

Kerajaan besar ini hanya diberikan keturunan seorang puteri, sudah pasti kekuasaan akan jatuh ketangan Dewi Rengganis. Hampir semua pangeran kerajaan pada waktu itu memperebutkan sang Dewi.

Kemolekan tubuh dan kecantikan wajahnya membuat semua lelaki terpesona melihatnya. Tak heran jika hampir seluruh raja dan pangeran kerajaan semangat mempersunting sang Dewi.

Dewi Rengganis berupaya mencari solusi untuk menyelamatkan harta kekayaan dengan mencari tempat yang strategis dan aman. Dipilihlah Gunung Argopuro sebagai gunung tertinggi ujung timur pulau Jawa.

Dewi bersama selirnya bergegas menuju tempat lokasi sebelum Datu Padista turun tahta karena usia yang tak mumpuni lagi menjadi seorang raja.

Kemudia Dewi Rengganis berhasil berada di puncak Argopuro lalu mendirikan kerajaan kecil. Diatas gunung terdapat kolam renang puteri rengganis dan taman indah.

Tak lama kemudian, kerajaan kecil tersebut diketahui oleh pasukan kerajaan dan berbondong-bondong tempat persembunyian sang Dewi. Perseturuan antar kerajaan dimulai, perang terjadi selama berhari-hari dari hilir hingga hulu gunung Argopura.

Perang besar tersebut dan lama mempebuat kerajaan Dewi Rengganis tak mampu mengahdapinya. Banyak harta yang berserakan dan sebagian lagi untuk menyelamatkan hartanya sang Dewi memendam didalam tanah.

Hingga saat ini komplek kerajaan rengganis masih meninggal beberapa puing-puing candi dan arca yang tersisa hanya kolam dan taman rengganis.

Tidak ada cerita yang pasti kabar kematian Dewi Rengganis hingga saat ini dan ini sbeuah misteri yang belum terpecahkan hingga saat ini.

Rute

Jalan menuju puncak piramid sangat susah, sering kali pendaki yang tersesat walaupun telah ada petunjuk. Pendaki wajib mentaati aturan yang berlaku di hutan terutama huta sekitar bukit.

Ada 4 rute yang dilalui mulai dari pentu masuk, menyeberangi sungai, hutan belantara, punggung bukit, dan terakhir puncak. Didalam perjalanan, seorang pendaki dilarang melanggar larangan yang telah ditetapkan.

Larangan Pendaki

Larangan ini berlaku untuk semua pendaki, hampir semua hutan memeiliki aturan yang sama.

Berkata Kotor

Pendaki dilarang berkata kotor selama berpetualang, ini karena hutan yang asri tidak mau dikotori dengan suara-suara kotor. Jaga lisan, karena yang mendengar bukan hanya teman petualang kamu tapi sekita juga mendengar.

Berkelakuan Aneh

Pendaki yang berkelakuan aneh yang dibuat sangat dibenci oleh alam dan mahluk sekitar. Kelalkuan aneh seperti menjadi orang gila, kesurupan, s3ks, pura-pura bodoh, dan lainya.

Kencing

Buang air kecil atau kencing hal yang wajar, namun karena diwilayah tersebut bukan tempat tinggal manusia maka dari itu alangkah baiknya izin kepada penghuni sekitar cukup mengucapkan “izin kencing”.

Jika berkenan, masukkan air kencing kedalam botol lalu bawa turun demi menjaga kelestarian alam dan mahluk sekitar.

Buang Sampah

Dilarang membuang sampah sembarangan di hutan apalagi di tempat yang penuh mistis. Mahluk halus akan marah, walaupun suka ditempat kotor tetapi tak ingin tempatnya dikotori manusia.

Merusak

Pendaki dilarang merusak tanaman dan membunuh binatang selama berpetualang kecuali binatang memang benar-benar menggagu yang berdampak menghilangkan nyawa seperti hewan buas.

Jika pendaki melanggar larangan tersebut maka terkena dampaknya secara langsung ditempat tersebut dan atau mengalami sakit pada saat dirumah masing-masing.

Mitos dan mistis hingga saat ini masih dipercaya oleh masyarakat sekitar bukit, seringkali orang bercerita ketika melihat Dewi Rengganis dengan seketika orang tersebut akan kena musibahnya karena telah melanggar larangannya.

Semua bisa terjadi pada siapa saja tanpa kecuali bahkan konon kabarnya teman petualangnya yang kena imbasnya, jadi pilihlah teman yang benar-benar pecinta alam dan berpengalaman.

Jangan pernah mengajak mereka yang memiliki hati dan pikiran kotor baik itu lisan dan tulisan. Jaga baik-baik alam yang diberikan oleh sang pencipta.

Kunjungi wisata bondowoso dan selalu gunakan jasa travel and tour agar liburan kamu tidak sia-sia.

Tips

Bagi pemula, disarankan membaca tips menuju puncak bukit sebelum bergegas ke tempat tuuan.

  • Bawa teman berpengalaman atau jasa gaet
  • Bawa bekal minum dan makanan ringan
  • Bawa tongkat
  • Bawa topi
  • Tubuh sehat
  • Bersepatu
  • Berkelakuan baik
  • Kamera

Tips diatas wajib kamu perhatikan sebelum berangkat, jika tidak kamu akan kecewa dan menyesal.

Leave A Reply