Jual Beli Burung Bondowoso dan Sekitarnya Dibawah Harga 1 Juta

Jual beli burung Bondowoso merupakan bisnis yang cukup menjanjikan selama hewan yang dijual bukan hewan langka. Suara kicau, warna, dan bentuk tubuhnya yang cantik banyak dicari orang.

Hampir setiap hari proses jual beli terjadi, padahal memelihara burung dengan harga jual tinggi itu tidak mudah. Butuh ketelatenan dan rajin membersihkan sangkar burung agar burung tetap sehat.

Makanan minuman tetap selalu diberikan setiap saat dan harus higienis, jangan sampai makanan minuman yang telah basi diberikan.

Merawat burung tak seperti merawat kucing, burung hanya hidup disangkar tidak bisa dilepas bebas layaknya kucing bebas bermain dan pulang dengan sendirinya.

Sebelum membeli burung yang kamu sukai, lebih baik baca tips cara membeli dan menjual burung di journal university.

Jual Beli Burung Bondowoso dan Sekitarnya

Di kabupaten Bondowoso dikenal dengan suhu cuaca yang sejuk, dingin, dan asri, sangat cocok untuk memelihara hewan. Banyak petani yang membudidayakan burung dengan berbagai alasan.

Alasan utama mereka bertani burung adalah untuk melestarikan alam agar kicauan burung liar tetap ada, setelah burung yang diternaknya sudah besar dilepas begitu saja di hutan.

Sebagian lagi bertani burung untuk bisnis usaha apalagi ditengah kota sudah ditidak ada lagi kicauan suara burung, ini yang menjadi alasan terjadi jual beli burung.

Jenis Burung

Burung yang sering dibudidayakan serta di perjual belikan di Kabupaten Bondowoso antara lain :

Burung Kenari

Burung jenis ini cukup populer dikalangan masyarakat Indonesia, harga jual burung ini sangat stabil sekitar Rp 200.000. Burung kenari yang sering dipelihara berwarna kuning, harganya murah.

Burung Gelatik

Burung khas pulau Jawa ini populer se Indonesia bahkan mancanegara. Harga jual burung gelatif relatif stabil.

Burun Pleci

Burnung pleci baru saja populer karena ocehannya yang kapan saja bunyi. Suara yang dihasilkan tidak merusak gendang telinga. Harga jual burung Pleci cukup murah Rp 30.000 sudah kamu dapatkan.

Namun burung pleci butuh perawatan khusus agar suaranya gacor, dengan memeberikan kacang ijo, gula merah dan telur suara yang dihasilakan sangat bagus apalagi masteran Pleci.

Burung Prenjak / Ciblek

Burung prenjak sangat lincah khas Indonesia, harga jual burung prenjak cukup terjangkau sekitar Rp 60.000. Tak perlu perawatan khusus untuk memeliharanya.

Burung Kacer

Semakin orang memelihara Burung Kacer, suara kicau dan warna bulu yang bagus hitam kebiruan membuat mata pecinta burung melihatnya.

Harganya relatif stabil, hampir setiap pasar burung selalu ada yang menjual burung kacer.

Burung Cucak Rowo

Dinamakan cucak rowo dikarenakan senag berada didekat air, sungai, rawa-rawa, dan di pohon rindang. Burung ini hampir punah, biasanya berada di ketinggian 800mdpl di pulau Jawa, Kalimantan, dan Sumatera.

Burung Cendet

Burung yang sudah populer sejak dulu, burung ini dapat meniru suara apa saja yang sering dia dengar. Jika diperlombaan, burung cendet bersuara kucing dan tikus akan diusir oleh panitia karena dapat menggangu burung lain jadi ketakutan.

Burung Lovebird

Love Bird atau burung cinta ini biasanya di pelihara sepasang. Harga jual burung Love Bird mencapai Rp 60.000.

Adapun jenis burung yang bisa kamu pelihara tanpa minta izin dan belum langka seperti :

  • Burung Anis
  • Burung Beo
  • Burung Bayan
  • Burung Tengkek
  • Burung Cililin
  • Burung Ibis
  • Burung Betet
  • Burung Derkuku / Poter / Merpati
  • Burung Perkutut
  • Burung Murai Batu
  • Burung Manyar
  • Burung Cak Ijo

Kamu yang ingin membeli burung untuk keperluan hobi dan untuk memulai berternak burung, perhatikan ini.

Tips Membeli Burung

Keperluan

Tentukan kamu membeli burung untuk keperluan apa, apakah sekedar memelihara, lomba, bisnis, atau ternak?

Point ini harus diperhatikan karena menyesuaikan dengan isi dompet dan anggran kamu. Misal hanya sekedar memelihara dan bisnis, kamu cukup beli yang biasa saja dengan harga murah yang penting sehat dan berkicau.

Berbeda dengan keperluan lomba dan ternak, kamu harus mencari yang benar-benar super, sehat, kicaunya bagus, dan jinak.

Pada umumnya burung yang sering memenangkan lomba akan dibudidayakan dan diperbanyak anak keturunannya.

Jenis

Kamu tentukan jenis burung yang akan dibeli, apakah jenis yang kamu beli laku dipasaran apa tidak. Pada umumnya jenis burung setiap kota berbeda kesukaannya, jadi kamu harus menyesuaikan diri kecuali hanya hiburan belaka.

Dan burung yang akan kamu beli itu apakah mudah untuk kamu pelihara atau malah menyusahkan dari berbagai segi.

Kondisi

Ini point penting, membeli butrung harus kondisi yang prima, sehat, lincah, jinak, dan seni. Percuma rasanya jika kamu beli burung yang bagus warnanya tetapi tidak sehat, penakut, tidak lincah seperti biasanya, dan kicaunya rusak.

Kamu harus tahu ciri-ciri jenis burung yang akan kamu beli, jangan mudah percaya rayuan penjual yang menghalalkan cara cepat terjual.

Uang

Kmau wajib menyiapkan uang, disini bukan hanya untuk keperluan membeli burung tetapi untuk keperluan makanan minuman dan perawatan. Jangan sampai kamu bisa membeli burung tetapi kamu tidak mampu membeli makanan minuman dan biaya perawatan.

Konsultasi

Sebaiknya kamu konsultasikan kepada pakar burung atau kamu ikut berkumpul dengan burung mania. Beli burung seadanya dulu yang murah meriah sambil belajar dari tingkat rendah.

Pada umumnya pecinta burung sering memberikan tips yang tepat dan saling membantu dibandingkan konsultasi kepada penjual burung. Sering-seringlah bertanya walaupun kamu dibilang bodoh dan di jadikan bahan olokan, jika kamu mampu tunjukan.

Tempat

Kamu berkeliling cari tahu tempat jual beli burung, kamu lihat kondisi sekelilingnya. Sedikit mirip sekali antara pecinta burung yang berbisnis dengan mereka yang sekedar jual burung saja.

Kamu lebih baik pilih mereka pecinta burung karena akan mendapatkan tips memelihara dan merawat burung secara cuma-cuma. Mereka akan senang jika kamu bertanya, sebab kamu benar-benar serius memelihara.

Keputusan

Jika sudah paham tips diatas, silahkan ambil keputusan ingin membeli burung jenis apa. Yakinlah, pilihanmu itu benar, menyesallah jika burung yang kamu beli itu pilihan orang lain.

Lihat, dengar, dan rasakan itu intinya. Lihat burungnya apakah sehat, lincah, dan tidak sakit. Dengarkan kicaunya sudah bagus sesuai usianya atau tidak.

Rasakan sensasinya memelihara burung yang penuh dengan tantangan apalagi dengar kicauan istri ngomel gara-gara uang belanja dipotong untuk keperluan burung.

Tips Menjual Burung

Jika ingin menjaul burung ocehan kamu agar cepat laku, kamu harus baca dan pahami tips ini.

Kondisi

Pastikan kondisi burung yang akan kamu jual normal setidaknya sehat dan lincah, untuk kicau itu urusan belakang. Jika memang sudah kepepet, sebaiknya jual namun kamu harus jujur keadaan burung ke calon pembeli sebagai majikan barunya.

Sosial media

Postingan burung yang kamu jual di sosial media dengan detail lengkap foto asli dan deskripsi keadaan burung. Jika foto berbeda dengan aslinya, calon majikan baru akan langsung mundur walaupun kamu beralasan sudah terjual.

Grup

Share di grup jual beli burung atau grup jual beli khusus satu jenis burung saja. Jika kamu menjual di grup otomotif, kamu akan kesulihatan mendapatkan pembeli.

Nomer hp

Cantumkan nomer hp yang aktif bisa dihubungi via telpon, jika perlu nomer whatsapp, telegram, facebook, dan line. Dengan begitu calon pembeli akan senang kamu membalasnya dengan cepat.

Fast Respond

Balas semua chat dan telepon dengan senang hati, jelaskan kondisinya sedetail mungkin. Point pertama mendapatkan pelanggan adalah fast respond, dengan kecepatan menanggapi calon pembeli akan membuahkan hasil.

Harga

Cantumkan harga tertinggi jika butuh jual cepat, dengan mencantumkan harga tertinggi calon pembeli akan langsung menghubungi kamu.

Cantumkan harga terendah jika kamu tidak ingin laku cepat, kamu juga bisa lelang harga dengan memilih pembeli yang berani membeli harga mahal tertinggi dan tidak ribet.

Demikian artikel jual beli burung di bondowoso yang akan membimbing kalian meraih kesuksesan disetiap transaksi, semoga membantu.

Leave A Reply

Your email address will not be published.