- Advertisement -

3 Jenis Mobil Suzuki Paling Laris Dan Keunggulan Dari Berbagai Segi

Mobil suzuki merupakan salah satu jenis merk mobil yang banyak dijumpai di indonesia. Produsen mobil asal Jepang ini merupakan pabrikan mobil yang produksinya masuk dalam lima besar merek mobil favorit masyarakat, mendampingi Toyota, Honda, Daihatsu, dan Mitsubishi.

Produksi mobil Suzuki sangat beragam, mulai dari sedan, Multi Purpose Van atau MPV, mobil niaga hingga Sport Utility Vehicle atau SUV. Keberagaman tipe ini menunjukkan bahwa Suzuki berkomitmen untuk menjangkau semua segmen konsumen dan memenuhi berbagai kebutuhan masyarakat.

Dengan keragaman produknya tersebut, pabrikan mobil Suzuki semakin bertekad untuk menembus pasar mobil dunia, termasuk memasuki pasar mobil di Indonesia.

Indonesia merupakan salah satu negara di luar Jepang yang memiliki pangsa pasar terbesar untuk mobil Suzuki. Hal tersebut terkait dengan sejarah kerjasama kedua negara dalam perkembangan industri mobil di Indonesia.

Jenis Mobil Suzuki Paling Laris, Irit, Dan Awet

Terlebih masyarakat Indonesia masih memiliki loyalitas yang tinggi terhadap produk otomotif, seperti mobil dari Jepang dibandingkan dengan mobil Eropa dan Amerika.

- Advertisement -

Dengan loyalitas masyarakat Indonesia, pabrikan mobil Suzuki telah mengikuti pemimpin pasar mobil di Indonesia yaitu Toyota dengan membangun pabrik perakitan sendiri untuk produk mobil Suzuki.

Jenis Mobil Suzuki
Macam-macam mobil Suzuki terbaru | Foto: Dealer Suzuki

Dengan demikian pabrikan mobil Suzuki berhasil melakukan efisiensi dengan beberapa cara agar mampu menawarkan mobil di pasar Indonesia dengan harga bersaing.

Jual beli mobil bekas Suzuki pun banyak ditemukan, itu karena tak sedikit orang menyukai mobil bekas produk pabrik Suzuki ini. Harga bekas atau harga seken mobil pastinya dibawah harga baru kecuali memang mobil tua dan langka.

Mobil Penumpang Suzuki

Ada 8 variasi mobil Suzuki yang telah hadir ditengah-tengah masyarakat Indonesia diantaranya:

  1. XL7
  2. All New Ertiga
  3. All New Ertiga Sport
  4. Karimun Wagon R
  5. New Ignis
  6. Baleno
  7. New SX-4 Cross
  8. APV New Luxury
  9. APV Arena
  10. Karimun Wagon R GS
  11. Jimny

Mobil Angkutan Barang Suzuki

Suzuki juga menghadirkan mobil khusus membawa barang dengan kapasitas rendah, diantaranya:

  1. New Carry Pick Up
  2. New Carry Luxury

Sekarang saat membahas mobil-mobil Suzuki yang paling banyak peminatnya dengan harga jual kembali tetap stabil.

Suzuki Ignis

Desainnya dibuat sporty, trendy, unik dan berbagai pilihan warna cocok untuk anak muda dan dewasa. Harga jual suzuki ignis 2019 terbaru yang cukup terjangkau mulai dari Rp. 150 juta sampai dengan Rp. 180 juta, mampu bersaing dengan SUV lain.

Dari segi dimensi, SUV besutan pabrik Negeri Matahari ini memang mengusung dimensi yang cukup pas untuk kelas SUV kompak. Mobil ini memiliki panjang 3.700 mm, lebar 1.690 mm, tinggi 1.595 mm, dengan jarak sumbu roda 2.435 mm.

Jarak terendah ke tanah (ground clearance) setinggi 180 mm sangat cocok untuk sebuah SUV. Struktur bodi Suzuki Ignis mengusung Total Effective Control Technology dari platform Heartect generasi terbaru, menjadikannya kokoh dan kuat.

Pada bagian kaki-kaki, dibekali suspensi depan berjenis MacPherson Strut dengan Coil Spring dan Torsion Beam dengan Coil Spring di bagian belakang.

Velg ala Trapezoid Design memiliki diameter 15 inci dan dibalut ban 175/65 untuk memperkuat kaki-kaki mobil Suzuki Ignis. Suzuki Ignis dilengkapi dengan sistem pengereman ABS. Berikut review mobil Suzuki Ignis 2019.

Body Ignis

- Advertisement -

Tampak depan Suzuki Ignis berbentuk kotak dengan tampilan yang menggembung, sehingga memiliki tampilan ikonik yang berbeda dengan SUV lain pada umumnya.

Mengusung konsep Clam Shell Bonnet yang begitu stylish dan tampil begitu modern dengan gaya yang sporty dan stylish. Desain ini dibuat dengan desain gril depan memanjang yang menyertakan lampu utama.

Mobil Suzuki Ignis
Suzuki Ignis | Foto: Showroom Suzuki

Fitur Ignis

Ada beberapa perubahan menarik pada Suzuki Ignis yaitu tersedianya fitur Roof Rails (khusus untuk tipe GX) yang membuatnya tampil modern dan menarik. Di sisi lain, Anda akan disuguhkan beragam pilihan warna Two-Tone yang mengaplikasikan dua warna berbeda pada bagian samping bodi dan atap.

Interior Ignis

Tampilan interior Suzuki Ignis masih sama dengan versi sebelumnya. Suasana kabin yang elegan dan ergonomis tetap terasa saat duduk di jok depan dan belakang. Pada bagian dashboard dibuat terpisah dari Head Unit yang dibawanya sehingga memberikan kesan mewah dan lebih menarik dengan kombinasi warna Two Tone.

Mesin Ignis

Performa mesin Suzuki Ignis mengandalkan mesin berjenis K12M yang berkapasitas hingga 1.197 cc dengan 16 katup dan memiliki konfigurasi 4 silinder.

Mampu menghasilkan tenaga maksimal hingga 83 Ps pada 6.000 rpm. Torsi yang bisa dicapai 113 Nm pada 4.200 rpm. Tenaga yang dikeluarkan dari mesin tersebut akan disalurkan melalui dua varian transmisi, yakni manual 5-percepatan dan otomatis.

Irit BBM

Sistem pembakaran bahan bakarnya sudah mengandalkan teknologi injeksi multipoint yang siap membuat konsumsi bahan bakar lebih efektif dan efisien dengan rasio kompresi 11.0.

Konsumsi bahan bakar mencapai 23,64 kpl untuk transmisi manual dan 23,44 kpl untuk transmisi auto gear shift (AGS). Jadi, Suzuki Ignis akan semakin garang dan andal serta ramah lingkungan.

Keamanan

Fitur terbaru dari Suzuki Ignis adalah Seatbelt Alert System yang memberikan notifikasi pengingat jika pengemudi lupa memasang sabuk pengaman.

- Advertisement -

Selain itu, terdapat pula fitur Speed ​​Warning System untuk memberikan peringatan audio yang akan aktif saat kecepatan mobil melebihi 80 km / jam.

Fitur lain seperti Rear Parking Sensor juga hadir untuk mempermudah proses parkir kendaraan. Ketiga hal baru ini telah menjadi fitur standar di semua varian.

Selain itu, terdapat fitur Anti-lock Braking System (ABS), Electronic Brakeforce Distribution (EBD) dan Airbag untuk menjamin keselamatan penumpang dan pengemudi.

Suzuki Ertiga

Kini Suzuki kembali memperkuat eksistensinya dengan varian MPV terbarunya, Suzuki Ertiga. Dilaporkan sebagai amunisi untuk bersaing di pasar mobil keluarga, Suzuki Ertiga terbukti berhasil menarik perhatian konsumen dengan banyaknya unit varian ini di jalanan kota.

Dari kelebihan yang ditawarkan Suzuki Ertiga, sepertinya Anda tidak perlu alasan untuk membeli mobil ini.

Jenis Mobil Suzuki Ertiga
New Ertiga | Foto: Dealer Suzuki

Meski tergolong pemain baru, ternyata Suzuki Ertiga bukan datang tanpa persiapan. MPV andalan Suzuki ini dibekali berbagai fitur unggulan yang membuat calon konsumen ingin memiliki Suzuki Ertiga terbaru. Penasaran dengan keunggulan Suzuki Ertiga? Berikut daftarnya;

Apalagi sebagai mobil keluarga low MPV, Suzuki Ertiga dilengkapi dengan fitur keselamatan yang dapat menjamin keselamatan Anda dan keluarga saat berkendara.

Mobil ini dilengkapi dengan rem ABS plus EBD berkualitas teruji dan dapat menghentikan putaran roda dengan aman dan nyaman. Bagi anda yang kesulitan memarkir mobil anda tidak perlu khawatir lagi karena mobil ini sudah dilengkapi dengan New Parking Censore terbaru. Jadi, bagi Anda yang awam mengemudikan mobil tidak perlu khawatir akan menabrak lagi.

Untuk menjamin keselamatan Anda dan keluarga, mobil ini juga dilengkapi dengan fitur keamanan terkini seperti fitur Side Impact Beam yang memastikan pintu mobil tidak akan terkunci dalam keadaan darurat.

Ada juga fitur keamanan lain seperti Keyless Entry dan Immobilizer yang memastikan mobil tidak bisa dihidupkan tanpa kunci asli.

Terkadang, tidak ada cukup orang atau barang untuk ditempatkan di baris kedua. Ini menjadi masalah karena Anda akhirnya bingung sehingga semua orang bisa masuk ke dalam mobil.

Pada Suzuki Ertiga terbaru, hal tersebut tidak menjadi masalah karena Anda dapat dengan mudah memindahkan jok baris kedua ke depan dan belakang! Sehingga penumpang bisa menyesuaikan ruang kaki yang diinginkan.

Fitur kenyamanan hebat lainnya adalah sasis monocoque yang digunakan seperti pendahulunya, Suzuki Swift. Salah satu kelebihan sasis monokok ini adalah lebih empuk, sehingga benturan saat masuk ke lubang tidak terlalu terasa.

- Advertisement -

Suzuki Ertiga terbaru dibekali mesin 1.400 cc dengan Multi Point Injection yang mampu menembus 95 ps pada 6.000 rpm.

Meski tidak tergolong besar, mesin tersebut cukup baik untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari sehingga tidak mengharuskan Anda untuk melaju terlalu kencang. Sempurna untuk membawa anggota keluarga di kota atau bahkan bepergian ke luar kota!

Selain itu, penggunaan Penggerak Roda Depan dengan mesin 4 silinder seri K pada Suzuki Ertiga terbaru membuat mobil ini irit bahan bakar! Penggunaan sasis monocoque juga mendukung irit bahan bakar, karena tidak membutuhkan tenaga sebesar mobil MPV atau mobil keluarga lainnya.

Setelah melihat beberapa kelebihan Suzuki Ertiga di atas, apakah terbukti mobil ini memang cocok sebagai mobil keluarga? Nah, jika Anda sudah tertarik untuk membeli Suzuki Ertiga, jangan bingung! Anda bisa menemukan Suzuki Ertiga bekas yang bisa dibeli secara kredit!

Suzuki Swift

Bentuknya yang khas, serta tambahan aksesoris pendukung yang menempel di sekujur bodinya membuat tampilan Suzuki Swift terbaru semakin berkesan dan tentunya semakin sporty.

Lantas apa saja kelebihan yang melekat pada Suzuki Swift ini? Berikut ini saya akan menjelaskan mobil saya.

Keunggulan Suzuki Swift

Jika berbicara mengenai keunggulan mobil swift ini dari segi tampilan tentunya hal pertama yang kita perhatikan adalah tampilannya yang sangat sporty yang terlihat pada beberapa item yaitu Suzuki Swift.

Salah satunya seperti penggunaan body kit di semua bagian, dimana body kit tersebut terlihat seperti mobil sport yang memiliki banyak tenaga di dalamnya.

Dan itu benar, Suzuki Swift terbaru mampu memancarkan tenaga yang bertenaga terutama untuk Suzuki Swift dengan Type Sportnya sendiri mengusung mesin berkapasitas besar yang terbagi dalam dua pilihan transmisi.

Seolah belum cukup, tampilan sporty di bagian depan berupa gril berdesain besar dengan motif modern tentunya terkesan memberikan efek mewah dan mengisyaratkan garang Suzuki Swift di jalan raya.

HeadLamp Swift

Head lamp berteknologi tinggi (HID Projector), dipadukan dengan warna abu-abu metalik yang didesain secara dinamis, memberikan efek yang sangat besar pada pencahayaan yang sempurna.

Sedangkan Suzuki Swift tentunya tidak kalah dengan kebanyakan mobil sport mewah lainnya sobat otomotif sobat otomotif, karena di dalam suzuki swift ini sudah dibekali banyak fitur-fitur yang canggih, baik untuk fitur keselamatan, keselamatan dan hiburan bagi penumpang maupun pengemudi. Fitur tersebut antara lain ABS + EBD untuk sistem pengereman, alarm, immobilizer, keyless entry system, keyless push start system, dll.

- Advertisement -

Mesin Swift

Sementara dari segi performa, mobil swift suzuki ini sendiri perlu diwaspadai sudah menggunakan mesin tipe M16A untuk tipe Sport dan K14B, DOHC, VVT pada tipe GX yang sama-sama memiliki kapasitas berbeda, dimana untuk tipe sport digunakan volume silinder 1.586 cc, lalu untuk tipe GX 1.372 cc.

Tentunya dengan menggunakan mesin jenis ini tentunya Suzuki Swift akan menghasilkan tenaga maksimal hingga 160 ps / 4400 rpm dan untuk torsinya mencapai 160 Nm / 4400 rpm, dengan tenaga tersebut anda dapat menggerakkan Suzuki Swift.

Dengan kecepatan maksimal tanpa harus menunggu waktu. Yang lama, pada 1-100 km bisa ditempuh dalam waktu kurang dari 30 detik untuk Suzuki Swift yang menggunakan transmisi manual 6 percepatan.

Harga Suzuki Swift

Sementara itu kelebihan Suzuki Swift juga menjalar ke masalah harga, jadi perlu anda ketahui bahwa Suzuki Swift merupakan mobil yang harga on-roadnya sangat terjangkau dibandingkan dengan rival sekelasnya lainnya. Untuk saat ini secara umum harga Suzuki Swift baru sangat terjangkau, untuk sobat otomotif, atau dalam artian masih lebih murah dari rivalnya.

Kelebihan Mobil Suzuki Dibanding Honda, Toyota, Datsun, Nissan, Mitsubishi, Dan Ford

Selama ini pabrikan mobil Toyota tetap menjadi pemimpin pasar mobil baik untuk pasar dunia maupun pasar mobil di Indonesia.

Kekuatan pabrikan Toyota ini memang tidak tertandingi oleh sesama pabrikan mobil Jepang, khususnya pabrikan mobil dari Eropa dan Amerika.

Khusus untuk pasar mobil di Indonesia, tampaknya Suzuki akan semakin kesulitan mengejar dominasi Toyota karena kuatnya pandangan negatif sebagian orang tentang kualitas mobil Suzuki ini.

Mesin Suzuki

Mesin mobil Suzuki dinilai belum cukup tangguh untuk melewati kondisi medan yang berat. Selain itu, umur mesin Suzuki dinilai kurang memiliki daya tahan dan umur yang kurang panjang seperti yang dialami oleh mobil-mobil dari pabrikan Toyota.

Memang tidak ada bukti kuat bahwa mobil Suzuki kurang responsif terhadap medan kasar dan mesinnya tidak tahan lama. Padahal penggemar aktivitas offroad misalnya, didominasi oleh kendaraan Suzuki baik dari kelas MPV maupun untuk kelas SUV.

Mobil Suzuki Swift
Suzuki New Swift | Foto: bendebesah.com

Varian Suzuki

- Advertisement -

Varian Katana dari kelas SUV dan Escudo dari kelas MPV mendominasi penyuka offroad. Mungkin pandangan negatif yang masih melekat pada masyarakat tentang kelemahan mobil Suzuki ini tidak lepas dari pemberitaan dan kampanye hitam yang dilakukan kompetitor.

Jadi, tidak mutlak perlu untuk percaya. Karena untuk menentukan ketangguhan dan ketahanan mesin mobil, tidak cukup hanya bergantung pada mereknya saja.

Kualitas Suzuki

Bagaimanapun, pemilik mobil dan kepedulian pengguna juga menentukan kualitas dan kondisi mobil serta mesinnya. Buktinya kendaraan untuk jenis angkutan perkotaan dan pedesaan hanya didominasi oleh merek Suzuki dan Daihatsu.

Padahal, kendaraan angkutan perkotaan dan pedesaan jelas membutuhkan mesin yang memiliki ketahanan dan kemampuan menghadapi berbagai medan yang berat.

Suku Cadang Suzuki

Hanya saja kalau soal suku cadang (Spare Part), harga mobil dari Suzuki lebih mahal dari suku cadang yang sama untuk kendaraan roda empat yang diproduksi oleh Toyota.

Selain mitos tentang kelemahan tersebut, sebenarnya ada beberapa kelebihan yang dimiliki oleh mobil Suzuki yang anehnya juga telah disadari oleh masyarakat yang menggunakan kendaraan roda empat di Indonesia, dimana mungkin masih ada yang masih memiliki obliques. keberatan tentang mobil Suzuki ini.

Anehnya, pada akhirnya berbagai kelebihan tersebut menjadi salah satu pertimbangan masyarakat untuk membeli sebuah mobil dari Suzuki.

Beberapa kelebihan dari mobil Suzuki ini antara lain:

Mobil Suzuki memang dikenal memiliki konsumsi bahan bakar yang lebih irit dibanding merk mobil lain di kelasnya.

Itu adalah pengetahuan umum. Masuk akal juga jika kendaraan angkutan perkotaan dan pedesaan lebih banyak menggunakan mobil produksi Suzuki daripada mobil produksi pabrikan lain.

Masalah konsumsi bahan bakar masih menjadi pertimbangan utama masyarakat Indonesia yang ingin memiliki kendaraan roda empat.

Apalagi jika kebijakan pemerintah mensyaratkan bahan bakar premium untuk semua kendaraan pribadi, maka pemilihan kendaraan roda empat yang irit konsumsi bahan bakar akan menjadi pertimbangan utama.

Pilihan jenis mobil suzuki banyak terdapat, sehingga memudahkan kita dalam memilih mobil yang sesuai dengan kebutuhan kita.

Memang benar pabrikan lain seperti Daihatsu dan Toyota juga menyediakan berbagai tipe mobil seperti Suzuki. Namun untuk beberapa tipe, seperti tipe SUV dan MPV, pabrikan Suzuki memang lebih lihai dan memberikan varian yang lebih banyak, sehingga memberikan keleluasaan kepada calon konsumen untuk menentukan pilihannya.

Sangat mudah untuk mendapatkan suku cadang mobil Suzuki jika terjadi kerusakan. Dengan sistem yang dirakit di dalam negeri dan didukung oleh toko suku cadang mobil yang terbuka, kini memungkinkan konsumen mendapatkan suku cadang asli dengan harga yang terjangkau.

Kemudahan mencari suku cadang juga menjadi alasan mengapa mobil Suzuki dan mobil produksi pabrikan Jepang lainnya lebih diminati oleh pasar mobil di Indonesia dibandingkan dengan mobil produksi pabrikan Amerika dan Eropa.

Untuk mobil Amerika dan Eropa, sudah menjadi rahasia umum bahwa sangat sulit mencari suku cadang, apalagi yang asli.

Harga mobil suzuki memang lebih murah dari merk mobil lain, akan tetapi kualitas yang ditawarkan tidak kalah dengan merk lain. Dari segi harga, mobil Suzuki tidak semahal mobil Toyota untuk jenis dan kelas yang sama.

Namun tentunya harga yang miring ini bukan berarti kualitasnya lebih rendah dari mobil Toyota. Salah satu hal yang membuat harga mobil Toyota lebih mahal adalah masalah sheer imaging yang memang jauh lebih canggih oleh pabrikan Toyota daripada Suzuki.

Bentuk mobil Suzuki selalu didesain sesuai dengan perkembangan model mobil yang ada agar tidak terlihat ketinggalan jaman. Beberapa jenis mobil Suzuki seperti Escudo, misalnya, bahkan telah mendahului desain merek mobil lain di kelasnya.

Ketika Toyota merilis kendaraan dengan bodi aerodinamis di awal tahun 2000-an, misalnya, Suzuki sudah menciptakan mobil dengan bodi aerodinamis sejak tahun 1996 untuk SUV yang diwakili oleh Suzuki Country.

Interior mobil Suzuki didesain dengan mewah dan panel instrumennya mudah dilihat oleh pengemudi sebagai panduan.

Untuk kelasnya, kemewahan interior mobil Suzuki memang lebih unggul meski dari segi aplikasi teknologi modern masih kalah dengan mobil yang diproduksi oleh pabrikan Toyota. Namun, bukan berarti mobil Suzuki ketinggalan teknologi.

Demikian sedikit ulasan tentang mobil Suzuki yang paling banyak peminatnya di mata masyarakat Indonesia. Semoga dapat membantu Anda yang sedang mencari mobil jenis suzuki ini.

- Advertisement -

Leave A Reply