Destinasi Wisata Kawah Wurung Kian Hari Diminati Pengunjung Karena Potret Cantiknya Yang Menawan

Tempat wisata kawah wurung tak seindah kawah ijen namun memiliki daya tarik tersendiri yang tak akan kalah menarik apalagi saat ini ada pemandangan kincir angin sebagai sumber tenaga listrik.

Disekitar area kawah wurung saat ini Mei 2020 proses dibangun pembangkit listrik tenaga angin (PLTA) untuk menambah kebutuhan listrik masyarakat sekitar.

Listrik kebutuhan pokok dalam kehidupan untuk berbagai urusan baik sekedar penerang ruangan dan meringankan pekerjaan.

Kabupaten Bondowoso mulai mengembang sektor pariwisata alam karena wilayahnya hampir 70% hutan, sisanya perkotaan dan persawahan. Maka dari itu kini Bondowoso mendapat julukan the highland paradise.

Wisata-wisata yang ada di Bondowoso mulai dikembangkan mulai jalan menuju lokasi hingga wisata itu sendiri. Sesuai dengan aturan yang berlaku, wisata yang tak memiliki fasilitas dilarang dipungut biaya.

Maka dari itu untuk menambah kas kabupaten, tak salah jika pariwisata yang ada mendapat perhatian dan juga menambah perekonomian masyarakat sekitar.

Wisata Kawah Wurung

Dimana lokasi kawah wurung? pertanyaan ini sering kita dengar oleh mereka yang berada di luar kota Bondowoso. Maklum, wisata satu ini baru saja populer di tahun 2013, dipopulerkan oleh netizen di instagram.

Wisata Bondowoso memang jarang orang tahu padahal wisatanya sangat bagus dan panoramanya sangat indah sekali. ada banyak faktor yang mebuat wisata tak dikenal traveller luar kota.

Salah satunya nama Bondowoso belum dikenal semua orang Indonesia, tak seperti kota besar seperti Jakarta, Surabaya, Malang, Bandung, Banyuwangi, Jember, dan lain sebagainya.

Dengan adanya sosial media dan batuan google melalui google maps, kini kawah wurung dikenal lebih banyak wisatawan hingga mancanegara.

Banyak cerita menarik ketika kamu berkunjung wisata eksotis ini, tapi sebelum menyusun rencana isi liburan ke kawah wurung, sebaiknya baca artikel journal university sampai selesai.

Lokasi Wisata

Lokasinya tak jauh dari wisata kawah ijen dan air terjun blawan, jaraknya cukup dekat dikarenakan medan yang berkelok-kelok membutuhkan waktu 30 menit kamu sampai lokasi.

Tepatnya di desa Jampit kecamatan Ijen, Bondowoso bagian timur dengan jarak dari alun-alun sekitar 40 Km dengan estimasi waktu 90 menit waktu normal.

Jalur Menuju Kawah Wurung

Ada dua jalur menuju kawah wurung, melalui kabupaten Bondowoso dan kabupaten Banyuwangi. Kamu bisa memilih melalui jalur Bondowoso karena lebih nyaman, aman, dan beraspal.

Untuk kendaraan kamu bisa menggunakan tiga pilihan yaitu :

Kendaraan Pribadi

Jika menggunakan kendaraan pribadi menuju kawah wurung, dari alun-alun ke arah timur Bondowoso menuju pasar kecamatan Wonosari, sebelah timur pasar ada papan petunjuk menuju lokasi kawah ijen yang menujukkan belok kanan (arah ke selatan).

Setelah belok kanan, kamu bisa menuju pasar kecamatan Sukosari estimasi waktu 30 menit. Setelah sampai lokasi pasar sukosari, kamu lanjutkan saja perjalanan sampai menemukan papan petunjuk menuju kawah wurung.

Kendaraan Umum (Angkot)

Dengan angkot kamu juga bisa menuju lokasi wisata. Dengan naik angkutan dalam kota dari terminal menuju kecamatan ijen, kamu cukup menyampaikan kepada sopir atau kernet turun di kawasan kawah wurung.

Jasa Travel

Menggunakan jasa travel paling enak, tak hanya mengantarkan kamu ke lokasi, tapi dipastikan jasa travel menyiapkan gaet untuk membantu kamu selama di tempat wisata.

Untuk menghemat biaya pengeluaran di hari libur, lebih baik kamu mencari jasa travel paket kawah wurung. Biasanya sepaket dengan wisata kawah ijen, air terjun, dan pemandian air panas.

Dan jasa travel paket liburan biasanya memilihkan lokasi penginapan yang nyaman dan murah, sehingga kamu bisa menikmati pemandangan sambil minum kopi arabika asli Bondowoso.

Tiket Masuk Kawah Wurung

Tak ada tiket wisata alam itu mahal, kamu cukup membayar Rp 5000 dan parkir sudah dapat menikmati alam sekitar wisata yang sejuk dan dingin. Itulah perbedaan wisata buatan dan wisata bukan buatan yang paling nampak.

Keindahan Kawah Wurung

Tak dapat diucapkan dengan lisan dan tak dapat ditulis dengan kata-kata, keindahannya luar biasa. Siapa sangka kota yang dikenal dengan makanan khasnya tape ini mempunyai wisata bak italia.

Banyak foto-foto kawah wurung yang tersebar di internaet dan sosial media. Bentang alam yang luas membentuk kawah ditumbuhi rumput ilalang sehingga menambah kecantikan kawah.

Wisata kawah wurung Bondowoso merupakan wisata alam liar dengan hamparan tanah yang luas ditumbuhi rumput. Cekukan seperti mangkok bakso jika kita melihatnya dari atas.

Potret menawan kawah wurung di Bondowoso pernah dikunjungi artis Sarah Queen dan Afgan. Sarah Queen kaget melihat landscape kawah yang serba hijau mirip wisata di Italia.

Waktu Kunjung

Perhatikan waktu berkunjung ke kawah, wisata ini tidak berbahaya karena pegunungan tidak aktif. Sudah lama tidak ada aktifitas seperti gunung merapi lainnya mengeluarkan kebulan asap.

Kamu dapat berkunjung kapan saja baik itu musim kemarau maupun musim hujan. Jika berkunjung di musim hujan, jalur menuju lokasi sangat licin namun rumput hijau mulai tumbuh.

Jika kamu berkujung di musim kemarau, kamu dapat foto ditengah kawah dikelilingi rumput ilalang yang telah berbunga tapi tak sebanyak musim hujan.

Tips Berkunjung ke Kawah Wurung

Tak butuh persiapan khusus untuk mengunjunginya, tapi kamu wajib baca tips ini :

  • Makanan minuman
  • Tongkat
  • Sepatu atau sandal gunung
  • Peralatan berkemah
  • Kamera
  • Tubuh yang sehat

perlu kamu ingat, disekitar lokasi wisata masih banyak wisata alam yang gratis bisa kamu kunjungi. Rencanakan sampai matang dan ukur waktu kamu agar dapat mengunjungi destinasi lainnya.

Leave A Reply

Your email address will not be published.