Ultimate magazine theme for WordPress.

Kelebihan Ban Isi Nitrogen Dibanding Isi Angin Biasa

31

Kelebihan Ban Isi Nitrogen Dibanding Isi Angin Biasa – Sekarang banyak orang yang beralih menggunakan udara nitrogen untuk mengisi tekanan udara di ban mereka daripada menggunakan udara biasa.

Dan saat ini pun kita dapat dengan mudah menemukan penjual/pengisi nitrogen inflator di berbagai tempat, bahkan di beberapa SPBU kami bekerja sama dengan vendor yang menyediakan jasa inflator nitrogen untuk ban.

Namun, ternyata masih banyak orang yang belum memahami jenis udara yang diisikan ke dalam ban. Bahkan ada yang mencampurkan udara nitrogen dengan udara biasa yang menurut mitos bisa membuat ban menjadi lebih empuk, padahal anggapan tersebut sangat tidak berdasar.

Dalam dunia otomotif kita mengenal 2 jenis angin yang digunakan untuk mengisi ban mobil kita, yang satu adalah angin biasa yang dihasilkan dari kompresor udara, dan yang lainnya adalah angin nitrogen yang dihasilkan dari proses penjernihan atau penjernihan dari angin yang dihasilkan oleh sebuah mesin kompresor.

Kelebihan Ban Isi Nitrogen Dibanding Isi Angin Biasa

Sebelum melangkah lebih jauh perihal ban mobil di isi nitrogen, kami akan menginformasikan tentang komposisi udara di sekitar kita yang terdiri dari 3 unsur utama, yaitu udara kering, uap air, dan aerosol.

Jadi kandungan terbesar di udara yang biasa kita hirup sehari-hari adalah gas nitrogen, disusul gas oksigen dan sisanya gas lainnya.

Cara Kerja Mesin Generator Nitrogen

Udara biasa yang dihasilkan oleh mesin kompresor tentunya mengandung unsur-unsur yang lengkap di atas sehingga menimbulkan efek tidak stabil saat digunakan untuk mengembang ban.

Ini tentu saja karena kerapatan setiap elemen berbeda dan bercampur menjadi satu. Belum lagi penambahan kelembapan yang bisa membuat tekanan ban berubah saat mobil digunakan untuk perjalanan jauh.

Hal ini sangat jauh berbeda jika ban mobil hanya menggunakan satu unsur angin yaitu hanya menggunakan nitrogen angin.

Ban Isi Nitrogen

Karena hanya terdiri dari 1 elemen, maka ban yang digunakan untuk melaju kencang akan jauh lebih stabil. Selain itu, karena angin nitrogen ini adalah udara kering, maka saat suhu di dalam ban memanas, udara tidak akan memuai.

Udara kering mengandung 78,09% nitrogen, 20,95% oksigen, 0,93% argon, 0,04% karbon dioksida dan gas lainnya yang meliputi neon, metana, helium, kripton, ozon, hidrogen, xenon, dan radon.

Nitrogen angin adalah udara kering yang diperoleh dari menyaring atau menyaring angin biasa dengan melepaskan partikel selain oksigen, sedangkan partikel nitrogen diikat dan disimpan dalam tabung khusus. Saat ini nitrogen murni yang dapat dijumpai di pasaran memiliki kandungan/persentase hanya 99%.

Related Posts
1 of 12

Sifat angin nitrogen ini adalah kering, karena kandungan oksigennya telah dihilangkan melalui proses penyaringan sehingga dengan mengisi ban dengan udara nitrogen maka ban tidak mudah mengembang dan tekanan di dalam menjadi stabil.

Untuk memurnikan gas yang diambil dari udara bebas oleh mesin kompresor, udara ini akan dialirkan ke dalam mesin khusus (nitrogen generator), dimana mesin ini mampu mengikat gas nitrogen sehingga menjadi gas nitro murni.

Terkadang karena modal yang terbatas untuk membeli generator nitro ini, beberapa jasa tambal ban membeli gas nitrogen yang dihasilkan dari proses yang sama di atas, namun dikompresi sehingga menjadi bentuk cair yang dijual dalam tabung khusus.

Karena menggunakan angin nitrogen yang lebih stabil dibandingkan udara biasa, biasanya Anda akan merasakan mobil terasa lebih ringan saat digunakan.

Asal tahu saja udara biasa (udara dari kompresor) adalah campuran 70% – 78% gas nitrogen, 20% – 21% gas oksigen dan sisanya adalah jenis udara lainnya.

Jadi jika Anda mencampurkan ban berisi nitrogen dengan udara biasa, itu sama saja dengan berbohong, bukan? buat apa beli gas nitrogen mahal kalau ujungnya bercampur udara biasa otomatis ban akan terisi udara biasa.

Oh ya, biasanya ban berisi udara nitrogen ditandai dengan tutup pentil HIJAU. Jadi jika Anda meminjam kendaraan teman atau kerabat dan melihat penutup klep berwarna hijau, berarti udaranya sudah terisi nitrogen.

Segera ganti isi nitrogen Ban mobil anda demi kenyamanan berkendara dan keawetan pemakaian ban mobil kesayangan anda. Sebagian orang tidak percaya jika menggunakan nitrogen membuat ban lebih awet dan nyaman, coba anda lihat ban pesawat yang harus menahan beban besar dan gesekan aspal dengan kecepatan tinggi.

Comments are closed.