Cara Merawat Kucing Anggora Selalu Sehat Hingga Umur 13 Tahun

- Advertisement -

Kucing anggora merupakan salah satu ras kucing paling lucu dan imut, sehingga harga kucing yang berasal dari negara Turkey ini dibilang cukup mahal.

Hampir di negara belahan dunia memelihara kucing anggora, sebab rasnya tak ada campur tangan manusia bisa dibilang masih alami.

Dinegara asalnya, kucing ini menjadi kebanggaan sehingga di pelihara sebaik mungkin hingga dewasa.

Kucing anggora dapat hidup sampai umur 13 tahun dengan berat maksimal lima kilogram.

Hewan mudah beradaptasi dengan hewan lain seperti anjing, selain itu juga kucing ini sangat cerdas mudah dilatih oleh siapa pun.

- Advertisement -

Kucing Anggora

Hewan ini banyak jenisnya, yang paling populer di kembangbiakkan hanya tiga jenis. Untuk itu selalu berhati-hati ketika membeli jangan sampai salah mengambil jenis kucing persia.

Walaupun ada perbedaan antara kucing anggora dan persia, itu berarti kita tidak boleh lengah karena banyak terjadi hasil persilangan pada kedua jenis kucing ini.

Sebagain pecinta kucing harus tahu ciri-ciri setiap jenis kucing, tidak hanya jenis kucing yang kita pelihara saja yang kita ketahui.

Jenis Kucing Anggora

Kucing jenis ini memang jarang diketahui banyak orang, tak seperti jenis persia yang sudah banyak dikenal oleh banyak orang di negara lain.

Kita bisa meminta banttuan konsultan kucing untuk membantu membelinya atau kamu bisa mempelajarinya dibawah ini :

Anggora Asli

Anggora asli jarang ada, walaupun ada harganya cukup mahal apalagi sudah divaksin oleh dokter hewan. Maka dari itu kamu butuh konsultan kucing agar tidak salah beli.

Kamu harus menyiapkan uang sebesar Rp 4.000.000 untuk membeli hewan ini. Saran membeli kucing anggora ketika masih usia 3 bulan atau udah bisa bermain dan lincah.

Jika sudah dewasa usia 6 bulan harga akan naik 2 kali lipat. belum di vaksin, jika telah divaksin bisa mencapai 12 juta.

Ciri kucing anggora asli adalah :

  • Bulu putih bersih
  • Wajah memanjang
  • Badan besar
  • Cerdas lincah

Kawin Silang Anggora Persia

hasil persilangan anatar anggora dan persia akan menghasil anakan yang unik dan lucu. Wajah cenderung bulat seperti persia dan bentuk tubuh seperti anggora yang panjang.

Harga jual hasil kawin silang persia dan anggora tak semahal anggora asli, kamu cukup ambil uang dibawah 1 juta sudah dapat anggora umur 3 bulan telah divaksin.

Harga kucing anggora persia umur 6 – 8 tahun dijual dengan harga Rp 2.000.000 telah divaksin.

- Advertisement -

Pecinta kucing banyak yang menyukai jenis ini, sehingga jangan heran jika melihat di pekarangan rumah orang berkeliaran jenis anggora persia.

Kawin Silang Anggora Kampung

Dari hasil persilangan antara kucing anggora dengan kucing kampung dapat membentuk jenis yang menggemaskan.

Cirinya bentuk wajah mirip anggora asli dan bentuk tubuh dan bulu seperti kucing kampung.

Harga kucing anggora kampung sangat murah, kamu cukup mengeluarkan uang Rp 200.000 yang sudah divaksin anak kucing umur 3 bulan dan Rp 600.000 umur 6 bulan.

Cara Merawat Anggora

Semua kucing dapat membersihkan dirinya tapi tak 100% bagian tubuh berhasil dirawatnya. Pecinta kucing harus tahu cara merawatnya sebelum memeliharanya.

Pahami cara dan tips merawat anggora dibawah ini :

Mandi

Cara memandikan kucing anggora harus lembut, gunakan sampoo khusus kucing sesuai dengan kecocokan bulunya. Banyak merk yang berkualitas namun belum tentu cocok dengan bulu kucing yang kamu pelihara.

Walaupun kucing ini senang mandi tak seperti kucing kampung yang akan melawan ketika hendak di madikan, tetapi kamu tetapi perhatikan lama berendam di air, jangan sampai kucing mengigil kedinginan.

Bulu

Sisir bulu anggora dengan sisir yang rapat, sebelum menyisir rambutnya sebaik di lap menggunak tisu bayi agar tidak kesakitan ketika ditarik sisir.

Bulu kucing asal turkey ini bulunya bagus rapi bersiha dan putih sehingga butuh perawatan khusus tapi perawatan khusus bukan berarti mahal.

- Advertisement -

Makanan Minuman

Pilih makanan dan minuman kucing khusus anggora, jika tidak menemukan merk khusus anggora kamu bisa beli khusus kucing yang disukai kucing yang mau pelihara.

Jangan berikan makanan anjing kepada kucing, alhasil kucing akan mengalami kegemukan berlebihan. memang lucu gemuk berlebihan tetapi menyiksa kucing tidak baik.

Tempat

Dalam hal ini kamu perhatikan tempatnya, sebisa mungkin tempat mereka bersih dan terkena sinar matahari. Tempat yang dimaksud antara lain :

  • Tempat tidur
  • Bermain
  • Makan
  • Minum
  • Pup

Kuman akan berserang di tempat yang kotor, biasanya pada tempat makan, minum, dan pup. Tiga tempat itu wajib kamu bersihkan setiap hari.

Periksa

Segera periksakan kucing kamu ke dokter spesialis hewan, akan penyakit di dalam tubuh segera dibasmi. Kucing rentan terkena penyakit diare itu disebabkan karena makan minuman yang tidak higienis.

Cara mengobati kucing diare dengan memberikan makanan empuk dan berikan minuman bernutrisi karena saat kucing diare membutuhkan cairan banyak.

Kucing juga mudah diserang kutu yang bersarang pada bulunya. Cara membasmi kutu kucing bisa dibawa ke dokter atau kamu dapat membasmi sendiri.

Cara basmi kutu kucing sendiri dapat menggunakan kapur semut yang telah di tumbuk lalau sebarkan ke seleuruh tubuh secara merata atau kamu bisa beli shampoo khusus basmi kutu kucing.

- Advertisement -

Leave A Reply