9 Cara Membuat Kopi Menggunakan Aeropress Yang Benar Dan Enak

- Advertisement -

Sudah tahu cara membuat kopi pakai Aeropress? Kami semua menyukai minuman AeroPress, tetapi kami merasa potensinya seringkali terbatas, karena banyak yang cenderung menggunakannya untuk menghasilkan secangkir kopi lama yang sama setiap hari.

Tujuan kami di sini adalah untuk menjelaskan potensinya untuk berbagai penawaran kopi yang fantastis, dan dengan demikian membuktikan sekali dan untuk semua bahwa AeroPress adalah pembuat kopi paling serbaguna di planet ini.

Di bawah ini, Anda akan menemukan 9 resep AeroPress untuk menyeduh berbagai jenis kopi yang bervariasi mulai dari 40 mililiter espresso, hingga kopi hitam dalam jumlah besar, disajikan baik dingin atau panas, dan diseduh dalam satu menit atau 12 jam semuanya yang dapat dicapai dengan AeroPress Anda.

Sebelum Anda kembali ke kantor sementara di rumah, cobalah rehat dengan minum kopi Anda berikutnya dengan salah satu metode baru ini yakni cara bikin kopi menggunakan Aeropress dilansir dari filosofikopi.com.

Cara Membuat Kopi Menggunakan Aeropress Yang Enak Dan Nikmat

Dalam setiap resep, kami akan menggunakan 14 gram kopi, yang kira-kira sama dengan jumlah dalam satu sendok AeroPress.

- Advertisement -

Tapi seperti yang mungkin Anda ketahui, lebih baik menggunakan timbangan bila memungkinkan karena membuat kopi menggunakan Aeropress tak seperti membuat kopi pada umumnya.

Dan, jika Anda suka berpetualang, Anda dapat menggunakan ide ini sebagai platform untuk inovasi resep AeroPress Anda sendiri.

cara membuat kopi menggunakan Aeropress

Saya bahkan tidak berpikir ada orang yang telah membuka semua rahasia gaya pembuatan minuman potensial AeroPress.

The Espresso Style Brew (Resep Asli)

Ketika Alan Adler menemukan AeroPress, dia ingin menyediakan pembuat kopi murah yang bisa menghasilkan kopi ala espresso dalam waktu kurang dari satu menit. Ini adalah cara melakukannya seperti yang dia pikirkan pertama kali.

  1. Ambil 14g kopi, dan haluskan (hampir seukuran espresso grind – sekitar 8 klik di Comandante).
  2. Tambahkan 50 – 60g air (tuangkan sampai Anda mencapai batas satu).
  3. Kami merekomendasikan penggunaan air pada suhu lingkungan 85 ° C (tetapi Anda akan baik-baik saja jika suhu mendekati 90 ° C). Kemudian aduk selama 10-15 detik dan tekan perlahan.

Secara total, ini tidak akan memakan waktu lebih dari satu menit; Ini benar-benar minuman cepat! Dan Anda akan mendapatkan sekitar 40mm minuman di cangkir Anda.

Bisa diminum apa adanya, atau bisa juga diencerkan dengan air panas sesuai selera. Ini mirip dengan memesan Americano di kedai kopi. Sebagai alternatif, Anda juga bisa menambahkan susu (jika Anda ingin belajar cara mengukus susu dan membuat seni latte di rumah, lihat tutorial video kami).

Anda juga bisa membuat kopi sebagai double shot atau triple shot, cukup dengan mengalikan porsinya – Anda mungkin juga perlu menyesuaikan ukuran gilingan sedikit agar sesuai dengan selera Anda.

Jika Anda ingin menambahkan lebih banyak tekanan pada pembuatan minuman Anda, dengan lampiran Prismo dari Fellow Anda dapat bereksperimen lebih jauh dengan espresso AeroPress!

Espresso Ekstraksi Dingin

Tahun lalu, kami membuat video tentang menyeduh AeroPress dengan air pada suhu kamar.

Meskipun disajikan sebagai kopi cold brew, sebenarnya lebih seperti kopi ekstrak dingin yang bisa Anda seduh dalam waktu sekitar satu menit. Manfaat utamanya adalah Anda tidak perlu menggunakan air panas!

Tanggapan terhadap resep ini sangat positif; banyak teman kita melaporkan hasil yang baik bahkan untuk biji kopi yang sedikit lebih tua. Inilah cara Anda melakukannya:

  1. Gunakan 14g kopi, dan giling halus (hampir seukuran penggilingan espresso – tapi kali ini kita akan membuatnya lebih halus lagi, dengan 6 klik Comandante).
  2. Tambahkan 50 – 60g air bersuhu ruangan (biasanya sekitar 20 ° C). Sekarang, aduk sekitar 30 detik. Agitasi tambahan ini akan membantu mengekstrak kopi, bahkan pada suhu yang lebih rendah.
  3. Kemudian tekan dengan lembut, ini akan memakan waktu lebih dari satu menit.

Kopi Hitam Klasik

Ketika komunitas kopi spesialti mendapatkan AeroPress, mereka tidak berpikir cara terbaik untuk menyeduh adalah dengan cara lulus atau pengenceran.

- Advertisement -

Mereka lebih suka menyeduh secangkir penuh 200 – 250 mililiter, dan salah satu resep pertama di Eropa dikembangkan di kafe Tim Wendelboe di Oslo. Ini berjalan seperti ini:

  1. Gunakan 14g kopi dan ukuran gilingan sedang (kami menggunakan sekitar 16 klik pada Comandante).
  2. Tambahkan 200g air 93 ° C. Aduk cepat, lalu tambahkan plunger agar tidak menetes.
  3. Setelah sekitar satu menit, lepas plungernya, aduk kembali lalu tekan perlahan.

Secara keseluruhan, ini membutuhkan waktu sekitar 90 detik.
Jika terlalu banyak air yang melewati kopi sebelum Anda mulai menekan, periksa faktor-faktor berikut:

  • Tempat tidur kopi itu datar dan air tidak mengalir melalui filter tanpa membuat kopi jenuh.
  • Apakah Anda memasukkan plunger dengan benar agar penyedot debu tidak menetes.
  • Atau ukuran gilingan Anda tidak terlalu kasar.

Metode Terbalik

Namun, beberapa orang ingin lebih mengontrol proses pembuatan minuman, sehingga metode kebalikannya dibuat.

Dengan tidak menempatkan AeroPress langsung di cangkir, Anda memiliki kendali penuh atas semua variabel pembuatan minuman.

Lucunya, banyak orang, termasuk saya sendiri, telah mempelajari cara ini lebih dulu. Begini caranya:

  1. Tempatkan AeroPress dalam posisi terbalik.
  2. Tambahkan 14g kopi dengan gilingan sedang (kami menggunakan sekitar 16 klik pada Comandante).
  3. Kemudian tambahkan 200g air pada suhu 93 ° C, dan tunggu selama satu menit. Sementara itu, bilas filter dan tutup AeroPress dengan tutupnya, lalu berikan udara tambahan yang berlebihan.
  4. Setelah satu menit, putar AeroPress dengan hati-hati pada cangkir, dan tekan. Sekali lagi, total waktu pembuatan harus sekitar 90 detik.

Manfaat dari metode ini adalah Anda dapat menggunakan ukuran gilingan apa pun, dan fase seduhan dan pengepresan dipisahkan dengan rapat, dengan cara yang mirip dengan yang dilakukan oleh Clever Dripper, misalnya.

Bagian yang sulit adalah memutar AeroPress. Banyak dari kita pernah mengalami kecelakaan lucu (atau tidak terlalu lucu), tetapi Anda akan segera mempelajari gerakannya, dan jika Anda melakukannya dengan hati-hati, tidak ada bahaya tumpahan!

AeroPress On Ice

Jika Anda suka kopi dingin, tetapi tidak ingin menunggu beberapa jam, inilah yang dapat Anda lakukan.

Di sini, Anda membuat minuman yang lebih kuat dan kemudian menekannya di atas es. Es akan segera mencair, jadi Anda bisa langsung minum kopi dingin tapi langsung menyeduhnya.

  1. Dengan AeroPress terbalik, tambahkan 14g kopi. Kami akan menggunakan penggilingan yang sedikit lebih halus dari metode sebelumnya (kami menggunakan sekitar 12 klik pada Comandante) karena kami hanya akan menggunakan 50% air untuk ekstraksi. Kemudian tambahkan 100ml air.
  2. Biarkan terendam selama satu menit. Sementara itu, tambahkan sekitar 100g es batu, lalu putar AeroPress dan tekan di atas es. Total waktu menyeduh harus sekitar 90 detik, dan semua es batu akan meleleh dengan cepat setelah Anda mengeluarkan kopi.

- Advertisement -

Minuman Dingin AeroPress

Cara lain untuk mendinginkan kopi dengan AeroPress adalah dengan menggunakan air dingin atau pada suhu kamar, ukuran gilingan kasar, dan biarkan terendam dalam waktu lama (biasanya 8 – 12 jam, atau semalaman). Inilah yang dikenal sebagai kopi minuman dingin.

  • Tambahkan 14g kopi giling kasar (sekitar 30 klik pada Comandante) dan kemudian tambahkan 200g air pada suhu kamar.
  • Simpan minuman di lemari es selama lebih dari 12 jam. Kemudian, sebelum diminum, tekan di atas saringan untuk memisahkan kopi dari ampasnya.
  • Jika Anda perlu menyeduh lebih banyak kopi, Anda bisa merendam kopi dan air dalam botol yang lebih besar, kemudian gunakan AeroPress sebagai alat filtrasi setelah ekstraksi selesai.

Biasanya, kopi yang diseduh dingin memiliki lebih sedikit keasaman dan kepahitan, lebih banyak tubuh dan tingkat kafein yang lebih tinggi.

AeroPress Cold Drops

Metode kopi dingin terakhir yang dapat Anda lakukan dengan AeroPress disebut Cold Drip.

Berlawanan dengan metode penyeduhan dingin, di sini kopi tidak direndam dalam air untuk jangka waktu yang lama, melainkan air dingin yang menetes melalui tempat tidur kopi dan kopi diekstraksi secara perlahan setetes demi setetes.

Biasanya, Anda perlu memiliki stasiun yang besar (dan mahal) untuk berhasil membuat kopi tetes dingin, namun berkat alat tambahan seperti PUCK PUCK atau stasiun tetes DIY, Anda dapat menyeduhnya dengan relatif mudah dengan AeroPress. Kami membuat video yang mendetailnya secara lengkap, tetapi inilah dasar-dasarnya.

  • Gunakan 19g kopi, pada ukuran gilingan sedang (sekitar 20 klik pada penggiling Comandante). Tambahkan ke ruang AeroPress dan pasang attachment Puck Puck dalam posisi tertutup.
  • Tambahkan 50g es dan 200g air (bisa jadi hanya 250g air dingin). Kemudian sesuaikan drop rate menjadi 25 tetes per menit, sehingga waktu penyeduhan yang dihasilkan sekitar 2,5 – 3 jam.

AeroPress dalam Gaya Pers Perancis

Ketika kami berbicara tentang menggunakan metode terbalik, kami mengatakan bahwa satu keuntungan adalah Anda dapat dengan mudah mengubah variabel seperti ukuran gilingan atau waktu pembuatan bir.

Dengan begitu, Anda bahkan dapat meniru gaya pembuatan bir lama yang imersif, seperti cupping atau French Press. Inilah cara Anda melakukannya:

  1. Atur AeroPress dalam posisi terbalik. Tambahkan 14g kopi, menggunakan ukuran gilingan kasar (sekitar 30 klik pada penggiling Comandante).
  2. Tambahkan 200g air 93 ° C, dan biarkan selama 4 menit.
  3. Kemudian campur minuman dengan sendok dan tunggu 4 menit lagi. Setelah sekitar 8 menit, tambahkan cangkir yang telah disaring dan peras semua kopinya.
  4. Ini membuat Anda mendapatkan secangkir kopi tebal dan intens yang jauh lebih bersih dibandingkan dengan metode pers Prancis, berkat filtrasi kertas. Plus, lebih mudah dibersihkan!

Supersized AeroPress Brews

Salah satu keluhan paling umum tentang AeroPress adalah Anda hanya dapat menyeduh satu cangkir kopi dalam satu waktu. Tapi itu tidak benar lagi!

Teman kami Asser dari The Coffee Chronicler datang dengan solusi untuk menyeduh kopi dalam jumlah yang lebih banyak, tanpa mengencerkannya. Saya ragu banyak dari Anda telah mencoba metode ini sebelumnya, jadi mari kita lihat.

  1. Gunakan 23g kopi, giling halus (14 klik pada Comandante).
  2. Tambahkan 350g air 93 ° C, tetapi tuangkan dalam dua langkah, setengahnya setiap kali (jadi 175g setiap kali). Untuk langkah pertama, mulailah dengan menambahkan sekitar 50ml air, lalu aduk atau aduk campuran tersebut selama beberapa detik, tambahkan sisa 125ml air.
  3. Sekarang sampai pada bagian yang sulit – Anda perlu mengeluarkan air tanpa menyedot mesin penggiling kopi. Anda melakukan ini dengan hanya terjun di sekitar tengah, dalam gerakan rotasi. Kemudian lepaskan plunger dengan hati-hati pada suatu sudut. Ulangi langkah ini sampai tidak ada air yang tersisa.

Kemudian tuangkan sisa 175 mililiter air (sebenarnya, bagian dalam plunger berisi tepat 175 ml) dan tunggu selama satu menit, sebelum menekannya sepenuhnya.

Demikianlah cara dan resep membuat kopi menggunakan Aeropress yang benar agar minuman yang kita buat enak.

- Advertisement -

Leave A Reply