Cara Membuat Blog Profesional Dan Pengaturannya

- Advertisement -

Peminat menjadi penulis blog setiap harinya bertambah sehingga banyak yang mencari cara membuat blog mulai dari yang gratis hingga berbayar. Membuat blog itu sangat mudah sehingga siapaun bisa mencobanya tanpa perlu kursus ngeblog.

Penulis blog disebut blogger, berbagai alasan orang menjadi seorang blogger diantaranya berbagi ilmu. Saat ini orang membaca buku tidak suka bahkan membeli saja sudah tidak mau lagi.

Kehadiran penulis blog dapat membantu mencari pengetahuan yang mereka butuhkan dan mereka yang menunjukkan hasil tulisannya kepada publik.

Untuk lebih jelasnya journal university akan membahas tutorial membuat blog gratisan untuk pemula.

Cara Membuat Blog

Blog sudah dikenal sejak pertama kali internet ada dan para pengembang browser berlomba-lomba memberikan fasilitas buat website gratis seperti google.

- Advertisement -

Perusahaan raksasa asal negeri paman sam ini berhasil memgembangkan bisnisnya dengan produk baru yakni blogger.com. Situs tersebut merupakan tempat membangun blog gratisan dimana hostingnya dibiaya oleh Google.

Perhatikan dibawah ini untuk membangun sebuah blog berkualitas sebagai penyalur bakat kalian.

Tahapan Sebelum Membuat Blog

Tahapan ini sangat penting sehingga perlu perhatian khusus agar kedepannya lebih mudah mengembangkannya.

Cara ini merupakan salah satu teknik SEO (search engine optimization) terbaru supaya mudah pageone dan trafik meningkat.

Konten

Sebelum kalian membuatnya, kalian harus memastikan konten (niche) yang akan di bahas di blog yang kalian buat. Niche menentukan kualitas tulisan karena biasanya niche yang tidak sesuai dengan kemampuan penulis akan tidak enak dibaca.

Tentukkan niche yang kalian inginkan sesuai dengan ilmu yang telah ada, jangan menulis yang belum kalian miliki.

Template (Theme)

Template yang digunakan sesuai dengan konten misalnya konten pariwisata, kalian harus menggunakan template nuansa wisata. Jika kalian gunakan template berita akan terasa asing oleh pembaca.

Susunan Kalimat

Ini penting sekali menunjang pembaca untuk datang lagi dan pembaca percaya blog yang kalian buat berkualitas.

Misal blog tutorial, kalian tidak perlu menggunakan tatanan bahasa baku, cukup bahasa percakapan orang akan paham. Berbeda lagi dengan blog berita, kalian harus memnggunakan bahasa yang baik dan benar.

Target Usia

Tentukan target usia, jika target dibawah usia 40 tahun tidak masalah menggunakan tulisan biasa seperti ucapan kamu, Agan, dan Elu. Beda lagi dengan usia diatas 40 tahun harus gunakan bahasa halus seperti Anda.

Bahasa

Buatlah konten dengan bahasa yang mudah dipahami orang dan mesin pencari. Bahasa yang sulit dipahami akan berisiko mesin pencari susah mecrawlnya sehingga sulit untuk masuk halaman pertama.

- Advertisement -

Tahapan Membuat Blog

Setelah tahapan diatas sudah ditentukan, sekarang saatnya membangun website dengan blog gratisan dari Google.

Buka Blogger.com

Situs blogger.com ini merupakan situs milik Google, kalian akan diberikan akses gratis dengan batasan disk penyimpanan 15Gb per akun, ini sudah cukup banyak jika blog yang kalian bangun hanya artikel dan foto.

Login Akun

Jika telah memiliki email besutan Google yakni Gmail, maka bisa langsung login dengan memasukkan email dan password. Apabila belum punya, diharuskan membuat email terlebih dahulu.

Judul Blog

Judul di isi sesuai dengan konten yang akan dibuat, misal konten tutorial kalian bisa di “Tutorial Baru”. Judul terserah kalian, bisa diganti kapan saja, saran kami jangan pernah ganti nama blog agar trafik tidak menurun.

Alamat Blog

Isi alamat sesuai keinginan, saran diisi sesuai dengan nama judul atau yang masih berhubungan dengan konten. Misal blog tutorial, diberi nama “Tutorial Baru”.

Cara Membuat Blog Profesional Dan Pengaturannya

Alamat blog pemeberian google masih berupa subdomain. Bila ingin mengganti alamat blog agar terlihat profesional bisa membeli domain top level domain (TLD) dengan ekstensi .com, .net, .id, dan lain sebagainya.

Profile Blog

Profile isi dengan keinginan, tidak berpengaruh terhadap kualitas konten dan dapat diganti kapan saja.

- Advertisement -

Cara Membuat Postingan Baru di Blogger.com

Sekarang saatnya membuat postingan baru, pilih menu postingan lalu klik icon tambah di pojok kanan bawah.

Kemudian isi judul postingan dan isi konten sesuai keinginan dari awal. Gunakan fungsi-fungsi yang ada terutama H1, H2, H3, dan H4.

Pengaturan Blog

Sebenarnya tidak perlu diatur karena Google telah mengaturnya namun kurang puas rasanya jika tidak otak atik pengaturan.

Dengan mengatur pengaturan blog, ada dua kemungkinan yang kita dapatkan yaitu trafik blog akan naik jika benar pengaturannya dan trafik blog akan turun jika salah pengaturannya.

Feed

Dibagian feed berfungsi sebagai meneruskan ke tempat yang kita inginkan misal ke blog lain dan kirim email dapat menambah trafik. Bila fungsi di atur penuh maka semua konten akan di teruskan.

Saran atur feeds ke pendek karena ada orang yang tidak bertanggung jawab melakukan AGC (Automatic Generate Content) alias mencuri konten kita dengan cepat.

Deskripsi Judul

Isi dengan kalimat singkat padat dan tambahkan nama blog.

Tips Membangun Blog

Penulis blog tidak hanya menyukai menulis dan berbagi ke media sosial akan tetapi menginginkan blognya masuk di halaman pertama mesin pencari.

Ada tips menarik yang perlu kalian ketahui untuk mengelola blog profesional, yakni:

  • Artikel minimal 600 kata
  • Gunakan kalimat yang mudah dipahami
  • Perbanyak kosakata unik
  • Gunakan template ringan
  • Usahakan pagespeed diatas angka 95 bisa dicek di pagespeed insight milik google atau GT Metrix
  • Setiap hari posting minimal 2 artikel dengan jarak minimal 1 jam
  • Share ke media sosial

Demikianlah tutorial cara membuat blog beserta settingannya. Semoga dapat dipahami, jika ada pertanyaan silahkan isi kolom komentar atau isi kontak kami.

- Advertisement -

Leave A Reply