Panduan Optimasi SEO Website Menurut Algoritma Google 2020 (Kursus SEO)

Seorang blogger saat ini berlomba-lomba optimasi seo website sedetail mungkin dengan keyword sesuai target dan sesuai algoritma google terbaru di tahun 2020.

Google menjadi patokan mesin pencari para blogger untuk mengoptimalkan websitenya. Tak heran blogger akan mengeluh jika google memperbarui algoritmanya.

Dahulu, untuk menjadi seorang blogger tak perlu menerapkan algoritma yang diberikan google, yang terpenting tidak melanggar terms of service (TOS).

Saat ini pun tidak juga perlu menerapkan tapi untuk masuk di halaman satu pencari google tidak mudah apalagi ranking satu. Sudah jelas, website yang berada di halaman pertama search engine akan banyak trafik dibandingkan halaman dua dan selanjutnya.

Berbagai cara dilakukan agar trafik meningkat namun mereka tidak mengoptimalkan seo dengan benar, alhasil akan sia-sia website terkena sandbox.

Jalan terbaik agar tidak masuk sandbox yaitu membayar jasa seo untuk mengoptimasikannya, namun bagi mereka yang ingin mengetahui trik seo mereka rela mengeluarkan uang lebih banyak mengikuti kursus seo.

Marketing seo pun berkeliaran mempromosikan jasanya dengan mengandalkan testimoni dan portofolionya. SEO free hampir saja punah, semua serba berbayar tapi di website journal university gratis.

Panduan ini cocok untuk pemula yang berupaya mencari rejeki didunia blogger dan mendaftarkan diri bergabung dengan mitra Adsense Google.

Pentingnya Optimasi SEO Website

Blogger pemula harus tahu tentang SEO, jangan cuma nyebutin SEO saja tapi tidak tahu apa yang dimaksud SEO apalagi mereka yang suka dengan drama korea pasti tahunya Seo Ye ji dan Seo Ji Hoon.

Apa itu SEO?

SEO adalah kependekan dari Search Engine Optimization, yang bertujuan memudahkan masuk pada ranking dan halaman pertama mesin pencari sekaligus memudahkan terindex.

Mesin pencari atau search engine adalah program komputer yang bertugas mencari berkas-berkas yang ada di www, ftp, dan ditempat yang terbaca olehnya secara terorganisir pada suatu jaringan.

Mesin pencari terbaik saat ini antara lain :

  • Google
  • Bing
  • Yandex
  • Yahoo
  • Duckduckgo
  • Samsung
  • Apple
  • Dll

Warga negara Indonesia kebanyakan menggunakan mesin pencari google dan aplikasi browser yang digunakan Chrome, Mozila, dan Opera.

Masih jarang pengguna di Indonesia menggunakan aplikasi browser bing dan duckduckgo.

Alasan mereka menggunakan browser chrome dan Mozila karena lebih lengkap pencariannya dan terstruktur rapi. Alasan menggunakan aplikasi opera karena dapat memblokir iklan yang mengganggu pembaca dan hemat kuota data internet.

Setiap aplikasi browser memliki kelebihan dan kekurangannya, pengguna dapat menyesuaikan penggunaanya sesuai device yang digunakan.

Kembali pada pembahasan SEO

Website yang di telah dioptimalkan SEOnya akan lebih mudah muncul di pageone (halaman satu) bukan berarti akan bertahan selamanya tetapi mereka tetap bersaing dengan website lain yang lebih seo.

Ciri Website Berseo

Kenali website yang telah SEO maksimal, dengan ciri sebagai berikut :

  • Konten menarik, mudah dipahami dan lengkap
  • Struktur penulisan sesuai dengan pembahasan
  • Menggunakan kalimat yang tidak dibuat-buat kejar SEO
  • Tampilan website sederhana dan tidak mengganggu
  • Terdapat sumber dan refrensi yang menuju web lain (eksternal link)
  • Biasanya dijadikan sumber dari web lain (backlink)
  • Bersih dari virus
  • Menggunakan keamanan SSL atau https
  • Selalu update setiap hari
  • Konten lebih 1000 kata
  • Kaya dengan kosakata baik ilmiah atau percakapan

Itulah beberapa ciri website berseo tinggi, jika menemukan website seperti diatas sangat susah sekali dikalahkan apalagi situs yang kita punya masih baru.

Lalu bagaimana cara mengoptimalkan SEO?

Optimasi SEO

Optimalkan website dengan SEO authority (SEO utama) agar mudah bersaing dengan website lain. Tidak akan kata sia-sia menulis jika berhasil membuat website istimewa.

Rasanya memang akan hancur dan kecewa jika website tidak nangkring di mesin penelusuran, waktu akan sia-sia terbuang dan umur mulai tua sedangkan website tidak memiliki pengunjung organik.

Website yang bagus yang mempunyai trafik pengunjung organik, maksudnya pengunjung berasal dari berbagai search engine terutama google.

Pengunjung website yang berasal dari share sosial media dan direct kurang bagus yang berdampak bounce rate tinggi.

Kurangnya education terkait dengan mengelola website, hanya membuat sampah di mesin pencari. Ini akan di benci oleh google, hanya memenuhi servernya.

Optimasi adalah suatu proses untuk hasil yang ideal. Ideal yang dimaksud ini adalah tidak melanggar TOS, menerapkan algoritma, dan bermanfaat.

Ini cara mengoptimasi SEO website dasar yang dapat kita lakukan khusus bagi pemula :

Domain

Perhatikan nama domain yang akan kita buat, nama harus sesuai dengan pembahasan konten. Jika konten berita, pilih nama yang berhubungan dengan berita minimal mendekatinya.

Jika website membahas tentang teknologi, pilih nama yang mendekati dengan teknologi seperti tech.com, techsamsung.com, ngetech.com, dan lain sebagainya.

Ekstensi

Ekstensi juga perlu diperhatikan walaupun tidak maksimal, karena apa? ekstensi ini menunjukkan lemari pada mesin pencari sehingga robot (boot) memudahkan perintah mencari berkas yang dicari pengguna.

Misal ekstensi .com biasanya digunakan untuk bidang komersil walaupun saat ini sudah ada ekstensi .shop. Ekstensi .com hingga saat ini masih menjadi primadona para blogger.

Ekstensi .net untuk website yang berhubungan dengan jaringan internet, ekstensi .id untuk general bagus untuk mengejar trafik wilayah Indonesia saja.

Nama Website

Sebenarnya judul blog atau nama website terserah, tapi lebih baik nama sesuai dengan nama domain / brand. Misal bendebesah.com, nama websitenya bendebesah membahas tentang wisata di Bondowoso.

Nama website “filosofi kopi” berdomain filosofikopi.com membahas seputar dunia kopi dan kata bijak.

Penyesuain nama website dan dan nama domain akan lebih mudah robot mencari sesuai perintah.

Judul Artikel

Tak ada jaminan judul yang sama dengan domain dan website akan mudah terindex tetapi judul artikel harus sesuai dengan konten yang dibahas sesuai nama domain dan website.

Website naturalisasi.com sudah jelas nama natural pasti berhubungan dengan alam yang natural, apalagi websitenya bahas tentang alam seperti budidaya ikan dan tanaman.

Struktur Penulisan

Dahulu sebelum negara api menyerang, struktur tidak perlu yang terpenting mudah dibaca, namun saat ini struktur harus diterapkan.

Apa yang dimaksud strukstur penulisan?

Maksudnya kita memanfaatkan menu yang ada telah disiapkan bukan hanya cetak tebal dan cetak miring saja tetapi penerapan heading atau biasa disebut “H”.

Heading biasanya ditulis H1, H2, H3, H4, H5, dan seterusnya. Cara penerapannya ini mudah dilakukan misal :

  • H1 Judul artkel (sudah pasti ada)
  • H2 target keyword
  • H3 penjelasan dari H2
  • H4 penjelasan dari H3
  • dan seterusnya

Bingung? dari pada bingung coba lihat keatas sebagai contohnya :

  • H1 : Optimasi SEO Website Sesuai Algoritma Google 2020
  • H2 : Pentingnya Optimasi SEO Website
  • H3 : Ciri Website berseo dan Optimasi
  • H4 : Anak dari H3 (optimasi) seperti domain, ekstensi, nama website, judul artikel, dan struktue penulisan.

Paham, kan?

Diatas struktur penulisan di wordpress, drupal, dan platform lainnya. Jika di platform blogspot (blogger.com) seperti ini :

  • Heading = H1
  • Subheading = H2
  • Minor Heading = H3
  • Normal = Paragraft

Memnag ada sedikit perbedaan dalam bahasa pemograman wordpress dan blogger.com tetapi penggunannya sama saja.

Internal Link

Internal adalah link artikel lain yang masih satu website di masukkan sebagai backlink di konten tersebut. Tidak wajib dipasang tetapi lumayan untuk meningkatkan kualitas konten didalam website.

Link yang dipasang harus sesuai pembahasan kontennya, masih berkaitan isi kontennya. Jika berbeda akan melanggar algoritma goole dan berdampak spam score naik.

Eksternal Link

Eksternal link adalah link website lain di jadikan sumber artikel. Eksternal link harus sesuai pembahasannya, jika berbeda akan di anggap spam backlink.

Biasanya eksternal link letaknya diparagraf terakhir sebagai sumber atau refrensi artikel.

Jangan pasang eksternal dan internal link terlalu banyak, bukan memberatkan server tetapi akan sia-sia. Yang terbaca hanya link pertama dimasukkan.

Perhatikan pula dofollow dan no follow link, jnagan terlalu banyak dofollow, perbandingannya dofollow 70% dan nofollow 30%.

Artikel

Mesin pencari google lebih menyukai penulisan artikel yang sederhana tidak dibuat-buat untuk target keyword. Penulisan yang memaksakan keyword tertarget akan sulit masuk halaman satu.

Buatlah artikel sederhana, tidak harus formal layaknya media berita dan web pendidikan. Para blogger dipersilahkan dengan bahasa manusia yang mudah dipahami.

Mesin pencari tidak suka penulisan artikel yang bertele-tele dan tidak suka yang terlalu singkat apalagi tidak jelas yang dibahas artikel tetang apa.

Perbanyak kosakata, semakin kaya kosakata semakin disukai mesin pencari dan keyword yang di target semakin luas.

Biasanya artikel lebih dari 1000 kata lebih banyak kosakata dan keyword maka dari itu buatlah artike lebih dari 1000 kata tetapi harus relevan buka bertele-tele.

Minimal artikel yang dibuat 150 kata, dibawah itu akan ada peringatan dari google melalui email bahwa artikel kurang dari yang telah ditentukan.

Standard jumlah kata dalam artikel adalah 300 kata, masak iya seorang penulis blog tidak mampu 300 kata?

Jika tidak sempat membuat artikel, bisa gunakan jasa artikel SEO berkualitasdengan harga standard. Hati-hati dengan jasa seo hasil copy paste lalu di rewrite, website kalian akan terkena dampaknya.

Theme / Template

Ini menjadi point terpenting, theme dengan tampilan sederhana dan navigasi yang bagus tak hanya disukai pengunjung tapi disukai search engine manapun.

Theme yang menarik dengan navigasi mudah dipahami pengunjung memudahkan masuk halaman satu. Coba cek website yang telah nongol di halaman satu, rata-rata memiliki tampilan bagus, navigasi dengan menu-menu mudah dicari pengunjung.

Ukuran theme juga harus diperhatikan, jangan sampai theme yang digunakan memberatkan sever. Loading lambat pada saat buka website akan mengecewakan pengunjung, alhasil susah masuk pageone.

Pilih theme yang responsive dan seo friendly dengan tampilan dekstop serta mobile device (hp & tab), jika perlu gunakan AMP (Accelerated Mobile Page).

Design semenarik mungkin tetapi tidak norak yang membuat pengunjung tidak suka misal website pendidikan dengan theme wibu atau kartun ini tidak elok.

Theme wordpress terbaik dan seo friendly yakni :

  • Astra wp
  • Generatepress
  • Betterstudio
  • Iconic one
  • Newspaper
  • Jnews
  • Jannah

Template blogger terbaik yaitu :

  • Viomags
  • Kompi Ajaib
  • Arlina

Daftar Isi

Daftar isi yang dimaksud bukan sitemap tetapi daftar isi dalam artikel, dalam isi akan memudahkan pembaca langsung ke pembahasan yang dipelukan.

Letakkan daftar isi pada paragraf ke 4 hingga 6, bukan diakhir paragraf tak akan berguna.

Daftar isi atau lebih dikenal table of content (TOC) baru populer sejak awal tahun 2018, algoritma google meyarankan penggunaan table of content.

Algortima Google

Dari awal ada kata algoritma google, apa sih itu? Ini yang menjadi perbincangan ketika trafik pengunjung website menurun, selalu bersu’udzon pada algoritma.

Algoritma merupakan nama lain dari matematika ilmu perhitungan, hanya saja penggunaan pada bahasa pemograman.

Nah, algoritma google saat ini ada 8 nama dengan fungsi berbeda, apa saja :

Fred

Algoritma fred difokuskan pada website yang memiliki konten rendah, minim kosakata dan jumlah kata. Website yang rendah akan deindex dan tidak masuk dalam search engine daripada jadi sampah.

Biasanya web rendah hanya untuk menghasilkan uang saja tanpa memperhatikan kualitas konten dan theme website.

Banyak menampilkan iklan tanpa melihat trafik sehingga menggangu pembaca dan mengajak pembaca untuk klik iklan.

Algortima fred diluncurkan pada tanggal 8 maret 2017, hingga saat ini selalu diperbarui supaya website nakal tidak menampilkan iklan.

Possum

Algoritma possum diperuntukkan menjaga audiens lokal yang terdekat dengan website. Dengan begitu pembaca akan mendapatkan layanan website yang terdekat dengan lokasi pada saat itu juga.

Ini bagus untuk website jual beli, menyesuaikan dengan target lokal atau hanya kosentarsi pada satu kota / wilayah namun kurang baik untuk website artikel yang harus dijangkau banyak wilayah.

Sedih sekali jika kita berada di kota yang sepi penduduk, trafik akan susah meningkat. Jangan khawatir, jika website menarik, google akan membantu mencarikan pengunjung luar kota bahkan luar negeri.

Diluncurkan pada 1 september 2016 algoritma possum sudah banyak manfaat bagi blogger target keyword lokal.

RankBrain

Algo RankBrain merupakan sistem pembelajaran terbaru yang diterapkan google, RankBrain menjadi penentu menjawab pertanyaan yang dicari pembaca.

RankBrain membantu situs website yang memiliki kata kunci yang relevan kuat serta mencegah situs yang memiliki kata kunci dangkal dan UX (user esperince) yang buruk.

RankBrain menjadi salah satu pembaharuan dari algoritma Hummingbird yang diluncur pada 26 oktober 2015.

Mobilegeddon

Mobilegeddon salah satu algoritma yang memilih situs website yang mempunyai kata kunci relavan dengan mobile. Mobilegeddon memastikan situs tersebut mobile friendly dan memberikan peringan terbaik.

Jika tidak menerapakan theme mobile friendly walaupun kata kunci menarik maka akan di buang ke peringkat buruk sehingga hasil penulusuran susah dicari.

Penelusuran yang buruk pada perangkat seluler dan tidak optimal akan membuat hasi penulusuran tidak baik.

Mobilegeddon hasir pada 21 april 2015 yang mengharuskan para blogger mendesign theme mobile friendly.

Pigeon

Diluncurkan pada 24 juli 2014, pigeon bekerja untuk masalah on-page dan off-page. Algoritma ini memadukan algoritma satu dengan yang lain agar wesite mudah ditelusuri secara on-page dan off-page.

Hummingbird

Algoritma ini berjalan pada 22 agustus 2013, Hummingbird berfungsi untuk kata kunci yang relevan dan juga kata kunci yang sedikit ada kemiripan. Walaupun tidak mengandung kata kunci tetapi ada kemiripan, Hummingbird mengizinkan situs website berada di peringkat terbaik.

Artikel dengan situs yang mengandung kosakata sinonim bisa akan lebih baik daripada kosakata yang sesuai dengan aslinya (keyword target)

Penguin

Uji coba Penguin pada 24 april 2012 dan akhir 2016 menjadi algoritma ini google yang bekerja secara realtime sepanjang waktu. Ini yang membuat spam score moz naik drastis pada awal 2020.

Penguin bekerja untuk memperhatikan tautan link baik eksternal maupun internal pada situs yang tidak relevan. Tautan yang tidak sesuai akan masuk kedalam peringkat buruk di penelusuran.

Tak hanya itu, Penguin juga melihat anchor text yang tidak relevan dengan pembahasan, ini dapat menurunkan peringkat penelusuran.

Panda

Algoritma yang diluncurkan pada 24 pebruari 2011 ini menjadi penghalang para blogger mendapatkan trafik. Algoritma Panda berfungsi untuk menentukan skor kualitas situs web.

Faktor penentu kualitas website adalah plagiat atau duplikasi, kualitas konten yang rendah, spam yang disengaja oleh penulis dan kata kunci yang berlebihan.

Sebagai algoritma inti membuat blogger harus berjuang menulis dengan bahasa sendiri tanpa harus melakukan copy paste.

Dengan penilaian Panda yang bagus akan meningkatkan peringkat situs dan jika melanggar akan menurunkan situs ke peringkat buruk.

Tool SEO

Bagi pengguna wordpres dapat menginstall tool seo free dan premium menggunakan tool :

  • Yoast (berbayar)
  • Rankmath (gratis)
  • Seopress
  • Jetpack

Bagi pengguna platform blogger.com (blogspot) dapat menggunakan tool free seo https://www.seoreviewtools.com/content-analysis.

Pastikan lampu menyala dengan berwarna hijau bukan merah atau kuning. mendapatkan skor seo 81% itu sangat bagus dan cukup bersaing dengan situs web besar lainnya.

Cek SEO

Untuk cek seo kualitas website bisa gunakan tool cek seo gratis dan berbayar, antaranya :

  • Moz (bayar)
  • Ahrefs (bayar)
  • Pagerank (gratis)
  • Smallseotool (gratis)

Diatas merupakan tool cek seo situs, hati-hati memilih tool cek seo karena banyak yang merusak webiste kita dengan menyepam dan menaikkan trafik secara drastis (ilegal).

Yang perlu diperhatikan dalam mengeceknya yaitu :

Domain Situs

Pada ahrefs dikenal dengan Domain Rating (DR) dan pada MOZ dikenal dengan Domain Authority (DA). Semakin mendekati angka seratus semakin bagus.

Page

MOZ menyebutnya Page Authority (PA) dan pada ahrefs disebut URL Rating (UR). Semakin tinggi angkanya semakin bagus.

Spam Score

Spam score semakin mendekati angka kecil semakin bagus atau semakin mendekati angka satu semakin bagus. Spam score naik akibat melanggar algoritma penguin google.

Backlink

Backlink yang bagus adalah backlink yang berasal dari website aktif dengan indikator DA PA tinggi dari website kita. Website yang dibuat sumber oleh website lain akan membuat kepercayaan kepada mesin pencari meningkat.

Website yang memiliki pengunjung organik puluhan ribu ini dengan DA PA rendah terkadang lebih baik dibandingkan website yang memiliki pengunjung organik sedikit dengan DA PA tinggi.

Reffering Domain

Website yang bagus jika backlinknya dibacklink oleh web besar lainnya. Istilah ini disebut referring domain, semakin banyak semakin bagus asalkan web aktif.

Ranking Keyword

Cek ranking keyword yang ditarget oleh kita, keyword yang belum masuk halaman satu perlu di optimasi lagi dan konten diperbaiki.

Iklan Alternatif

Bagi kalian yang masing belum di approve adsense, ini alternatif pengganti iklan google adsense (GA), kalian dapat bergabung dengan mitra iklan :

  • MGID
  • Propeller
  • Yllix
  • Outbrain
  • Adchoice
  • a-ads.com (anonymous ads)
  • Bitmedia.io
  • Mellow ads

Pilih iklan yang boleh digabungkan dengan adsense supaya kedepannya tidak dibanned akun adsensenya.

Panduan lengkap mengoptimasi SEO website hanya untuk pemula, bagi senior mungkin sudah diluar kepala. Jika kalian hanya berniat ingin berbagi, panduan tidak terlalu penting.

Jika ada pertanyaan yang kurang jelas terkait web seo silahkan isi kolom komentar atau isi kontak kami.

Leave A Reply

Your email address will not be published.