Bitcoin Cryptocurrency Dari Masa Ke Masa

- Advertisement -

Siapa yang menciptakan Bitcoin? ini pertanyaan yang sering ditanyakan para komunitas kripto (crypto) baru maupun lama. Uang digital tersebut hingga saat ini masih bernilai tinggi mencapai Rp 250.000 per coin.

Kehadiran Bitcoin mendapat perhatian khusus bagi para peneliti ahli teori konspirasi sehingga perlu adanya tinjauan yang serius pengganti uang pada umumnya.

Para komunitas kripto menilai datangnya bitcoin membawa dampak positif bagi mereka dalam bermain trading, mereka yakin tidak ada tujuan konspirasi yang akan mengubah mata uang negara.

Untuk mengenal lebih jauh lagi terkait asal usul Bitcoin, mari kita ulas bersama-sama dan kita cari tahu tujuan dari kripto tersebut.

Sejarah Bitcoin

Bitcoin adalah sistem mata uang criptocurrency global yang tidak nampak di dunia nyata seperti mata uang negara akan tetapi dipercaya sebagai alat pembayaran yang sah.

- Advertisement -

Bitcoin mulai menampakkan dirinya ke publik mulai awal Januari 2009, dimana sebelumnya terjadi krisis finansial yang berdampak kemarahan para investor dan membentuk tatanan finansial baru.

Satoshi Nakamoto meluncurkan kode open source perangkat lunak Bitcoin. Prediksi kode Bitcoin dibuat awal 2007 dan viral Agustus 2008 ketika nama Bitcoin.org didaftarkan.

Kemudian beberapa bulan kemudian kripto ini dijadikan sistem pembayaran yang aman dengan privasi yang kuat.

Siapa Satoshi Nakamoto?

Satoshi Nakamoto merupakan nama samaran seorang programmer yang tidak ingin identitas aslinya diketahui banyak orang. Nama tersebut hingga saat ini belum diketahui siapa pemiliknya.

Transaksi Pertama Bitcoin

Seseorang bernama Hal Finey yang pertama kali menerima transaksi perdana Bitcoin. Finey adalah opendukung sekaligus pengguna kriptografi yang juga terlibat dalam komunitas kripto.

Hal Finey meninggal di tahun 2014, warisannya membangun sistem keuangan yang lebih baik, pekerjaan amal, dan kegiatan kripto masih terus berjalan.

Satoshi Nakamoto Pensiun

Di tahun 2010, Satoshi mengundurkan diri dari dunia kripto dan menyerahkannya kepada pengembang kripto yakni Gavin Andresen. Dengan adanya pengembang baru, Gavin merubah kode menjadi open source.

Awalnya kode Bitcoin hanya Satoshi yang dapat merubahnya namun Gavin merubahnya siapa saja boleh merubahnya.

Sejak pensiun, Satoshi menghilang begitu saja dan tidak terlibat dalam dunia Bitcoin sehingga menitip pesan kepada Gavin jangan percaya kepada siapa saja jika ada dirinya berbicara lagi tentang Bitcoin.

Tujuan Bitcoin

Tidak ada yang tahu pasti apa tujuan diciptakannya mata uang digital Bitcoin. Ada kemungkinan bentuk kemarahan dan kekecewaan seseorang terhadap sistem keuangan pada tahun 2008.

Yang pasti dengan kehadiran mata uang criptocurrency ini mempermudah bertransaksi di dunia digital sehingga transaksi aman dan cepat.

Harga Bitcoin

Harga bitcoin hari ini dapat dilihat melalui situs resmi market kripto yang ada percaya, setiap market akan berbeda dan nilai pajak pun berbeda.

- Advertisement -

Naik turunnya Bitcoin tak jauh beda dengan mata uang pada umumnya melihat permintaan dan stok yang ada sesuai prinsip ekonomi.

Permintaan banyak tetapi stok sedikit akan membuat harga mahal, namun sebaliknya permintaan sedikit tetapi stok banyak harga akan turun secara bertahap.

Prediksi

Prediksi harga Bitcoin tak ada yang menduga karena setiap perusahaan kripto tidak menampakkan dirinya ke hadapan publik, hanya saja market yang nampak.

Di Indonesia, market kripto terpercaya masih dikendalikan oleh indodax.com, pelaku trading pun lebih dari satu juta.

- Advertisement -

Leave A Reply