Cara Ganti Seal Master Rem Kijang Super Sendiri Dirumah (Grand Extra) Cuma 10 Menit

Cara Ganti Seal Master Rem Kijang Super Sendiri Dirumah (Grand Extra) Cuma 10 Menit. Master rem merupakan komponen yang harus ada pada sistem pengereman yang menggunakan hidrolik baik pada sepeda motor maupun mobil. Letaknya setelah pedal rem, jadi master silinder ini akan mengubah dorongan pedal rem menjadi tekanan hidrolik.

Kemudian jika master silinder mengalami kerusakan, maka fitur yang paling terlihat bisa anda rasakan saat menginjak pedal rem. Dimana saat diinjak rem mobil anda terasa mereda. Intinya meskipun rem masih berfungsi secara keseluruhan, saat Anda menahan rem, pedal rem perlahan terus tenggelam. Ini merupakan tanda awal bahwa piston di master silinder mulai bocor namun masih dalam kategori ringan.

Jika master silinder masuk dalam kategori rusak berat, maka rem bisa jebol atau gagal. Artinya, saat Anda menekan pedal rem, pedal rem terasa ringan dan langsung meresap (seperti rem masuk angin). Dan ini terjadi berulang kali.

Fitur lain yang bisa memperkuat dugaan bahwa master rem rusak, bisa Anda lihat di reservoir minyak rem. Jika minyak rem tidak cukup, maka master rem masih normal karena gejala seperti rem blong adalah akibat dari rem dingin. Namun jika minyak rem masih penuh, Anda perlu berhati-hati karena hal ini menandakan adanya kerusakan pada master silinder rem mobil Anda.

Cara mengganti master seal rem mobil, Anda bisa dimulai dari pengecekan dinding master rem terlebih dahulu baru kemudian mengganti master seal termasuk karet seal.

Nah, untuk memahami prosesnya, yuk simak uraian singkat cara mengganti master seal rem mobil di bawah ini!

- Advertisement -

Cara Ganti Seal Master Rem Kijang Super Dan Grand Extra

Sebelum membahas lebih lanjut tentang cara mengganti master seal rem mobil, sebaiknya ketahui dulu tentang induk dari sistem pengereman ini.

Cara kerja komponen ini tergantung dari jenis rem pada mobil. Master rem pada tipe rem tromol akan mendorong floating brake shoe secara hidrolik sehingga dapat mengungkit bagian brake shoe.

Cara Ganti Seal Master Rem Kijang Super dan grand Extra

Untuk jenis rem cakram ini, master rem akan menekan agar minyak rem tidak bisa masuk ke kaliper rem. Untuk posisi master rem, Anda bisa melihatnya di belakang kemudi. Relatif mudah ditemukan dengan cepat tanpa perlu membongkar mobil.

Dengan posisinya yang krusial, jangan sampai master rem rusak. Jika rusak, maka sistem pengereman mobil akan rentan. Kinerjanya pasti akan terganggu sampai-sampai dapat membahayakan Anda.

Kalau sudah begini, mau tidak mau harus cek kondisi master rem. Mungkin ada komponen di dalam yang perlu diganti. Salah satunya adalah seal master rem.

Cara Mengganti Seal Master Rem Mobil

Untuk cara mengganti master seal rem mobil sebenarnya bisa anda lakukan sendiri. Pertama-tama, Anda harus membongkar semua komponen di master rem. Saat dibongkar, Anda akan melihat seal master rem. Jika kondisinya sudah tidak bagus lagi, maka sebaiknya Anda segera menggantinya.

Untungnya Anda dapat melihat apakah masalah master rem disebabkan oleh sil atau tidak. Saat Anda melihat rem macet saat berbelok, biasanya bantalan tidak rata saat menyentuh cakram. Ini adalah salah satu akibat dari masalah pada master seal rem.

Kami menyarankan Anda mengganti bagian tersebut dengan yang baru. Juga, jangan lupa untuk membersihkan rem cakram Anda. Anda bisa menggunakan bensin agar lebih mudah menghilangkan kotoran yang sudah menempel.

Kandungan dalam bensin bisa membuat kebersihan rem cakram lebih terjamin. Pembersihan ini harus dilakukan secara teratur untuk menghindari masalah lain. Anda juga bisa sekaligus melihat apakah rem cakram mobil tersedia. Jika tidak maka segera ganti.

Lakukan Service Berkala Master Rem Mobil Kijang

Sekarang Anda tahu cara mengganti seal master rem mobil. Posisinya pada komponen pengaman mobil membuat kondisi master seal rem menjadi optimal.

Jika Anda memang tidak berani mengecek kondisi master rem secara keseluruhan, sebaiknya lakukan servis berkala. Selain itu, pemilihan bengkel tidak boleh sembarangan. Anda disarankan untuk datang ke bengkel resmi Auto2000.

Auto2000 adalah bengkel resmi dengan pengalaman bertahun-tahun. Didukung oleh jajaran teknisi yang berpengalaman dan handal, semua komponen mobil Anda pasti akan diperiksa dengan teliti. Kalaupun ada kerusakan akan segera diganti agar sistem kerja mobil bisa optimal.

Biaya Ganti Master Rem Kijang

Untuk biaya penggantian master rem tidak mahal, berkisar Rp 70.000 hingga Rp 200.000. Jika Anda ingin menghemat pengeluaran, Anda bisa menggantinya dirumah tanpa ke bengkel.

- Advertisement -

Demikian Cara Ganti Seal Master Rem Kijang Super Sendiri Dirumah (Grand Extra) dari journaluniversitycom, semoga bermanfaat.

- Advertisement -

Leave A Reply