Tape Bondowoso : Resep dan 4 Manfaat Yang Belum Orang Tahu

0 1,129

Tape Bondowoso – Kota Bondowoso tak hanya mempunyai keindahan wisata alam yang tak dimiliki kota lain tapi ada makanan khas yang rasanya juga tak bisa dimiliki oleh kota lain yakni tape.

Kota kecil dengan panorama wisata menarik berada di ujung timur pulau jawa jarang orang tahu. Tak semua penduduk jawa mengetahui lokasi kabupaten yang mendapat julukan kota tape ini.

Banyak sekali manfaat tape bagi kesehatan tubuh manusia dan hewan dari beberapa jenis tape diantaranya tape kuning, tape ketan, tape suwar suwir, dan lain sebagainya.

Dikenal dengan kota tape karena makanan khasnya adalah tape manis alami bukan manis gula buatan. Bahan baku yang dibuat asli dari tanaman yang ditanam di wilayah pertanian, tak perlu cara khusus dikarenakan tanahnya sangat subur.

Sudah pernah makan tape?

Jika pernah makan tape, rasa khas tape biasanya kecut, pahit, manis bercampur menjadi satu menghasilkan suhu hangat pada lidah dan perut.

Apakah pernah makan tape Bondowoso?

Penasaran dengan tape khas bondowoso ini, kan? Simak penjelasan dibawah ini.

Tape Bondowoso

Tape juga salah satu makanan khas orang Indonesia, makanan hasil fermentasi singkong dengan ragi akan menghasilkan makanan lezat yang boleh dikonsumsi segala usia.

Tape singkong biasanya sebagai campuran makanan lainnyaseperti es cendol, es dawet, dan bubur kacang ijo. Selain rasanya yang enak tape singkong juga mengandung banyak nutrisi yang baik untuk tubuh.

Singkong yang biasanya diolah menjadi tape umumnya berjenis singkong putih dan kuning. Singkong (ketela pohon) yang diolah di kabupaten Bondowoso adalah singkong yang berwarna kuning.

Tak hanya tape kuning yang diproduksi, tape bakar dan suwar suwir khas Bondowoso tak kalah lezatnya. Makanan berbahan singkong yang buat oleh orang Bondowoso sungguh luar biasa enaknya.

Siapun boleh mengkonsumsinya namun jangan berlebihan apalagi mereka yang terserang penyakit berat.

Produksi tape di Bondowoso telah ada sejak zaman kolonial Belanda dan kerajaan. Penduduknya yang pada saat itu masih menyukai bercocok tanam singkong dibanding padi.

Namun beda untuk saat ini, petani sudah mulai jarang bercocok tanam singkong lebih memilih padi karena lebih menjanjikan dan harganya lebih ekonomis.

Manfaat Tape

Pencernaan

Makanan fermentasi baik untuk pencernaan, meransang pertumbuhan bakteri baik dalam usu atau biasa disebut probiotik. Bertambahnya bakteri baik dalam usus akan menyehatkan usus secara keseluruhan.

Selin itu, tape dapat melancarkan penyerapan nutrisi pada saat diare, kembung, dan sembelit. Mikroorganisme pada ragi tape akan berubah menajdi bakteri baik memperlancar pencernakan.

Karbohidrat

Sumber karbohidrat juga dapat diambil dari mengkonsumsi tape. Tape mengandung karbohidrat yang sangat baik untuk menambah energi tubuh dan lebih baik dibandingkan nasi.

Dengan mengkonsumsi tape, kamu dapat kenyang lebih lama karena sistem pencernakan akan lebih lama mencerna singkong dibanding nasi.

Dengan begitu, jika ingin diet sukses bisa mengkonsumsi tape apalagi kadar lemaknya rendah bagus untuk program diet.

Kontrol Darah

Rutin kontrol darah memang dianjurkan tapi jika keseringan biaya pengeluaran akan membengkak. Solusinya dengan mengkonsumsi tape sebagi mengontrol darah.

Kalsium yang terkandung dalam tape merupakan mineral yang sangat baik sehingga dapat memperlebar pembuluh darah dan mencegah penyempitan pembuluh darah.

Mencegah Anemia

Mikroorganisme dalam tape dipercaya dapat menyembuhkan penyakit anemia, penyakit yang disebabkan kekurangan sel darah merah. Kandungan vitamin B12 dan kalsium dipercaya dapat memproduksi sel darah merah sehingga mencegah anemia secara alami.

Kandungan Tape

Makanan fermentasi seperti tempe, yoghurt, keju hingga tahu memang baik untuk tubuh tapi tape juga lebih baik dari yang disebut tersebut. Makanan khas Bondowoso ini tak kalah bergizi dengan makan fermentasi lainnya walaupun menimbulkan rasa hangat pada perut.

Seperti dilansir dari daftar komposisi bahan makanan Indonesia yang diterbitkan dewan pimpinan pusat persatuan ahli gizi Indonesia dalam 100 gram tape mengandung :

  • Kalori : 173
  • Lemak : 0,1 gram
  • Protein 0,5 gram
  • Kalsium 30 gram
  • Karbohidrat 42,5 gram
  • Fosfor 30 miligram
  • Air 56 gram

Cara Membuat Tape Singkong Bondowoso

Tidak akan rugi memproduksi tape, banyak resep membuat tape singkong yang manis dan lezat dirumah karena tape singkong tidak begitu sulit.

Sebelum proses fermentasi dimulai, biasanya singkong dikupas kulitnya lalu dicuci hingga bersih. Setelah bersih secara keseluruhan, singkong dikukus hingga matang lalu ditaburi ragi khusus tape.

Singkong yang telah ditaburi ragi di bungkus dengan daun pisang khusus kemudian tutup hingga 2-3 hari, jika aroma tape mulai keluar dan ditekan terasa empuk pertanda tape kuning siap dimakan.

Tape di Bondowoso mudah ditemukan dengan bermacam merk dengan menggunakan kode angka yang salah satu ciri tape dari Bondowoso. Tape Bondowoso yang terkenal merk tape 88, tape 82 handayani, tape 77, tape 66, tape 37, dan tape 007.

Tape asli hanya dapat dibeli langsung dikota Bondowoso, awas hati-hati dengan tape palsu mengatasnamakan buatan Bondowoso pada cap bungkus.

Ciri tape asli Bondowoso biasanya isi tape matang secara keseluruhan di satu bungkus besek dan rasanya khas manis sedikit rasa kecut yang tidak membosankan.

Ciri tape palsu Bondowoso biasanya tidak matang secara keseluruhan dan campuran, bagian atas asli tape Bondowoso tapi bagian bawah tape palsu.

Tape yang di Bondowoso tak seluruhnya dibuat manis tetap memang sengaja dibuat sedikit kecut karena diperuntukkan minuman wedang tape dan tape goreng.

Wedang tape atau minuman tape biasanya dikonsumsi oleh merekayang telah berusia diatas 50 tahun untuk menghangatkan tubuh dan mereka yang bekerja di lapangan pada malam hari.

Harga tape Bondowoso siap konsumsi termurah saat ini mei 2020 berkisar Rp 12.000 hingga Rp 15.000 per kilogram tergantung merk yang dibeli.

Penjualan tape saat ini sudah sampai luar provinsi seperti jawa Tengah, Jawa Barat, Jakarta. Nah, pada umumnya tape dijual di daera Probolinggo, Jember, Malang, dan Surabaya.

Olahan tape khas Bondowoso memang beda dengan olahan tape kota lainnya, jadi jangan salah beli.

Leave A Reply

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More