Penyebab Mobil Kijang Bisa Distarter Tapi Tidak Nyala, Begini Cara Mengatasi

Mobil Kijang Bisa Distarter Tapi Tidak Nyala atau Mobil Tidak Bisa Hidup Sama Sekali? Jangan khawatir dfan tidak perlu panik, semua mudah teratasi tanpa harus membeli part baru apalagi mobil baru.

Bagi Anda yang memiliki kendaraan roda empat, tentunya mengalami starter gagal atau mogok bisa terjadi kapan saja. Jika hal ini terjadi, Anda tidak perlu panik dan segera mengatasinya.

Kendaraan bermotor seperti mobil, harus memiliki waktu perawatan atau perawatan yang teratur. Pasalnya, pada kendaraan roda empat terdapat banyak rangkaian mesin yang mempengaruhi performa.

Anda bisa mengetahui penyebabnya terlebih dahulu kenapa mobil tidak bisa distarter sama sekali. Jadi Anda harus mengetahui bagaimana cara mengatasi mobil susah nyala pada mobil kijang super, Grand extra, dan kapsul.

Penyebab Mobil Kijang Bisa Distarter Tapi Tidak Nyala, Begini Solusi Cara Mengatasinya

Jika tidak dirawat, salah satu masalah yang sering terjadi adalah mobil bisa distarter tapi tidak mau hidup. Mengapa ini terjadi? Simak ulasan berikut.

- Advertisement -

Masalah Sistem Bahan Bakar

Salah satu masalah yang mungkin mudah untuk diperiksa adalah sistem bahan bakar. Dalam hal ini, ada dua kemungkinan penyebab. Bisa jadi, bensin atau solar sudah habis habis. Namun bisa juga karena kabel injektor yang bermasalah atau rangkaian sistem lainnya.

Untuk kemungkinan pertama, Anda bisa mengecek jumlah bahan bakar dengan melihat tangki mobil. Jika tidak ada masalah, masalahnya bisa dari kebocoran pada pipa bahan bakar.

Mobil Kijang Bisa Distarter Tapi Tidak Nyala

Anda dapat memeriksa dengan melihat bagian bawah mesin. Jika masalah berasal dari injektor, kemungkinan besar komponen tersebut terbakar, terlepas, atau terputus.

Busi Kotor

Masalah selanjutnya jika mobil bisa distarter tapi tidak bisa distarter bisa jadi karena kondisi busi mobil. Dapat dikatakan bahwa busi memiliki peranan penting untuk menghasilkan bunga api pada sistem starter, sehingga proses pembakaran mesin dapat berlangsung secara normal. Namun, jika busi kotor karena lama tidak dirawat, maka percikan api tidak bisa dihasilkan.

Masalah pada busi ini sendiri juga bisa berkaitan dengan komponen yang aus atau rusak. Jika iya, tentunya Anda harus segera menggantinya dengan yang baru.

Harap dicatat bahwa jika hanya satu busi yang rusak, mobil masih dapat dihidupkan. Namun jika hampir semuanya, maka resikonya busi harus segera diganti dan berkala (minimal setiap tiga bulan sekali).

Aki Soax atau Rusak

Jika kita berbicara tentang sistem starter, jelas komponen ini akan muncul. Mobil bisa distarter tapi tidak menyala karena performa aki tidak maksimal.

Baterai itu sendiri dapat aus seiring waktu, sehingga tidak dalam kondisi optimal dan perlu diganti. Ada baiknya, kamu cek dulu kondisinya. Siapa tahu hanya perlu dibersihkan atau ada kabel yang terputus.

Aki mobil lemah atau bahkan mati

Sama halnya dengan komponen aki, aki juga berperan besar dalam proses menghidupkan mesin mobil. Lagi-lagi ada dua kemungkinan yang terjadi. Bisa jadi baterainya lemah atau baterainya sudah habis.

Tegangan baterai yang optimal akan membantu proses untuk mulai membakar lebih cepat, jika tidak, starter akan memakan waktu lebih lama.

Umumnya aki mobil yang melemah bisa terjadi karena intensitas pengemudi yang cukup tinggi. Sehingga perlu diisi ulang menggunakan alat tertentu. Dalam keadaan ini, baterai tidak sepenuhnya mati, tetapi akan membuat mobil menyala tetapi tidak dapat dihidupkan. Jika benar-benar habis, maka jelas mesin tidak akan bisa diaktifkan dengan mudah.

Dalam kondisi optimal, proses starter akan melakukan serangkaian efek yang akan mengaktifkan mesin mobil. Namun, jika ada masalah dengan beberapa perangkat seperti baterai, aki, busi, dan sistem bahan bakar, maka mesin tidak akan hidup. Lakukan pengecekan dan perawatan rutin pada mesin agar masalah tidak berlanjut.

Mesin Kijang Tidak Bisa Hidup Sama Sekali

- Advertisement -

Selain bisa distater tapi tidak nyala, biasanya penyakit mobil kijang tua yakni mobil tidak bisa hidup sama sekali. Apa penyebab mesin mobil Toyota kijang tidak nyala?

Memeriksa kondisi pompa bahan bakar pada mobil

Hal yang paling mudah dilakukan untuk mengatasi mobil bermasalah di starter adalah dengan mengecek kondisi fuel pump di layar dashboard atau yang disebut dengan Multi Information Display (MID).

Jika komponen pompa bahan bakar kotor, biasanya akan mempengaruhi kendaraan roda empat saat distarter. Jadi Anda bisa membersihkannya sendiri atau menggunakan jasa mekanik.

Periksa kondisi aki kijang

Ketika kendaraan roda empat tidak dapat distarter, biasanya terdapat masalah pada komponen aki. Anda bisa mengecek kondisi aki mobil jika mobil tidak bisa distarter sama sekali.

Sebab, aki merupakan komponen vital dari sistem kelistrikan sebuah mobil. Oleh karena itu, Anda perlu mengecek kondisi tegangan listrik dan level aki pada kendaraan roda empat tersebut.

Memeriksa Kondisi Sekering

Masalah mesin tidak mau hidup dapat disebabkan oleh beberapa hal, termasuk masalah sekring. Ada baiknya Anda memeriksa komponen ini jika sudah memeriksa komponen aki dan karburator.

Dengan begitu, Anda bisa mengetahui kondisi sebenarnya mengapa mobil tidak bisa distarter seperti biasa dan tidak mau menyala.

Sekering dibagi menjadi dua komponen penting, yaitu katup positif dan katup negatif. Saat mobil bermasalah, Anda bisa mengecek kedua klep apakah ada kabel yang putus atau masalah lain yang menyebabkan mobil tidak bisa distarter sama sekali.

Jika Anda merasa masih belum memahami komponen-komponen tersebut, tidak ada salahnya untuk membawanya ke bengkel terdekat.

Memeriksa Dinamo Starter Mobil Kijang

Selain memeriksa komponen aki dan kondisi sekring, Anda dapat memperbaiki mobil yang tidak mau hidup dengan memeriksa dinamo starter mobil.

Bagian ini berfungsi untuk kinerja kendaraan roda empat dalam menggerakkan roda di dapur pacu kendaraan. Komponen-komponen ini dapat menjaga mesin tetap bergerak normal dan tepat.

- Advertisement -

Periksa Keadaan Karburator Kijang

Tidak berhenti sampai di situ, karena masih ada hal yang bisa dilakukan untuk memastikan kondisi mobil tidak bisa distarter. Salah satunya dengan mengontrol kondisi karburator pada kendaraan roda empat yang dimiliki jika mobil tidak bisa distarter sama sekali.

Komponen ini juga sama pentingnya dengan baterai karena berguna untuk mengatur sirkulasi udara dan bahan bakar ke saluran hisap.

- Advertisement -

Leave A Reply