Ethnographic Research Methods (Complete with 3 Examples)

Etnografi berasal dari kata ethos yang artinya bangsa atau suku dan graphein yang artinya uraian atau tulisan. Etnografi dalam bahasa inggris tertulis ethnographic.

Etnografi adalah kajian yang membahas tentang kebudayaan dan kehidupan suatu etnik (masyarakat) misalnya adat, suku, hukum, religi, seni, bahasa, dan kebiasaan.

Kajian yang mendekati dengan etnografi adalah etnologi, yaitu kajian perbandingan antar kelompok atau masyarakat.

Dalam artikel Journal university akan mengulas lebih jauh terkait Ethnographic Methods yang diperlukan untuk penelitian dan tugas kuliah.

Ethnographic Research Methods

Istilah etnografi merupakan kajian istilah dari antropologi, etnografi sendiri merupakan embrio dari antropologi yang lahir pada tahap pertama sebelum tahun 1800-an.

Awal mula etnografi dari penjelajah eropa datang ke Indonesia hanya mencari rempah-rempah. Mereka mencatat semua fenomena selama perjalanan yang dijumpainya yang berisi tentang suku, adat, kebiasaan, dan ciri fisik.

Ethnographic Research Methods
Etnografi Indian | Foto: Pixabay

Definition of Ethnographic Research

Definisi penelitian etnografi adalah kegiatan peneliti untuk memahami cara orang-orang berinteraksi dan bekerjasama diamati dalam kehidupan sehari-hari.

Sebelum etnografi komunikasi populer pada saat ini, sebelum sudah ada etnografi berbicara (ethnographic of speaking) lebih berpacu bahasa lisan.

Etnografi Menurut Pakar

Etnografi awalanya diperkenalkan oleh pakar antropologi dan pakar linguistik Amerika, Dell Hymes (dalam buku Gladwin T. dan Sturtevant, W. 1982. Lalu istilah ini dirubah menjadi etnographic of communications karena lebih tepat.

Michael H. Agar memberikan tawaran baru tentang penelitian etnografi yang berlandaskan pemikiran fenomenologi. Inti dari kerangka pemikiran ini adalah hakikat dari suatu mediasi tertentu yang tergantung pada hakikat tradisi dimana terjadi kontak penelitian lapangan.

Menurut Hymes, etnograhic research methods ini berupa etnografi komunikasi berlandaskan kajian etnografi dan komunikasi.

Kajian tidak dapat dipisahkan yang hanya diambil dari bahasa, psikologi, etnologi, sosiologi, lalu menghubung-hubungkan.

Fokus kajiannya hendaknya langsung pada penelitian lapangan yang konteks penggunaan menggunakan bahasa yang digunakan pada situasi tertentu.

Hasil Penelitian

Hasil dari penelitian Etnografi adalah interprestasi yang berdasarkan narasi fenomena sosial dan budaya yang mereka amati serta pelajari selama meneliti.

Dalam bahasa, etnografi berasal dari bahasa Yunani “etos” yang berarti “orang” dan “graphein” yang berarti “menulis” (Hanifah, 2010). Istilah ini kemudian digunakan untuk mengartikan Penelitian Etnografi sebagai jenis tulisan untuk mempelajari budaya manusia.

Menurut Spradley (1980), budaya adalah pengetahuan yang dipelajari manusia untuk menggambarkan dan membentuk perilaku seseorang.

Penelitian etnografi berkaitan erat dengan pendekatan antropologis, terutama antropologi sosial. Ini karena penelitian etnografi pada awalnya dikembangkan oleh para antropolog, sehingga sering disebut sebagai “pendekatan studi lapangan antropologis” (Rahardjo, 2017).

Dari beberapa pendapat di atas, dapat disimpulkan bahwa penelitian etnografi adalah jenis penelitian yang meneliti pola kehidupan, budaya, perilaku manusia dan hal-hal lain yang berkaitan dengan sosial budaya.

Etnografi sebagai Metode

Seringkali, etnografi digunakan sebagai metode penelitian, seperti yang sebelumnya dibahas bahwa etnografi sering digunakan dalam penelitian kualitatif.

Ada beberapa metode penelitian etnografi, yaitu versi awal etnografi yang meneliti unsur-unsur budaya masyarakat seperti tradisi, adat, agama, bahasa, mata pencaharian, dan sistem pengetahuan yang diperoleh dari sumber tidak langsung seperti dokumen atau peninggalan masa lalu.

Sementara itu, versi etnografi baru adalah studi tentang kehidupan masyarakat yang diperoleh dari anggota masyarakat berdasarkan pola adaptasi yang dimiliki oleh para peneliti (Hanifah, 2010).

Etnografi sebagai metode digunakan sebagai alat untuk menjelaskan secara rinci tentang budaya atau pola perilaku suatu masyarakat.

Di sisi lain, etnografi dipahami sebagai proses, di mana peneliti melibatkan diri dalam proses panjang untuk mengamati kelompok-kelompok tertentu.

Pengamatan yang dilakukan menunjukkan bahwa ada proses dimana peneliti bergaul dengan masyarakat dan hidup di sekitarnya untuk mendapatkan informasi yang terperinci dan komprehensif tentang fenomena yang ada pada individu atau kelompok atau komunitas.

Para etnografer dalam penelitiannya mencoba mempelajari dan mendapatkan informasi dengan mengamati fenomena dan menggambarkannya dalam sebuah makalah ilmiah.

Penelitian Etnografi
Etnografi Perempuan | Foto: pixabay

Jenis Penelitian Etnografi

Menurut Creswell (2008), penelitian etnografi memiliki berbagai jenis, termasuk yang berikut:

Etnografi realis

Etnografi realis adalah pendekatan yang sering digunakan oleh para antropolog. Pendekatan ini digunakan untuk menggambarkan kondisi budaya informan secara objektif berdasarkan informasi langsung di lapangan dan disajikan dengan menggunakan sudut pandang orang ketiga.

Studi kasus

Studi kasus digunakan untuk menggambarkan kondisi daerah tertentu (seperti kegiatan, proses, atau individu) yang tidak dapat digeneralisasi ke daerah lain meskipun mereka memiliki karakteristik yang sama. Dengan demikian, etnografi sebagai pendekatan studi kasus didefinisikan sebagai “eksplorasi mendalam dari sistem terikat berdasarkan koleksi ekstensif” yang diperiksa secara terpisah dari dimensi lain.

Etnografi kritis

Etnografi kritis adalah pendekatan penelitian yang digunakan untuk memberdayakan kelompok masyarakat yang terpinggirkan. Pendekatan ini digunakan untuk memberikan bantuan dengan memerangi ketidakadilan dan penindasan dalam kelompok masyarakat.

Prosedur Penelitian Etnografi

Prosedur penelitian etnografi sama dengan prosedur penelitian kualitatif pada umumnya. Namun, penelitian etnografi berlangsung tidak secara linear, tetapi dalam satu siklus.

Menurut Spradley (1980), ada beberapa prosedur untuk penelitian etnografi yang dimulai dengan pemilihan ide etnografi, mengajukan pertanyaan, mengumpulkan data, merekam data, menganalisis data, dan menulis laporan.

Artikel diatas hanyalah sekilas tentang Ethnographic Research Methods, akan kami dilanjutkan dihari berikutnya dihalaman ini.

Leave A Reply

Your email address will not be published.