Ethnographic Research Methods (Complete with Examples)

0 617

Etnografi berasal dari kata ethos yang artinya bangsa atau suku dan graphein yang artinya uraian atau tulisan. Etnografi dalam bahasa inggris tertulis ethnographic.

Etnografi adalah kajian yang membahas tentang kebudayaan dan kehidupan suatu etnik (masyarakat) misalnya adat, suku, hukum, religi, seni, bahasa, dan kebiasaan.

Kajian yang mendekati dengan etnografi adalah etnologi, yaitu kajian perbandingan antar kelompok atau masyarakat.

Dalam artikel Journal university akan mengulas lebih jauh terkait Ethnographic Methods yang diperlukan untuk penelitian dan tugas kuliah.

Ethnographic Research Methods

Istilah etnografi merupakan kajian istilah dari antropologi, etnografi sendiri merupakan embrio dari antropologi yang lahir pada tahap pertama sebelum tahun 1800-an.

Awal mula etnografi dari penjelajah eropa datang ke Indonesia hanya mencari rempah-rempah. Mereka mencatat semua fenomena selama perjalanan yang dijumpainya yang berisi tentang suku, adat, kebiasaan, dan ciri fisik.

Definition of Ethnographic Research

Definisi penelitian etnografi adalah kegiatan peneliti untuk memahami cara orang-orang berinteraksi dan bekerjasama diamati dalam kehidupan sehari-hari.

Sebelum etnografi komunikasi populer pada saat ini, sebelum sudah ada etnografi berbicara (ethnographic of speaking) lebih berpacu bahasa lisan.

Etnografi Menurut Pakar

Etnografi awalanya diperkenalkan oleh pakar antropologi dan pakar linguistik Amerika, Dell Hymes (dalam buku Gladwin T. dan Sturtevant, W. 1982. Lalu istilah ini dirubah menjadi etnographic of communications karena lebih tepat.

Michael H. Agar memberikan tawaran baru tentang penelitian etnografi yang berlandaskan pemikiran fenomenologi. Inti dari kerangka pemikiran ini adalah hakikat dari suatu mediasi tertentu yang tergantung pada hakikat tradisi dimana terjadi kontak penelitian lapangan.

Menurut Hymes, etnograhic research methods ini berupa etnografi komunikasi berlandaskan kajian etnografi dan komunikasi.

Kajian tidak dapat dipisahkan yang hanya diambil dari bahasa, psikologi, etnologi, sosiologi, lalu menghubung-hubungkan.

Fokus kajiannya hendaknya langsung pada penelitian lapangan yang konteks penggunaan menggunakan bahasa yang digunakan pada situasi tertentu.

Hasil dari penelitian Etnografi adalah interprestasi yang berdasarkan narasi fenomena sosial dan budaya yang mereka amati serta pelajari selama meneliti.

Artikel diatas hanyalah sekilas tentang Ethnographic Research Methods, akan kami dilanjutkan dihari berikutnya dihalaman ini.

Leave A Reply