Ultimate magazine theme for WordPress.

Cara Mengatasi Poco F5 Restart Sendiri Bootloop Error Overheat Memory Penuh Panas

0 10,121

Cara Mengatasi Poco F5 – Penasaran bagaimana cara mengatasi hp Poco F5 restart sendiri? Jika iya, maka artikel di bawah ini dijamin bisa membantu Anda mengatasi masalah tersebut. Apalagi jika terjadi berulang kali.

Jika perangkat Anda terus melakukan restart sendiri maka ini biasanya bisa menjadi indikasi ada sesuatu yang salah.

Tentu hal ini dapat mengganggu produktivitas Anda, terutama saat menonton film, bermain game, atau scrolling berita di media sosial.

Tentu sangat menyebalkan bukan? bahkan mungkin Anda ingin membuang telepon. Apalagi hp sudah saya matikan tapi tetap tidak bisa.

Cara Memperbaiki Poco F5 Sering Restart Bootloop Error Overheat Memory Penuh Panas

Sebelum mengetahui cara mengatasi hp Poco F5 restart sendiri, anda perlu memahami terlebih dahulu penyebabnya. Karena dengan mengetahui penyebabnya, Anda dapat dengan mudah memilih solusi yang paling tepat.

Masalah ini biasanya dikenal dengan istilah bootloop atau brick dimana ponsel terus mati secara otomatis dan tidak bisa masuk ke sistem. Biasanya Anda juga akan menemukan ponsel yang hanya menempel logo nanti.

Penyebab Poco F5 Rusak Atau Error

HP Xiaomi Poco F5 sering restart pada umumnya disebabkan oleh memory, namun itu bukan penyebab utamanya karena itulah penting bagi Anda untuk mengetahui penyebab masalahnya terlebih dahulu.

Memori Penuh

Penyebab HP Poco F5 restart berulang kali adalah ruang memori penuh. Sebagai pengguna ponsel, tentunya Anda pernah mendapatkan notifikasi berupa ruang penyimpanan yang penuh bukan? ternyata ini juga salah satu penyebab hp Poco F5 kesayangan anda reload sendiri.

File Sampah yang Penuh sesak

Setiap perangkat Android, termasuk vendor smartphone yang satu ini pasti menyimpan sampah atau cache bukan? jika dibiarkan terus menerus, tentu akan membuat perangkat mati sendiri.

Cara Megatasi POCO F5

Cache atau file sampah ini akan membuat kinerja CPU, RAM, dan GPU jauh lebih berat, jadi kami sarankan untuk membersihkannya terlebih dahulu.

Mengalami Overheat

Masih ada penyebab hp Poco F5 restart yaitu karena mengalami overheat alias terlalu panas di dalamnya. Ini karena suhu perangkat dapat terjadi saat Anda terus memainkan game online yang berat atau membuka aplikasi peta secara terus menerus.

Baterai Rusak

Penyebab lain yang mungkin menjadi faktor adalah karena masalah hardware, bukan software. Karena kemungkinan besar baterai dari ponsel Poco F5 tersebut sudah rusak atau terjatuh.

Untuk mengetahuinya, hal ini bisa dilakukan jika pengguna menemukan kejanggalan, misalnya persentase baterai tiba-tiba habis atau tidak, padahal baru saja diisi ulang.

Aplikasi Berjalan Secara Bersamaan

Bisa jadi penyebab perangkat mengalami masalah di atas adalah karena ada aplikasi yang berjalan bersamaan di latar belakang. Kalau sudah begitu, tentu bisa memakan RAM yang berlebihan.

Dengan begitu akan membuat kinerja prosesor menjadi lebih lambat, apalagi jika RAM pada ponsel tersebut kecil. Itu sebabnya cobalah untuk tidak menggunakan terlalu banyak aplikasi secara bersamaan.

Kerusakan Yang Terjadi Pada File Sistem

Penyebab lainnya bisa jadi karena kerusakan pada file sistem yang terdapat pada perangkat. Biasanya hal ini bisa terjadi jika Anda melakukan rooting atau flash ROM yang memang memberikan banyak resiko.

Salah satunya adalah saat ponsel tiba-tiba crash alias tidak bisa masuk sistem. Jika demikian, kemungkinan besar file sistem telah rusak.

Cara Mengatasi HP Poco F5 Restart Sendiri dengan Mudah

Masalah yang satu ini memang membuat Anda merasa tidak nyaman dan kesal bukan? jangan khawatir karena Anda dapat menyelesaikannya dengan mudah dan hanya beberapa langkah.

Kami telah mengumpulkan beberapa cara untuk mengatasi ponsel Poco F5 yang terus restart. Berikut adalah beberapa langkah yang dapat Anda ambil jika Anda mengalami masalah ini.

Lakukan Restart Manual

Langkah pertama yang bisa digunakan adalah Anda bisa melakukan restart secara manual. Cara ini akan berguna untuk menghapus aplikasi dan sistem dapat berjalan normal kembali.

Untuk merestart ini ternyata bisa dilakukan dengan menekan tombol power, lalu tab reboot. Tunggu beberapa saat hingga ponsel masuk ke menu.

Hapus Data Pada Aplikasi

Cara lain yang bisa digunakan oleh pengguna adalah menghapus data di aplikasi. Silakan hapus data dari beberapa aplikasi di perangkat agar memori internal bisa lebih lapang.

Berikut langkah-langkah menghapus data di aplikasi dengan mudah dan cepat:

  • Pergi ke pengaturan
  • Aplikasi manager
  • Pilih aplikasi yang akan dihapus
  • Klik hapus data.

Menghapus Cache Pada Perangkat

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, penyebab ponsel restart adalah karena cache yang menumpuk di perangkat. Di sinilah Anda dapat mencoba membersihkan cache di perangkat Anda.

Cara ini juga sangat efektif karena bisa membantu membuat kinerja ROM dan RAM menjadi lebih ringan. Untuk melakukan ini, Anda dapat masuk ke aplikasi pembersihan atau keamanan default dan juga dapat melalui menu pengaturan.

Menghapus Aplikasi

Aplikasi yang tidak terpakai biasanya hanya akan memakan ruang penyimpanan di ponsel. Nah, ternyata kehabisan ruang penyimpanan bisa menyebabkan kinerja perangkat melambat.

Itu sebabnya kami menyarankan Anda menghapus aplikasi yang tidak lagi Anda gunakan. Dengan begitu, ponsel bisa memiliki ruang penyimpanan yang cukup.

Mengatasi Partisi Dengan Wipe Cache

Masih ada program lain yang bisa digunakan untuk mengatasi masalah yang satu ini, yaitu dengan cara wipe juga partisi cache. Cara ini bisa digunakan jika langkah sebelumnya tidak berjalan dengan baik.

Cara ini memang lebih rumit dari sebelumnya karena harus masuk ke menu recovery mode Poco F5. Namun jangan khawatir karena kami akan memberikan panduannya di bawah ini.

  • Harap matikan perangkat Poco F5
  • Tekan dan tahan tombol Volume Naik, Volume Turun, dan Daya secara bersamaan
  • Lepaskan saat logo Android muncul
  • Silakan gunakan tombol volume sebagai navigasi
  • Tab pada partisi cache wipe
  • Dan pilih reboot.

Cara Reset Pabrik Poco F5

Jika cara di atas sudah dilakukan namun ponsel masih sering restart sendiri, cara satu-satunya adalah dengan melakukan factory reset alias kembali ke pengaturan pabrik. Untuk melakukan ini, Anda harus mencadangkan data dan file terlebih dahulu.

Karena pada prosesnya nanti, Anda akan mengembalikan setting atau sistem di dalamnya seperti pertama kali Anda membelinya. Berikut adalah panduan untuk masuk ke reset pabrik

  • Buka pengaturan di Poco F5
  • Pilih pengaturan tambahan
  • Tab cadangan dan setel ulang
  • Pilih menu factory reset dan nanti ada notifikasi data mana yang akan dihapus
  • Tab delete store content to clean phone dan klik reset phone.

Hp yang restart sendiri membuat sebagian besar dari Anda merasa kesal bukan? Karena itulah anda harus mengerti sendiri bagaimana cara mudah mengatasi HP Poco F5 Restart.

Leave A Reply