Ultimate magazine theme for WordPress.

Bordes Tangga: Desain, Fungsi, dan Inspirasi untuk Hunian Modern

2

Bordes tangga adalah elemen penting dalam desain tangga yang seringkali diabaikan. Bordes, atau yang dikenal juga sebagai landing, adalah area datar yang biasanya ditempatkan di antara dua anak tangga. Fungsinya adalah sebagai tempat perhentian sementara bagi pengguna tangga, memberikan ruang untuk beristirahat dan mengubah arah. Artikel ini akan membahas secara mendalam tentang bordes tangga, termasuk desain, fungsi, material yang digunakan, dan inspirasi untuk hunian modern Anda.

bordes tangga

Fungsi dan Keuntungan Bordes Tangga

Bordes tangga memiliki berbagai fungsi yang membuatnya menjadi bagian penting dari tangga, baik dari segi keamanan maupun kenyamanan. Berikut beberapa fungsi utama dan keuntungannya:

  • Memberikan Tempat Istirahat: Salah satu fungsi utama bordes tangga adalah memberikan tempat istirahat sementara bagi pengguna tangga. Ini sangat berguna terutama untuk tangga dengan jumlah anak tangga yang banyak atau untuk pengguna yang mungkin membutuhkan jeda, seperti lansia atau anak-anak. Dengan adanya bordes, perjalanan menaiki atau menuruni tangga menjadi lebih aman dan nyaman.
  • Mengubah Arah Tangga: Bordes juga berfungsi untuk mengubah arah tangga. Dalam banyak desain rumah, tangga tidak selalu lurus dari bawah ke atas. Bordes memungkinkan tangga untuk berbelok 90 derajat atau bahkan 180 derajat, menciptakan fleksibilitas dalam desain dan tata letak ruangan.
  • Meningkatkan Keamanan: Bordes tangga meningkatkan keamanan dengan mengurangi panjang lintasan anak tangga yang harus dinaiki atau dituruni tanpa henti. Ini mengurangi risiko kelelahan yang bisa menyebabkan kecelakaan. Selain itu, bordes juga berfungsi sebagai titik aman dalam kasus darurat, seperti kebakaran, di mana pengguna dapat berhenti dan menilai situasi sebelum melanjutkan.
  • Menambah Nilai Estetika: Dari segi desain, bordes tangga dapat menambah nilai estetika sebuah rumah. Dengan desain yang tepat, bordes bisa menjadi elemen dekoratif yang menarik, sesuai dengan gaya dan tema interior rumah. Bordes yang dirancang dengan baik dapat memberikan kesan ruang yang lebih luas dan terbuka.
  • Mempermudah Pindahan Barang: Bordes tangga juga sangat berguna ketika memindahkan barang-barang besar atau berat antara lantai. Area datar ini memberikan tempat untuk berhenti dan menyesuaikan pegangan atau posisi barang sebelum melanjutkan perjalanan naik atau turun tangga.

Jenis-Jenis Bordes Tangga

Ada berbagai jenis bordes tangga yang bisa Anda pilih sesuai dengan kebutuhan dan gaya rumah Anda. Berikut beberapa jenis bordes tangga yang umum digunakan:

  • Bordes Lurus: Bordes lurus adalah jenis bordes yang paling sederhana dan umum. Biasanya ditempatkan di tengah-tengah tangga lurus yang panjang, memberikan tempat istirahat tanpa mengubah arah. Bordes ini cocok untuk rumah dengan desain minimalis dan modern.
  • Bordes L-Shape: Bordes L-Shape memungkinkan tangga untuk berbelok 90 derajat. Jenis bordes ini sering digunakan dalam desain rumah yang memerlukan tangga dengan sudut. Selain fungsional, bordes L-Shape juga bisa menambah nilai estetika, memberikan tampilan yang lebih dinamis pada tangga.
  • Bordes U-Shape: Bordes U-Shape memungkinkan tangga untuk berbelok 180 derajat. Ini biasanya digunakan pada rumah dengan ruang yang lebih terbatas atau ketika tangga harus ditempatkan di sepanjang dinding yang sama. Bordes U-Shape bisa membuat tangga lebih kompak dan menghemat ruang.
  • Bordes Split: Bordes split adalah jenis bordes yang memiliki dua jalur tangga yang berlawanan arah. Ini biasanya digunakan dalam bangunan besar atau rumah mewah, memberikan tampilan yang megah dan elegan. Bordes split sering ditemukan di tangga utama yang mengarah ke lantai atas atau area utama rumah.
  • Bordes Spiral: Meski kurang umum, bordes spiral bisa ditemukan pada tangga spiral yang memiliki area datar kecil di antara beberapa anak tangga melingkar. Ini memberikan tempat istirahat dan stabilitas tambahan pada tangga yang lebih sempit dan berkelok.

Material untuk Bordes Tangga

Material yang digunakan untuk bordes tangga sangat bervariasi, tergantung pada desain dan kebutuhan fungsional. Berikut beberapa material umum yang digunakan:

  1. Kayu: Kayu adalah material klasik yang sering digunakan untuk bordes tangga. Kayu memberikan tampilan hangat dan alami, cocok untuk berbagai gaya interior, dari tradisional hingga modern. Kayu yang digunakan harus memiliki kualitas baik dan tahan lama, seperti kayu oak, mahoni, atau jati.
  2. Beton: Beton adalah material kuat dan tahan lama, sering digunakan pada bordes tangga di rumah-rumah modern atau industrial. Beton memberikan tampilan yang bersih dan minimalis, serta dapat dicat atau diberi finishing untuk menyesuaikan dengan desain interior.
  3. Batu Alam: Batu alam, seperti marmer atau granit, memberikan tampilan mewah dan elegan pada bordes tangga. Material ini sangat tahan lama dan mudah dirawat, meskipun harganya cenderung lebih tinggi dibandingkan material lainnya.
  4. Logam: Logam seperti besi atau baja sering digunakan pada bordes tangga untuk memberikan tampilan industrial dan modern. Logam sangat tahan lama dan kuat, namun perlu perlindungan tambahan terhadap karat dan korosi.
  5. Kaca: Kaca adalah material yang memberikan tampilan modern dan futuristik. Meskipun tidak umum digunakan sebagai material utama untuk bordes, kaca sering digunakan sebagai elemen dekoratif atau pelindung. Kaca yang digunakan harus merupakan kaca tempered yang kuat dan aman.

Inspirasi Desain Bordes Tangga

Berikut beberapa inspirasi desain bordes tangga yang bisa Anda terapkan di rumah Anda:

  • Bordes dengan Pencahayaan LED: Pencahayaan LED yang terintegrasi di sepanjang bordes dan anak tangga dapat memberikan tampilan modern dan futuristik. Pencahayaan ini tidak hanya menambah estetika tetapi juga meningkatkan keamanan dengan menerangi jalan saat malam hari.
  • Bordes dengan Tanaman Hias: Menempatkan tanaman hias di area bordes bisa memberikan kesan segar dan alami. Pilih tanaman yang tidak memerlukan banyak perawatan dan bisa tumbuh dengan baik di dalam ruangan. Tanaman hias juga dapat membantu meningkatkan kualitas udara dalam rumah.
  • Bordes dengan Rak Buku: Manfaatkan area bordes sebagai ruang penyimpanan tambahan dengan menambahkan rak buku di sepanjang dinding bordes. Ini tidak hanya praktis tetapi juga menambah nilai estetika dengan tampilan yang intelektual dan rapi.
  • Bordes dengan Jendela Besar: Jika memungkinkan, tambahkan jendela besar di area bordes untuk memberikan pencahayaan alami. Jendela besar juga dapat memberikan pemandangan luar yang indah, membuat bordes menjadi area yang nyaman untuk beristirahat sejenak.
  • Bordes dengan Karya Seni: Hiasi dinding di area bordes dengan karya seni, seperti lukisan atau foto. Ini memberikan sentuhan personal dan estetika yang lebih, menjadikan bordes sebagai area yang menarik dan menyenangkan untuk dilihat.

Kesimpulan

Bordes tangga adalah elemen penting dalam desain tangga yang memiliki berbagai fungsi dan keuntungan. Dari memberikan tempat istirahat hingga meningkatkan keamanan dan estetika ruangan, bordes tangga dapat disesuaikan dengan berbagai kebutuhan dan gaya rumah. Dengan memilih material yang tepat dan menerapkan desain yang kreatif, Anda bisa menciptakan bordes tangga yang tidak hanya fungsional tetapi juga indah. Jangan ragu untuk bereksperimen dengan berbagai inspirasi desain untuk menciptakan hunian modern yang nyaman dan menarik.

FAQ

Apa itu bordes tangga?

Bordes tangga adalah area datar yang biasanya ditempatkan di antara dua anak tangga, berfungsi sebagai tempat perhentian sementara dan untuk mengubah arah tangga.

Mengapa bordes tangga penting?

Bordes tangga penting untuk memberikan tempat istirahat, mengubah arah tangga, meningkatkan keamanan, menambah nilai estetika, dan mempermudah pindahan barang antara lantai.

Apa saja jenis bordes tangga yang umum digunakan?

Jenis-jenis bordes tangga yang umum digunakan termasuk bordes lurus, L-Shape, U-Shape, split, dan spiral.

Material apa yang cocok untuk bordes tangga?

Material yang cocok untuk bordes tangga meliputi kayu, beton, batu alam, logam, dan kaca, masing-masing dengan keunggulan dan tampilan yang berbeda.

Bagaimana cara mendesain bordes tangga yang estetis?

Desain bordes tangga yang estetis dapat dicapai dengan menambahkan elemen seperti pencahayaan LED, tanaman hias, rak buku, jendela besar, dan karya seni. Pilih desain yang sesuai dengan gaya interior rumah Anda.

Comments are closed.