- Advertisement -

4 Tips Melahirkan Normal Lancar Dan Cepat Khusus Ibu Muda

Persalinan/Melahirkan normal adalah sebutan untuk ibu yang melahirkan secara normal. Proses inilah yang akan Anda lalui saat janin siap untuk dilahirkan. Proses melahirkan tentunya menjadi momen yang mengasyikkan dan ditunggu-tunggu oleh para ibu.

Usia kehamilan yang benar untuk melahirkan umumnya antara 37 dan 42 minggu. Proses persalinan akan diawali dengan kontraksi otot rahim, membuka leher rahim (serviks), dan dibantu dengan dorongan dari otot panggul, agar si kecil bisa keluar melalui vagina. Persalinan normal ini akan lebih mudah jika Anda sudah melakukan persiapan yang matang.

Artikel kali ini akan membahas berbagai persiapan yang bisa Anda lakukan agar bisa melahirkan secara normal. Pelajari tip dalam artikel ini untuk pengiriman yang lancar.

Meski tidak mudah, bukan berarti tidak mungkin melahirkan secara normal tanpa halangan, Bunda. Langsung saja simak info lengkapnya di bawah ini.

Tips Melahirkan Normal Lancar Dan Cepat

Sebelum memutuskan untuk melahirkan secara normal, Anda harus membuat pertimbangan yang matang. Langkah pertama yang bisa Anda lakukan adalah memastikan kehamilan yang sehat dan tidak ada kelainan.

- Advertisement -

Kondisi kesehatan Ibu dan Si Kecil harus menjadi pertimbangan utama saat memilih persalinan normal. Bunda bisa berkonsultasi dengan dokter untuk memastikan kondisi kesehatan selanjutnya.

Tips Melahirkan Normal
Tips Melahirkan Lancar | Foto: Pixabay

Pahami kemungkinan risiko persalinan pervaginam. Persalinan memanjang (tidak berkembang), tali pusat menonjol (prolaps), dan si kecil terjerat tali pusat merupakan risiko yang mungkin terjadi selama persalinan normal.

Tips Persalinan Normal

Untuk meminimalkan risiko tersebut, Anda harus memahami kondisi yang tepat saat tindakan medis diperlukan. Berbagai pertimbangan inilah yang perlu Anda lakukan agar persalinan normal bisa berjalan sesuai rencana.

Lakukan Persiapan Fisik dan Mental

Menjelang proses persalinan, para ibu dapat melakukan berbagai persiapan fisik dan mental untuk menunjang kelancaran persalinan. Ikuti kelas persalinan dan lakukan aktivitas fisik yang dapat mengurangi rasa sakit selama persalinan normal. Mulailah berlatih pernapasan agar Anda bisa lebih rileks saat melahirkan.

Selain itu, jangan lupa untuk berpikir positif agar kesehatan mental tetap terjaga. Lupakan cerita tentang teman atau pengalaman keluarga saat mereka melahirkan.

Para ibu harus memiliki keyakinan yang kuat bahwa mereka dapat menjalani persalinan dengan baik.

Prinsipnya, melahirkan tidak hanya membutuhkan kesempurnaan fisik, tetapi juga kekuatan mental. Jadi, mulai persiapkan kedua hal ini mulai dari sekarang, Bunda.

Menentukan Tempat Kelahiran Si Kecil

Tips persalinan normal berikutnya adalah memilih rumah sakit atau klinik bersalin. Pastikan tempat yang Anda pilih memiliki tenaga medis yang cukup terlatih dan peralatan kesehatan yang lengkap.

Fasilitas yang disediakan juga harus memiliki tempat tidur yang memadai untuk ibu dan anak.

tips persalinan normal
Persalinan Normal | Foto: Pixabay

Cari lokasi terdekat dari kediaman yang siap mendukung ibu melahirkan secara normal. Dengan menentukan lokasi persalinan berdasarkan pertimbangan tersebut maka risiko darurat yang mungkin terjadi pada saat persalinan dapat segera ditangani.

Istirahat Yang Cukup

Waktu istirahat yang cukup terbukti efektif dalam memfasilitasi persalinan. Pasalnya, istirahat yang cukup dapat menjaga kesehatan fisik dan mental Anda. Ibu harus istirahat sekitar 7 jam setiap hari untuk mempersiapkan persalinan yang lebih cepat dan lancar.

Selain itu, Anda harus memiliki lingkungan tidur yang nyaman, seperti kondisi ruangan yang hangat dan tempat tidur yang empuk. Lingkungan ini akan membuat Anda lebih rileks, sehingga waktu istirahat bisa lebih optimal.

- Advertisement -

Konsumsi Gizi Seimbang

Anda tetap membutuhkan nutrisi seperti karbohidrat, protein, lemak, vitamin, dan mineral selama kehamilan. Padahal, asupan vitamin seperti Vitamin A, B, C, dan E perlu ditambahkan untuk menjaga keseimbangan hormonal di tahap akhir kehamilan.

Selain itu, vitamin K juga perlu dikonsumsi ibu untuk mengurangi kemungkinan terjadinya perdarahan setelah persalinan normal. Semua nutrisi yang Anda butuhkan bisa didapatkan dari makanan bergizi seperti buah dan sayur.

Konsumsilah makanan bergizi secara rutin agar proses persalinan dapat berjalan dengan lancar tanpa halangan.

Pada dasarnya persalinan normal sering menjadi dambaan para ibu karena proses penyembuhan yang tergolong cepat. Meski demikian, para ibu tetap membutuhkan berbagai persiapan agar proses persalinan berlangsung dengan mudah.

Untuk menunjang segala persiapan, para ibu dapat mengkonsumsi susu ibu hamil agar lebih kuat dan siap menghadapi proses persalinan. Frisomum Gold Dualcare + diperkaya dengan Asam Folat, ALA, LA, Nukleotida, Kalsium, dan Zat Besi yang baik untuk melindungi Ibu dan Si Kecil dari dalam.

Senam Ibu Hamil

Tetap aktif di trimester pertama, kedua, dan terakhir untuk wanita hamil. Sayangnya, masih banyak ibu hamil yang enggan beraktivitas, terutama di penghujung kehamilan, karena khawatir luka tersebut akan mempengaruhi kandungannya.

Padahal banyak dokter yang menganjurkan olahraga ibu hamil 9 bulan untuk kelancaran proses melahirkan secara normal.

Anda tahu yang terbaik tentang kondisi tubuh Anda sendiri, tetapi segera hentikan latihan untuk wanita yang sedang hamil 9 bulan jika Anda mengalami sakit perut mendadak, sakit kepala, pecahnya cairan ketuban, kesulitan bernapas, pendarahan dari vagina, kehilangan keseimbangan, dan nyeri. . di kaki bagian bawah dan betis.

3 Olahraga Ibu Hamil

Anda bisa mencoba 3 pilihan olahraga ibu hamil 9 bulan berikut ini agar kondisi fisik Anda tetap fit hingga batas waktunya.

Senam kegel

Sejak lama, senam kegel dipercaya dapat memperkuat otot dasar panggul untuk membantu persalinan dan mempercepat pemulihan vagina setelah persalinan normal.

Caranya:

- Advertisement -

  • Kencangkan dasar panggul selama kurang lebih 3 detik, kemudian relaks kembali. Bagi yang belum mengetahui keberadaannya, Anda bisa merasakannya saat menahan kencing saat buang air kecil.
  • Saat mengencangkan otot panggul bagian bawah, hindari menahan napas atau mengencangkan paha, perut, dan bokong.
  • Ulangi latihan ‘cubit dan lepaskan’ ini hingga 10 kali secara teratur untuk menuai manfaatnya.
Senam Pilates

Ini adalah salah satu senam paling populer di kalangan ibu hamil. Pilates membantu memperkuat otot inti sekaligus meningkatkan elastisitasnya seiring perkembangan bayi di perut yang melemahkan otot perut.

Salah satu gerakan yang bisa dicoba adalah Knee Folds (melipat lutut). Begini caranya:

Berbaring telentang di atas matras dengan kaki ditekuk dengan telapak kaki rata di lantai. Pisahkan paha.

  • -Taruh tangan Anda di sisi Anda, santai.
  • -Angkat kaki kanan di atas lutut kiri hingga membentuk sudut 90 derajat.
  • -Ambil napas dalam-dalam selama 5 hitungan.
  • -Ketika menghembuskan napas, turunkan kaki kanan ke posisi semula.
  • -Ulangi untuk kaki kiri bertumpu pada lutut kanan. Lakukan ini 5-10 kali untuk setiap kaki.
Senam Squat & Lunges

Untuk ibu hamil 9 bulan dikhususkan untuk melatih tubuh bagian bawah. Squat atau squat dapat mempercepat waktu persalinan dengan menciptakan celah panggul yang lebih lebar sehingga memungkinkan bayi keluar tanpa perlu tenaga ekstra seperti mendorong.

Bagaimana panduannya:

  • Berdiri dengan kaki terbuka selebar bahu. Turunkan perlahan sampai pinggul sejajar atau di bawah lutut.
  • Tahan 3 detik sebelum kembali ke posisi semula.
  • Ulangi 10-20 kali sehari.

Anda juga dapat melanjutkan lunge yang menargetkan paha, pinggul, dan bokong.

Bagaimana caranya:

  • Berdiri dengan kaki terbuka selebar bahu.
  • Langkah kaki kanan ke depan dan tekuk pada sudut 90 derajat, sedangkan kaki kiri direntangkan ke belakang, menekuk tanpa menyentuh lantai.
  • Setelah 3 hitungan kaki kembali ke posisi semula.
  • Balik dengan kaki kiri melangkah ke depan dan kaki kanan meregangkan ke belakang.
  • Ulangi 10-20 kali sehari.
  • Ketika ‘berdiri serendah mungkin’ coba posisikan tubuh bagian atas lurus dan pertahankan keseimbangan.

Demikianlah tips melahirkan normal agar lacar, nyaman, dan cepat. Semoga artikel ini dapat membantu ibu muda siap melahirkan.

- Advertisement -

Leave A Reply