11 Gejala Penyakit Jantung Akut, Ini Penyebab Dan Cara Mengatasi Yang Mudah

Penyebab dan cara mengatasi Gejala Penyakit Jantung – Serangan jantung adalah masalah kesehatan serius yang terjadi ketika otot jantung menghentikan aliran darah. Akibatnya, penyakit yang juga dikenal sebagai sindrom koroner akut ini akan menyebabkan gangguan fungsi jantung.

Sementara itu, jantung akan kehilangan kemampuannya untuk mengedarkan darah ke seluruh tubuh. Pasien juga berisiko mengalami kematian mendadak.

Masalah serangan jantung disebabkan oleh banyak kolesterol jahat LDL (low-density lipoprotein) yang menumpuk di dinding arteri. Wasir akan menyumbat pembuluh darah, sehingga jantung kekurangan, bahkan tidak mendapat suplai darah.

Jika bicara penyakit jantung, ada beberapa jenis yang umum diketahui, antara lain gagal jantung, penyakit jantung koroner, dan serangan jantung. Masing-masing penyakit jantung ini memiliki gejala yang serupa. Salah satu gejala yang paling umum adalah nyeri dada. Tak hanya itu, ada gejala penyakit jantung lainnya yang tidak disadari dan diabaikan oleh penderitanya.

11 Gejala Penyakit Jantung Akut, Ini Penyebab Dan Cara Mengatasinya

Ahli Gizi FK UGM, Dr. Toto Sudargo, SKM., M.Kes., mengatakan penyakit jantung dapat dicegah dan dikendalikan dengan mengubah gaya hidup dan pola makan. Pola makan yang sehat dapat dilakukan dengan menjaga asupan protein, garam, lemak dan memperbanyak konsumsi buah dan sayur.

- Advertisement -

Makanan untuk penderita penyakit Jantung dengan konsumsi protein yang dianjurkan per orang per hari adalah 0,8 gram/kg berat badan. Sedangkan konsumsi garam adalah 5 gram per hari, sedangkan untuk penderita hipertensi sekitar 2-3 gram per hari. Konsumsi buah dan sayur yang dianjurkan adalah 5 porsi per hari.

Gejala Penyakit Jantung
Deteksi Jantung

Jika penyumbatan terjadi, tubuh akan berhenti bekerja, termasuk otak. Seberapa berbahayakah penyakit jantung ini?

Ciri Penyakit Jantung

Serangan jantung bukan satu-satunya penyakit jantung yang ada. Kalian dapat menemukan berbagai jenis penyakit jantung lainnya, seperti aritmia, gagal jantung perikarditis, kardiomiopati, dan sebagainya.

Semua jenis penyakit jantung harus tetap waspada. Anda bisa mulai melihat tanda-tanda penyakit jantung terlebih dahulu, terutama bagi mereka yang mengalami obesitas, tekanan darah tinggi, diabetes, dan disertai dengan kebiasaan merokok aktif.

Nah, langsung saja simak tanda-tanda penyakit jantung yang perlu banget kamu waspadai berikut ini:

1. Sakit kepala

Ada banyak penyebab yang bisa menyebabkan pusing di kepala. Namun, Toppers patut curiga jika sakit kepala muncul tanpa tanda-tanda. Mungkin, pusing yang dialami adalah bagian dari kerja jantung yang tidak normal. Biasanya, sakit kepala ini akan diikuti dengan kesulitan bernafas secara teratur.

2. Pernafasan Berat

Seperti yang telah disebutkan pada ciri-ciri penyakit jantung sebelumnya, penderita akan mengalami kesulitan bernapas. Jantung akan bekerja kurang baik karena aliran darah yang dipompa oleh jantung terganggu dan terhambat. Terkadang, ciri-ciri tersebut muncul saat penderitanya sedang melakukan aktivitas fisik yang berat.

3. Nyeri Dada

Jika seseorang mengalami penyumbatan arteri atau serangan jantung, orang tersebut akan merasakan sakit, sesak yang menyiksa, dan tekanan yang berlebihan di dada. Gejala penyakit jantung ini merupakan gejala yang paling umum ditemukan, namun sangat menyakitkan.

4. Nyeri Lengan

Tiba-tiba, tangan mati rasa tanpa henti? Mungkin, ini pertanda Toppers mengidap penyakit jantung. Selain mati rasa, tangan akan terasa nyeri terutama di bagian lengan. Mula-mula rasa sakit dan mati rasa ini muncul di dada, kemudian menjalar ke lengan.

5. Mual

Mual adalah kondisi medis ketika seseorang merasa mual atau ingin muntah. Pada kasus penyakit jantung, mual bisa menjadi gejala awal yang menandai munculnya penyakit kronis ini.

Bahkan, mereka yang mengalami gejala-gejala ini mungkin akan memuntahkan sesuatu.

- Advertisement -

6. Kaki Bengkak

Selain tangan, kaki juga bisa terkena penyumbatan arteri atau komplikasi serupa. Namun, kaki tidak hanya terasa mati rasa dan pegal. Kaki juga akan mengalami pembengkakan, termasuk di bagian pergelangan kaki.

Ciri-ciri penyakit jantung ini paling sering muncul pada pasien yang memiliki kondisi tubuh obesitas.

7. Mudah Kelelahan

Di antara banyak kasus penyakit jantung, gejala ini adalah salah satu yang paling umum. Bahkan jika pasien tidak melakukan aktivitas berat, ia akan tetap mudah lelah.

8. Mendengkur

Mendengkur adalah normal, tetapi mendengkur yang sangat keras dan tidak wajar mungkin merupakan tanda awal penyakit jantung.

Suara dengkuran akan terdengar seperti suara memekik, cegukan, atau seseorang tersedak. Terlebih lagi, dengkuran aneh akan mengganggu waktu tidur pasien.

9. Keringat Berlebihan

Bahkan di malam hari atau dini hari, kondisi tidak wajar seperti keringat berlebih harus dicurigai. Bisa jadi, kondisi ini menandakan bahwa seseorang telah menderita penyakit jantung.

Selain itu, terkadang keringat dingin ini akan muncul dalam situasi yang tidak pasti atau acak berdasarkan kinerja jantung.

10. Batuk tidak kunjung sembuh

Batuk bisa menjadi pertanda beberapa penyakit, terutama yang berhubungan dengan sistem pernapasan. Namun ternyata, batuk juga bisa menjadi gejala penyakit jantung.

Jika batuk tidak hilang dan berlangsung lama, dan riak putih atau merah muda muncul. Ini bisa menjadi kondisi gagal jantung.

Hal ini bisa terjadi karena ketika Anda mengalami gagal jantung, organ vital ini tidak dapat bekerja. Menyebabkan darah kembali ke paru-paru dan menyebabkan batuk yang tidak kunjung hilang.

- Advertisement -

11. Detak Jantung Tidak Normal

Salah satu tanda penyakit jantung yang terdengar menakutkan, namun bisa dideteksi adalah terjadinya detak jantung yang tidak normal.

Memang benar bahwa detak jantung akan lebih cepat ketika seseorang menghadapi kondisi tertentu, seperti kegembiraan atau ketakutan.

Namun, orang tersebut harus waspada jika jantung berhenti berdetak selama beberapa detik tanpa alasan yang jelas.

Oleh karena itu, salah satu cara untuk mencegah kemungkinan terburuk orang yang berisiko terkena serangan jantung adalah dengan menggunakan jam tangan pintar. Terutama fitur lengkap untuk pelacakan detak jantung optik.

Apa Penyebab Penyakit Jantung?

Penyebab utama terjadinya serangan jantung adalah tersumbatnya pembuluh darah yang men-suplai makanan ke otot jantung yang dikenal dengan nama pembuluh darah koroner. Sumbatan ini bisa macam-macam, seperti plak, sobekan dinding jantung, tumpukan lemak (kolesterol), bekuan darah, dll.

Gejala penyakit jantung pada wanita?

Gejala serangan jantung pada wanita meliputi:
Sesak napas.
Mual atau muntah.
Berkeringat.
Pusing.
Nyeri pada salah satu atau kedua lengan.
Nyeri dada.
Nyeri pada leher.
Nyeri pada rahang.

Daun apa yang bisa menyembuhkan penyakit jantung?

Daun sirih merah dipercaya efektif mengobati penyakit jantung.

Makanan yang bisa menyembuhkan penyakit jantung?

Di bawah ini ada berbagai makanan yang direkomendasikan untuk pasien penyakit jantung.
Ikan
Polong-polongan tinggi protein
Biji-bijian dan gandum utuh
Kacang kenari dan almond
Kacang hitam
Yogurt
Flaxseed dan chia seed
Cokelat hitam

Untuk memastikan Gejala penyakit jantung di atas benar-benar merupakan indikasi penyakit berbahaya ini, Anda perlu melakukan pemeriksaan kesehatan ke ahli jantung. Jangan lupa untuk menerapkan gaya hidup sehat juga!

Leave A Reply