Tata Cara Bayar Pajak Motor (Ganti Plat TNKB dan Perpanjang STNK Online) Terbaru Selama Covid-19

0 1,069

Kesadaran masyarakat rajin bayar pajak motor berupa perpanjang STNK dan ganti plat 5 tahunan di Kantor Samsat Bondowoso semakin meningkat, ini membuktikan pelayanan samsat sudah tidak diragukan lagi.

Kantor Samsat merupakan kantor bersama kerja sama 3 instansi pemerintah yakni pemerintah kabupaten, pemerintah provinsi, dan kepolisian.

Semua wajib pajak yang memiliki kendaraan diharuskan bayar pajak kendaraan bermotor setiap tahun dan registrasi Tanda Nomer Kendaraan Bermotor (TNKB) 5 tahun sekali. Hal ini dilakukan untuk meminimalisir pencurian sepeda motor yang semakin marak.

Jika pemilik motor tak dapat menunjukkan dokumen resmi seperti STNK maka dianggap kendaraan bodong, sementara akan dikenai sanksi tilang.

Bahkan pemilik motor atau mobil dicurigai sebagai pencuri dan penadah hasil curian. Itulah gunanya kita mendaftar ulang kendaraan setiap tahunnya.

Pajak yang dibayar diperuntukkan pembiayaan pembangunan negara dan pelayanan masyarakat. Bagi masyarakat yang tidak membayar pajak aka dikenai sanksi sesuai aturan yang berlaku.

Setiap kendaraan yang memenuhi syarat Undang-undang lalu lintas diwajibkan memiliki dokumen resmi yang diterbitkan oleh negara melalui kantor bersama Sistem Administrasi manunggal Satu Atap (Samsat).

wwBagaimana caranya bayar pajak kendaran bermotor di Bondowoso? ikuti panduan lengkap dari journal university.

Tata Cara Bayar Pajak Motor di Kantor Samsat Bondowoso

Antrian panjang para wajib pajak di kantor bersama samsat Bondowoso semakin hari semakin berkurang, bukan karena kesadaran masyarakat akan kewajibannya yang berkurang tetapi sistem pelayanan samsat saat ini diperbarui.

Dulunya untuk membayar pajak pasti berdesak-desakan dan antrian panjang berjam-jam menunggu proses selesai sehingga membuatnya masyarakat tidak rajin membayar kewajibannya.

Dengan kecanggihan teknologi terbaru pembayaran perpanjang Surat Tanda Nomer Kendaraan (STNK) dapat dilakukan melalui online, selain itu diharuskan datang ke kantor Samsat.

Adapun tata cara dan persyaratan yang harus dilengkapi untuk :

Ganti Plat Motor

Berikut ini langkah-langkah ganti plat motor atau Tanda Nomer Kendaraan Bermotor (TNKB) di Samsat Bondowoso :

  1. Cek fisik
  2. Daftar dan validasi hasil cek fisik di loket
  3. Mengisi formulir
  4. Mendaftar pembayaran pajak
  5. Melakukan pembayaran pajak
  6. Ambil STNK dan plat nomer kendaraan yang baru (TNKB)

Syarat Ganti Plat

Proses ganti plat diharuskan langsung datang ke kantor samsat Bondowoso dengan membawa persyaratan :

  • BPKB asli
  • STNK Asli
  • KTP sesuai nama di BPKB dan STNK
  • Kendaraan motor / mobil

Untuk pengurusan boleh diwakilkan oleh siapa saja yang dipercaya, tidak harus pemilik motor datang sendiri, lebih baik si pemilik datang ke Samsat untuk menghindari pemalsuan dokumen.

Lama memproses pengurusan plat membutuhkan 60 menit waktu normal.

Biaya Ganti Plat

Untuk biaya ganti plat atau TNKB terbaru alangkah baik bertanya langsung kepada petugas samsat.

Cara Ganti Plat Tanpa BPKB

Wajib pajak diharuskan membawa kelengkapan saat mengurus pembaruan TNKB seperti BPKB. Jika BPKB hilang, wajib pajak harus mengurus surat kehilangan dan membuat BPKB baru.

Apabila BPKB dibuat jaminan kredit, wajib pajak diharuskan meminta surat keterangan dari pihak pemberi jaminan.

Perpanjang STNK

Proses perpanjangan STNK di Bondowoso saat ini sudah tidak lagi membutuhkan waktu lama seperti tahun kemaren. Syarat yang diperlukan yakni :

  1. KTP asli
  2. STNK asli
  3. Nomer Handphone (khusus bayar online)

Untuk pembayaran pajak kendaraan bermotor tahunan wilayah provinsi Jawa timur dapat dilakukan melalui online di

  • Indomaret
  • BRI
  • Mobil Samsat keliling
  • Outlet mingguan
  • Bank Jatim
  • Bank BNI
  • Bank BCA

Setelah membayar perpanjangan STNK melalui online, nomer handphone yang terdaftar akan mendapat kiriman SMS yang berisikan link bukti pembayaran.

Lama proses perpanjangan STNK motor online sekitar 5 menit waktu normal. Selisih waktu jauh lebih cepat dibanding datang langsung ke Samsat Bondowoso dan bisa dilakukan didalam rumah tak terbatas oleh jam kerja.

Khusus Plat area Jawa timur, tidak perlu minta stempel asli ke samsat. Masyarakat cukup link yang dikirim melalui SMS kemudian di print / cetak lalu dilampirkan ke STNK asli (lama).

Barcode yang ada pada STNK itu untuk mempermudah pihak berwenang mengecek kendaraan dan nomer id pengesahan sebagai pengganti stempel basah.

Bayar pajak motor di Indomaret lebih mudah karena tanpa menunjukkan KTP asli. Ini pilihan tepat cara bayar pajak motor atas nama orang lain dan KTP rusak atau hilang.

Denda terlambat bayar pajak motor sejumlah Rp 30.000 per tahunnya. Jika terlambat satu hari saja tetap terhitung satu tahun.

Jadwal Samsat Keliling

Samsat Bondowoso juga mengirim petugas menggunakan mobil samsat keliling ke setiap kecamatan yang ada di Kab. Bondowoso.

Berikut jadwal samsat keliling yang beroperasi di Bondowoso

  • Hari Senin dan Selasa di pasar Maesan
  • Hari Rabu di pasar Wringin
  • Hari Kamis di pasar Pujer dan balai desa Sumbersuko Curahdami
  • Hari Jumat di pasar Wonosari
  • Malam hari, hari Senin sampai Sabtu di area parkir Bank Jatim

Sesuai dengan aturan baru, STNK kendaraan yang tidak diperpanjang selama dua tahun akan dihapus dari register samsat. Ini berarti, kendaraan masuk kategori ilegal / bodong.

Leave A Reply